Larangan operasi kendaraan tua ke Jakarta..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
Larangan operasi kendaraan tua ke Jakarta..
Pemerintah berencana akan melarang masuk kendaraan tua berumur th 90 kebawah ke Jakarta..
Menurut Anda sudah siapkah pemerintah menerapkan undang-undang tersebut??
Menurut Anda sudah siapkah pemerintah menerapkan undang-undang tersebut??
BlacK CorLift
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
Wah entar jakarta sepi dong.Tapi siapa tahu nanti ada subsidi beli kendaraan dr pemerintah.
Trus nasib mobil2 klasik di jakarta gimana?Apa juga perlu disingkirkan.
Trus gimana nasib mobil2 tukang sayur buat ngangkut sayur?Apa perlu diganti dr Mitsubishi Colt ke L200 atau Isuzu D-MAx malah Ford Ranger.
Untuk saat ini belum tepat!!!
Trus nasib mobil2 klasik di jakarta gimana?Apa juga perlu disingkirkan.
Trus gimana nasib mobil2 tukang sayur buat ngangkut sayur?Apa perlu diganti dr Mitsubishi Colt ke L200 atau Isuzu D-MAx malah Ford Ranger.
Untuk saat ini belum tepat!!!
Speed is a game??!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Re: Larangan operasi kendaraan tua ke Jakarta..
Itu mah konyol abis namanya kalo jadi di-undang2 kanawunk wrote:Pemerintah berencana akan melarang masuk kendaraan tua berumur th 90 kebawah ke Jakarta..
Menurut Anda sudah siapkah pemerintah menerapkan undang-undang tersebut??

Emangnya harga mobilnya mo diturunin dulu apa ..

*ngebayang Hardtop dirumah ga bakal bisa dipake off road lagi*

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Tepat banget. Efeknya jelas positif banget.
Pertama polusi yg ditimbulkan kendaraan tua jadi berkurang, karena sudah pasti asap yg ditimbulkan kendaraan tua dan tidak terawat sangat berbahaya.
Kedua konsumsi BBM menjadi berkurang. Sudah pasti, karena jumlah kendaraan yg beroperasi lebih sedikit.
Ketiga kemacetan akan sangat berkurang. Efek dari jumlah kendaraan yg lewat pasti turun.
Keempat harga kendaraan baru akan turun. Karena banyak orang mencari mobil baru, maka penjual mobil akan berebut menurunkan harganya.
Masalah angkutan barang yg usianya sudah tua, itu jelas seharusnya sudah menjadi tanggung jawab pemilik usaha. Di peraturan pajak juga menyebutkan bahwa utk mobil usia ekonomisnya adalah 8 tahun. Setelah itu dianggap tidak memiliki nilai ekonomis lagi. Jadi wajar bila tidak dipakai untuk mengangkut barang.

Pertama polusi yg ditimbulkan kendaraan tua jadi berkurang, karena sudah pasti asap yg ditimbulkan kendaraan tua dan tidak terawat sangat berbahaya.
Kedua konsumsi BBM menjadi berkurang. Sudah pasti, karena jumlah kendaraan yg beroperasi lebih sedikit.
Ketiga kemacetan akan sangat berkurang. Efek dari jumlah kendaraan yg lewat pasti turun.
Keempat harga kendaraan baru akan turun. Karena banyak orang mencari mobil baru, maka penjual mobil akan berebut menurunkan harganya.
Masalah angkutan barang yg usianya sudah tua, itu jelas seharusnya sudah menjadi tanggung jawab pemilik usaha. Di peraturan pajak juga menyebutkan bahwa utk mobil usia ekonomisnya adalah 8 tahun. Setelah itu dianggap tidak memiliki nilai ekonomis lagi. Jadi wajar bila tidak dipakai untuk mengangkut barang.

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
kebijakan itu sangat diskriminatif dan sangat merugikan masyarakat menengah ke bawah dimana kebanyakan hanya memiliki satu mobil untuk kepentingan satu keluarga. jika pagi hari tuh minibus penuh dengan seluruh anggota keluarga yang akan bekerja, sekolah, belanja .... bahkan kadang minibusnya dipaksa ngangkut bahan-bahan/ material. mobil golongan menengah ke bawah mempunyai utilitas tinggi.
sementara golongan atas tiap anggota keluarganya mempunyai mobil sendiri-sendiri keluaran terbaru, saat keluar pagi hari pun mereka akan bawa mobil sendiri-sendiri, bahkan pembantu pun pake mobil sendiri saat ke pasar ...... inih yang bikin macet !
kalo soal polusi dari mobil tua ( dibawah 90 ) kan bisa diatasi dengan peraturan mengenai kadar Gas buang, kalo memang berpolusi ya ditilang saja dan disuruh betulin yang bener .... tapi jangan dilarang beredar !?
jadi .... yang mesti dilarang itu mereka yang mobilnya kebanyakan ( pajak progresifnya ditinggiin lagi kale .... ), bukan mobilnya gol bawah yang cuman satu-satunya dan ber-utilitas tinggi.
sementara golongan atas tiap anggota keluarganya mempunyai mobil sendiri-sendiri keluaran terbaru, saat keluar pagi hari pun mereka akan bawa mobil sendiri-sendiri, bahkan pembantu pun pake mobil sendiri saat ke pasar ...... inih yang bikin macet !
kalo soal polusi dari mobil tua ( dibawah 90 ) kan bisa diatasi dengan peraturan mengenai kadar Gas buang, kalo memang berpolusi ya ditilang saja dan disuruh betulin yang bener .... tapi jangan dilarang beredar !?
jadi .... yang mesti dilarang itu mereka yang mobilnya kebanyakan ( pajak progresifnya ditinggiin lagi kale .... ), bukan mobilnya gol bawah yang cuman satu-satunya dan ber-utilitas tinggi.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Aug 24, 2002 7:36
- Location: vancouver
uhmm.. personally, saya tidak setuju. sebelum menerapkan suatu keputusan, i think pemerintah lebih peka dan jeli dalam menganalisa. contoh nya, apakah daya beli masyarakat mampu untuk mengikuti peraturan baru? coz, kalo majoritas masyarakat tidak mampu mengikuti hukum, maka kekuatan hukum itu akan hilang dan pemerintah, first, akan kehilangan muka dalam process enforcing the law. yg kedua, pemerintah akan kehilangan rasa percaya dari masyarakat karena dianggap tidak mengakar secara dalam (buktinya tidak ada yg mau nurut) or kehilangan legitimasi hukum, so next time kl ada hukum2 baru.. dengan mudah hukum itu digagalkan dgn alasan yg serupa (tapi tak sama).
dari segi sosial, pendapat saya.. uhm.. banyak masyarakat yg untuk makan aja susah. sekarang dari pada susah2 n repot2 bikin peraturan yg menyesakan rakyat kecil. kan lebih baik membersihkan birokrasi dari KKN supaya pajak dlll itu bisa maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan. nah kalo udah meningkat daya beli dlll baru terapkan peraturan yg bagi masyarakat indonesia masuk akal.
hueee panjang. sorry yah. abis wa kaga suka banget ama yg nama nya hukum yg kaga masuk akal. kalo wa melihat sih ini cuman jadi ladang KORUPSI n suapppp menyuappppp.
sorry kl ada kata2 yg salah yah. thx
:):)
dari segi sosial, pendapat saya.. uhm.. banyak masyarakat yg untuk makan aja susah. sekarang dari pada susah2 n repot2 bikin peraturan yg menyesakan rakyat kecil. kan lebih baik membersihkan birokrasi dari KKN supaya pajak dlll itu bisa maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan. nah kalo udah meningkat daya beli dlll baru terapkan peraturan yg bagi masyarakat indonesia masuk akal.
hueee panjang. sorry yah. abis wa kaga suka banget ama yg nama nya hukum yg kaga masuk akal. kalo wa melihat sih ini cuman jadi ladang KORUPSI n suapppp menyuappppp.
sorry kl ada kata2 yg salah yah. thx

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 261
- Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37
Re: Larangan operasi kendaraan tua ke Jakarta..
itu brarti tdk akan ada toyota hardtop dan cj7 donk ? 

"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Larangan operasi kendaraan tua ke Jakarta..
Setuju pada usulan tersebut
tapi efeknya kendaraan umum harus di perbaiki
sebagai pengganti dari larangan tersebut
yang sayangnya justru kendaraan umum disini sangat buruk
angkot/bis kota/bajay sangat buruk dan tidak tertib, dan jg berkesan banyak preman / pencopet, menimbulkan rasa tidak aman
busway kurang efektif
mono rail cuman omdo dari taun 70-an sampe sekarang tdk keliatan wujudnya
MTR? mimpi belaka
ujung2nya pemerintah yang korup yang harus diberesin dulu, baru pembangunan lainnya bisa lancar
tapi efeknya kendaraan umum harus di perbaiki
sebagai pengganti dari larangan tersebut
yang sayangnya justru kendaraan umum disini sangat buruk
angkot/bis kota/bajay sangat buruk dan tidak tertib, dan jg berkesan banyak preman / pencopet, menimbulkan rasa tidak aman
busway kurang efektif
mono rail cuman omdo dari taun 70-an sampe sekarang tdk keliatan wujudnya
MTR? mimpi belaka
ujung2nya pemerintah yang korup yang harus diberesin dulu, baru pembangunan lainnya bisa lancar

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Larangan operasi kendaraan tua ke Jakarta..
Awal postng thn 2003 .. skrg thn 2008 dan bentar lagi dah 2009 ... sampe sekarang belum ada tuh peraturan batas umur mobil di jakarta ... ga usah omong indonesia deh... jakarta dulu



MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Larangan operasi kendaraan tua ke Jakarta..
TOPIK SAYA LOCK YA......... POLL'nya UDAH GA JALAN HAHAHAHAHHA