-understeer
-body roll
-selip
-limbung
-fishtail
-locked brake
makasih atas kesedian rekan dalam menjawab pertanyaan ini

maaf lupa kasih tanda tanya jadi kaya kasih statement hehehe
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
hehee nggak papa bung frontier, saya juga honda jazz otaku (fans)frontier wrote:Saran kepada Bung Yusaku = check aja dengan club JFC di kota2 besar, apakah Jazz "rawan terguling".... Anda akan dapatkan masukan yang obyektif dari para pengguna dan pecinta Jazz... Kalo aku sangat yakin Jazz tidak termasuk "rawan terguling" karena kebiasaanku adalah push my Jazz to its limit..... Aku termasuk speed lover dan aku sangat enjoy driving my Jazz... Mohon maap kalo aku nampak seperti pembela Honda Jazz.. padahal aku cuma mengatakan kebenaran aja... Bahkan aku sangat menyesalkan HPM kenapa mempreteli safety features pada Jazz yang dijual di Indo... Airbag, ABS, EBD.. semuanya non-existent !!! Pak Piter, dan pengguna Jazz lainnya, mungkin Anda bisa menambahkan input untuk bung Yusaku ?
heheheh kok bisa tahu ya pikiran sayafrontier wrote:Kalo suspensi, denger2 yang paling praktis yaitu pake coilover shocks, antara shock dan per jadi satu kesatuan unit... jadi per bisa disimpan.. Lebih ringkas, praktis dan mengurangi bobot total mobil. Coilover yang bagus bisa distel ketinggian dan tingkat kekerasannya. Ada merk TEIN, EIBACH, dll. Cuma harganya muahal... Tentunya bung Yusaku juga ingin tau, kayak aku juga, gimana cara meningkatkan kemampuan rem standar Jazz VTEC ya.. mungkin ada kawan2 lain yang bisa share pengalaman dan pengetauannya ?
di autobild waktu pengetesan mobil 150 juta, ada kecenderungan city untuk oversteer ?? padahal city kan FF kok isa yaWP wrote:Kalo menurut saya Jazz itu stabil dikemudikan, walaupun belum pernah coba topspeed-nya, tapi saya jalanin di tol
buat pindah jalur ga ada gejala oleng, sedangkan saya pakai New City ada gejala oleng jika menikung cepat...bagasi belakangnya seperti ingin keluar jalur gitu...
Gw setuju ama bro piterr. Pengemudi ugal2an biasanya yg rawan.rawan terguling koq lebih karena karakter pengemudi yang ugal ugalan kayaknya, saya pernah cornering dengan jazz di kecepatan 75- 80 kpj masih cukup stabil tuh, waktu itu masih pake shock standar, velg standar tapi ban nya ganti BS RE711 195/50-15. cuma ada pernah kejadian jazz 'salto' di jalan perumahan lippo karawaci, jazz idsi CBU vivid blue, saya ada foto nya, sayang saya online di bandara nih, ntar kalo udah di kantor saya attach foto nya......
Itu kan gara2 pantatnya City terlalu besarYusaku wrote:di autobild waktu pengetesan mobil 150 juta, ada kecenderungan city untuk oversteer ?? padahal city kan FF kok isa yaWP wrote:Kalo menurut saya Jazz itu stabil dikemudikan, walaupun belum pernah coba topspeed-nya, tapi saya jalanin di tol
buat pindah jalur ga ada gejala oleng, sedangkan saya pakai New City ada gejala oleng jika menikung cepat...bagasi belakangnya seperti ingin keluar jalur gitu...padahal jazz ngggak
Thank you atas penjelasanya Bung DigitALLDigitALL wrote:Tiap mobil pasti ada cornering limit-nya. Makin tinggi mobilnya maka cornering speed limitnya akan makin rendah. Sama seperti kejadian yang menimpa bro Yusaku, mobil SUV paling rawan diajak high speed cornering. Jangankan Escudo ! Land Cruiser baru yang harganya sekitar 1 m juga pernah kebalik (atap dibawah) ! Kejadian tsb pernah menimpa teman gw yg pake LC warna hijau saat dibawa high speed cornering ke Pangandaran. Untungnya semua selamat !
Gw setuju ama bro piterr. Pengemudi ugal2an biasanya yg rawan.rawan terguling koq lebih karena karakter pengemudi yang ugal ugalan kayaknya, saya pernah cornering dengan jazz di kecepatan 75- 80 kpj masih cukup stabil tuh, waktu itu masih pake shock standar, velg standar tapi ban nya ganti BS RE711 195/50-15. cuma ada pernah kejadian jazz 'salto' di jalan perumahan lippo karawaci, jazz idsi CBU vivid blue, saya ada foto nya, sayang saya online di bandara nih, ntar kalo udah di kantor saya attach foto nya......
U are welcomeYusaku wrote:Thank you atas penjelasanya Bung DigitALLDigitALL wrote:Tiap mobil pasti ada cornering limit-nya. Makin tinggi mobilnya maka cornering speed limitnya akan makin rendah. Sama seperti kejadian yang menimpa bro Yusaku, mobil SUV paling rawan diajak high speed cornering. Jangankan Escudo ! Land Cruiser baru yang harganya sekitar 1 m juga pernah kebalik (atap dibawah) ! Kejadian tsb pernah menimpa teman gw yg pake LC warna hijau saat dibawa high speed cornering ke Pangandaran. Untungnya semua selamat !
Gw setuju ama bro piterr. Pengemudi ugal2an biasanya yg rawan.rawan terguling koq lebih karena karakter pengemudi yang ugal ugalan kayaknya, saya pernah cornering dengan jazz di kecepatan 75- 80 kpj masih cukup stabil tuh, waktu itu masih pake shock standar, velg standar tapi ban nya ganti BS RE711 195/50-15. cuma ada pernah kejadian jazz 'salto' di jalan perumahan lippo karawaci, jazz idsi CBU vivid blue, saya ada foto nya, sayang saya online di bandara nih, ntar kalo udah di kantor saya attach foto nya......, hah baru tahu LC bisa ngguling, cerita jelasnya gimana bung DigitALL, soalnya LC 100 teman saya kelihatan mantap di corner dengan kecepatan 70km/h
Rolling atau spin terjadi karena sedan masih mendukung, belum kelewat batasnya. Tapi kalo kelewat batas, gw jamin 100% bisa terbalik juga. Btw, sedan yang sporty biasanya berbodi lebar dan lebih rendah, maka kemampuan high speed cornering juga lebih tinggi.Yusaku wrote:Terima kasih bung DigitALL, betul kejadian A-class sempat menghebohkan dan ditunjukan pula foto-foto menjelang mobil terguling, kalau sedan bila dibawa melebihi cornering limit yang terjadi spin atau roling ya ? soalnya dulu teman saya bilang kalau ada sedan yang terguling gara-gara belokan tajam dia mau potong jari tuh hehehehpaling banter katanya sih spin out alias berputar-putar, terima kasih sekali lagi atas penjelasanya
Sorry, saya gak setuju kalo rem harian pake dot 5, selang rem braided dan brake pads Endless, itu mods yang over buat di jalan.Yusaku wrote:heheheh kok bisa tahu ya pikiran sayafrontier wrote:Kalo suspensi, denger2 yang paling praktis yaitu pake coilover shocks, antara shock dan per jadi satu kesatuan unit... jadi per bisa disimpan.. Lebih ringkas, praktis dan mengurangi bobot total mobil. Coilover yang bagus bisa distel ketinggian dan tingkat kekerasannya. Ada merk TEIN, EIBACH, dll. Cuma harganya muahal... Tentunya bung Yusaku juga ingin tau, kayak aku juga, gimana cara meningkatkan kemampuan rem standar Jazz VTEC ya.. mungkin ada kawan2 lain yang bisa share pengalaman dan pengetauannya ?, bung prontier kebetulan saya main-main di bengkel langganan teman saya, yaitu WW autotechnic di ruko permata gading H-32 Sidoarjo dan kebetulan sempat nyenggol soal rem, dan dari pembicaraan saya dengan si penilik bingkil terjadi beberapa point untuk meningkatkan pengereman yaitu:
1. ganti minyak rem DOT 5
2. Selang rem yang braided
3. brake pad ganti ama Endless punya
Kenapa nggak setuju Bung, harian make DOT5 ?FERIOB20B wrote:
Sorry, saya gak setuju kalo rem harian pake dot 5, selang rem braided dan brake pads Endless, itu mods yang over buat di jalan.
Pertama, sekali pake DOT 5, tdk bisa diganti ke DOT 3-4 karena merusak seal dan tidak dibutuh kan sampe DOT 5 karena di jalan, operating temp gak tinggi2 banget.
Itu hanya pendapat saya, bagaimana menurutmu penyu turbo?
Memang Steel braided hose ini not road legal dalam arti kata nggak ada DOT Approval (Department Of Transport). Memang yang dikhawatirkan adalah jika pada pemasangan steel braided hose bersentuhan dengan dengan struktur/komponen lain, sehingga pada saat belok kiri kanan ada gesekan yang lama-lama akan lapisan steel yang menyelubungi Teflon Hose/selang akan patah dan menusuk selang yang akhirnya akan bocor ... Blong juga jadinya. Bagi mereka yang memasang Steel Braided Brake Hose ... pastikan tidak bergesekan dengan komponen struktur kaki-kaki (swaybar atau steering rod ... dsb... dsb). Atau kalau mau safe ... pakai yang lebih mahal ... selang teflon dibungkus dengan Serat KEVLAR atau serat ARAMID ... nggak ada lagi problem fatigue. Yang dibungkus Kevlar ini udah DOT approved ... dipakai di pesawat terbang.FERIOB20B wrote:
Kedua, selang braided is not road legal, alias lbh gampang fatique kalo di pake di jalan yang mobil sering belok ke kiri ke kanan, selang rem standard ok dalam hal ini.
FERIOB20B wrote:
Ketiga, Endless brake pads bahan terlalu keras, merusak disc brake terlalu cepet untuk penggunaan jalan raya, tidak cost efficient dan tidak diperlukan brake pads high temp, yang kemampuan brake nya pada saat dingin sangat membahayakan.
Improvement brake pads seperti FERODO brake pads sudah cukup untuk penggunaan sehari hari, yang harganya hanya 450rb satu set.