Honda Odissey

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Honda Odissey

Post by abi »

Mohon ulasannya tentang odissey 2000-2002 dong. Tipe apa aja yg beredar di Indonesia? Berapa kira-kira harga pasarannya sekarang, mileage dan permasalahannya (spare part availability, maintenance, dll)?
Worthed mana beli mobil lain yg baru yg seharga dgn second odissey (SUV atau MPV) ?
Thanks atas masukannya.
best regards,
abi
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

odyssey

Post by abi »

SMers,
Alhamdulillah saya udah beli odyssey keluaran th 2000 (STNK Tangerang bulan 9) warna hitam seharga Rp 161 jt, hasil dari hunting sampe ke pondok indah, duren tiga akhirnya dapet di bursa mobil kemayoran. So far saya cukup puas, my expenses sebanding dgn kualitas yg saya dapatkan.
Pasaran 2002 sekitar 175 jt, 2003 192-220 jt, 2004 sekitar 230-240 jt dan 2006 sekitar 400 juta.
Model th 2000 masih sama sampe 2003. Th 2004 keluar model baru facelift ditambah kapasitas mesin naik jadi 2400 cc (sebelumnya 2300 cc).
Odyssey 2000 yg saya beli keluaran jepang, so..., manual pake tulisan kanji semua :mad: . Transmisi matic & tiptronik (bisa semi manual gigi 1 s/d 4). Pake sunroof, panel kayu, arm rest, spion bisa dilipat secara elektronik, AC individual tiap row, digital. Katanya ada parking sensor, tapi saya nggak tau apa bedanya sebab tetap aja bunyinya sama walau beberapa senti lagi ada tembok di buritan mobil.
Lainnya tambahan asesoris dari yg punya sebelumnya udah ada TV, sub woofer dan power ampli. Pun ada fog lamp.
Yang jelas, kemewahannya masih jauh di atas innova V ataupun fortuner, bahkan jika dibandingkan sama CR-V atau X-trail. Mobil yg saya beli ini hanya kalah baru aja.
Sedikit gangguan yaitu saat AC hidup getaran mesin agak terasa, khususnya saat temperatur di ambang setting. Sepertinya kompresor on/off tiap sebentar, keliatan dari tachometer naik turun antara 600-800 rpm. Tapi kalo AC dimatiin, tachometer stabil di 800 rpm.
Wiper kayaknya ada sensor hujan but saya masih unsure.
SMers yg punya manual pake bhs inggris, tolong dong bantuin copy-nya kirim ke saya. Juga share kalo ada tips & tricks penting mobil ini.
Thanks.
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Parking Sensor kalau tidak salah biasanya ada tombol untuk mengaktifkannya. Kalau di Camry bisa diaktifkan bisa juga dimatikan karena kalau aktif terus setiap ada sesuatu yang dekat mobil misalnya dilampu merah ada motor atau mobil berhenti dekat mobil kita maka suara "beep beep beep" akan terus terdengar didalam kabin.
Image
teckteck
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Sun Sep 26, 2004 15:40

Post by teckteck »

Selamat untuk bung Abi dengan odysseynya.Saya ditawarin odyssey juga thn
2004 stnk bulan 6 model lama tipe absolute km 7000 harga 265jt mahal atau tidak menurut anda.thanks
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

kalo yang atpm barunya 383jt sekarang udah turun 45jt dari barunya.. kalo yang versi IU barunya 375jt, mungkin kalo type absolute lebih mahal dikit.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

turun nya pada gila gila an yah,liat di koran 728i 00 cuman 190 jt ck ck ck ck gileeeeeeeee
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Yang tahun 2004 Absolute 2.4 type M juga sudah dibawah 300 yah harga bekasnya.
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

mendingan pilih tahun 2004 model baru sekalian tapi type M, atau absolute tapi type lama? harga nya gak berselisih banyak ya? mahalan yang type baru 40jt an
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Kalau 2004 Type M yang model baru bedanya sama Absolute model baru hanya di interior kalau tidak salah dan yang Type M kalau saya lihat bannya masih kaya dop belum velg racing. Tapi saya pribadi lebih suka model Absolute yang 2003, kalau yang model baru ini kelihatannya kok pendek gitu, kalau designnya sih memang futuristik.
Image
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Post by abi »

Kalo 265 jt rasanya kemahalan, tawar aja lagi Pak.

O ya, saya pingin tanya nih, dgn problem yg menimpa odyssey saya. Penyakitnya muncul setelah mobil dibawa dari Jkt sampe di Pekanbaru, yaitu getaran mesin pada rpm rendah. rpm nya ga stabil naik turun terutama saat AC hidup. Setelah distel di bengkel (setelan rpm dinaikin), problemnya hilang namun setelah jalan 60 km ke luar kota, muncul lagi. Gejalanya kaya pincang seolah-olah busi mati satu tapi ngga, sebab kalo lagi berhenti, trus gas diinjak, nggak keliatan. Tapi kalo pas udah jalan dari berhenti atau pelan, terasa kali getarannya, sehingga terpaksa AC dimatiin. Bahkan sekarang pun kalo AC dimatiin, tetap terasa getaran. Jangan-jangan transmisinya yg kena ya ? Setelah saya pikir-pikir, mungkin karena saya ngaktifin tiptronik / manualnya. Sebab dari Jkt-Pku selalu pake matic (posisi D), kayaknya ngga kerasa gejala yg saya sebutin tadi.

Thanks atas advisnya.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

transmisi nya odysey itu cvt ngak pak,soalnya saya pernah ngalamin kejadian ama honda fit.kalo jalan mobil nya jedul jedul tapi kalo di gas kencang normal aja lari nya.tapi kalo jalan pelan loncat2 terus.

itu dulu salah oli harus nya di beri atf Z1 tapi ama bengkel honda diganti atf shell aja lalu langsung jebol.
rpm nya juga suka turun naik sendiri.

susah nya beli mobil 2nd kita ngak pernah tau apa yang diisi oleh pemilik sebelum nya hehehehehe.taunya biasanya 2-4 minggu

kalo triptonik nya dimain in sebenar nya ngak masalah karena udah diatur ecu nya jadi ngak bakalan kelebihan beban
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

mpoezz wrote:transmisi nya odysey itu cvt ngak pak,soalnya saya pernah ngalamin kejadian ama honda fit.kalo jalan mobil nya jedul jedul tapi kalo di gas kencang normal aja lari nya.tapi kalo jalan pelan loncat2 terus.

itu dulu salah oli harus nya di beri atf Z1 tapi ama bengkel honda diganti atf shell aja lalu langsung jebol.
rpm nya juga suka turun naik sendiri.
Bung Mpoezz, Odyssey manual biasa
Saya juga punya pengalaman seperti anda, pakai Honda Fit, pada awalnya di rpm sekitar 1200-1400 an transmisi bisa switching bolak-balik, naik turun, endut-endut-an, tapi kalau gas ditekan lagi, gejala itu hilang.
Dibiarkan saja, beberapa minggu kemudian, di rpm tinggi pun juga jadi endut-endut-an.
Dibawa ke bengkel ATPM Honda (walaupun ini mobil IU), mereka bilang EGR-nya yang rusak, harus order dulu.
Saya gak yakin, saya bawa ke bengkel alternatif dan mereka bilang cvt-nya yang ada masalah.
Gak yakin lagi, balik ke bengkel ATPM Honda, minta tukar EGR sementara dengan Fit yang dipakai salah satu karyawan Honda di bengkel itu, dan hasilnya tetap saja endut-endut-an, jadi kesimpulannya bener yang rusak cvt-nya.

Kalau saya kasusnya mungkin gara-gara sering digeber-geber, karena seneng saja melakukannya, gas dipencet habis, rpm spontan naik ke atas seiring dengan laju mobil, dengan jeda yg nyaris tidak ada.
Bukan jebol secara total, cuma ada beberapa parts di dalam yang rusak, biayanya juga lumayan untuk ukuran waktu itu, walaupun ongkos sudah di-discount 60% (turun transmisi ongkos kerjanya lumayan gedhe), spare-parts ada discount juga tapi kecil.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

abi wrote:Kalo 265 jt rasanya kemahalan, tawar aja lagi Pak.

O ya, saya pingin tanya nih, dgn problem yg menimpa odyssey saya. Penyakitnya muncul setelah mobil dibawa dari Jkt sampe di Pekanbaru, yaitu getaran mesin pada rpm rendah. rpm nya ga stabil naik turun terutama saat AC hidup. Setelah distel di bengkel (setelan rpm dinaikin), problemnya hilang namun setelah jalan 60 km ke luar kota, muncul lagi. Gejalanya kaya pincang seolah-olah busi mati satu tapi ngga, sebab kalo lagi berhenti, trus gas diinjak, nggak keliatan. Tapi kalo pas udah jalan dari berhenti atau pelan, terasa kali getarannya, sehingga terpaksa AC dimatiin. Bahkan sekarang pun kalo AC dimatiin, tetap terasa getaran. Jangan-jangan transmisinya yg kena ya ? Setelah saya pikir-pikir, mungkin karena saya ngaktifin tiptronik / manualnya. Sebab dari Jkt-Pku selalu pake matic (posisi D), kayaknya ngga kerasa gejala yg saya sebutin tadi.

Thanks atas advisnya.
jangan jangan anda mengisi bensin di pos yang salah, di sumatra khan banyak dioplos gituu.... coba aja cek BBMnya bro
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

TomS wrote:Bung Mpoezz, Odyssey manual biasa
Saya juga punya pengalaman seperti anda, pakai Honda Fit, pada awalnya di rpm sekitar 1200-1400 an transmisi bisa switching bolak-balik, naik turun, endut-endut-an, tapi kalau gas ditekan lagi, gejala itu hilang.
Dibiarkan saja, beberapa minggu kemudian, di rpm tinggi pun juga jadi endut-endut-an.
Dibawa ke bengkel ATPM Honda (walaupun ini mobil IU), mereka bilang EGR-nya yang rusak, harus order dulu.
Saya gak yakin, saya bawa ke bengkel alternatif dan mereka bilang cvt-nya yang ada masalah.
Gak yakin lagi, balik ke bengkel ATPM Honda, minta tukar EGR sementara dengan Fit yang dipakai salah satu karyawan Honda di bengkel itu, dan hasilnya tetap saja endut-endut-an, jadi kesimpulannya bener yang rusak cvt-nya.

Kalau saya kasusnya mungkin gara-gara sering digeber-geber, karena seneng saja melakukannya, gas dipencet habis, rpm spontan naik ke atas seiring dengan laju mobil, dengan jeda yg nyaris tidak ada.
Bukan jebol secara total, cuma ada beberapa parts di dalam yang rusak, biayanya juga lumayan untuk ukuran waktu itu, walaupun ongkos sudah di-discount 60% (turun transmisi ongkos kerjanya lumayan gedhe), spare-parts ada discount juga tapi kecil.
konsumsi bensin nya berubah jadi boros gak? kayaknya musti di kalibrasi CVT nya bro, start up clutch nya ngaco tuh.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

iya saya bawa ke bengkel honda suruh mereka tanggung jawab pada kabur semua sialan mau nya duit dong mentang2 mobil IU ngak di perhatikan makanya dari itu saya alergi ke honda.

pernah juga di perikasa sama bengkel alternatif yang kebaca TPS nya yang rusak.tapi di bersihin lalu di tukar switch ecu segala ama model lain tetap aja rusak akhirnya di vonis cvt nya yang jebol.

iya nih kayak nya cvt honda ngak begitu kuat yah
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

piterr wrote: konsumsi bensin nya berubah jadi boros gak? kayaknya musti di kalibrasi CVT nya bro, start up clutch nya ngaco tuh.
Gak begitu perhatian, krn habis itu mobilnya aku ganti velg dan ban gaul, yg hasilnya pasti lebih boros konsumsi bensinnya. (bukan mobil standard lagi).

Kalibrasi maksudnya gimana ?
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

mpoezz wrote:iya saya bawa ke bengkel honda suruh mereka tanggung jawab pada kabur semua sialan mau nya duit dong mentang2 mobil IU ngak di perhatikan makanya dari itu saya alergi ke honda.

pernah juga di perikasa sama bengkel alternatif yang kebaca TPS nya yang rusak.tapi di bersihin lalu di tukar switch ecu segala ama model lain tetap aja rusak akhirnya di vonis cvt nya yang jebol.

iya nih kayak nya cvt honda ngak begitu kuat yah
Ada kabar angin yang bilang, untuk Fit terbitan awal ada recall sehubungan dengan cvt, bener apa engga harus conform ke yang lebih tahu.

Saran saja, kalau beli Fit / Jazz matic bekas harus dicoba jalan (tidak bisa dilihat begitu saja), rasakan apakah ada switching gear bolak balik di rpm sekitar 1.250-1.400-an.
Kalau ada gejala itu, mending jangan beli itu mobil.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Ada kabar angin yang bilang, untuk Fit terbitan awal ada recall sehubungan dengan cvt, bener apa engga harus conform ke yang lebih tahu.

Saran saja, kalau beli Fit / Jazz matic bekas harus dicoba jalan (tidak bisa dilihat begitu saja), rasakan apakah ada switching gear bolak balik di rpm sekitar 1.250-1.400-an.
Kalau ada gejala itu, mending jangan beli itu mobil.
Baru denger. Thanks buat infonya, mudah2an bisa menjadi panduan bagi yg akan beli used car.

Yg gw baca, justru Jazz versi manual di range RPM berapa sampai berapa (gw lupa), mesinnya sedikit tersendat2. Katanya emang bawaan dari pabrik spt itu jadi bukan kesalahan dari pabrik.
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Post by abi »

saya udah telpon bengkel resminya, honda kertajaya di pekanbaru (posisi saya di duri, 120 km dari pekanbaru). jawaban mereka saya harus ke bengkel biar diliat dan diperbaiki oleh mereka. Kemungkinan besar harus tune up dan bersihin sistem injeksi. Karena CBU, upah tune up 360 rb (kalo ATPM katanya 180 rb aja). Kata mekaniknya juga premium biasa gpp utk odyssey, tak harus pertamax. Karena belum sempat ke bengkel, sementara ini kalo jalan AC saya matiin aja, kecuali kepepet. Tapi ya itu, saat low speed, AC dimatiken lagi.

Fyi, sebelumnya waktu di pekanbaru udah ke bengkel ini juga trus distel ulang (dinaikin) rpm stasionernya. setelah itu ilang gejala rpm naek turun sampe jalan sekitar 60 km dan saya pake semi manualnya buat nyalip (dan banyak masuk lobang?), lantas tiba-tiba balik lagi penyakitnya malah lebih parah.

Wah,,, jadi rupanya teman-teman ada juga yg mengalami nasib serupa.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah sebaiknya beri pertamax pak karena pakai catalityc converter takut nya jebol ntar.

kalo bengkel mah suka ngasal hehehehehhe.

apalagi kalo cbu jepang itu katanya minim oktan nya harus diatas seratus.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Pak Digitall, kalo gak salah i ni ya beritanya:

Image

selain itu saya juga pernah baca, cvt nya memang sering rusak (lupa dibagian komponen mana) dan gak tanggung2 harganya 7jt.
Hal ini dikarenakan cvt nya sering dipake secara kasar, karena keasyikan pindah2 gigi pada putaran tinggi.
Dan Hal ini juga pernah dikomentari : "CVT itu gak ada bedanya dengan automatic, perlakukan lah secara halus, jangan disamakan dengan manual"
btw tiptronik yang di odys kalo gak salah bukan system cvt deh.
Layaknya promosi B class, 7gear kami lain dengan jazz loh...., this is the real 7gear...komentarnya seperti ngerendahin jazz aja....kacau juga...
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ini nih penyakit nya honda ngak tau mobil nya CBU tapi produk nya jelek banget.selain kaca yang susah naik,tutup pilar A juga sering kebuka,city saya kebuka tutup pilar nya di bawa ke honda di bilang ngak bisa di bener in emang gitu kata bengkelnya hahahha dodol banget.
temen saya punya city vtec juga gitu tutup pilar a depan penumpang itu juga kebuka.ngak tau teman2 yg lain
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Pak Digitall, kalo gak salah i ni ya beritanya:
Ya betul itu Mr.handling. Thanks buat beritanya.
Layaknya promosi B class, 7gear kami lain dengan jazz loh...., this is the real 7gear...komentarnya seperti ngerendahin jazz aja....kacau juga...
Biasa deh promosiii hehehe ... oya, C-Class terbaru juga sudah 7 G-Tronics (jadi bener2 tujuh speed) sehingga lebih irit BBM, lebih smooth dan performa juga meningkat.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

temen saya punya city vtec juga gitu tutup pilar a depan penumpang itu juga kebuka.ngak tau teman2 yg lain
Sejauh ini yg punya temen (jazz, city) n my grandpa (jazz) masih fine2 aja tutup pilar A nya. Tp yg my grandpa pernah kejadian karet di pintu depan kirinya lepas, tinggal dijepit dan dilem sih cuma aneh aja kualitasnya koq gitu pdhal masih baru.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

nah lo hahahahahha apa emang sekarang mobil jelek jelek yah kualitasnya