Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sy dah baca thread ini dr awal......tp ada satu hal yg agak-kurang ngarti ney......
kira2 yg mana yg sebaiknya d lakukan lbh dulu utk memaksimalkan performa mesin.......apakah upgrade exhaust system dulu atau upgrade sektor mesin dulu?......soalnya sy baca dari awal panduan utk upgrade exhaust system khan berdasarkan output power dr mesin .......
cmiiw......msh bego neh...heheheheh
bro.. upgrade exhaust juga merupakan upgrade pada sektor mesin..
kalo upgrade exhaust dengan tujuan akhir yang jelas sama aja koq bro..
yang paling kentara antara main N/A ato FI..
ya beda jauh..
cmiiw.......let's say if i do port n polish tanpa upgrade exhaust system......otomatis output power berbeda dg keadaan sebelumnya khan?
maksudnya....apakah lebih baik benahin sektor mesin spt contoh diatas? ato lsng ke exhaust system baru kemudian sektor mesin lainnya?
kalo saya tau saya bakal bantu jawab dulu seblum pak penyuturbo bisa kembali lagi..
Sebenarnya mau dikerjain yang mana dulu tuh sama aja bro..
emang ada hubungan, tapi hubungan paralel bukan seri..
mau porting polish dulu boleh.. ada kenaikan hp yang lumayan (sepertinya lebih besar dari upgrade exhaust)..
kalo mau exhaust system baru ke porting polish juga boleh..
hasilnya sama aja koq..
kalo saya pribadi pilih exhaust dulu soalnya lebih simple..
kalo porting polish selain harganya juga lumayan, prosesnya cukup lama..
semingguan kalo ga salah.. blom penggantian sparepart2..
avansa wrote:
yang saya ingin tanyakan,pengaruh ke mesin dan tenaga jika CC di lepas,...?
tergantung..
setau saya di vios lama, lepas CC nambah HP..
saya pernah baca aja tapi ga tau sistem dari CC di mobil itu..
Soalnya ada juga CC yang ada konektor kabel ke ECU..
Jadinya ngebaca hasil gas buang, terus kalkulasi ulang lagi soal penyemprotan bensinnya..
kalo sampe ga ada, ya kalkulasinya ada kekacauan dikit..
kalo lepas CC sih pasti lebih plong.. jadinya ga ada hambatan2 lagi di exhaust..
r1210g wrote:
bro.. upgrade exhaust juga merupakan upgrade pada sektor mesin..
kalo upgrade exhaust dengan tujuan akhir yang jelas sama aja koq bro..
yang paling kentara antara main N/A ato FI..
ya beda jauh..
cmiiw.......let's say if i do port n polish tanpa upgrade exhaust system......otomatis output power berbeda dg keadaan sebelumnya khan?
maksudnya....apakah lebih baik benahin sektor mesin spt contoh diatas? ato lsng ke exhaust system baru kemudian sektor mesin lainnya?
kalo saya tau saya bakal bantu jawab dulu seblum pak penyuturbo bisa kembali lagi..
Sebenarnya mau dikerjain yang mana dulu tuh sama aja bro..
emang ada hubungan, tapi hubungan paralel bukan seri..
mau porting polish dulu boleh.. ada kenaikan hp yang lumayan (sepertinya lebih besar dari upgrade exhaust)..
kalo mau exhaust system baru ke porting polish juga boleh..
hasilnya sama aja koq..
kalo saya pribadi pilih exhaust dulu soalnya lebih simple..
kalo porting polish selain harganya juga lumayan, prosesnya cukup lama..
semingguan kalo ga salah.. blom penggantian sparepart2..
Sepengetahuan gw sih, idealnya main di jeroan dulu, atau yg paling minim, pnp dulu sebelum exhaust untuk hasil maksimal.. Soalnya ukuran exhaust, yg terdekat ke port a/ header, akan menyesuaikan dgn ukuran port2 hasil pnp, bentuk dan sudut2 idealna harus sesuai sama itungan bukaan n timing katup (misalnya hasil dari ganti cam), kalo gak salah kompresi piston juga dilihat.. Dari downpipe ke piping tinggal ikutin rujukan dari depannya.. Tp utk hasil cepat dan pemakaian harian, cukup ganti header/exhaust yg designya lebih baik, air filter + piggyback...
Ooo.. Gitu yah bouz...ganti header aftermarket aja yg sesuai utk mobil n karakter supir, lebih kerasa perubahannya + air filter replacement n piggy biar konsumsi bbm enggak molor jauh... Kalo yg dimaksud itu ganti muffler, setau gw gak ngaruh banyak, cuma suara n sugestinya aja, hehehe.....
r1210g wrote:kalo dari saya sih, saya mengasumsikan bro doq hanya ingin memaksimalkan performa mesin..
bukan buat yang berat2.. hehehe
hehehe....ya memang utk memaksimalkan mesin dululah.....soalnya dipake utk harian bukan utk balap......palagi khan hal2 ini berhubungan erat dg FC......biasalah karakter orang indo, pengen kenceng tp g mau boros......kekekekekekekeke
utk n/a tune pun paling2 cukup di stage 1 saja.......klo ada rejekinya
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
r1210g wrote:kalo dari saya sih, saya mengasumsikan bro doq hanya ingin memaksimalkan performa mesin..
bukan buat yang berat2.. hehehe
hehehe....ya memang utk memaksimalkan mesin dululah.....soalnya dipake utk harian bukan utk balap......palagi khan hal2 ini berhubungan erat dg FC......biasalah karakter orang indo, pengen kenceng tp g mau boros......kekekekekekekeke
utk n/a tune pun paling2 cukup di stage 1 saja.......klo ada rejekinya
langsung aja bro.. hahahaha..
sering bulak -balik jkt-bdg kan?
avansa wrote:
yang saya ingin tanyakan,pengaruh ke mesin dan tenaga jika CC di lepas,...?
tergantung..
setau saya di vios lama, lepas CC nambah HP..
saya pernah baca aja tapi ga tau sistem dari CC di mobil itu..
Soalnya ada juga CC yang ada konektor kabel ke ECU..
Jadinya ngebaca hasil gas buang, terus kalkulasi ulang lagi soal penyemprotan bensinnya..
kalo sampe ga ada, ya kalkulasinya ada kekacauan dikit..
kalo lepas CC sih pasti lebih plong.. jadinya ga ada hambatan2 lagi di exhaust..
lah kalau ada konektor kabel ke ECU...dan copot ECU nya kan ngak mungkin,jadi CC nya aja..otomatis konektor kabel udah nggak punya tugas.
jadi jelasnya pengaruhnya enggak masalah di mesin dan tenaga, kalau di Lingkungan..
Pengaruh tuh sensornya... Harus tetep dipasang bro.. Kalo lo cari header aftermarket yg memang bolton utk mobil lo, kalau aslinya ada sensor, pasti headernya juga ud ada lobang utk itu kok... Cc dilepas tapi sensornya tetep ada dan berfungsi...
Yups...Misal CC kita lepas..trus pas perpanjangan stnk,pas uji emisi gas buang kira kira masih masuk ambang batas enggak..? mungkin ada yang pernah coba..?
r1210g wrote:kalo dari saya sih, saya mengasumsikan bro doq hanya ingin memaksimalkan performa mesin..
bukan buat yang berat2.. hehehe
hehehe....ya memang utk memaksimalkan mesin dululah.....soalnya dipake utk harian bukan utk balap......palagi khan hal2 ini berhubungan erat dg FC......biasalah karakter orang indo, pengen kenceng tp g mau boros......kekekekekekekeke
utk n/a tune pun paling2 cukup di stage 1 saja.......klo ada rejekinya
langsung aja bro.. hahahaha..
sering bulak -balik jkt-bdg kan?
makin cepet tuh bulak-baliknya.. hahaha..
pengennyaseh langsung.....ada yg mo jd donatur?......kekekekeke
yup....makin cepet bolak-balik sampe2 ky setrika ntar
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
bro2 mohon pencerahan donk, kalo untuk innova matic enaknya headernya diganti yang mana ya?? n apa aja sih yg perlu diupgrade sekalian perkiraan biaya (kalo ada)??
di tpoik ini pernah ada yg nanya sih innova A/T tapi kayaknya om penyu blom pernah jawab, nah sekarang malah om penyu nga pernah muncul, pls info2 nya buat master2 sekalian, hehehe thx b4 ya
I-Com wrote:bro2 mohon pencerahan donk, kalo untuk innova matic enaknya headernya diganti yang mana ya?? n apa aja sih yg perlu diupgrade sekalian perkiraan biaya (kalo ada)??
di tpoik ini pernah ada yg nanya sih innova A/T tapi kayaknya om penyu blom pernah jawab, nah sekarang malah om penyu nga pernah muncul, pls info2 nya buat master2 sekalian, hehehe thx b4 ya
maksudnya header diganti yang mana apanya ya?
header ya exhaust manifold..
r1210g wrote:maksudnya header diganti yang mana apanya ya?
header ya exhaust manifold..
oiya, innovanya yang taun berapa?
iya, maksudnya header yg cocok itu pake 4-1 atau 4-2-1 buat matic, soalnya gw dah ganti air filter replacement K&N, pake denso iridium tapi keknya nga nga ngaefek sih....... oh ya innova nya taon '07
avansa wrote:Yups...Misal CC kita lepas..trus pas perpanjangan stnk,pas uji emisi gas buang kira kira masih masuk ambang batas enggak..? mungkin ada yang pernah coba..?
sy dah lepas cc, pas kmrn uji emisi hasilnya tetap bagus dan ga jauh dr sebelumnya.
Numpang nanya para master nih, klo innova kan boros karena diameter knalpot yg 2000cc sama gedenya dgn yg 2700cc, jangan2 New CRV 2000cc boros karena diameter knalpotnya sama dengan yg 2400cc. Ada saran buat modif knalpot supaya FC lebih irit?
r1210g wrote:maksudnya header diganti yang mana apanya ya?
header ya exhaust manifold..
oiya, innovanya yang taun berapa?
iya, maksudnya header yg cocok itu pake 4-1 atau 4-2-1 buat matic, soalnya gw dah ganti air filter replacement K&N, pake denso iridium tapi keknya nga nga ngaefek sih....... oh ya innova nya taon '07
ooouuwww... masa sih ga ngefek?
pake 4-2-1 aja bro..
ato kalo mau yang pasti beli yang udah jadi khusus buat innova..
matic manual sama aja lah bro kalo header..
kan ga ngaruh matic apa manual..
yang dimainin kan di mesinnya..
abrof wrote:Numpang nanya para master nih, klo innova kan boros karena diameter knalpot yg 2000cc sama gedenya dgn yg 2700cc, jangan2 New CRV 2000cc boros karena diameter knalpotnya sama dengan yg 2400cc. Ada saran buat modif knalpot supaya FC lebih irit?
wah blom ada tuh penelitian buat CRV..
tapi keknya agak ga mungkin deh..
soalnya setau saya header CRV memang agak beda juga..
Dari pengalaman di jazz juga.. Header buat jazz dah maksimal ga perlu diganti..
r1210g wrote:maksudnya header diganti yang mana apanya ya?
header ya exhaust manifold..
oiya, innovanya yang taun berapa?
iya, maksudnya header yg cocok itu pake 4-1 atau 4-2-1 buat matic, soalnya gw dah ganti air filter replacement K&N, pake denso iridium tapi keknya nga nga ngaefek sih....... oh ya innova nya taon '07
Untuk Innova denger2 pipa primer sama kolektornya kebesaran,.Dan hasil cetakan+sambungan lasnya ga rapi,.
Saran saya klo matic jangan 4-1,.bakal boyo,.Pake 4-2-1,.dan klo lepas catalytic converter harus pasang tabung resonator atau yang akrab dipanggil racing resonator,.Klo ga bakalan ngempos,.
Trus headernya dibungkus wrap,.Supaya aliran gas buang didalam lebih bagus,.
Coba cari di forum modifikasi.com banyak yang jual knalpot khusus Innova matic,.
bro2 sekalian..saya pernah baca dimana gitu...dari suara knalpot nya ngalir gak mengalir bisa diketaui systemnya bagus ato nga..sumone please enlighten me..thanks:)
pake 4-2-1 aja bro..
ato kalo mau yang pasti beli yang udah jadi khusus buat innova..
matic manual sama aja lah bro kalo header..
kan ga ngaruh matic apa manual..
yang dimainin kan di mesinnya..
emang beli jadi itu yg bermerk gitu yah kayak kansai, hks, dll?? trus kalo ganti header aja emang dah cukup atau ada lagi yg perlu diganti, thank's ya bro n maap kalo banyak tanya soalnya nga ngerti sama sekali masalah beginian....
paddock wrote:Untuk Innova denger2 pipa primer sama kolektornya kebesaran,.Dan hasil cetakan+sambungan lasnya ga rapi,.
Saran saya klo matic jangan 4-1,.bakal boyo,.Pake 4-2-1,.dan klo lepas catalytic converter harus pasang tabung resonator atau yang akrab dipanggil racing resonator,.Klo ga bakalan ngempos,.
Trus headernya dibungkus wrap,.Supaya aliran gas buang didalam lebih bagus,.
Coba cari di forum modifikasi.com banyak yang jual knalpot khusus Innova matic,.
ow gitu ya bro btw pipa primer sama kolektornya itu yg mana ya apa itu termasuk dalam header semuanya?? trus kalo headernya dibungkus ma wrap itu luarnya aja ya?? biasa bengkel nya ngerti kan (jadi kita tinggal minta dibungkus warp gitu??), ok thanks buat info dan ilmunya bro