Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by conan »

Umumnya orang beranggapan bahwa teknologi VTEC milik Honda = sama persis dengan VVT-i milik Toyota.

Sebenarnya, mereka agak berbeda. Berikut penjelasannya :

VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) merupakan teknologi Honda untuk menggabungkan dua karakter mesin yang berbeda. Secara prinsip, VTEC terbagi tiga macam : VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup.

VTEC-E (Economic) digunakan pertama kali di Indo oleh Honda Civic Ferio 1996. Di putaran rendah, jumlah katup yang terbuka hanya 12 dari 16 katup, sisanya akan terbuka saat putaran mesin tinggi.

VTEC SOHC, seperti yang digunakan pertama kali di Indo oleh old Honda City. Lama (duration) dan jarak (lift) bukaan katup masuk akan berbeda saat idle, putaran sedang dan tinggi. Namun untuk katup buang, tidak diatur durasi dan lift-nya.

Pada VTEC DOHC, katup buangnya pun diatur durasi dan lift-nya. Prinsip kerjanya serupa dengan VTEC SOHC, tapi cam-nya terpisah menjadi dua.

Honda juga memiliki teknologi katup variabel yang dinamakan VTC (Variable Timing Control), yang sama saja dengan VVT-i milik Toyota. Namun untuk mempersingkat nama, Honda menggunakan i-VTEC untuk menyebut gabungan VTEC + VTC.

-----

VVT-i adalah nama teknologi katup variabel milik Toyota. Prinsip kerjanya, mengatur maju atau mundurnya waktu bukaan katup masuk agar kemampuan daya hisap ke ruang bakar tetap optimal di putaran rendah hingga sedang, dengan memanfaatkan sproket cam yang diatur secara hidrolis. VVT-i memiliki karakter lebih lembut serta bertenaga di putaran rendah, maka Honda juga mengadopsi teknologi ini dan menamakannya VTC, lalu menjadi i-VTEC.

(Ini menjelaskan perbedaan karakter antara Vios yang VVT-i dan City yang VTEC, tapi belum i-VTEC)

-----

Jika Toyota/Honda belum lama memperkenalkan teknologi katup variabel ini di Indo, BMW telah menerapkannya sejak tahun 1990an pada seri-5, dan kini dinamakan bi-VANOS atau double VANOS (Variable Camshaft Control).

BMW juga memiliki teknologi yang lebih canggih yaitu Valvetronic (Variable Valve and Electronic) yang bisa mengatur jarak bukaan katup masuk dari 0 sampai 9.7 milimeter (mm). Berbeda dengan VTEC, Valvetronic digerakkan secara elektronik dan bekerja berdasarkan kebutuhan udara di ruang bakar.

Paduan bi-VANOS dan Valvetronic menghasilkan efisiensi mesin tinggi, yang menekan tingkat emisi gas buang sampai seminimal mungkin.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by Mike »

conan wrote:.....

Sebenarnya, mereka agak berbeda. Berikut penjelasannya :

VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) merupakan teknologi Honda untuk menggabungkan dua karakter mesin yang berbeda. Secara prinsip, VTEC terbagi tiga macam : VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup.
.............
Bisa diperjelas sedikit?
aku masih agak bingung...

Kalo mesin SOHC memang biasanya valve-nya di drive ama rocker arm,
tapi kalo DOHC bukannya gak pake rocker arm?
tapi valve-nya di-drive langsung oleh camshaft masing2?

Image
Image
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

@conan : saya mau tanya nih saya penasaran, Camry saya tahun 2003 yg 3000cc apakah juga VVT-i ? Saya lihat specnya di web maupun di buku tidak dicantumkan VVT-i seperti yang versi 2400cc kan ditulis VVT-i
Image
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

hmm dejavu ..
*lihat archive di hdd*
nah ini dia, th 2004 :D
*search valid url*
Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Trus ini juga bacaannya
http://www.billzilla.org/vvtvtec.htm
http://www.billzilla.org/vvtvtec2.htm
http://www.billzilla.org/vvtvtec3.htm
Honda S2000 dibahas tuh bro Mike. DOHC "biasa" sih mmg gak ada rockerarm , tp gw lihat yg s2000 beda ..spt ada arm nya.
(yg "biasa" ada di gbr bawah, yg kiri)
Image
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

yoyoyo wrote:.............
Honda S2000 dibahas tuh bro Mike.
DOHC "biasa" sih mmg gak ada rockerarm , tp gw lihat yg s2000 beda ..spt ada arm nya.....
Thanks Bro...
dah jelas skrg, ternyata memang ada arm-nya nyempil dan pendek...
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

jeremyray wrote:@conan : saya mau tanya nih saya penasaran, Camry saya tahun 2003 yg 3000cc apakah juga VVT-i ? Saya lihat specnya di web maupun di buku tidak dicantumkan VVT-i seperti yang versi 2400cc kan ditulis VVT-i
Belum VVT-i deh, karena kalau VVT-i power/torque-nya menjadi 220 ps/31 kg-m

Kalau yang 2.4 VVT-i power nya kalau gak salah ingat 160 ps
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

TomS wrote:
jeremyray wrote:@conan : saya mau tanya nih saya penasaran, Camry saya tahun 2003 yg 3000cc apakah juga VVT-i ? Saya lihat specnya di web maupun di buku tidak dicantumkan VVT-i seperti yang versi 2400cc kan ditulis VVT-i
Belum VVT-i deh, karena kalau VVT-i power/torque-nya menjadi 220 ps/31 kg-m

Kalau yang 2.4 VVT-i power nya kalau gak salah ingat 160 ps
Thanks Bung TomS, pantes saya liat dimana mana tidak dicantumkan VVT-i, berarti yang Facelift sudah VVT-i yah?
Image
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

wah jadi kalo gitu mesin vvt-i lebih bagus dari vtec yah bosss ? --> sorry pertanyaan awam nihhh....
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

jeremyray wrote:
TomS wrote:
jeremyray wrote:@conan : saya mau tanya nih saya penasaran, Camry saya tahun 2003 yg 3000cc apakah juga VVT-i ? Saya lihat specnya di web maupun di buku tidak dicantumkan VVT-i seperti yang versi 2400cc kan ditulis VVT-i
Belum VVT-i deh, karena kalau VVT-i power/torque-nya menjadi 220 ps/31 kg-m

Kalau yang 2.4 VVT-i power nya kalau gak salah ingat 160 ps
Thanks Bung TomS, pantes saya liat dimana mana tidak dicantumkan VVT-i, berarti yang Facelift sudah VVT-i yah?
Kayanya sama deh, belum VVTi...

BTW, mesin Camry 3.0 kalo ada VVTi, jadi kaya punya Toyota Windom, 220hp CMIIW.

Bung conan, bisa sekalian juga dibahas VVTL-i punya Toyota..?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

kalo VVTL-i adalah jawaban Toyota terhadap i-VTEC nya Honda bro, soalnya ini VVT-i yang dilengakpi dengan Lift control. kalo di Honda berarti VTC + VTEC = i_VTEC
frontier

Post by frontier »

kalo Jazz VTEC itu SOHC atau DOHC ?
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

frontier wrote:kalo Jazz VTEC itu SOHC atau DOHC ?
SOHC boss...
frontier

How to improve Jazz VTEC's performance

Post by frontier »

Thanx bung Calvin.. BTW, mungkin di forum ini ada yang tau... untuk meningkatkan performa mesin Jazz VTEC, katanya perlu dilakukan Porting 'n' Polishing, lalu pasang TM Rev igniter, lalu ganti throttle body dengan merk Spoon... Mungkin ada yang bisa ngasitau apa fungsi TM Rev Igniter dan bisa nambah berapa HP ? Juga Spoon throttle body bisa nambah berapa HP ? (Catatan: di Jazz VTEC ku sudah terpasang Unichip Piggyback, Header, XCSVer 2.0, air filter element JFC)
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

nice article conan....

saya masih sedikit bingung, perbedaan antara VTEC SOHC & DOHC-nya honda dan VVTi/iVTEC....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ruthndul wrote:nice article conan....

saya masih sedikit bingung, perbedaan antara VTEC SOHC & DOHC-nya honda dan VVTi/iVTEC....
Hehehehe ... apa yang dibingungin ...

VTEC SOHC & DOHC mekanismenya sama aja hanya beda di jumlah cam shaft nya ... memang DOHC lebih power ketimbang SOHC. Yang datang pertama kali adalah VTEC-DOHC, kemudian dengan alasan ekonomis dibuatlah VTEC-SOHC ... untuk lebih ekonomis lagi datanglah VTEC-E ... jadi VTEC-E ini hanya ada SOHC. Yang selanjutnya diperluas dengan 3-Stage VTEC.

Parameter utama buka tutupnya Valve termasuk duration nya adalah Putaran Mesin (Putaran Bawah - Menengah - Atas). Sensor putaran mesin memberikan input ke perangkat elektronik, perangkat elektronik ini akan meng-aktifkan hidrolik valve untuk mengoperasikan cam lobe yang diinginkan sesuai dengan kondisi putaran mesin.

Jika udah ada embel-embel "i" (Intelligent) ... dalam arti kata parameter penentu bukan hanya datang dari Putaran mesin (RPM) saja, tapi ditambah dengan parameter-parameter lain ... seperti misalnya ... Intake Temperature, Throttle Position Sensor, Engine Cooling Temperature Sensor ... dsb ... dsb. ... Jadilah iVTEC ... VVTi.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Berangkat dari formulasi dasarnya ... secara matematis :

POWER = F(Xi) x RPM

F(Xi) adalah fungsi variabel banyak, dimana Xi = X1, X2, X3, ... , Xn adalah parameter-parameter Mesin, Udara dan Bahan Bakar.

X1 = VE = Volumetric Efficiency ... didefinisikan sebagai perbandingan antara jumlah udara yang bisa dihisap oleh piston dan kapasitas mesin. Untuk mobil lama bisa mencapai 0.6, sedang untuk mobil-mobil generasi baru standard N/A bisa mencapai 0.8. VE ini fungsi dari putaran mesin (RPM).

X2 = Bore; X3 = Stroke ... biasanya Bore dan Stroke digabung menjadi satu parameter ... menjadi engine displacement (kapasitas Mesin). Parameter ini ditentukan terlebih dahulu ... mau 1L kah, 1.4L, 1.5L, 1.8L 2L atau 3L.

X4 = Perbandingan Campuran Udara dan BBM (Air/Fuel Ratio) ... untuk pembakaran sempurna biasanya diambil harga yang konservetive yaitu 14.7 : 1.

X5 = Nilai pemanasan (kalori) BBM (Heating Value) ... untuk standard BBM heating valuenya - 33 MJ/liter. Paraneter ini gak bisa diubah-ubah, kecuali jika menggunakan Bahan Bakar lain selain BBM.

Dsb ... dsb ... hanya yang disebutkan diatas adalah parameter2 utama. Dari parameter X1 sampai X5, yang masih ada pilihan untuk diubah-ubah adalah X1, yaitu Volumetric Efficiency.

Untuk mendongkrak VE, maka bermunculanlah teknologi ... Honda dengan VTEC nya ... Toyota dengan VVT nya dan BMW dengan VANOS-nya ... semuanya bertunjuan untuk mendongkrak nilai Volumetric Efficiency. (VANOS = VAriable NOckerwellen Steurung ... tidak lain adalah Variable Valve Timing). VE maksimum yang bisa dicapai dalam N/A engines adalah mendekati satu.

Bagi mereka yang nggak mau ribet-ribet dengan teknologi diatas ... ambil gampangnya ... pasang Supercharger atau Turbocharger untuk mendongkrak nilai VE lebih dari 1.

Dari formulasi Power = F(X1, X2, X3, X4, X5) x RPM, maka ditulis secara sederhana menjadi

POWER = TORQUE x RPM.

Dalam satuan british, jika power menggunakan satuan HP dan Torque menggunakan satuan lb.ft, maka formulasinya menjadi :

POWER = TORQUE x RPM / 5252 ....

Ini yang sering kita lihat pada grafik hasil dyno test ... Grafik Power dan Grafik Torque bertemu (berpotongan) di putaran mesin RPM 5252. Jika nggak berpotongan di RPM ini ... artinya dyno test nya kagak bener.
Image
edl_076
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
Location: Surabaya

Post by edl_076 »

hmmm.....ni thread bagus banget, and digawangi ama master2nya......
lumayan bisa nambah pengetahuan.....gua ngebacanya lama and harus berulang ulang biar bisa ngerti ......maklum lah masih awam.....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by Turboman »

Mr. Conan


Ada yg mengatakan teknologi Variable Valve Timing serta VTEC itu aslinya milik AVL ?

http://www.avl.com

http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... Tk_3D.html

lihat foto di kanan atas.


AFAIK : banyak penerapan aplikasi teknologi pada sebuah produk mobil yg sebetulnya hasil outsourcing, pabrikan otomotif meng-outsource kepada :

AVL http://www.avl.com

Ricardo http://www.ricardo.com

Antonov (ini beda dng Antonop pesawat) http://www.antonov-technologies.com

Juga BOSCH & Siemens yg telah kita kenal.


Juga ada satu perusahaan pembuat yarn spinning machine terkemuka di dunia memiliki subsidiary dng fokus di bagian akustik utk mobil :

http://www.rieter.com/main/Automotive/d ... Automotive


Di antara persh2. spesialis pengembangan teknologi utk otomotif, penemuan2 dr AVL sgt menarik :

Utk gasoline :

http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... Dk_3D.html


Utk Diesel :

http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TA_3D.html

http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TI_3D.html

http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TM_3D.html


Pengembangan keduanya balapan terussssss :mrgreen: ......tinggal nanti dapat kita nikmati setelah diadopsi oleh pabrikan otomotif.


Koreksi kalau salah, mungkin rekan2 lain ada yg mau menambahkan ?


conan wrote:Umumnya orang beranggapan bahwa teknologi VTEC milik Honda = sama persis dengan VVT-i milik Toyota.

Sebenarnya, mereka agak berbeda. Berikut penjelasannya :

VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) merupakan teknologi Honda untuk menggabungkan dua karakter mesin yang berbeda. Secara prinsip, VTEC terbagi tiga macam : VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup.

VTEC-E (Economic) digunakan pertama kali di Indo oleh Honda Civic Ferio 1996. Di putaran rendah, jumlah katup yang terbuka hanya 12 dari 16 katup, sisanya akan terbuka saat putaran mesin tinggi.

VTEC SOHC, seperti yang digunakan pertama kali di Indo oleh old Honda City. Lama (duration) dan jarak (lift) bukaan katup masuk akan berbeda saat idle, putaran sedang dan tinggi. Namun untuk katup buang, tidak diatur durasi dan lift-nya.

Pada VTEC DOHC, katup buangnya pun diatur durasi dan lift-nya. Prinsip kerjanya serupa dengan VTEC SOHC, tapi cam-nya terpisah menjadi dua.

Honda juga memiliki teknologi katup variabel yang dinamakan VTC (Variable Timing Control), yang sama saja dengan VVT-i milik Toyota. Namun untuk mempersingkat nama, Honda menggunakan i-VTEC untuk menyebut gabungan VTEC + VTC.

-----

VVT-i adalah nama teknologi katup variabel milik Toyota. Prinsip kerjanya, mengatur maju atau mundurnya waktu bukaan katup masuk agar kemampuan daya hisap ke ruang bakar tetap optimal di putaran rendah hingga sedang, dengan memanfaatkan sproket cam yang diatur secara hidrolis. VVT-i memiliki karakter lebih lembut serta bertenaga di putaran rendah, maka Honda juga mengadopsi teknologi ini dan menamakannya VTC, lalu menjadi i-VTEC.

(Ini menjelaskan perbedaan karakter antara Vios yang VVT-i dan City yang VTEC, tapi belum i-VTEC)

-----

Jika Toyota/Honda belum lama memperkenalkan teknologi katup variabel ini di Indo, BMW telah menerapkannya sejak tahun 1990an pada seri-5, dan kini dinamakan bi-VANOS atau double VANOS (Variable Camshaft Control).

BMW juga memiliki teknologi yang lebih canggih yaitu Valvetronic (Variable Valve and Electronic) yang bisa mengatur jarak bukaan katup masuk dari 0 sampai 9.7 milimeter (mm). Berbeda dengan VTEC, Valvetronic digerakkan secara elektronik dan bekerja berdasarkan kebutuhan udara di ruang bakar.

Paduan bi-VANOS dan Valvetronic menghasilkan efisiensi mesin tinggi, yang menekan tingkat emisi gas buang sampai seminimal mungkin.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by poeticmind »

tret ini saya angkat lagi... mungkin bisa diteruskan...

silahkan, and... please.. jangan terlalu oot ya. thanks! :)
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by aldy »

http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/index.html
Ikut angkat juga..Teknologi i-VTEC yang terbaru dari mesin L15A ANJ/ANC/freed..Bukan VTEC "banci" lagi kayak old city/jazz (diputaran rendah cuma buka 12 katup) tapi udah sepenuhnya 16 katup baik rpm rendah ataupun tinggi..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by asudarsono »

Mau nanya donk, kalau dipasang piggyback, bisa nggak ya sekalian titik buka i-VTEC Honda dimajuin, misalnya mulai buka di 3000 rpm? Melihat Honda Civic tipe R, keren banget tapi powernya semua di rpm atas. Seandainya powerbandnya bisa diperlebar, lumayan bisa untuk JJS.

Dapat idenya dari AVCS Subaru, yang bisa diset ngangkat dari idle. AVCSnya sendiri menurut saya termasuk valve control yg primitif.
Ready to Race
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by aldy »

Bisa banget bro asudarsono..Namanya VTEC controller..Tapi tentunya bensin jadi boros..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by c_adhi_k »

trit bergizi tinggi
walaupuna masih kurang paham :mky_01:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by htannis »

c_adhi_k wrote:trit bergizi tinggi
walaupuna masih kurang paham :mky_01:
Apanya yg kurang paham bro? Kl kurang paham ditanyaken aja, gak usah malu2 :mky_08:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i

Post by c_adhi_k »

htannis wrote:
c_adhi_k wrote:trit bergizi tinggi
walaupuna masih kurang paham :mky_01:
Apanya yg kurang paham bro? Kl kurang paham ditanyaken aja, gak usah malu2 :mky_08:
kalau yang vtec biasa keunggulannya dibanding vvt-i dimana?
tru kalau dual vvt-i itu bedanya dimana lagi?
VVTL-i toyota kok jarang denger ya,toyota indo yang pakai mobil apa aja?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu