Mesin rotari bikin motor lebih yahud & hemat bahan bakar
Perkembangan teknologi mesin bakar motor memang termasuk lambat dibandingkan mobil. Alasannya, dimensi motor menuntut mesin yang kompak dan ringan. Makanya, teknologi motor tak terlalu banyak berkembang.
Salah satu teknologi mobil yang mungkin bisa diaplikasikan pada motor adalah mesin rotari ciptaan Felix Wankel asal Jerman yang digunakan oleh mobil sport Mazda, yang terkenal dengan bentuknya yang kompak dan efisien.
Mesin berkapasitas 1.300 cc Mazda RX-8 hanya mengonsumsi seliter bensin untuk perjalanan delapan kilometer dengan tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin konvensional berkapasitas 3.500 cc V6.
Wankel adalah insinyur yang bekerja di produsen sepeda motor Jerman, NSU pada 1950-an. Saat NSU meluncurkan produknya pada akhir 1959, mesin unik itu jadi rebutan seratus perusahaan mobil di dunia, termasuk Mazda.
Sayangnya, mesin rotari NSU atau Ro80 itu gagal karena haus oli serta bahan bakar dan lenyap karena NSU bangkrut.
Kini mesin rotari sukses dikembangkan oleh Mazda, pabrikan asal Hiroshima, Jepang lewat RX-7 dan RX-8 yang menggunakan dua rotor atau renesis yang lebih irit bahan bakar dan lebih bersih.
Kini teknologi ini dikembalikan pada motor oleh perusahaan RCV Engines Ltd. Untuk mendapatkan dimensi yang kecil, RCV hanya menggunakan satu busi untuk mesin prototipe 125 cc mereka.
Berkapasitas kecil
Menurut Manajer Direktur RCV Engines Ltd Eric Hill, dengan menggunakan teknologi ini bisa diperoleh motor dengan mesin berkapasitas kecil, tapi bertenaga besar, sehingga hemat bahan bakar.
Bersama timnya, Eric telah membuat simulasi mesin rotari 125 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 12,5 tenaga kuda. Bandingkan dengan mesin konvensional berkapasitas sama yang hanya bisa menghasilkan 9 tenaga kuda.
Melihat hal tersebut, RCV Engines Ltd lantas mengembangkan mesin berkapasitas 49 cc yang dipergunakan untuk skuter dan 100 hingga 110 cc untuk motor bebek yang merupakan pangsa pasar terbesar di Asia dan Eropa.
Selain itu, RCV Engines Ltd juga telah mendesain teknologi katup silinder tertutup untuk menghindari percampuran minyak pelumas ke sistem pembakaran cylinder valve sealing system (CVSS).
SVCC menggunakan tiga ring penutup yaitu penutup aktif, geser, dan statis yang masing-masing berbeda ketebalannya, namun tahan terhadap tekanan dan kompresi pembakaran.
Sayangnya, RCV Engines tidak berhasil mencari solusi terhadap rendahnya engine brake yang dihasilkan mesinnya. Kita tahu engine brake bermanfaat untuk mengurangi laju kendaraan dengan menurunkan transmisi.
Rendahnya engine brake terjadi karena mesin rotari bekerja dengan gerak putar. Akibatnya, pengemudi harus sepenuhnya mengandalkan kinerja rem.
Menurut rencana, dalam waktu dekat mesin yang dirancang RCV Engines Ltd akan diproduksi secara massal oleh produsen motor asal Taiwan, Motive Power Industry (MPI). (Algooth Putranto)
http://www.bisnis.com/servlet/page?_pag ... _id=452598
DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

ini penempatan mesin di scooter...
info laen bisa di lihat di RCV Engines Motorcycle
cuman gw bingung liat mesin yang 125 cc kok bentuknya mirip dengan yang sekarang yahh...
truss emang kalo rotary masih pake cylinder nga ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Mesin rotary wankel tidak menggunakan piston, melainkan rotor berbentuk segitiga melengkung serta chamber yg berbentuk seperti angka 8.
Sekarang ada 1 persh. independent yang mendisain mesin rotary spt wankel, tapi agak berbeda :
http://www.quasiturbine.com/ETheoryQTVersusWankel.htm
http://www.quasiturbine.com/
Sekarang ada 1 persh. independent yang mendisain mesin rotary spt wankel, tapi agak berbeda :
http://www.quasiturbine.com/ETheoryQTVersusWankel.htm
http://www.quasiturbine.com/
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
http://www.rcvengines.com/pdf_files/pr/ ... -jan06.pdf
dapat cara kerjanya nihh cuman gw ga ngerti mesin hehehe
dapat cara kerjanya nihh cuman gw ga ngerti mesin hehehe

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Cara kerja rotary engine-nya RX-8 bisa dilihat di sini: http://auto.howstuffworks.com/rotary-engine.htm
Dan flash-nya bisa dilihat di halaman berikutnya: http://auto.howstuffworks.com/rotary-engine1.htm
Dan flash-nya bisa dilihat di halaman berikutnya: http://auto.howstuffworks.com/rotary-engine1.htm
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
iya Bro, karena itu maksud ane bli motor biasa aja empot2an, boro2 bli DOHC apalagi Rotary he3x...anak_singkong wrote:budzaemon wrote:nambahin Bung Dado : SOHC aja mo blinya empot2an, DOHC ga ke beli, apalagi Rotary nabung ampe botak kali he3x.. <==lho kok curhat???
bukannya semua motor di Indonesia udah pake SOHC?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
nahh yoi yang bro zepprut bilang bener yang RCV ini masih pake piston...kalo pake piston emang masih disebut mesin rotary ?
trus dari gambar di atas yang 49cc kayanya ga pake piston toh ?
trus dari gambar di atas yang 49cc kayanya ga pake piston toh ?
nah kalo perkembangan dari mesin RX-8 seharusnya ga pake piston lagi...makin bingung nih gw..Kini mesin rotari sukses dikembangkan oleh Mazda, pabrikan asal Hiroshima, Jepang lewat RX-7 dan RX-8 yang menggunakan dua rotor atau renesis yang lebih irit bahan bakar dan lebih bersih.
Kini teknologi ini dikembalikan pada motor oleh perusahaan RCV Engines Ltd. Untuk mendapatkan dimensi yang kecil, RCV hanya menggunakan satu busi untuk mesin prototipe 125 cc mereka.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
mesin rotari lebih irit dari mesin piston? dan lebih bertenaga? torsinya??? dgn cara gerak yg berputar gitu...menurut saya lho, huhuhu torsinya kuat gak??
bgmn dgn mesin turbin,bukannya itu jg sdh diaplikasi di motor Y2K, dan terbukti powerfull bgt tp kok gak terus yaa????
bgmn dgn mesin turbin,bukannya itu jg sdh diaplikasi di motor Y2K, dan terbukti powerfull bgt tp kok gak terus yaa????
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
klo menurut gw mesin rotary di indonesia masih merupakan barang asing, soalnya mobilnya aja masih harus impor alias mobil2 CBU, tp mesin rotary ini gw menurut gw pribadi sih sangat2 bagus cuman ngga tau deh bisa pake kapan???
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
salah satu mesin yg gw kagumi.
andai populasinya cukup tinggi dan banyak yg bisa servis, ..
*cita2 beli RX-8 secondhand mulus*
andai populasinya cukup tinggi dan banyak yg bisa servis, ..

*cita2 beli RX-8 secondhand mulus*
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
hidupkan dari kubur
btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,

btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
hooo...ini bahas ttg mesin ya......kirain bahas ttg momod chiong (DOHC) 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
ehemm....
yg pasti yg paling banyak dipake yahhh yg DOHC dibanding yg rotaryy...





yg pasti yg paling banyak dipake yahhh yg DOHC dibanding yg rotaryy...






numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
prinsip mudahnya gini,ak4ng wrote:hidupkan dari kubur![]()
btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,
untuk mesin piston "biasa", setiap 1 siklus piston di satu ruangnya, memuat 4 prinsip kerja pembakaran: Intake, Kompresi, Pembakaran dan Exhaust
untuk rotary, seolah olah ke-empat proses kerja tadi mempunyai "ruang" tersendiri, efeknya di satu siklus putaran rotor rotary, terjadi 3 putaran mesin
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
jarang bgt aplikasi mesin rotary ini ya?????
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
Silaken liat link ini..! Ini cara memahami enjin Rotary secara animated..imsus2c wrote:prinsip mudahnya gini,ak4ng wrote:hidupkan dari kubur![]()
btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,
untuk mesin piston "biasa", setiap 1 siklus piston di satu ruangnya, memuat 4 prinsip kerja pembakaran: Intake, Kompresi, Pembakaran dan Exhaust
untuk rotary, seolah olah ke-empat proses kerja tadi mempunyai "ruang" tersendiri, efeknya di satu siklus putaran rotor rotary, terjadi 3 putaran mesin
http://www.youtube.com/watch?v=6BCgl2uumlI
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY
mobil bermesin rotary = mobil bermesin 2 tak... boros....
kalu motor... no comment dah...
kalu motor... no comment dah...
Accurate V5 Accounting System Consultant