Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
Umumnya orang beranggapan bahwa teknologi VTEC milik Honda = sama persis dengan VVT-i milik Toyota.
Sebenarnya, mereka agak berbeda. Berikut penjelasannya :
VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) merupakan teknologi Honda untuk menggabungkan dua karakter mesin yang berbeda. Secara prinsip, VTEC terbagi tiga macam : VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup.
VTEC-E (Economic) digunakan pertama kali di Indo oleh Honda Civic Ferio 1996. Di putaran rendah, jumlah katup yang terbuka hanya 12 dari 16 katup, sisanya akan terbuka saat putaran mesin tinggi.
VTEC SOHC, seperti yang digunakan pertama kali di Indo oleh old Honda City. Lama (duration) dan jarak (lift) bukaan katup masuk akan berbeda saat idle, putaran sedang dan tinggi. Namun untuk katup buang, tidak diatur durasi dan lift-nya.
Pada VTEC DOHC, katup buangnya pun diatur durasi dan lift-nya. Prinsip kerjanya serupa dengan VTEC SOHC, tapi cam-nya terpisah menjadi dua.
Honda juga memiliki teknologi katup variabel yang dinamakan VTC (Variable Timing Control), yang sama saja dengan VVT-i milik Toyota. Namun untuk mempersingkat nama, Honda menggunakan i-VTEC untuk menyebut gabungan VTEC + VTC.
-----
VVT-i adalah nama teknologi katup variabel milik Toyota. Prinsip kerjanya, mengatur maju atau mundurnya waktu bukaan katup masuk agar kemampuan daya hisap ke ruang bakar tetap optimal di putaran rendah hingga sedang, dengan memanfaatkan sproket cam yang diatur secara hidrolis. VVT-i memiliki karakter lebih lembut serta bertenaga di putaran rendah, maka Honda juga mengadopsi teknologi ini dan menamakannya VTC, lalu menjadi i-VTEC.
(Ini menjelaskan perbedaan karakter antara Vios yang VVT-i dan City yang VTEC, tapi belum i-VTEC)
-----
Jika Toyota/Honda belum lama memperkenalkan teknologi katup variabel ini di Indo, BMW telah menerapkannya sejak tahun 1990an pada seri-5, dan kini dinamakan bi-VANOS atau double VANOS (Variable Camshaft Control).
BMW juga memiliki teknologi yang lebih canggih yaitu Valvetronic (Variable Valve and Electronic) yang bisa mengatur jarak bukaan katup masuk dari 0 sampai 9.7 milimeter (mm). Berbeda dengan VTEC, Valvetronic digerakkan secara elektronik dan bekerja berdasarkan kebutuhan udara di ruang bakar.
Paduan bi-VANOS dan Valvetronic menghasilkan efisiensi mesin tinggi, yang menekan tingkat emisi gas buang sampai seminimal mungkin.
Sebenarnya, mereka agak berbeda. Berikut penjelasannya :
VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) merupakan teknologi Honda untuk menggabungkan dua karakter mesin yang berbeda. Secara prinsip, VTEC terbagi tiga macam : VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup.
VTEC-E (Economic) digunakan pertama kali di Indo oleh Honda Civic Ferio 1996. Di putaran rendah, jumlah katup yang terbuka hanya 12 dari 16 katup, sisanya akan terbuka saat putaran mesin tinggi.
VTEC SOHC, seperti yang digunakan pertama kali di Indo oleh old Honda City. Lama (duration) dan jarak (lift) bukaan katup masuk akan berbeda saat idle, putaran sedang dan tinggi. Namun untuk katup buang, tidak diatur durasi dan lift-nya.
Pada VTEC DOHC, katup buangnya pun diatur durasi dan lift-nya. Prinsip kerjanya serupa dengan VTEC SOHC, tapi cam-nya terpisah menjadi dua.
Honda juga memiliki teknologi katup variabel yang dinamakan VTC (Variable Timing Control), yang sama saja dengan VVT-i milik Toyota. Namun untuk mempersingkat nama, Honda menggunakan i-VTEC untuk menyebut gabungan VTEC + VTC.
-----
VVT-i adalah nama teknologi katup variabel milik Toyota. Prinsip kerjanya, mengatur maju atau mundurnya waktu bukaan katup masuk agar kemampuan daya hisap ke ruang bakar tetap optimal di putaran rendah hingga sedang, dengan memanfaatkan sproket cam yang diatur secara hidrolis. VVT-i memiliki karakter lebih lembut serta bertenaga di putaran rendah, maka Honda juga mengadopsi teknologi ini dan menamakannya VTC, lalu menjadi i-VTEC.
(Ini menjelaskan perbedaan karakter antara Vios yang VVT-i dan City yang VTEC, tapi belum i-VTEC)
-----
Jika Toyota/Honda belum lama memperkenalkan teknologi katup variabel ini di Indo, BMW telah menerapkannya sejak tahun 1990an pada seri-5, dan kini dinamakan bi-VANOS atau double VANOS (Variable Camshaft Control).
BMW juga memiliki teknologi yang lebih canggih yaitu Valvetronic (Variable Valve and Electronic) yang bisa mengatur jarak bukaan katup masuk dari 0 sampai 9.7 milimeter (mm). Berbeda dengan VTEC, Valvetronic digerakkan secara elektronik dan bekerja berdasarkan kebutuhan udara di ruang bakar.
Paduan bi-VANOS dan Valvetronic menghasilkan efisiensi mesin tinggi, yang menekan tingkat emisi gas buang sampai seminimal mungkin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
Bisa diperjelas sedikit?conan wrote:.....
Sebenarnya, mereka agak berbeda. Berikut penjelasannya :
VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) merupakan teknologi Honda untuk menggabungkan dua karakter mesin yang berbeda. Secara prinsip, VTEC terbagi tiga macam : VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup.
.............
aku masih agak bingung...
Kalo mesin SOHC memang biasanya valve-nya di drive ama rocker arm,
tapi kalo DOHC bukannya gak pake rocker arm?
tapi valve-nya di-drive langsung oleh camshaft masing2?


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
hmm dejavu ..
*lihat archive di hdd*
nah ini dia, th 2004
*search valid url*
Toyota VVT-i versus Honda VTEC
Trus ini juga bacaannya
http://www.billzilla.org/vvtvtec.htm
http://www.billzilla.org/vvtvtec2.htm
http://www.billzilla.org/vvtvtec3.htm
Honda S2000 dibahas tuh bro Mike. DOHC "biasa" sih mmg gak ada rockerarm , tp gw lihat yg s2000 beda ..spt ada arm nya.
(yg "biasa" ada di gbr bawah, yg kiri)

*lihat archive di hdd*
nah ini dia, th 2004

*search valid url*
Toyota VVT-i versus Honda VTEC
Trus ini juga bacaannya
http://www.billzilla.org/vvtvtec.htm
http://www.billzilla.org/vvtvtec2.htm
http://www.billzilla.org/vvtvtec3.htm
Honda S2000 dibahas tuh bro Mike. DOHC "biasa" sih mmg gak ada rockerarm , tp gw lihat yg s2000 beda ..spt ada arm nya.
(yg "biasa" ada di gbr bawah, yg kiri)

Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
- Location: Shinjuku
Belum VVT-i deh, karena kalau VVT-i power/torque-nya menjadi 220 ps/31 kg-mjeremyray wrote:@conan : saya mau tanya nih saya penasaran, Camry saya tahun 2003 yg 3000cc apakah juga VVT-i ? Saya lihat specnya di web maupun di buku tidak dicantumkan VVT-i seperti yang versi 2400cc kan ditulis VVT-i
Kalau yang 2.4 VVT-i power nya kalau gak salah ingat 160 ps
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Thanks Bung TomS, pantes saya liat dimana mana tidak dicantumkan VVT-i, berarti yang Facelift sudah VVT-i yah?TomS wrote:Belum VVT-i deh, karena kalau VVT-i power/torque-nya menjadi 220 ps/31 kg-mjeremyray wrote:@conan : saya mau tanya nih saya penasaran, Camry saya tahun 2003 yg 3000cc apakah juga VVT-i ? Saya lihat specnya di web maupun di buku tidak dicantumkan VVT-i seperti yang versi 2400cc kan ditulis VVT-i
Kalau yang 2.4 VVT-i power nya kalau gak salah ingat 160 ps
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Kayanya sama deh, belum VVTi...jeremyray wrote:Thanks Bung TomS, pantes saya liat dimana mana tidak dicantumkan VVT-i, berarti yang Facelift sudah VVT-i yah?TomS wrote:Belum VVT-i deh, karena kalau VVT-i power/torque-nya menjadi 220 ps/31 kg-mjeremyray wrote:@conan : saya mau tanya nih saya penasaran, Camry saya tahun 2003 yg 3000cc apakah juga VVT-i ? Saya lihat specnya di web maupun di buku tidak dicantumkan VVT-i seperti yang versi 2400cc kan ditulis VVT-i
Kalau yang 2.4 VVT-i power nya kalau gak salah ingat 160 ps
BTW, mesin Camry 3.0 kalo ada VVTi, jadi kaya punya Toyota Windom, 220hp CMIIW.
Bung conan, bisa sekalian juga dibahas VVTL-i punya Toyota..?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
How to improve Jazz VTEC's performance
Thanx bung Calvin.. BTW, mungkin di forum ini ada yang tau... untuk meningkatkan performa mesin Jazz VTEC, katanya perlu dilakukan Porting 'n' Polishing, lalu pasang TM Rev igniter, lalu ganti throttle body dengan merk Spoon... Mungkin ada yang bisa ngasitau apa fungsi TM Rev Igniter dan bisa nambah berapa HP ? Juga Spoon throttle body bisa nambah berapa HP ? (Catatan: di Jazz VTEC ku sudah terpasang Unichip Piggyback, Header, XCSVer 2.0, air filter element JFC)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Hehehehe ... apa yang dibingungin ...ruthndul wrote:nice article conan....
saya masih sedikit bingung, perbedaan antara VTEC SOHC & DOHC-nya honda dan VVTi/iVTEC....
VTEC SOHC & DOHC mekanismenya sama aja hanya beda di jumlah cam shaft nya ... memang DOHC lebih power ketimbang SOHC. Yang datang pertama kali adalah VTEC-DOHC, kemudian dengan alasan ekonomis dibuatlah VTEC-SOHC ... untuk lebih ekonomis lagi datanglah VTEC-E ... jadi VTEC-E ini hanya ada SOHC. Yang selanjutnya diperluas dengan 3-Stage VTEC.
Parameter utama buka tutupnya Valve termasuk duration nya adalah Putaran Mesin (Putaran Bawah - Menengah - Atas). Sensor putaran mesin memberikan input ke perangkat elektronik, perangkat elektronik ini akan meng-aktifkan hidrolik valve untuk mengoperasikan cam lobe yang diinginkan sesuai dengan kondisi putaran mesin.
Jika udah ada embel-embel "i" (Intelligent) ... dalam arti kata parameter penentu bukan hanya datang dari Putaran mesin (RPM) saja, tapi ditambah dengan parameter-parameter lain ... seperti misalnya ... Intake Temperature, Throttle Position Sensor, Engine Cooling Temperature Sensor ... dsb ... dsb. ... Jadilah iVTEC ... VVTi.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Berangkat dari formulasi dasarnya ... secara matematis :
POWER = F(Xi) x RPM
F(Xi) adalah fungsi variabel banyak, dimana Xi = X1, X2, X3, ... , Xn adalah parameter-parameter Mesin, Udara dan Bahan Bakar.
X1 = VE = Volumetric Efficiency ... didefinisikan sebagai perbandingan antara jumlah udara yang bisa dihisap oleh piston dan kapasitas mesin. Untuk mobil lama bisa mencapai 0.6, sedang untuk mobil-mobil generasi baru standard N/A bisa mencapai 0.8. VE ini fungsi dari putaran mesin (RPM).
X2 = Bore; X3 = Stroke ... biasanya Bore dan Stroke digabung menjadi satu parameter ... menjadi engine displacement (kapasitas Mesin). Parameter ini ditentukan terlebih dahulu ... mau 1L kah, 1.4L, 1.5L, 1.8L 2L atau 3L.
X4 = Perbandingan Campuran Udara dan BBM (Air/Fuel Ratio) ... untuk pembakaran sempurna biasanya diambil harga yang konservetive yaitu 14.7 : 1.
X5 = Nilai pemanasan (kalori) BBM (Heating Value) ... untuk standard BBM heating valuenya - 33 MJ/liter. Paraneter ini gak bisa diubah-ubah, kecuali jika menggunakan Bahan Bakar lain selain BBM.
Dsb ... dsb ... hanya yang disebutkan diatas adalah parameter2 utama. Dari parameter X1 sampai X5, yang masih ada pilihan untuk diubah-ubah adalah X1, yaitu Volumetric Efficiency.
Untuk mendongkrak VE, maka bermunculanlah teknologi ... Honda dengan VTEC nya ... Toyota dengan VVT nya dan BMW dengan VANOS-nya ... semuanya bertunjuan untuk mendongkrak nilai Volumetric Efficiency. (VANOS = VAriable NOckerwellen Steurung ... tidak lain adalah Variable Valve Timing). VE maksimum yang bisa dicapai dalam N/A engines adalah mendekati satu.
Bagi mereka yang nggak mau ribet-ribet dengan teknologi diatas ... ambil gampangnya ... pasang Supercharger atau Turbocharger untuk mendongkrak nilai VE lebih dari 1.
Dari formulasi Power = F(X1, X2, X3, X4, X5) x RPM, maka ditulis secara sederhana menjadi
POWER = TORQUE x RPM.
Dalam satuan british, jika power menggunakan satuan HP dan Torque menggunakan satuan lb.ft, maka formulasinya menjadi :
POWER = TORQUE x RPM / 5252 ....
Ini yang sering kita lihat pada grafik hasil dyno test ... Grafik Power dan Grafik Torque bertemu (berpotongan) di putaran mesin RPM 5252. Jika nggak berpotongan di RPM ini ... artinya dyno test nya kagak bener.
POWER = F(Xi) x RPM
F(Xi) adalah fungsi variabel banyak, dimana Xi = X1, X2, X3, ... , Xn adalah parameter-parameter Mesin, Udara dan Bahan Bakar.
X1 = VE = Volumetric Efficiency ... didefinisikan sebagai perbandingan antara jumlah udara yang bisa dihisap oleh piston dan kapasitas mesin. Untuk mobil lama bisa mencapai 0.6, sedang untuk mobil-mobil generasi baru standard N/A bisa mencapai 0.8. VE ini fungsi dari putaran mesin (RPM).
X2 = Bore; X3 = Stroke ... biasanya Bore dan Stroke digabung menjadi satu parameter ... menjadi engine displacement (kapasitas Mesin). Parameter ini ditentukan terlebih dahulu ... mau 1L kah, 1.4L, 1.5L, 1.8L 2L atau 3L.
X4 = Perbandingan Campuran Udara dan BBM (Air/Fuel Ratio) ... untuk pembakaran sempurna biasanya diambil harga yang konservetive yaitu 14.7 : 1.
X5 = Nilai pemanasan (kalori) BBM (Heating Value) ... untuk standard BBM heating valuenya - 33 MJ/liter. Paraneter ini gak bisa diubah-ubah, kecuali jika menggunakan Bahan Bakar lain selain BBM.
Dsb ... dsb ... hanya yang disebutkan diatas adalah parameter2 utama. Dari parameter X1 sampai X5, yang masih ada pilihan untuk diubah-ubah adalah X1, yaitu Volumetric Efficiency.
Untuk mendongkrak VE, maka bermunculanlah teknologi ... Honda dengan VTEC nya ... Toyota dengan VVT nya dan BMW dengan VANOS-nya ... semuanya bertunjuan untuk mendongkrak nilai Volumetric Efficiency. (VANOS = VAriable NOckerwellen Steurung ... tidak lain adalah Variable Valve Timing). VE maksimum yang bisa dicapai dalam N/A engines adalah mendekati satu.
Bagi mereka yang nggak mau ribet-ribet dengan teknologi diatas ... ambil gampangnya ... pasang Supercharger atau Turbocharger untuk mendongkrak nilai VE lebih dari 1.
Dari formulasi Power = F(X1, X2, X3, X4, X5) x RPM, maka ditulis secara sederhana menjadi
POWER = TORQUE x RPM.
Dalam satuan british, jika power menggunakan satuan HP dan Torque menggunakan satuan lb.ft, maka formulasinya menjadi :
POWER = TORQUE x RPM / 5252 ....
Ini yang sering kita lihat pada grafik hasil dyno test ... Grafik Power dan Grafik Torque bertemu (berpotongan) di putaran mesin RPM 5252. Jika nggak berpotongan di RPM ini ... artinya dyno test nya kagak bener.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
Mr. Conan
Ada yg mengatakan teknologi Variable Valve Timing serta VTEC itu aslinya milik AVL ?
http://www.avl.com
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... Tk_3D.html
lihat foto di kanan atas.
AFAIK : banyak penerapan aplikasi teknologi pada sebuah produk mobil yg sebetulnya hasil outsourcing, pabrikan otomotif meng-outsource kepada :
AVL http://www.avl.com
Ricardo http://www.ricardo.com
Antonov (ini beda dng Antonop pesawat) http://www.antonov-technologies.com
Juga BOSCH & Siemens yg telah kita kenal.
Juga ada satu perusahaan pembuat yarn spinning machine terkemuka di dunia memiliki subsidiary dng fokus di bagian akustik utk mobil :
http://www.rieter.com/main/Automotive/d ... Automotive
Di antara persh2. spesialis pengembangan teknologi utk otomotif, penemuan2 dr AVL sgt menarik :
Utk gasoline :
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... Dk_3D.html
Utk Diesel :
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TA_3D.html
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TI_3D.html
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TM_3D.html
Pengembangan keduanya balapan terussssss
......tinggal nanti dapat kita nikmati setelah diadopsi oleh pabrikan otomotif.
Koreksi kalau salah, mungkin rekan2 lain ada yg mau menambahkan ?
Ada yg mengatakan teknologi Variable Valve Timing serta VTEC itu aslinya milik AVL ?
http://www.avl.com
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... Tk_3D.html
lihat foto di kanan atas.
AFAIK : banyak penerapan aplikasi teknologi pada sebuah produk mobil yg sebetulnya hasil outsourcing, pabrikan otomotif meng-outsource kepada :
AVL http://www.avl.com
Ricardo http://www.ricardo.com
Antonov (ini beda dng Antonop pesawat) http://www.antonov-technologies.com
Juga BOSCH & Siemens yg telah kita kenal.
Juga ada satu perusahaan pembuat yarn spinning machine terkemuka di dunia memiliki subsidiary dng fokus di bagian akustik utk mobil :
http://www.rieter.com/main/Automotive/d ... Automotive
Di antara persh2. spesialis pengembangan teknologi utk otomotif, penemuan2 dr AVL sgt menarik :
Utk gasoline :
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... Dk_3D.html
Utk Diesel :
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TA_3D.html
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TI_3D.html
http://www.avl.com/wo/webobsession.serv ... TM_3D.html
Pengembangan keduanya balapan terussssss

Koreksi kalau salah, mungkin rekan2 lain ada yg mau menambahkan ?
conan wrote:Umumnya orang beranggapan bahwa teknologi VTEC milik Honda = sama persis dengan VVT-i milik Toyota.
Sebenarnya, mereka agak berbeda. Berikut penjelasannya :
VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) merupakan teknologi Honda untuk menggabungkan dua karakter mesin yang berbeda. Secara prinsip, VTEC terbagi tiga macam : VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC. Ketiganya memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup.
VTEC-E (Economic) digunakan pertama kali di Indo oleh Honda Civic Ferio 1996. Di putaran rendah, jumlah katup yang terbuka hanya 12 dari 16 katup, sisanya akan terbuka saat putaran mesin tinggi.
VTEC SOHC, seperti yang digunakan pertama kali di Indo oleh old Honda City. Lama (duration) dan jarak (lift) bukaan katup masuk akan berbeda saat idle, putaran sedang dan tinggi. Namun untuk katup buang, tidak diatur durasi dan lift-nya.
Pada VTEC DOHC, katup buangnya pun diatur durasi dan lift-nya. Prinsip kerjanya serupa dengan VTEC SOHC, tapi cam-nya terpisah menjadi dua.
Honda juga memiliki teknologi katup variabel yang dinamakan VTC (Variable Timing Control), yang sama saja dengan VVT-i milik Toyota. Namun untuk mempersingkat nama, Honda menggunakan i-VTEC untuk menyebut gabungan VTEC + VTC.
-----
VVT-i adalah nama teknologi katup variabel milik Toyota. Prinsip kerjanya, mengatur maju atau mundurnya waktu bukaan katup masuk agar kemampuan daya hisap ke ruang bakar tetap optimal di putaran rendah hingga sedang, dengan memanfaatkan sproket cam yang diatur secara hidrolis. VVT-i memiliki karakter lebih lembut serta bertenaga di putaran rendah, maka Honda juga mengadopsi teknologi ini dan menamakannya VTC, lalu menjadi i-VTEC.
(Ini menjelaskan perbedaan karakter antara Vios yang VVT-i dan City yang VTEC, tapi belum i-VTEC)
-----
Jika Toyota/Honda belum lama memperkenalkan teknologi katup variabel ini di Indo, BMW telah menerapkannya sejak tahun 1990an pada seri-5, dan kini dinamakan bi-VANOS atau double VANOS (Variable Camshaft Control).
BMW juga memiliki teknologi yang lebih canggih yaitu Valvetronic (Variable Valve and Electronic) yang bisa mengatur jarak bukaan katup masuk dari 0 sampai 9.7 milimeter (mm). Berbeda dengan VTEC, Valvetronic digerakkan secara elektronik dan bekerja berdasarkan kebutuhan udara di ruang bakar.
Paduan bi-VANOS dan Valvetronic menghasilkan efisiensi mesin tinggi, yang menekan tingkat emisi gas buang sampai seminimal mungkin.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
tret ini saya angkat lagi... mungkin bisa diteruskan...
silahkan, and... please.. jangan terlalu oot ya. thanks!
silahkan, and... please.. jangan terlalu oot ya. thanks!


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/index.html
Ikut angkat juga..Teknologi i-VTEC yang terbaru dari mesin L15A ANJ/ANC/freed..Bukan VTEC "banci" lagi kayak old city/jazz (diputaran rendah cuma buka 12 katup) tapi udah sepenuhnya 16 katup baik rpm rendah ataupun tinggi..
Ikut angkat juga..Teknologi i-VTEC yang terbaru dari mesin L15A ANJ/ANC/freed..Bukan VTEC "banci" lagi kayak old city/jazz (diputaran rendah cuma buka 12 katup) tapi udah sepenuhnya 16 katup baik rpm rendah ataupun tinggi..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
Mau nanya donk, kalau dipasang piggyback, bisa nggak ya sekalian titik buka i-VTEC Honda dimajuin, misalnya mulai buka di 3000 rpm? Melihat Honda Civic tipe R, keren banget tapi powernya semua di rpm atas. Seandainya powerbandnya bisa diperlebar, lumayan bisa untuk JJS.
Dapat idenya dari AVCS Subaru, yang bisa diset ngangkat dari idle. AVCSnya sendiri menurut saya termasuk valve control yg primitif.
Dapat idenya dari AVCS Subaru, yang bisa diset ngangkat dari idle. AVCSnya sendiri menurut saya termasuk valve control yg primitif.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
Bisa banget bro asudarsono..Namanya VTEC controller..Tapi tentunya bensin jadi boros..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
trit bergizi tinggi
walaupuna masih kurang paham
walaupuna masih kurang paham

Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
Apanya yg kurang paham bro? Kl kurang paham ditanyaken aja, gak usah malu2c_adhi_k wrote:trit bergizi tinggi
walaupuna masih kurang paham

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Mengenai VTEC, i-VTEC dan VVT-i
kalau yang vtec biasa keunggulannya dibanding vvt-i dimana?htannis wrote:Apanya yg kurang paham bro? Kl kurang paham ditanyaken aja, gak usah malu2c_adhi_k wrote:trit bergizi tinggi
walaupuna masih kurang paham
tru kalau dual vvt-i itu bedanya dimana lagi?
VVTL-i toyota kok jarang denger ya,toyota indo yang pakai mobil apa aja?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu