Di Panther LS 25 AT (Turbodiesel) :
Kemarin sempat campur 2/3 isi botol Total Cetane Booster ke dalam
tangki Isuzu Panther & Tadi padi sempat test drive ; begitu distart
,ada perbedaan dalam noise ;jadi lebih senyap(perkiraan saya minimum
turun 1-2 decidel dari kondisi sebelumnya)
Waktu dicoba dijalan raya terasa akselarasi jadi lebih cepat; dari 0
ke 90 kmph jadi lebih singkat waktunya ; Dan waktu dicoba nanjak
dengan kecepatan lebih dari 90 kmph terasa ringan.......;sayang uji
cuba masih dilakukan di kompleks perumahaan ; belum sempet di highway
jadi ngga bisa lebih kenceng...........;
(Efeknya terasa lebih ok dari campuran Solar+RedLine 85+Biodiesel 1% )
Setelah 20 menit "warming up" sisa 1/3 botol dimasukkan & solar diisi
di spbu sampai penuh (waktu isi solar ,side by side dgn Panther
Touring,terasa suara si Touring lebih ribet........)terus dicoba lagi;
ada perbedaan memang dari pemakaian 2/3 botol & full 1 botol ;cuma
tidak terlalu significant ;
Di Innova D4 D :
stlh make TCB(1 botol)+solar tomang+biodiesel, ditanjakan cipularang D4-D
saya tembus 145 km/h!!! saya juga sempet gak percaya bisa segitu, stlh
kemudian penumpang protes, minta diperlambat...dgn kondisi tancap gas terus
menerus seperti itu, masih memberi kehematan sebesar 12,5 km/l (minimal 90
km/h, cawang -pasteur 1,5jam)
pulangnya, giliran tes irit, diisi solar bandung+TCB+biodiesel, D4-D saya
membukukan 15,8 km/l sbelum kena macet cukup parah di daerah bekasi timur
krn ada bus terbalik, anjlok sampe 13,6 km/l karena macet itu...
0-100km/h blm dites, yg pasti honda CR-V 2.0 susah mendahului saya waktu adu
ngebut di cipularang, n semakin tertinggal di tol pasteur..
dlm sesi pengetesan CR-V 2.0 n jazz vtec terengah2 utk nempel...
Pada Panther non turbo :
Hasil pengukuran noise kabin (idle) sebelum pakai TCB: 83-84dB
setelah 81-82 dB
Kondisi:
- full tank (56ltr) + 1 botol TCB (beli di Toda KG @30rb)
- ngukur pakai handphone Nokia 5140i (fitur: sound level meter)
- posisi dekat telinga kiri sopir (gaya nelpon side talk, front face)
Utk Kijang Diesel (normal aspirated) :
Suara "mengaung" yang biasa terdengar pada RPM menengah (2300 - 3500 RPM) berkurang secara signifikan.
Konklusi :
Mesin Diesel modern Common Rail yang sebetulnya didisain utk meminum solar ber CN 51 ke atas berekasi signifikan ketika menggunakan Cetane Booster yang mendongkrak CN number cukup signifikan pada solar biasa.
Utk mesin diesel konvensional pun, peningkatan CN number juga menghasilkan efek yang cukup signifikan.
Update report Total Cetane Booster (Panth LS AT & Inv D4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22051
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Jun 17, 2008 18:15
Re: Update report Total Cetane Booster (Panth LS AT & Inv D4
Bro, beli Total Cetane Booster di mana nih? Bandung ada ga ya?Turboman wrote:Di Panther LS 25 AT (Turbodiesel) :
Kemarin sempat campur 2/3 isi botol Total Cetane Booster ke dalam
tangki Isuzu Panther & Tadi padi sempat test drive ; begitu distart
,ada perbedaan dalam noise ;jadi lebih senyap(perkiraan saya minimum
turun 1-2 decidel dari kondisi sebelumnya)
Waktu dicoba dijalan raya terasa akselarasi jadi lebih cepat; dari 0
ke 90 kmph jadi lebih singkat waktunya ; Dan waktu dicoba nanjak
dengan kecepatan lebih dari 90 kmph terasa ringan.......;sayang uji
cuba masih dilakukan di kompleks perumahaan ; belum sempet di highway
jadi ngga bisa lebih kenceng...........;
(Efeknya terasa lebih ok dari campuran Solar+RedLine 85+Biodiesel 1% )
Setelah 20 menit "warming up" sisa 1/3 botol dimasukkan & solar diisi
di spbu sampai penuh (waktu isi solar ,side by side dgn Panther
Touring,terasa suara si Touring lebih ribet........)terus dicoba lagi;
ada perbedaan memang dari pemakaian 2/3 botol & full 1 botol ;cuma
tidak terlalu significant ;
Di Innova D4 D :
stlh make TCB(1 botol)+solar tomang+biodiesel, ditanjakan cipularang D4-D
saya tembus 145 km/h!!! saya juga sempet gak percaya bisa segitu, stlh
kemudian penumpang protes, minta diperlambat...dgn kondisi tancap gas terus
menerus seperti itu, masih memberi kehematan sebesar 12,5 km/l (minimal 90
km/h, cawang -pasteur 1,5jam)
pulangnya, giliran tes irit, diisi solar bandung+TCB+biodiesel, D4-D saya
membukukan 15,8 km/l sbelum kena macet cukup parah di daerah bekasi timur
krn ada bus terbalik, anjlok sampe 13,6 km/l karena macet itu...
0-100km/h blm dites, yg pasti honda CR-V 2.0 susah mendahului saya waktu adu
ngebut di cipularang, n semakin tertinggal di tol pasteur..
dlm sesi pengetesan CR-V 2.0 n jazz vtec terengah2 utk nempel...
Pada Panther non turbo :
Hasil pengukuran noise kabin (idle) sebelum pakai TCB: 83-84dB
setelah 81-82 dB
Kondisi:
- full tank (56ltr) + 1 botol TCB (beli di Toda KG @30rb)
- ngukur pakai handphone Nokia 5140i (fitur: sound level meter)
- posisi dekat telinga kiri sopir (gaya nelpon side talk, front face)
Utk Kijang Diesel (normal aspirated) :
Suara "mengaung" yang biasa terdengar pada RPM menengah (2300 - 3500 RPM) berkurang secara signifikan.
Konklusi :
Mesin Diesel modern Common Rail yang sebetulnya didisain utk meminum solar ber CN 51 ke atas berekasi signifikan ketika menggunakan Cetane Booster yang mendongkrak CN number cukup signifikan pada solar biasa.
Utk mesin diesel konvensional pun, peningkatan CN number juga menghasilkan efek yang cukup signifikan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Update report Total Cetane Booster (Panth LS AT & Inv D4
Thx om Turboman, total cetane booster ya di Toda, @30rb ya, ntar nyari ah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: Update report Total Cetane Booster (Panth LS AT & Inv D4
om turboman.
kalo dibandingkan dengan ACB masi lebih bagus mana?
kan ACB harganya lebih mahal dari pada TCB.
oya, ipah dw kok dapet 140km/h uda susah banget ya??
kondisi standard.
thx
kalo dibandingkan dengan ACB masi lebih bagus mana?
kan ACB harganya lebih mahal dari pada TCB.
oya, ipah dw kok dapet 140km/h uda susah banget ya??
kondisi standard.
thx