bro ..... itu Kanin RR bro pake oli campur ga?? Kanin RR pake oli campur bagus ga?? apa kelebihan dan kekurangan nya kalo pake?? trus kalo mau pake, gunakan apa???
katanya kalo pake oli campur ga bagus yah??? karena bisa bikin knalpot cepat korosi(pengkaratan) karena tabung knalpot selalu "becek"
Bener ga???
Bro Nichol ..........
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Jun 20, 2006 11:40
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
oli campur maksud loe oli samping aja apa oli samping langsung dicampur ke bensin, kawasaki ninja kan emang tipe motor 2-tak jadi ngga bisa klo ngga pake oli samping, bisa - bisa berantakan tuh piston, kan ada perawatan knalpot, biasanya berjangka tiap beberapa bulan sekali.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Jun 20, 2006 11:40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
ngepot wrote:oli yang dicampur ke bensin bro dado ......
itu gimana yah??
sy coba jawab..
klo kata mekanik sy sih..
oli yg dicampur ke bensin itu gak bagus buat motor mesin 2t pakai harian; alasannya;
- repot; tiap isi bensin hrs campur dulu sama oli samping; repot tangan jd belepotan

- kalo takarannya gak pas; mesin bs jebol; hrs ada takaran yg pas utk harian 1:45 (1 liter bensin banding 45ml oli); berarti kalo beli bensin premium 10rb perak(2,2 liter) perbandingannya jd 1:95; begitu seterusnya
- kalo takaran terlalu banyak; busi bs cepat mati
- pompa oli bs jebol krn gak ada pelumasan sama sekali; lbh baik pompa oli dilepas (gak usah pakai pompa oli).
kelebihannya..
- pelumasan jd lbh sempurna; krn oli dicampur dibensin lsg; lbh cepat masuk ke mesin
- kerja mesin lebih ringan
- asap dr knalpot lbh sedikit
- pembakaran lbh sempurna; dgn catatan takaran oli dan bensin harus pas.
moga2 membantu..
BTW..
sorry nih, dek ngepot..
bukannya mau mencela kamu..cuma..sy ngerasa heran/aneh aja..katanya kamu ini anak STM otomotif..masa gak faham sih soal pelumasan? apa blm dipelajari?
sorry yah klo sy menyinggung.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Jun 20, 2006 11:40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
terlalu banyak oli samping ya, mesin jadi agak berebet, ga enak juga larinya, agak berat gitu. Boros pula pastinya. Kalo rr harus dibawa rpm tinggi mlulu menurut gw itu cuma histeria berlebihan aja. wong kampung yg gak ngerti motor itu. bawa santai aja, ngebut kalo jalan kosong, pelan kalo rame. yg penting kalo punya banyak waktu, tiap bulan bersihin tuh sistem mekanik kips nya. Kalo males, ya gak apa2, pake aja selama motornya masih enak, kalo dibawa rpm tinggi berebet, berarti minta dibersihin. simple kan?
Just Call Me Nichol !!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re:
Makasih Omnichol wrote:terlalu banyak oli samping ya, mesin jadi agak berebet, ga enak juga larinya, agak berat gitu. Boros pula pastinya. Kalo rr harus dibawa rpm tinggi mlulu menurut gw itu cuma histeria berlebihan aja. wong kampung yg gak ngerti motor itu. bawa santai aja, ngebut kalo jalan kosong, pelan kalo rame. yg penting kalo punya banyak waktu, tiap bulan bersihin tuh sistem mekanik kips nya. Kalo males, ya gak apa2, pake aja selama motornya masih enak, kalo dibawa rpm tinggi berebet, berarti minta dibersihin. simple kan?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Bro Nichol ..........
Katup super kips memang bisa macet kalau mesin tidak pernah digeber rpm tinggi (diatas 7000 rpm). alasannya simpel, ketika rpm mesin rendah, katup menutup, sementara katup dialiri gas buang, yang semakin lama akan menimbulkan karbon/kerak. mau mesin 2 tak atau 4 tak sama saja, pasti berkerak selama bbm masih pake petrol. apalagi 2 tak, kerak lebih tebal karena ada oli samping yang terbakar.
jadi jika sering dipake jalan pelan, katup kips pasti macet. biar gk macet, ya sesekali rpm digeber diatas 7000 rpm, biar katup kips terbuka,
gak repot kok, kalau gk mau kencang2, ya pake aja gigi 1, cukup sesekali aja.
kalau gk mau repot sering membersihkan katup kips, pake oli samping low smoke yang berkualitas, dan setiap servis disemprot dengan perontok karbon (decarbonizing).
caranya simpel, buka busi, putar kruk as/magnet sampai lubang buang terbuka, semprotkan decarbonizer ke dalam ruang bakar. diamkan 15 menit, pasang busi, hidupkan mesin (decarbonizer bagus mesin gampang dihidupkan, tapi jangan kaget juga kalau mesin susah dihidupkan), biarkan stasioner sampai stabil, lalu geber2 sebentar (italian tuning).
bisa diulang 2/3 kali, tergantung kebutuhan. kalo rutin, cukup 2 kali aja, dan biasanya kerak di kepala piston n kepala silinder juga pada rontok. jadi gk sering bongkar kepala silinder n knalpot. simpel kan?
jadi jika sering dipake jalan pelan, katup kips pasti macet. biar gk macet, ya sesekali rpm digeber diatas 7000 rpm, biar katup kips terbuka,
gak repot kok, kalau gk mau kencang2, ya pake aja gigi 1, cukup sesekali aja.
kalau gk mau repot sering membersihkan katup kips, pake oli samping low smoke yang berkualitas, dan setiap servis disemprot dengan perontok karbon (decarbonizing).
caranya simpel, buka busi, putar kruk as/magnet sampai lubang buang terbuka, semprotkan decarbonizer ke dalam ruang bakar. diamkan 15 menit, pasang busi, hidupkan mesin (decarbonizer bagus mesin gampang dihidupkan, tapi jangan kaget juga kalau mesin susah dihidupkan), biarkan stasioner sampai stabil, lalu geber2 sebentar (italian tuning).
bisa diulang 2/3 kali, tergantung kebutuhan. kalo rutin, cukup 2 kali aja, dan biasanya kerak di kepala piston n kepala silinder juga pada rontok. jadi gk sering bongkar kepala silinder n knalpot. simpel kan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Bro Nichol ..........
Masya Allah.... thread anumerta dibangkitkan lagi setelah.... 1 windu? 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Bro Nichol ..........
kirain apaan...ternyata kerjaannya kapitan.
..................................................................
..................................................................
