oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
kalo gak salah..
keberadaan oli khusus utk motor inikan baru sktr 10 thn terakhir ini. Sebelumnya pabrikan motor mensyaratkan oli SAE 20W/50. Hingg skrg ini jg begitu dibuku manual motor merk apapun pasti merekomendasikan oli tsb. Kita jg sbg pemakai motor mau gak mau memakai oli yg ada dipasaran saat itu yaitu SAE 20/50, spt contohnya Mesran Super yg sebenarnya utk oli mobil tp banyak motor yg pakai oli jenis ini.
Kalo menurut artikel motorplus bbrp minggu yg lalu soal oli 20W/50 yg katanya secara gak lsg bs mengakibatkan mesin motor, bunyi salah satu artikelny bilang bs bikin mesin ‘stroke’, ini mengindikasikan oli 20/50 gak baik utk motor. Hal ini krn oli tsb terlalu kental dan bs mengakibatkan tersumbatnya saluran2 oli dimesin motor.
Tapi dr yg udah2 gak ada tuh mesin motor tiba2 rusak krn memakai oli mobil spt yg sy sebut diatas. kalaupun ada krn oli palsu yg emang banyak mencuri merk tsb.
contohnya..
Motor Honda Legenda 2001 sy pake oli Mesran Super, sejak baru hingga skrg ini gak pernah ada indikasi kalo mesin rusak krn oli tsb. paling2 krn emang ada salah satu onderdil mesin (rante keteng) yg harus diganti krn udah aus. Selain itu yah udah gak pernah ada masalah sampe skrg ini.
mungkin banyak jg org yg gak faham soal perawatan mesin motor dan asal aja menggunakan oli mesin mobil ke mesin motor. tapi dr yg udah2 gak ada tuh keluhan mesin rusak gara2 oli mesin mobil dipakai ke mesin motor. seharusnya ada dong contoh kasusnya. Dan kalopun ada pasti krn oli palsu yg banyak mencuri merk tsb!
skrg yg benar yg mana nih? penafsiran secara teoretis sih boleh2 aja tp kalo blm ada bukti?
kesimpulannya kalo emang motor lbh baik pake oli 10W/40 kalo Fastron gimana? apa ada rekan SMers yg pernah coba pake oli ini dimotornya?
keberadaan oli khusus utk motor inikan baru sktr 10 thn terakhir ini. Sebelumnya pabrikan motor mensyaratkan oli SAE 20W/50. Hingg skrg ini jg begitu dibuku manual motor merk apapun pasti merekomendasikan oli tsb. Kita jg sbg pemakai motor mau gak mau memakai oli yg ada dipasaran saat itu yaitu SAE 20/50, spt contohnya Mesran Super yg sebenarnya utk oli mobil tp banyak motor yg pakai oli jenis ini.
Kalo menurut artikel motorplus bbrp minggu yg lalu soal oli 20W/50 yg katanya secara gak lsg bs mengakibatkan mesin motor, bunyi salah satu artikelny bilang bs bikin mesin ‘stroke’, ini mengindikasikan oli 20/50 gak baik utk motor. Hal ini krn oli tsb terlalu kental dan bs mengakibatkan tersumbatnya saluran2 oli dimesin motor.
Tapi dr yg udah2 gak ada tuh mesin motor tiba2 rusak krn memakai oli mobil spt yg sy sebut diatas. kalaupun ada krn oli palsu yg emang banyak mencuri merk tsb.
contohnya..
Motor Honda Legenda 2001 sy pake oli Mesran Super, sejak baru hingga skrg ini gak pernah ada indikasi kalo mesin rusak krn oli tsb. paling2 krn emang ada salah satu onderdil mesin (rante keteng) yg harus diganti krn udah aus. Selain itu yah udah gak pernah ada masalah sampe skrg ini.
mungkin banyak jg org yg gak faham soal perawatan mesin motor dan asal aja menggunakan oli mesin mobil ke mesin motor. tapi dr yg udah2 gak ada tuh keluhan mesin rusak gara2 oli mesin mobil dipakai ke mesin motor. seharusnya ada dong contoh kasusnya. Dan kalopun ada pasti krn oli palsu yg banyak mencuri merk tsb!
skrg yg benar yg mana nih? penafsiran secara teoretis sih boleh2 aja tp kalo blm ada bukti?
kesimpulannya kalo emang motor lbh baik pake oli 10W/40 kalo Fastron gimana? apa ada rekan SMers yg pernah coba pake oli ini dimotornya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
Bro Menurut gue sih... mau pake 10W-40W atau 20W-50W.... tergantung dari masing2 individu.... memang jaman dulu... khan masih jarang merk2 oli yang beredar.... jadi masih ketergantungan dengan MESRAN.... biasa jaman monopoli CANG HARTO......., dan lagi pula harga oli jaman dulu mahal2... kalau ngga salah jaman dulu ada oli F1.. itu juga harganya selangit... ( jgn2 skrg ganti nama Top 1)......
sedangkan sekarang Oli tuh macem2... mau nya kaya apa juga ada .. skrg kembali ke Knowledge nya masing 2 biker.... , kalau dulu khan udah didoktrin pake 20W-50W ngga pa'pa.... sekarang mendingan pake yg 10W-40W...
ujung2nya sih duit masing para biker sangupnya beli oli apa ???.
sedangkan sekarang Oli tuh macem2... mau nya kaya apa juga ada .. skrg kembali ke Knowledge nya masing 2 biker.... , kalau dulu khan udah didoktrin pake 20W-50W ngga pa'pa.... sekarang mendingan pake yg 10W-40W...
ujung2nya sih duit masing para biker sangupnya beli oli apa ???.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Mesin mobil menganut sistem Kopling Kering artinya kopling tidak terendam Oli, sedangkan Sepeda Motor kebanyakan menganut sistem Kopling Basah yaitu kopling /kampas kopling-nya terendam Oli.
Pada Oli yg didesign utk Motor yg menganut sistem kopling basah biasanya diberikan campuran/aditif yg dapat melindungi kopling dari SLIP, dan aditif ini tidak terdapat pada Oli untuk Mobil.
jadi kalo oli utk mesin mobil dipake-kan ke mesin motor, kemungkinan besar kopling akan mudah Slip.
Pada Oli yg didesign utk Motor yg menganut sistem kopling basah biasanya diberikan campuran/aditif yg dapat melindungi kopling dari SLIP, dan aditif ini tidak terdapat pada Oli untuk Mobil.
jadi kalo oli utk mesin mobil dipake-kan ke mesin motor, kemungkinan besar kopling akan mudah Slip.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Alo Bro Anak_Singkong...
Tunggangan aku juga Legenda2 2003, teknologi mesin Legenda kita ini tergolong kuno, aku sendiri gak berani nyoba make Oli yg Lebih Encer SAE 10 kebawah, yg aku takutkan Oli merembes ke ruang bakar karena daya tekan Ring Seher dengan Silinder kurang kuat untuk menahan Oli yg lebih Encer. Sedangkan untuk mesin2 terbaru terutama mobil, memang didisain dgn kompresi tinggi dan tekanan ring seher dgn Silindernya pun lebih rapat, shg utk mesin2 jenis ini tidak mempunyai masalah dgn Oli yg lebih Encer.
Aku pernah nyoba pake STP ama Motul SAE 15W50, terakhir aku pake Motul SAE 15W50 , untuk harian memang lebih enteng bro.. tapi begitu aku bawa mudik ke bandung ama Istri (78 Kg) + Anak (23 Kg) + bawaan (~10 Kg) dipuncak ngeden bro speed paling tinggi 30 Km/jam di Gigi 2 SLIIIIPPPP...
baliknya Bandung - Jakarta Aku Ganti Oli pake PrimaXP SAE20W50 yg ada tulisannya Anti SLip Kopling .. Alhamdulilah bro... Lancar bisa tembus di 50 Km/Jam (gigi 3) padahal arah sebaliknya bandung - Jakarta di puncak lebih nanjak bro..
Tunggangan aku juga Legenda2 2003, teknologi mesin Legenda kita ini tergolong kuno, aku sendiri gak berani nyoba make Oli yg Lebih Encer SAE 10 kebawah, yg aku takutkan Oli merembes ke ruang bakar karena daya tekan Ring Seher dengan Silinder kurang kuat untuk menahan Oli yg lebih Encer. Sedangkan untuk mesin2 terbaru terutama mobil, memang didisain dgn kompresi tinggi dan tekanan ring seher dgn Silindernya pun lebih rapat, shg utk mesin2 jenis ini tidak mempunyai masalah dgn Oli yg lebih Encer.
Aku pernah nyoba pake STP ama Motul SAE 15W50, terakhir aku pake Motul SAE 15W50 , untuk harian memang lebih enteng bro.. tapi begitu aku bawa mudik ke bandung ama Istri (78 Kg) + Anak (23 Kg) + bawaan (~10 Kg) dipuncak ngeden bro speed paling tinggi 30 Km/jam di Gigi 2 SLIIIIPPPP...
baliknya Bandung - Jakarta Aku Ganti Oli pake PrimaXP SAE20W50 yg ada tulisannya Anti SLip Kopling .. Alhamdulilah bro... Lancar bisa tembus di 50 Km/Jam (gigi 3) padahal arah sebaliknya bandung - Jakarta di puncak lebih nanjak bro..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Wah..zepprut wrote:Alo Bro Anak_Singkong...
Tunggangan aku juga Legenda2 2003, teknologi mesin Legenda kita ini tergolong kuno, aku sendiri gak berani nyoba make Oli yg Lebih Encer SAE 10 kebawah, yg aku takutkan Oli merembes ke ruang bakar karena daya tekan Ring Seher dengan Silinder kurang kuat untuk menahan Oli yg lebih Encer. Sedangkan untuk mesin2 terbaru terutama mobil, memang didisain dgn kompresi tinggi dan tekanan ring seher dgn Silindernya pun lebih rapat, shg utk mesin2 jenis ini tidak mempunyai masalah dgn Oli yg lebih Encer.
Aku pernah nyoba pake STP ama Motul SAE 15W50, terakhir aku pake Motul SAE 15W50 , untuk harian memang lebih enteng bro.. tapi begitu aku bawa mudik ke bandung ama Istri (78 Kg) + Anak (23 Kg) + bawaan (~10 Kg) dipuncak ngeden bro speed paling tinggi 30 Km/jam di Gigi 2 SLIIIIPPPP...
baliknya Bandung - Jakarta Aku Ganti Oli pake PrimaXP SAE20W50 yg ada tulisannya Anti SLip Kopling .. Alhamdulilah bro... Lancar bisa tembus di 50 Km/Jam (gigi 3) padahal arah sebaliknya bandung - Jakarta di puncak lebih nanjak bro..
Legenda sy th 2001 udah gak sy pakai lg tp udah sy berikan buat istri sy utk transport rumah-kantor. Saya pakai Suzuki Shogun 125 skrg ini.
Dari Bandung ke JKT lewat Puncak emang tanjakannya lbh tajam yah? Saya kurang perhatikan jalur yg ini walau udah brp kali JKT-Bandung naik motor.
BTW..
Emang ada yah Mesran Prima XP yg ada tulisan anti-slip kopling? Setahu sy bukannya Enduro yg emang khusus utk oli motor. Trus jg kenapa yah harga eceran Enduro lbh mahal drpd Prima XP? Padahal API Service lbh tinggi Prima XP (SJ) dibanding Enduro (SG). Selain itu jg jumlah volumenya lbh banyak Prima XP (1lt) Enduro (0,8lt). Apa API Service jg ada pengaruhnya ke performa motor?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05
Re: oli mesin mobil vs. oli mesin motor?
Sorry Bro.. bukan PrimaXP ..tapi Supreme Ultratech tulisannya "Tidak Menyebabkan Kopling Slip"anak_singkong wrote:zepprut wrote:Alo Bro Anak_Singkong...
BTW..
Emang ada yah Mesran Prima XP yg ada tulisan anti-slip kopling? Setahu sy bukannya Enduro yg emang khusus utk oli motor. Trus jg kenapa yah harga eceran Enduro lbh mahal drpd Prima XP? Padahal API Service lbh tinggi Prima XP (SJ) dibanding Enduro (SG). Selain itu jg jumlah volumenya lbh banyak Prima XP (1lt) Enduro (0,8lt). Apa API Service jg ada pengaruhnya ke performa motor?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Thu Jan 12, 2006 3:10
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Mar 21, 2006 11:55
- Location: jkt
gue pake kaze-R bawaannya Mesran Super yang jadi standard n tersedia bengkel resmi, pas lagi ngga pengen servis cuma ganti oli+filter doang gue ganti ke prima xp.
Karena pas servis lagi ngga ada prima xp, iseng deh coba top 1, menurut gue suara mesin jadi lebih kasar, hmmh padahal harga lebih mahal bo.
Jadi sekarang balik lagi ke prima xp dan bawa oli sendiri
Karena pas servis lagi ngga ada prima xp, iseng deh coba top 1, menurut gue suara mesin jadi lebih kasar, hmmh padahal harga lebih mahal bo.
Jadi sekarang balik lagi ke prima xp dan bawa oli sendiri

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Nov 22, 2005 2:57
- Location: Jakarta Timur
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Nov 22, 2005 2:57
- Location: Jakarta Timur
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sun Jan 01, 2006 15:37
- Location: Jakarta
Ngikut nyumbang pengalaman yak...!!!
Kebetulan ni bro Anak_singkong, satria 2T ogut udah pake Fastron(semi syntetic) 3 bulan terakhir. Dampak yang ogut rasain sich, mesin gak begitu panas walaupun kejebak macet, motor jadi gak parah ngebulnya n tarikan lebih enteng aja. Sekarang pgn cb yang Full Syntetic, kira2, bro sekalian yg ada di SM, udah ada yg pernah cb blm?? Sharing dunk
Kebetulan ni bro Anak_singkong, satria 2T ogut udah pake Fastron(semi syntetic) 3 bulan terakhir. Dampak yang ogut rasain sich, mesin gak begitu panas walaupun kejebak macet, motor jadi gak parah ngebulnya n tarikan lebih enteng aja. Sekarang pgn cb yang Full Syntetic, kira2, bro sekalian yg ada di SM, udah ada yg pernah cb blm?? Sharing dunk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Wed Apr 05, 2006 12:08
- Location: kaliman-hutan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sun Jan 01, 2006 15:37
- Location: Jakarta
Wew...!!! 90rb..??? Mahal juga ya ternyata.anak_singkong wrote:kalo Satria 120 motor 2t..
oli mesin gak terlalu bekerja berat krn cuma melumasi gigi2 dan kopling; makanya tahan sampai 3 bln.
kalo gak salah..
oli Fastron yg full sintetik harganya sktr 90rb tp oli ini utk mobil gak tau deh kalo dipakai dimotor gimana?
Tapi, selama bikin motor jadi awet sich, gapp..!! Ayo dunk, posting yang udah pernah coba pake Fastron yg Full syntetic..!!
Sharing pengalaman tuk pemakai Oli ARTIS, kemaren motor temen da yang ngadat tuh gara2 TOP1, motor gak kuat nanjak n tarikan jadi lebih berat.

Padahal harga oli artis itu, lumayan mahal loh untuk sebotol oli yg gak berkuaitas.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sun Jan 01, 2006 15:37
- Location: Jakarta
Re: 2-tak?
Wew..., pemborosan?? Atas dasar?? udh mggunakan oli samping??!! Ditunggu yang udah pernah coba..!! Eh iya, mang Fastron itu bisa dipake juga di 4-tak..!! Tenkyu yach penjelasannya bro su_minsonsu_minson wrote:2-tak pake oli mesin full sintetik?
pemborosan bro, kalo 4 tak masih dimaklumin.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47