[SM Modification] Exhaust Upgrade

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by r1210g »

doq wrote:
r1210g wrote:
doq wrote:oom penyuturbo...............

sy dah baca thread ini dr awal......tp ada satu hal yg agak-kurang ngarti ney...... :ungg:

kira2 yg mana yg sebaiknya d lakukan lbh dulu utk memaksimalkan performa mesin.......apakah upgrade exhaust system dulu atau upgrade sektor mesin dulu?......soalnya sy baca dari awal panduan utk upgrade exhaust system khan berdasarkan output power dr mesin .......

cmiiw......msh bego neh...heheheheh :ungg:
bro.. upgrade exhaust juga merupakan upgrade pada sektor mesin..

kalo upgrade exhaust dengan tujuan akhir yang jelas sama aja koq bro..

yang paling kentara antara main N/A ato FI..
ya beda jauh..

cmiiw.......let's say if i do port n polish tanpa upgrade exhaust system......otomatis output power berbeda dg keadaan sebelumnya khan? :ungg:

maksudnya....apakah lebih baik benahin sektor mesin spt contoh diatas? ato lsng ke exhaust system baru kemudian sektor mesin lainnya? :ungg:
kalo saya tau saya bakal bantu jawab dulu seblum pak penyuturbo bisa kembali lagi..

Sebenarnya mau dikerjain yang mana dulu tuh sama aja bro..
emang ada hubungan, tapi hubungan paralel bukan seri..

mau porting polish dulu boleh.. ada kenaikan hp yang lumayan (sepertinya lebih besar dari upgrade exhaust)..
kalo mau exhaust system baru ke porting polish juga boleh..
hasilnya sama aja koq..

kalo saya pribadi pilih exhaust dulu soalnya lebih simple..
kalo porting polish selain harganya juga lumayan, prosesnya cukup lama..
semingguan kalo ga salah.. blom penggantian sparepart2..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by r1210g »

avansa wrote: yang saya ingin tanyakan,pengaruh ke mesin dan tenaga jika CC di lepas,...?
tergantung..

setau saya di vios lama, lepas CC nambah HP..
saya pernah baca aja tapi ga tau sistem dari CC di mobil itu..

Soalnya ada juga CC yang ada konektor kabel ke ECU..
Jadinya ngebaca hasil gas buang, terus kalkulasi ulang lagi soal penyemprotan bensinnya..
kalo sampe ga ada, ya kalkulasinya ada kekacauan dikit..
kalo lepas CC sih pasti lebih plong.. jadinya ga ada hambatan2 lagi di exhaust..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by Shaqilla »

r1210g wrote:
doq wrote:
r1210g wrote: bro.. upgrade exhaust juga merupakan upgrade pada sektor mesin..

kalo upgrade exhaust dengan tujuan akhir yang jelas sama aja koq bro..

yang paling kentara antara main N/A ato FI..
ya beda jauh..

cmiiw.......let's say if i do port n polish tanpa upgrade exhaust system......otomatis output power berbeda dg keadaan sebelumnya khan? :ungg:

maksudnya....apakah lebih baik benahin sektor mesin spt contoh diatas? ato lsng ke exhaust system baru kemudian sektor mesin lainnya? :ungg:
kalo saya tau saya bakal bantu jawab dulu seblum pak penyuturbo bisa kembali lagi..

Sebenarnya mau dikerjain yang mana dulu tuh sama aja bro..
emang ada hubungan, tapi hubungan paralel bukan seri..

mau porting polish dulu boleh.. ada kenaikan hp yang lumayan (sepertinya lebih besar dari upgrade exhaust)..
kalo mau exhaust system baru ke porting polish juga boleh..
hasilnya sama aja koq..

kalo saya pribadi pilih exhaust dulu soalnya lebih simple..
kalo porting polish selain harganya juga lumayan, prosesnya cukup lama..
semingguan kalo ga salah.. blom penggantian sparepart2..
Sepengetahuan gw sih, idealnya main di jeroan dulu, atau yg paling minim, pnp dulu sebelum exhaust untuk hasil maksimal.. Soalnya ukuran exhaust, yg terdekat ke port a/ header, akan menyesuaikan dgn ukuran port2 hasil pnp, bentuk dan sudut2 idealna harus sesuai sama itungan bukaan n timing katup (misalnya hasil dari ganti cam), kalo gak salah kompresi piston juga dilihat.. Dari downpipe ke piping tinggal ikutin rujukan dari depannya.. Tp utk hasil cepat dan pemakaian harian, cukup ganti header/exhaust yg designya lebih baik, air filter + piggyback...
Apri-AIC212
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by r1210g »

kalo dari saya sih, saya mengasumsikan bro doq hanya ingin memaksimalkan performa mesin..
bukan buat yang berat2.. hehehe
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by Shaqilla »

Ooo.. Gitu yah bouz...ganti header aftermarket aja yg sesuai utk mobil n karakter supir, lebih kerasa perubahannya + air filter replacement n piggy biar konsumsi bbm enggak molor jauh... Kalo yg dimaksud itu ganti muffler, setau gw gak ngaruh banyak, cuma suara n sugestinya aja, hehehe.....
Apri-AIC212
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by doq »

r1210g wrote:kalo dari saya sih, saya mengasumsikan bro doq hanya ingin memaksimalkan performa mesin..
bukan buat yang berat2.. hehehe
:mrgreen: hehehe....ya memang utk memaksimalkan mesin dululah.....soalnya dipake utk harian bukan utk balap......palagi khan hal2 ini berhubungan erat dg FC......biasalah karakter orang indo, pengen kenceng tp g mau boros......kekekekekekekeke

utk n/a tune pun paling2 cukup di stage 1 saja.......klo ada rejekinya :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by r1210g »

doq wrote:
r1210g wrote:kalo dari saya sih, saya mengasumsikan bro doq hanya ingin memaksimalkan performa mesin..
bukan buat yang berat2.. hehehe
:mrgreen: hehehe....ya memang utk memaksimalkan mesin dululah.....soalnya dipake utk harian bukan utk balap......palagi khan hal2 ini berhubungan erat dg FC......biasalah karakter orang indo, pengen kenceng tp g mau boros......kekekekekekekeke

utk n/a tune pun paling2 cukup di stage 1 saja.......klo ada rejekinya :mrgreen:
langsung aja bro.. hahahaha..
sering bulak -balik jkt-bdg kan?

makin cepet tuh bulak-baliknya.. hahaha..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by avansa »

r1210g wrote:
avansa wrote: yang saya ingin tanyakan,pengaruh ke mesin dan tenaga jika CC di lepas,...?
tergantung..

setau saya di vios lama, lepas CC nambah HP..
saya pernah baca aja tapi ga tau sistem dari CC di mobil itu..

Soalnya ada juga CC yang ada konektor kabel ke ECU..
Jadinya ngebaca hasil gas buang, terus kalkulasi ulang lagi soal penyemprotan bensinnya..
kalo sampe ga ada, ya kalkulasinya ada kekacauan dikit..
kalo lepas CC sih pasti lebih plong.. jadinya ga ada hambatan2 lagi di exhaust..
lah kalau ada konektor kabel ke ECU...dan copot ECU nya kan ngak mungkin,jadi CC nya aja..otomatis konektor kabel udah nggak punya tugas.
jadi jelasnya pengaruhnya enggak masalah di mesin dan tenaga, kalau di Lingkungan.. :ngacir:
Image
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by Shaqilla »

Pengaruh tuh sensornya... Harus tetep dipasang bro.. Kalo lo cari header aftermarket yg memang bolton utk mobil lo, kalau aslinya ada sensor, pasti headernya juga ud ada lobang utk itu kok... Cc dilepas tapi sensornya tetep ada dan berfungsi...
Apri-AIC212
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by avansa »

Yups...Misal CC kita lepas..trus pas perpanjangan stnk,pas uji emisi gas buang kira kira masih masuk ambang batas enggak..? mungkin ada yang pernah coba..?
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by doq »

r1210g wrote:
doq wrote:
r1210g wrote:kalo dari saya sih, saya mengasumsikan bro doq hanya ingin memaksimalkan performa mesin..
bukan buat yang berat2.. hehehe
:mrgreen: hehehe....ya memang utk memaksimalkan mesin dululah.....soalnya dipake utk harian bukan utk balap......palagi khan hal2 ini berhubungan erat dg FC......biasalah karakter orang indo, pengen kenceng tp g mau boros......kekekekekekekeke

utk n/a tune pun paling2 cukup di stage 1 saja.......klo ada rejekinya :mrgreen:
langsung aja bro.. hahahaha..
sering bulak -balik jkt-bdg kan?

makin cepet tuh bulak-baliknya.. hahaha..
pengennyaseh langsung.....ada yg mo jd donatur?......kekekekeke
yup....makin cepet bolak-balik sampe2 ky setrika ntar :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by I-Com »

bro2 mohon pencerahan donk, kalo untuk innova matic enaknya headernya diganti yang mana ya?? n apa aja sih yg perlu diupgrade sekalian perkiraan biaya (kalo ada)??

di tpoik ini pernah ada yg nanya sih innova A/T tapi kayaknya om penyu blom pernah jawab, nah sekarang malah om penyu nga pernah muncul, pls info2 nya buat master2 sekalian, hehehe thx b4 ya :thanks:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by r1210g »

I-Com wrote:bro2 mohon pencerahan donk, kalo untuk innova matic enaknya headernya diganti yang mana ya?? n apa aja sih yg perlu diupgrade sekalian perkiraan biaya (kalo ada)??

di tpoik ini pernah ada yg nanya sih innova A/T tapi kayaknya om penyu blom pernah jawab, nah sekarang malah om penyu nga pernah muncul, pls info2 nya buat master2 sekalian, hehehe thx b4 ya :thanks:
maksudnya header diganti yang mana apanya ya?
header ya exhaust manifold..

oiya, innovanya yang taun berapa?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by I-Com »

r1210g wrote:maksudnya header diganti yang mana apanya ya?
header ya exhaust manifold..

oiya, innovanya yang taun berapa?
iya, maksudnya header yg cocok itu pake 4-1 atau 4-2-1 buat matic, soalnya gw dah ganti air filter replacement K&N, pake denso iridium tapi keknya nga nga ngaefek sih....... oh ya innova nya taon '07
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by doq »

ada yg tau rate utk penggantian full exhaust system ujung k ujung bwat sedan, sekitar berapa y?.....posisi jkt-bdg ney oom :beer:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
pos1
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Aug 18, 2008 6:09

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by pos1 »

avansa wrote:Yups...Misal CC kita lepas..trus pas perpanjangan stnk,pas uji emisi gas buang kira kira masih masuk ambang batas enggak..? mungkin ada yang pernah coba..?

sy dah lepas cc, pas kmrn uji emisi hasilnya tetap bagus dan ga jauh dr sebelumnya.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by abrof »

Numpang nanya para master nih, klo innova kan boros karena diameter knalpot yg 2000cc sama gedenya dgn yg 2700cc, jangan2 New CRV 2000cc boros karena diameter knalpotnya sama dengan yg 2400cc. Ada saran buat modif knalpot supaya FC lebih irit?
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by r1210g »

I-Com wrote:
r1210g wrote:maksudnya header diganti yang mana apanya ya?
header ya exhaust manifold..

oiya, innovanya yang taun berapa?
iya, maksudnya header yg cocok itu pake 4-1 atau 4-2-1 buat matic, soalnya gw dah ganti air filter replacement K&N, pake denso iridium tapi keknya nga nga ngaefek sih....... oh ya innova nya taon '07
ooouuwww... masa sih ga ngefek?

pake 4-2-1 aja bro..
ato kalo mau yang pasti beli yang udah jadi khusus buat innova..
matic manual sama aja lah bro kalo header..
kan ga ngaruh matic apa manual..
yang dimainin kan di mesinnya..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by r1210g »

doq wrote:ada yg tau rate utk penggantian full exhaust system ujung k ujung bwat sedan, sekitar berapa y?.....posisi jkt-bdg ney oom :beer:
sekitar 2-3 juta full..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by r1210g »

abrof wrote:Numpang nanya para master nih, klo innova kan boros karena diameter knalpot yg 2000cc sama gedenya dgn yg 2700cc, jangan2 New CRV 2000cc boros karena diameter knalpotnya sama dengan yg 2400cc. Ada saran buat modif knalpot supaya FC lebih irit?
wah blom ada tuh penelitian buat CRV..
tapi keknya agak ga mungkin deh..
soalnya setau saya header CRV memang agak beda juga..

Dari pengalaman di jazz juga.. Header buat jazz dah maksimal ga perlu diganti..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by paddock »

I-Com wrote:
r1210g wrote:maksudnya header diganti yang mana apanya ya?
header ya exhaust manifold..

oiya, innovanya yang taun berapa?
iya, maksudnya header yg cocok itu pake 4-1 atau 4-2-1 buat matic, soalnya gw dah ganti air filter replacement K&N, pake denso iridium tapi keknya nga nga ngaefek sih....... oh ya innova nya taon '07
Untuk Innova denger2 pipa primer sama kolektornya kebesaran,.Dan hasil cetakan+sambungan lasnya ga rapi,.
Saran saya klo matic jangan 4-1,.bakal boyo,.Pake 4-2-1,.dan klo lepas catalytic converter harus pasang tabung resonator atau yang akrab dipanggil racing resonator,.Klo ga bakalan ngempos,.
Trus headernya dibungkus wrap,.Supaya aliran gas buang didalam lebih bagus,.
Coba cari di forum modifikasi.com banyak yang jual knalpot khusus Innova matic,.
okmans
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Sep 05, 2008 6:45

BIKIN HEADER BUAT ACCORD 2002

Post by okmans »

DMN YA BENGKEL BIKIN HEADER YG BAGUS DI BILANGAN JKT.. MO NYOBA NEE ACCORD MAKE HEADER RACING..
THX, 4 U'RE ANSWER :e-clap:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by ZombiEE »

bro2 sekalian..saya pernah baca dimana gitu...dari suara knalpot nya ngalir gak mengalir bisa diketaui systemnya bagus ato nga..sumone please enlighten me..thanks:)
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by I-Com »

r1210g wrote:ooouuwww... masa sih ga ngefek?

pake 4-2-1 aja bro..
ato kalo mau yang pasti beli yang udah jadi khusus buat innova..
matic manual sama aja lah bro kalo header..
kan ga ngaruh matic apa manual..
yang dimainin kan di mesinnya..
emang beli jadi itu yg bermerk gitu yah kayak kansai, hks, dll?? trus kalo ganti header aja emang dah cukup atau ada lagi yg perlu diganti, thank's ya bro n maap kalo banyak tanya soalnya nga ngerti sama sekali masalah beginian....
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: [SM Modification] Exhaust Upgrade

Post by I-Com »

paddock wrote:Untuk Innova denger2 pipa primer sama kolektornya kebesaran,.Dan hasil cetakan+sambungan lasnya ga rapi,.
Saran saya klo matic jangan 4-1,.bakal boyo,.Pake 4-2-1,.dan klo lepas catalytic converter harus pasang tabung resonator atau yang akrab dipanggil racing resonator,.Klo ga bakalan ngempos,.
Trus headernya dibungkus wrap,.Supaya aliran gas buang didalam lebih bagus,.
Coba cari di forum modifikasi.com banyak yang jual knalpot khusus Innova matic,.
ow gitu ya bro btw pipa primer sama kolektornya itu yg mana ya :oops: apa itu termasuk dalam header semuanya?? trus kalo headernya dibungkus ma wrap itu luarnya aja ya?? biasa bengkel nya ngerti kan (jadi kita tinggal minta dibungkus warp gitu??), ok thanks buat info dan ilmunya bro :thanks: