TIPS Matic CVT : Tidak Bebas Perawatan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

TIPS Matic CVT : Tidak Bebas Perawatan

Post by handling »

Sumber : majalah otomotif

Tidak Bebas Perawatan

http://i40.photobucket.com/albums/e202/ ... ticcvt.jpg




t0mc4t : Saya edit ya,karena image terlalu besar,jadi BBCode "img" saya remove
Image
frontier

Post by frontier »

Thanx bro, aku akan lebih ati2 dengan CVT Jazz VTEC-ku....
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah agak rapuh juga transmisinya ya
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Musuh utama transmisi otomatik ini kalau ATF (Automatic Transmission Fluid) ... kebakar karena sering high speed ... ngangkut barang yang berat-berat ... diluar kondisi normal pengendaraan. Memang sebaiknya ganti oli transmisi sama dengan oli mesin. Kelihatannya sih pemborosan dan penghamburan uang ... tapi untuk long term ... worthed ... ketimbang transmisinya breakdown ditengah jalan ... merogoh kocek lebih dalam.
Image
frontier

Post by frontier »

Ya Pak. Oleh owner's manual Jazz VTEC Matic disarankan ganti oli CVT setiap 20.000 km, tapi 2 hari y.l. walaupun baru 10.000 km aku ganti aja karena aku termasuk nggak tegaan kalo bawa mobil pelan2... kalo CVT Jazz pake oli khusus Honda, namanya CVTF, ada di bengkel resmi Honda.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Ya Pak. Oleh owner's manual Jazz VTEC Matic disarankan ganti oli CVT setiap 20.000 km, tapi 2 hari y.l. walaupun baru 10.000 km aku ganti aja karena aku termasuk nggak tegaan kalo bawa mobil pelan2... kalo CVT Jazz pake oli khusus Honda, namanya CVTF, ada di bengkel resmi Honda.
Langkah awal yang baik ... Mengobati itu biayanya lebih besar ketimbang Merawat ... sama halnya dengan Harrier ... dalam manual dikatakan ngaak perlu diganti ... dulu sewaktu km 40,000 km udah mulai ada jerking (sering digeber sampe mentok speedometer 180km/h aja karena ada speed limiter ... nggak bini nggak anak kalau make Harrier mesti digeber kalau jalan di highway) ... lalu aku flush ... smooth lagi dan sekarang tiap 4000 atau 5000 aku ganti ATF nya barengan dengan dengan engine oil ... Alhamdulillah sampai sekarang sudah dekat 80,000 km nggak ada tanda-tanda jerking ... smooth saben hari.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah anak ama bini nya pak penyu turbo pembalap juga ya hahahahahaha suka geber mobil juga
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

oh ya apakah cuman honda aja,kalo ngak salah kan audi pake cvt juga
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

mpoezz wrote:wah anak ama bini nya pak penyu turbo pembalap juga ya hahahahahaha suka geber mobil juga
Waktu balik dari johor baru ke KL (make Harrier), saya bawa hanya 140 km/h ... semua ngedumel .... kapan sampainya ... ganti bini yang bawa ... hemmm speedometer dimentokin. Johor Baru - KL jaraknya 360 km ... dilibas 2.5 jam.

Waktu balik dari Kedah ke KL (make Volvo), aku ngantuk ... anak perempuan yang bawa ... bangun bangun pas isi bensin ... kok cepet habisnya ... ditanya ngebut sampai berapa hehehehe jawabnya enteng aja ... cuman 180km/h aja kok.

Tahu yang nyervis mobil bokapnya sendiri ... mbawaknya gila-gila ... Bokapnya kalau nyetir kenceng ... mikirnya ada anak bini ... tapi kalau anak bini yang nyetir ... nggak mikirin bokapnya kali ...yak ?

Saya bawa pun nggak ngebut-ngebut (pernah sih sekali-kali ngetes sampai berapa bisa kencengnya ... 200 km/h dah nggak berani lagi tekan gas ... maklum ban-nya hanya Michelin H rating ... Lain kalau make GT radial yang V rating ... berani tancap gas lagi) ... itulah sebabnya saya make nickname PENYU+TURBO ..... hahahahahaha. Penyu lelet jalannya mesti dikasih turbo... sak lelet2nya udah sering kena tilang speeding.
Last edited by PenyuTurbo on Sun Jul 02, 2006 12:34, edited 1 time in total.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

mpoezz wrote:oh ya apakah cuman honda aja,kalo ngak salah kan audi pake cvt juga
Sekarang ini udah banyak yang make CVT ... Nissan pun juga make.

Sebenarnya yang bikin auto gearbox ni nggak banyak ... ZF dari German (hampir semua BM pakai ZF transmission). Aisin Warner ... yang ini punyanya TOYOTA ... tapi dipakai oleh hampir setiap merek mobil. VOLVO, SAAB, Suzuki, ISUZU panther yang Automatic pun pakai gearbox Aisin Warner dan masih banyak lagi ... termasuk mobil-mobil Korea. Ada lagi yang dari USA ... lupa nama company-nya ... toh Ford pun juga sebagian pakai

Teknologi dari yang controlnya make selenoid ... kemudian pakai electronic dengan Lock-Up Systemnya 5 speed ... masih kurang puas lagi ... sekarang pakai CVT. Muncul pula Jazz 7 speed .....
Image