Honda Maestro vs. Mitsubishi Eterna GTI
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
- Location: Bandung
Honda Maestro vs. Mitsubishi Eterna GTI
Bisa bantu saya dengan kedua mobil tersebut.Mana yang lebih baik dan apa kelebihan dan kekurangannya ? thx
-
- Supervisor
- Posts: 21
- Joined: Tue Aug 20, 2002 13:57
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
- Location: Bandung
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Kalau disoal harga saya kurang tahu persis. Yang pasti Maestro tuh ada tipe yang sudah dilengkapi 4WS. Jadinya ketika belok ke empat rodanya belok. Tentunya yang belakang berlawanan arah dengan beloknya ban depan. Hal ini menunjang stabilitas ditikungan.
Sedangkan Eterna ada yang versi Le Mans. Tentunya mempunyai spek mesin yang berbeda. Baik mesin, exhaust, hingga suspensinya, ini lebih kenceng lagi.
Kalo saya kok lebih cenderung ke Mitsubishi Eternanya yaa.... Soal kenyamanan tidak kalah ama Maestro. Toh kalo stabilnya lebih "antep" Eternanya, karena suspensinya yang lebih kaku disesuaikan dengan karakter mobilnya.
Sedangkan Eterna ada yang versi Le Mans. Tentunya mempunyai spek mesin yang berbeda. Baik mesin, exhaust, hingga suspensinya, ini lebih kenceng lagi.
Kalo saya kok lebih cenderung ke Mitsubishi Eternanya yaa.... Soal kenyamanan tidak kalah ama Maestro. Toh kalo stabilnya lebih "antep" Eternanya, karena suspensinya yang lebih kaku disesuaikan dengan karakter mobilnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Mas Indy, koreksi kalau salah, sepengetahuan saya Eterna tidak mengeluarkan versi Le Mans, untuk yg ikut Le Mans/Monte Carlo atau yg ikut uji coba hanyalah seri Lancer Evolutionindy wrote: Sedangkan Eterna ada yang versi Le Mans. Tentunya mempunyai spek mesin yang berbeda. Baik mesin, exhaust, hingga suspensinya, ini lebih kenceng lagi.
.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
- Location: Bandung
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Sep 25, 2002 15:39
- Location: Bekasi Indonesia
Hmm kalo menurut saya memang maestro tidak seresponsive eterna GTI tetapi unutk kecepatan saya rasa lumayan enak terutama apabila di kecepatan tinggi, saya pernah pake maestro dan mencoba eterna GTI, Kalo maestro saya salut dengan kestabilannya mungkin agak sedikit lambat masalah responsivenya karena saya mengunakan maestro tipe matik, ya lumayan bisa nembus 195 km perjam walo dengan sedikit usaha maklum matik, sedangkan untuk eterna GTI manual saya mencoba milik teman saya memang jauh lebih cepat dalam responsive tetapi saya tidak mencoba sampai top speed nya hanya sekitar 170 km jam karena tempat yg tidak memungkinkan tetapi selama waktu mencoba unutk mendapatkan angka segitu terasa mudah serasa badan lengket sama kursi karena tekanan. Tetapi untuk masalah kenyamanan dan handling kecepatan tinggi kayanya saya lebih milih maestro walaupun harus berkorban ngak bisa kiri kanan kalo macet
-
- Supervisor
- Posts: 21
- Joined: Tue Aug 20, 2002 13:57
Halo kawan, kalau menurut saya sih! tergantung bagaimana anda dan berapa budget anda! Maestro dan eterna gti dalam harga jualnya, lebih tinggi maestro. Utk saat ini maestro 90 sekitar 50-55 juta, sedangkan eterna gti sekitar 45-50 juta. Sebagai perbandingan awal memang kelihatannya eterna gti lebih ok, krn harga dan kemampuan yg didapat. Tetapi masalah akan timbul disaat anda masih belum puas dng kemampuan standardnya. Perbedaan yg mencolok adalah maestro pakai karburator, single cam, sedangkan eterna gti pakai injeksi, dual cam. Kita omongin yg thn 90 dan 91 ya, krn maestro 92- 93 juga sdh injeksi. Kalau maestro paling ganti cam, koil, komputer dan karburator balap sdh enak. Sedangkan kalau eterna hrs ganti chip komputer, camnya dua, dan biasanya masih pakai injeksi standardnya. Keluarnya lebih mahal utk eterna pada waktu perombakan. Juga spare part lebih mahal eterna sekitar 5-20%. Kalau Mazda cronos juga enak, tapi tak bisa dimasukkan kategori ini krn mesinnya 2500cc dan mesinnya V6, otomatis lebih enak semuanya. Spare partnya juga mahal sekali, sekitar 15-30% diatas maestro, krn nggak ada aftermarketnya jadi original semua.
Harga jual kembali, aku rasa tertinggi maestro baru eterna. Utk seri Lemansnya eterna, hanya tersedia di thn 1993, istilah lainnya special edition lah! OK chaoooo!!!
Harga jual kembali, aku rasa tertinggi maestro baru eterna. Utk seri Lemansnya eterna, hanya tersedia di thn 1993, istilah lainnya special edition lah! OK chaoooo!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Emang sih part mitsubishi lebih mahal. Tapi yang penting... performanya !
Oiya mau nanya donk... kalo seri kelanjutan dari ETERNA udah ada blom sih? Ato Eterna itu Everlasting car? The first n the last.
Kelas Galant kan masih ada nih ampe sekarang. Begitu juga Lancer. Sedangkan Eterna sampe taon 93 dan belum ada seri barunya hingga sekarang.
Oiya mau nanya donk... kalo seri kelanjutan dari ETERNA udah ada blom sih? Ato Eterna itu Everlasting car? The first n the last.
Kelas Galant kan masih ada nih ampe sekarang. Begitu juga Lancer. Sedangkan Eterna sampe taon 93 dan belum ada seri barunya hingga sekarang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Koq saya ngga pernah sih nemuin model Eterna terbaru? Di situs luar juga ngga pernah liat tuh.
Saya pernah iseng liat kamus inggris yang ada di 9210i Communicator, terus find "eterna". Emang ngga ada, tapi kata paling deket adalah "eternal". Yang berarti "eternal" itu "everlasting".
Wah kalo ternyata emang bener eterna = eternal = everlasting, berarti Mitsubishi ETERNA itu adalah abadi (bagaikan permata / diamond). Yang pertama dan terakhir serta selamanya !!!
Saya pernah iseng liat kamus inggris yang ada di 9210i Communicator, terus find "eterna". Emang ngga ada, tapi kata paling deket adalah "eternal". Yang berarti "eternal" itu "everlasting".
Wah kalo ternyata emang bener eterna = eternal = everlasting, berarti Mitsubishi ETERNA itu adalah abadi (bagaikan permata / diamond). Yang pertama dan terakhir serta selamanya !!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Eterna itu di luar jepang namanya GALANT VR4
di indonesia masuknya mesin sama cuman turbo sama 4wd nya di lepas.. jadi mobil 2wd FF kalo gak percaya serach ajah di internet.. ,trus akhirnya berubah jadi Galant.. tetep keluarin Galant VR4 yang taun 2001 mirip sama galant yang ada di jalan2 sekarang..
kalo adu2 maestro sama Eterna gue jauuhh pegang Eterna soalnya Lancer GLXi gue dulu SOHC 1600 ajah bisa ngalahin Maestro.. , Maestro 2000cc Carb OHV, dan eterna 200cc DOHC dengan besar bore Eterna GTI 85 x stroke 88 dgn comp ratio standar 9,8:1.
kalo eterna itu ok bgt.. , dan Topspeed gue dulu pernah baru sampe 220 kmph.. di jagorawi..
trus Cronnos beli yang V6 lebih mantep.. tenaganya pas sama besar body nya.. ke 200 nya juga ok2 di bilang gud la..
jeleknya ... Parts2 nya mitsubishi sama mazda .. sama2 Muahaaalllll!!...
di indonesia masuknya mesin sama cuman turbo sama 4wd nya di lepas.. jadi mobil 2wd FF kalo gak percaya serach ajah di internet.. ,trus akhirnya berubah jadi Galant.. tetep keluarin Galant VR4 yang taun 2001 mirip sama galant yang ada di jalan2 sekarang..
kalo adu2 maestro sama Eterna gue jauuhh pegang Eterna soalnya Lancer GLXi gue dulu SOHC 1600 ajah bisa ngalahin Maestro.. , Maestro 2000cc Carb OHV, dan eterna 200cc DOHC dengan besar bore Eterna GTI 85 x stroke 88 dgn comp ratio standar 9,8:1.
kalo eterna itu ok bgt.. , dan Topspeed gue dulu pernah baru sampe 220 kmph.. di jagorawi..
trus Cronnos beli yang V6 lebih mantep.. tenaganya pas sama besar body nya.. ke 200 nya juga ok2 di bilang gud la..
jeleknya ... Parts2 nya mitsubishi sama mazda .. sama2 Muahaaalllll!!...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Ok thanks bung Takumi untuk info seputar Mitsubishi Eterna-nya.
Tapi kenapa yah dulu kan pernah ada Mitsubishi GALANT ( versi lama banget dan modelnya masih kotak2 ), terus keluar ETERNA dan seudah jamannya Eterna sampe sekarang semuanya pake nama GALANT lagi... Berarti Eterna masih kelasnya Galant donk (alias sekelas gitu ...).
Waduh sayang nih masuk indo Turbo dan 4WD nya dilepas, kalo ngga bakal lebih mantep lagi nih Eterna.
Pernah sampe 220 km/jam ? Gile cepet banget tuh ... Saya aja hanya sekitar 210-an. Paling sering yah di 170 - 190 km / jam. Soalnya kalo udah diatas 200 km/jam rada ngga stabil. Lain dengan Mercy New Eyes E320 saya. Bisa nyampe 230 km/jam dan sangat stabil, bahkan saya pikir masih dibawah 200 km/jam tuh.
Emang sih lain yah tingkat kestabilan antara mobil Jerman (Eropa) dan Jepang (Asia)...
Harga Spare Part ngga begitu masalah sih, yang penting saya puas dengan ETERNA. Hehehe ...
Tapi kenapa yah dulu kan pernah ada Mitsubishi GALANT ( versi lama banget dan modelnya masih kotak2 ), terus keluar ETERNA dan seudah jamannya Eterna sampe sekarang semuanya pake nama GALANT lagi... Berarti Eterna masih kelasnya Galant donk (alias sekelas gitu ...).
Waduh sayang nih masuk indo Turbo dan 4WD nya dilepas, kalo ngga bakal lebih mantep lagi nih Eterna.
Pernah sampe 220 km/jam ? Gile cepet banget tuh ... Saya aja hanya sekitar 210-an. Paling sering yah di 170 - 190 km / jam. Soalnya kalo udah diatas 200 km/jam rada ngga stabil. Lain dengan Mercy New Eyes E320 saya. Bisa nyampe 230 km/jam dan sangat stabil, bahkan saya pikir masih dibawah 200 km/jam tuh.
Emang sih lain yah tingkat kestabilan antara mobil Jerman (Eropa) dan Jepang (Asia)...
Harga Spare Part ngga begitu masalah sih, yang penting saya puas dengan ETERNA. Hehehe ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 551
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
eterna itu nama panjangnya LANCER ETERNA.. jadi eterna tu masi berlanjut sampai sekarang dengan nama lancer..DigitALL wrote:Emang sih part mitsubishi lebih mahal. Tapi yang penting... performanya !
Oiya mau nanya donk... kalo seri kelanjutan dari ETERNA udah ada blom sih? Ato Eterna itu Everlasting car? The first n the last.
Kelas Galant kan masih ada nih ampe sekarang. Begitu juga Lancer. Sedangkan Eterna sampe taon 93 dan belum ada seri barunya hingga sekarang.
eterna tuh kalo ga salah LANCER EVO II..
AE 86
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
eh salah ding.. GALANT ETERNA bukan lancer.. tapi mmhmh tau ahh
liat http://www.mitsubishi.com untuk lebih jelasnya.. liat product history..
liat http://www.mitsubishi.com untuk lebih jelasnya.. liat product history..
AE 86
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 551
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia