Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
haloo...
mau nanya nih... mohon bantuannya... thx.
1. apa efek jika oil mesin motor terlampau panas
2. apakah panas oil mesin setiap motor berbeda tingkat panasnya
3. apakah ada standard (berapa derajat) panas oil yg aman (terbaik)
4. apakah bisa membedakan antara oil palsu dengan oil asli dengan mengetahui panasnya.
awenk2000 wrote:haloo...
mau nanya nih... mohon bantuannya... thx.
1. apa efek jika oil mesin motor terlampau panas
2. apakah panas oil mesin setiap motor berbeda tingkat panasnya
3. apakah ada standard (berapa derajat) panas oil yg aman (terbaik)
4. apakah bisa membedakan antara oil palsu dengan oil asli dengan mengetahui panasnya.
mohon bantuan rekan2 yg expert, thx.
1. Akan merusak mesin. Boros BBM, karena tenaga tidak maksimal. Kalo panas banget, paha panas dan kaki bisa melepuh... he..he..
2. - Oli nya sih pertama2 dingin, panas datangnya dari mesin. Apakah panas yg dihasilkan tiap mesin berbeda..? Pasti lah. Panas yg dihasilkan mesin 200 cc pasti lebih banyak daripada yg 50cc. Itu sebabnya ada motor yg pake radiator dan ada yg tidak (cukup ditiup angin).
- Titik didih oli berbeda2. Semakin tinggi titik didihnya semakin bagus. Kemampuan oli mempertahankan sifat2nya akibat kenaikan suhu jg berbeda2. Tanya kan spek oli ke salesnya. Tapi sayangnya sales nya jg jarang yg tau kalo pertanyaannya sampe kesini. Cuma ngotot muji2 barangnya doang.
3. Sorry, kurang tau nih. Setau gw sih makin dingin makin bagus, asal jgn sampe dibawah suhu optimal pembakaran. Tergantung mesinnya jg(mungkin)
Efek jika oil mesin motor terlampau panas?
1.mesin lebih mudah overheat
2.kualitas oli cepat menurun
3.oli lebih mudah menguap
Kalo menurut pengalaman saya ngebedain antara oil palsu dan asli, kalo baru dipake sebentar kurang lebih 750km sudah ada suara kasar pada mesin kemungkinan oli yang bro pake adalah palsu.
Iya nih ditunggu jawaban dari Bro Yoyoyo, oh iya sekalian bahas soal oil cooler juga donk Bro (yang waktu itu gw PM ke nt) kali2 ada SMers yang butuh juga.. thx berat
wah thx nih atas response nya teman2
kemaren saya tanya ke yg pengalaman
menurut dia kalo oilnya terlampau panas maka
sifat pelumasnya jadi berkurang alias jadi seperti air
doang, jadi karena tidak ada pelumas yg buat licin2 nya
maka mesin akan bergesekan tanpa pelumas sehingga
akan mudah aus...
dan untuk mengetahui bedanya oil palsu dgn yg asli
ya dari situ, klo yg palsu panas sedikit aja langsung
sifat pelumasnya hilang...
tp yg belum diketahui berapa suhu normal / the best
buat masing2 jenis oil, belum ada yg bisa ksh info nih
pls help...
awenk2000 wrote:haloo...
mau nanya nih... mohon bantuannya... thx.
1. apa efek jika oil mesin motor terlampau panas
2. apakah panas oil mesin setiap motor berbeda tingkat panasnya
3. apakah ada standard (berapa derajat) panas oil yg aman (terbaik)
4. apakah bisa membedakan antara oil palsu dengan oil asli dengan mengetahui panasnya.
budzaemon wrote:Iya nih ditunggu jawaban dari Bro Yoyoyo, oh iya sekalian bahas soal oil cooler juga donk Bro (yang waktu itu gw PM ke nt) kali2 ada SMers yang butuh juga.. thx berat
halah.. ini lagi
udah kupipes aja reply gw gih
awenk2000 wrote:tp yg belum diketahui berapa suhu normal / the best
buat masing2 jenis oil, belum ada yg bisa ksh info nih
pls help...
info ini spesifik, tergantung dari produk masing2.
bukan suhu normal, tapi range suhu efektif.
coba lihat posting gw yg ini
Disitu contoh utk Conoco,bro bisa lihat di MSDS (Material Safety Data Sheet) atau TDS (Technical Data Sheet) pada
- Viscosity (kekentalan pada range temperatur x ~ y. Semakin sedikit perbedaannya, semakin stabil karakter di rentang suhu tsb)
- Flash point (temperatur dimana oli akan terbakar stlh terjadi penguapan. Semakin tinggi suhu flashpoint nya semakin baik)
NanoEnergizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology. Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
awenk2000 wrote:haloo...
mau nanya nih... mohon bantuannya... thx.
1. apa efek jika oil mesin motor terlampau panas
2. apakah panas oil mesin setiap motor berbeda tingkat panasnya
3. apakah ada standard (berapa derajat) panas oil yg aman (terbaik)
4. apakah bisa membedakan antara oil palsu dengan oil asli dengan mengetahui panasnya.
mohon bantuan rekan2 yg expert, thx.
1. Oli mesin yang terlampau panas akan mengalami degradasi (oksidasi), khususnya polimer-polimer viscosity enhancement, sehingga fungsi oli sebagai pelumas dan penyerap panas jadi menurun. Jika mesin terlalu panas, maka effisiensi mesin jadi drop, akibatnya mesin akan cepat mengalami kerusakan.
2. Memang ada perbedaan tingkat panas mesin (operating condition) antara satu mesin dengan mesin yang lainnya, hanya perbedaan ini tidak terlalu banyak.
3. Standard operating temperature untuk Spark Ignition engine sekitar 87 derajad Celcius ... ada juga yang menggunakan sampai 93 derajad celcius untuk engine dengan cooling systemnya air (dibawah titik didih air yang 100 derajad celcius). Jika pendinginnya udara ... maka desain operating temperature bisa mencapai 110 derajad celcius.
4. Secara visual (kasad mata), memang sulit untuk membedakan antara oli palsu dengan oli asli. Sebenarnya sih nggak ada palsu dan asli ... hanya yang satu fresh dari Kilang Petroleum (aka asli) ... sedang yang lain merupakan penyulingan kembali oli yang sudah dipakai (used oil ... aka oli palsu). Perbedaanya akan ketara bila digunakan ... yang palsu cepat menjadi hitam ... sedang yang asli untuk menjadi hitam memakan waktu relatif lebih lama. Yang kedua, oli palsu ini daya serap panasnya (heat dissipation capability) sudah mengalami degradasi (karena sudah pernah dipakai) sehingga mesin akan lebih panas dibanding jika menggunakan oli asli yang masih mempunyai daya serap panas yang tinggi. Yang ketiga, oli palsu ini akan cepat mengalami degradasi (akibat mesin yang terlampau panas) ... resiko adanya sludge dan soot pada komponen dalam mesin ... yang ditandai dengan kasarnya suara mesin baik idle maupun sedang berjalan.
kalo oli asli baru dipake bentar langsung item itu katanya asli dan bagus.. kalo oli palsu warnanya ngga berubah2.. soalnya dia pake pewarna.. nah yang asli itu kenapa bisa hitem,, berarti ini oli bekeeja dengan bagus kimia nya bekerja ngelindungin mesin,,hingga nguras kotoran yang ada.
C B R 150R [R E P S O L ] / N S R 150 SP [RED & WHITE]
kalo oli asli baru dipake bentar langsung item itu katanya asli dan bagus.. kalo oli palsu warnanya ngga berubah2.. soalnya dia pake pewarna.. nah yang asli itu kenapa bisa hitem,, berarti ini oli bekeeja dengan bagus kimia nya bekerja ngelindungin mesin,,hingga nguras kotoran yang ada.
Warna hitam pada oli itu menunjukkan adanya SLUDGE yaitu emulsi dari Air, hasil-hasil pembakaran (blow-by) dan oli itu sendiri. Korban dari adanya pengaruh mekanis dan kimia, maka oli yang asli akan lebih tahan terhadap serangan serangan mekanis dan kimia, sedang oli yang palsu akan mudah dan tidak tahan terhadap serangan mekanis dan kimia.
Biasanya yang cepat menjadi hitam itu adalah oli mineral (dino oil), sedang synthetic akan lebih lama lagi untuk menjadi hitam. Oli paslu (refiltering atau recycled used oil - tergantung dari mesin recycle/filter nya) itu ada beberapa tingkatan kwalitasnya. Si montir pun juga nggak salah, sekiranya oli palsu yang dipakai adalah udah keterlaluan jeleknya, maka oli itu tidak ada kemampuan untuk menampung/melarutkan sludge yang terbentuk berupa emulsi, sehingga sludge yang terbentuk langsung mengendap di komponen-komponen dalam mesin (yang nggak terlihat oleh kita), yang terlihat hanya olinya bersih terus.
Sekiranya kita nggak tahu betul asli dan palsunya oli, maka adalah bijaksana sekiranya setiap penggantian oli dilakukan FLUSH, agar sludge yang mengendap/menempel pada komponen dalam mesin akan tercuci dan keluar bersama motor/engine flush.
kalo oli asli baru dipake bentar langsung item itu katanya asli dan bagus.. kalo oli palsu warnanya ngga berubah2.. soalnya dia pake pewarna.. nah yang asli itu kenapa bisa hitem,, berarti ini oli bekeeja dengan bagus kimia nya bekerja ngelindungin mesin,,hingga nguras kotoran yang ada.
Kalo liatnya 1 cawan penuh, emang susah bedain mana bekas Olie bagus dan jelek karena dua2 nya akan sama2 keliatan item (kecual olie yg mutunya parah banget yg sama sekali nggak punya karakteristik olie).
Setau gw, cek nya cukup setetes 2 tetes, taro ditangan atau benda lain yg warna terang. Olie yg bagus biasanya tetap aja warna asli nya keliatan agak kuning2, tapi mengandung banyak kotoran item2. Sedangkan olie jelek akan item butek semuanya tanpa ada "kesan" agak kuning2. Yg parah kalo udah item butek campur putih2 kayak susu.
kemarin dapet info dari teman , khusus oil product pertamina kalo pingin yang asli beli aja di SPBU pertamina , pasti asli katanya sih gitu , pendapat teman teman gimana?
uch wrote:Setau gw, cek nya cukup setetes 2 tetes, taro ditangan atau benda lain yg warna terang. Olie yg bagus biasanya tetap aja warna asli nya keliatan agak kuning2, tapi mengandung banyak kotoran item2. Sedangkan olie jelek akan item butek semuanya tanpa ada "kesan" agak kuning2. Yg parah kalo udah item butek campur putih2 kayak susu.
Cara lain bisa dilakukan dengan meneteskan oli ke atas kertas tissue.
Oli yang baru akan terserap dan menyebar cukup cepat dalam kertas tissue. Sedangkan yang palsu, penyebarannya lambat atau nggak menyebar sama sekali jika mutunya udah jueelek buaanget.
wadoh.. thx berat nih atas infonya teman2.
especially for bro penyuturbo yg udah ngejelasin detail
sekarang aye udah lebih paham, mudah2an info diatas berguna bagi teman2 semua, thx. all.
awenk2000 wrote:wadoh.. thx berat nih atas infonya teman2.
especially for bro penyuturbo yg udah ngejelasin detail
sekarang aye udah lebih paham, mudah2an info diatas berguna bagi teman2 semua, thx. all.
Satu tambahan lagi :
Jika kita yakin bahwa oli yang dipakai adalah oli yang kwalitasnya baik (asli), maka apabila cepat sekali menjadi hitam ... ini menunjukkan bahwa pembakaran dalam ruang bakar tidak sempurna.
Untuk menyempurnakan pembakaran (supaya oli nggak cepat jadi hitam), maka tambahkan acetone (100%) ke dalam tanki bensin ... dengan takaran untuk setiap 1 liter bensin ditambahkan 1.5 cc ke 2 cc. Sebagai contoh jika kapasitas tanki bensin adalah 5 liter, maka acetone yang ditambahkan adalah 7.5 cc ke 10 cc. ... Jangan kaget jika motor tarikannya jadi ringan.
Acetone 100% ini bisa di dapat di Apotek Kimia Farma.
Boss, kalo Acetone 100% di Sby bisa dibeli di banyak toko kimia sepanjang Jalan Tidar... jauh lebih murah daripada di Apotik Kimia Farma.. BTW, kalo Toluene (thinner 100%) apakah belum saatnya dicritakan khasiatnya kpd pengguna motor ? hehehe....
satu lagi:
cepat menghitamnya oli tidak menjadi patokan pada oli mesin diesel. Oli mesin diesel biasanya sudah menghitam di 100 km pertama, sejak ganti oli dengan filternya.
wah jelas ngaruh dong bro, tarikan mesin bro bakal lebih cepat atau lebih enteng tapi akibat kurangnya 100cc itu lebih parah dibandingkan keuntungannya.
su_minson wrote:wah jelas ngaruh dong bro, tarikan mesin bro bakal lebih cepat atau lebih enteng tapi akibat kurangnya 100cc itu lebih parah dibandingkan keuntungannya.
masa sih tarikan jd enteng?
bukannya mesin nanti malah cepet rusak?
justru akibat kurangnya 100cc itu yang bikin mesin parah nantinya . tarikan tambah enteng sih memang tapi cuma sedikit akibat berkurangnya volume oli tadi. jadi mesin bisa lebih lega memompa oli 900 ml dari pada 1000ml.