Tolongin dong bagaimana sich cara kerja kopling sepeda motor, baik yang manual atawa yang otomatis... dan jelasin fungsinya sebagai pemindah tenaga dan pemindah transmisi...
Kalo bisa dikasih gambar gitu... biarpun cuma sketsa atau oret-oretan... yang penting ada gambar yang jelas......
Thank's
My Fuhrer.....
Please...Gambarin Cara Kerja Kopling Motor Donk....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
gini, kopling yg populer kita kenal sebagai pemindah daya dari mesin ke transmisi adalah sebegai berikut:
1.kopling manual mobil
2.kopling otomatis mobil yg terintegrasi dengan transmisi matic
2.kopling manual speda motor dan otomatis ( bebek )
prinsip dasarnya ada di sini..
http://auto.howstuffworks.com/clutch1.htm
kalo kopling speda motor platnya lebih banyak daripada mobil
1.kopling manual mobil
2.kopling otomatis mobil yg terintegrasi dengan transmisi matic
2.kopling manual speda motor dan otomatis ( bebek )
prinsip dasarnya ada di sini..
http://auto.howstuffworks.com/clutch1.htm
kalo kopling speda motor platnya lebih banyak daripada mobil
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
Kopling basah dan kopling kering tuh bedanya yg satu basah dan yg satu kering.
Kopling basah maksudnya rumah kopling dan mekansime laindirendam dengan oli.Diaplikasi pd motor2 kebanyakan.
Kalo kopling kering,rumah koplingnya nggak perlu dikasih oli alias kering.Ini digunakan pd motor balap (moto-GP) agar kerja mesin lebih ringan krn tdk ada hambatan oleh cairan.
Dulu pernah ada satu set buat honda grand,harganya kalo gak salah 5 jutaan.



Kopling basah maksudnya rumah kopling dan mekansime laindirendam dengan oli.Diaplikasi pd motor2 kebanyakan.
Kalo kopling kering,rumah koplingnya nggak perlu dikasih oli alias kering.Ini digunakan pd motor balap (moto-GP) agar kerja mesin lebih ringan krn tdk ada hambatan oleh cairan.
Dulu pernah ada satu set buat honda grand,harganya kalo gak salah 5 jutaan.
Speed is a game??!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Ada tambahan mobil memakai kopling kering karena bobotnya sehingga tidak mudah selip.ivanov wrote:Kopling basah dan kopling kering tuh bedanya yg satu basah dan yg satu kering.![]()
![]()
![]()
Kopling basah maksudnya rumah kopling dan mekansime laindirendam dengan oli.Diaplikasi pd motor2 kebanyakan.
Kalo kopling kering,rumah koplingnya nggak perlu dikasih oli alias kering.Ini digunakan pd motor balap (moto-GP) agar kerja mesin lebih ringan krn tdk ada hambatan oleh cairan.
Dulu pernah ada satu set buat honda grand,harganya kalo gak salah 5 jutaan.
Mekanisme penarik koplingnya ada 2 macem untuk yang manual :
1. Hidrolis (kebanyakan kopling mobil, beberapa moge) dengan tekanan oli.
2. Mekanik (beberapa mobil masih menggunakan, motor) dengan tarikan kawat.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta