Boros mana Hummer atau Hybrid?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Boros mana Hummer atau Hybrid?

Post by Chalupa »

Boros mana Hummer atau hybrid?

(04/04/2006) - Di gembar-gemborkan murah dalam penggunaan energi, sebuah penelitian menunjukkan dalam skala lebih luas, hybrid lebih boros, lebih banyak menggunakan energi sepanjang siklus hidupnya dibandingkan SUV Hummer. Kesimpulan itu didapat dari penelitian CNW Marketing Research selama dua tahun terakhir.

Lembaga riset itu mengumpulkan data selama dua tahun yang berkaitan dengan energi yang dibutuhkan sebuah mobil sejak proses perencanaan, membuat, menjual, mengendarainya, dan akhirnya menjadikannya besi tua. Jadi semua energi yang diperlukan sejak dari konsep hingga menjadi sampah kembali. Ini artinya biaya energi yang diperlukan saat pengembangan, misalnya untuk test jalan raya, tes di laboratorium, juga energi manufaktur, delivery ke konsumen, perawatan, penggunaan sehari-hari hingga proses besi tua dan daur ulang. Jadi bukan sekedar daya jelajah per liter bahan bakar.

Agar bisa difahami konsumen, jumlah energi yang diperlukan dalam satu siklus hidup mobil, lembaga itu mengenalkan istilah 'dollar per lifetime mile'. Semakin besar angkanya, semakin banyak energi yang diperlukan mobil itu sepanjang hidupnya. Mobil yang paling bahyak membutuhkan energi yang dijual di USA tahun lalu adalah Maybach, sedan super mewah dan super mahal. Mobil ini membutuhkan biaya energi $11.58 per mil. Dan yang paling murah adalah ScionxB, $0.48 sen.

Yang lebih mengejutkan, memiliki mobil hybrid membutuhkan biaya energi per mil lebih besar daripada mobil konvensional. Contoh, Honda Accord Hybrid membutuhkan biaya energi per mile sebesar $3.29, sementara Honda Accord biasa hanya $2.18. Jadi sejak coretan pertama diatas kertas hingga berakhir di junk yard, kebutuhan energi Accord Hybrid sekitar 50% lebih besar dari versi reguler.

Salah satu alasannya mengapa hybrid lebih mahal dari versi konvensional adalah biaya energi untuk produksi/manufacture, penggantian dan pembuangan kompenen-komponen seperti battery, motor listrik, material-material berbobot ringan dan kompleksitas power package.

Yang menarik, SUV -yang dituding sebagai boros bahan bakar dan tidak efisien, justur energi cost per mile-nya lebih rendah. Contohnya, Hummer H3 energy cost permile-nya hanya $1.949 sen per mil, bandingkan dengan Honda Civic $2.42 per mile dan rata-rata mobil yang dijual di USA tahun lalu adalah $2.28 cent per mile.

"Bila konsumen fokus pada irit bensin karena keterbatasan duit belanja atau seretnya pasokan bahan bakar, paling pas secara logika adalah mempertimbangkan untuk membeli mobil yang paling irit konsumsi bahan bakarnya," kata Art Spinella, president of CNW Marketing Research, Inc. "Namun bila fokusnya adalah dampak lingkungan akibat penggunaan energi, mobil-mobil irit bahan bakar itu nyatanya meminta ongkos energi lebih besar dari pada mobil konvensional, atau bahkan mobil berukuran lebih besar, sepanjang masa pakainya."

"Kami yakin data semacam ini penting bagi konsumen untuk memilih jenis transportasinya," kata Spinella. "Keputusan membeli semata-mata berdasarkan ke-iritan bahan bakar atau ukuran mobil, sama sekali tidak menyentuh inti dari isu konsumsi energi."

Hasil ini bisa memantik diskusi yang pada akhir, seperti harapan Spinella, menghasilkan kesamaan persepsi tentang efisiensi energi yang sesungguhnya. Secara tersirat, Spinella ingin mengatkaan bahwa mobil hybrid itu sejatinya tidak lebih irit dalam penggunaan energi dibandingkan mobil konvensional.

Hal serupa juga terjadi pada mobil-mobil fuel-cell. Di gembar-gemborkan sebagai the ultimate goal mobil ramah lingkungan, teknologi fuel-cell terkendala produksi hidrogen yang membutuhkan bahan bakar fosil sangat banyak. Ujung-ujungnya ya tidak ramah lingkungan juga.

Sumber: Mobilku.com
"Who bothers to cook TV dinners? I suck them frozen." ~ Woody Allen
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Hmm, nice articles Mr. Cha!!
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

Guys, IMO hybrid lebih mahal total costnya karena biaya pengembangan produknya juga dimasukin.
dimana-mana yg namanya produk baru itu kan perlu biaya R&D yg gak sedikit.

lain lagi dengan HUMMER yg pakai mesin biasa, biaya R&D pasti lebih kecil.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

calvin99 wrote:Guys, IMO hybrid lebih mahal total costnya karena biaya pengembangan produknya juga dimasukin.
dimana-mana yg namanya produk baru itu kan perlu biaya R&D yg gak sedikit.

lain lagi dengan HUMMER yg pakai mesin biasa, biaya R&D pasti lebih kecil.
Betul, perbandingan yg sangat naif sekali dan menyesatkan, seharusnya dibuat batasan antara pengembangan yg gunakan current technology dgn future technology.

Dimana2 yg namanya biaya R&D new product pasti lebih besar dibandingkan biaya R&D product yg sudah ada.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

Ini mah kerjaannya PERUSAHAAN RESEARCH GADUNGAN. Menggunakan metode2 statistika dan data2 yg telah dimanipulasi habis2an. Ada yg ngerti cara dapetin "Dollar per lifetime mile" itu unit gimana sih? Sama ada yg seriously percaya sama hasil riset tsb ngga?
Hummer H3 bisa lebih irit dari Civic biasa? WTF?

Paling ini sebuah publikasi yg disponsorin perushan2 mobil Amerika buat mencela nama hybrid krn mereka pastin nggak bisa nguber Jepang dalam teknologi ini.

Kalaupun rata2 "dollar per lifetime mile" hybrid lebih tinggi, kalau teknologinya sudah dewasa 4-5 th lagi, cost R&D turun, cost produksi turun, makin banyak pabrik yg memproduksi, biaya transportasi ke dealer2 turun, dsb. Pasti akan jauh dibawah mobil biasa.[/b]
Last edited by s4 on Sat Apr 08, 2006 5:27, edited 5 times in total.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

hehehe tercium aroma "KKN" yang sangat kental....

gw setuju dengan bro di atas gw,
menurut pendapat gw jelas aja hybrid lebih mahal dari konvensional..kenapa ? karena teknologi hybrid cuman berapa tahun ? baru belakangan ini toh ? bandingkan dengan mesin konvensional yang sudah mencapai hampir 100 tahun..(kira2 doang ga ada bukti mendukung sihh..yang penting dah lama bangettt) jadi jelas aja biayanya lebih mahal..contoh handphone waktu pertama keluar mahalnya bukan maen..batterynya tiap hari musti di charge dah gitu gedee lagi karena sering di charge life time batterynya jadi pendek menyebabkan penggantian battery jadi sering artinya costnya bertambah tapi sekarang batterynya sudah kecil seminggu baru di charge sekali sehingga life time jadi panjang penggantiannya juga panjang biayanya jadi lebih kecil...

lagian listrik adalah energi yang dapat diperbaharui sedangkan bensin adalah energi yang tidak dapat diperbaharui...coba banyangkan bila semua orang setuju dengan pendapat di atas trus semua orang rame2 beli HUMMER (bagi yang mampu) trus konsumsi minyaknya gede..minyak abis...mobil hybrid ga ada..
apa yang akan terjadi....

pendapat gw cuman satu Survey itu SANGAT MENYESATKAN...

walaupun dengan biaya yang tinggi tapi mobil hybrid harus di dukung sehingga penggunaan minyak bumi dapat di kurangi...

apalagi kalo battere hybridnya ntar dapat di isi dengan tenaga surya itu baru terobosan yang sangat hebat..sehingga penggunaan minyak bumi dapat dihentikan..

dan juga jangan lupa honda telah mengembangkan fcx yang katanya menggunakan Hydrogen + Water
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

AutomobileU.S.A.January 8, 2006
Honda to Begin Producing Next Generation FCX Hydrogen Fuel Cell Vehicle
Production Car Will Closely Resemble the FCX Concept Vehicle making its North American Debut at the North American International Auto Show

DETROIT, U.S.A., January 8, 2006 – Signaling a rapid advancement in its fuel cell vehicle technology, American Honda Motor Co., Inc., announced that it will begin production in Japan of its next generation FCX hydrogen powered fuel cell vehicle (FCV) in three to four years. The FCX Concept vehicle, unveiled just four months ago and now on display at the North American International Auto Show, boasts a fuel cell system that delivers more power in less space, in a unique, low-floor fuel cell platform. The premium fuel cell sedan offers the ultimate in clean-running performance, and represents Honda's vision of future mobility in which vehicles are less dependent on fossil fuels and produce no significant emissions. Honda's FCX Concept defines a new stage in the evolution of fuel cell vehicle technology. The FCX Concept is designed with a low center of gravity and a full-sized cabin, offering the kind of driving pleasure and roomy interior previously unimaginable in a fuel cell vehicle. The FCX Concept is designed with a short front end to make the most of its unique low-floor platform, creating a comfortably large cabin. A tapered cabin profile and accentuated fender flare create an attractively dynamic look. The FCX Concept is an FCX that delivers style and excitement.

Using an innovative approach, the new, high-efficiency, compact V Flow fuel cell platform makes possible the lowest-floor platform in an FCV ever. Oxygen and hydrogen flow from the top to the bottom of the fuel cell stack (vertical gas flow) and the fuel cells are arranged vertically in the center tunnel (vertebral layout) for new, high-efficiency fuel cell packaging (volume efficiency).

Compact enough to fit neatly into the center tunnel but robust enough to put out 100kW of power, Honda's V Flow fuel cell stack offers space efficiency and high-energy output. The key to fuel cell performance is water management; Honda's new system takes full advantage of gravity to efficiently discharge water formed during electricity generation. This improves performance in sub-zero temperatures, further solving the problem of cold-weather startup that has been a key obstacle to the commercialization of FCV's. Now, with the V Flow fuel cell stack Honda has achieved ultra-low-temperature start-up performance on par with that of a gasoline engine. The FCX Concept drive train features three energy-efficient motors- one 80kW in the front and a 25kW space-efficient motor in each rear wheel, leaving ample room for a spacious cabin.

One barrier to FCV commercialization has been the need for high-capacity yet lightweight and compact hydrogen storage. Honda has now developed a new approach to expanding storage capacity, a newly developed hydrogen absorption material in the tank doubles capacity to 5 kg of hydrogen at 5000 PSI, extending cruising range to 350 miles, equivalent to that of a gasoline-engine car.

Approaching the vehicle, the driver is recognized by vehicle sensors and intelligent cameras unlocking the doors. The driving unit also automatically sets the steering wheel, accelerator pedal, and instrument panel to the optimal position for the driver. The instrument panel tilts up and down 45 degrees in response to vehicle speed to give either a sense of security or a relaxed feel. A system installed in the instrument panel senses the driver's line of sight shifting toward menu icons, and operates switches accordingly, allowing the driver hands-free operation of audio, AC and other systems.

As part of its effort to ensure the viability of a hydrogen-based society, Honda is developing the Home Energy Station, a comprehensive system designed to meet residential energy needs by supplying electricity and heat in addition to hydrogen fuel for vehicles. Generating hydrogen from natural gas supplied for residential use, the Home Energy Station system also offers consumers the convenience of refueling hydrogen-powered fuel cell vehicles at home. The system is equipped with fuel cells that generate and supply electricity to the home, and is configured to recover the heat produced during power generation for domestic water heating. In addition to reducing carbon dioxide emissions by some 40 percent, the Home Energy Station system is expected to lower the total running cost of household electricity, gas and vehicle fuel by 50 percent.

Image
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Betul sekali, artikel di atas SANGAT MENYESATKAN. Yang berpikiran logis tentu akan segera menyadari keanehan artikel tersebut.

Oh ya, Honda FCX menggunakan bahan bakar Hidrogen yang direaksikan dengan Oksigen (H2 + O2) sehingga emisinya berupa H2O = AIR, air murni sekali karena fresh dari reaksi pembentukan H2O.

Bahkan ada orang yang pernah membuktikannya dengan meminum air murni yang keluar dari exhaust.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

wahh big bro Conan NICE INFO :e-clap:....jadi ntar ga usah beli air lagi dong..soalnya PAM di medan kacau nih airnya campur lumpur terpaksa untuk minum beli aqua dehh :(

wah mobil impian gw berubah jadi FCX ini aja dehhh..hahahahaha

big bro Conan minta info dong hidrogen itu diambil darimana ?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Mr. P4nd4,

Hidrogen disimpan pada fuel-cells, sedangkan oksigen diambil dari udara.

Reaksi H2 + O2 menghasilkan energi dan membentuk H2O (air murni). Energi dari reaksi ini digunakan untuk memberi tenaga listrik pada motor listrik (seperti yang sudah digunakan pada mobil hybrid seperti Prius). Karena residu yang dihasilkan hanya berupa H2O (tidak ada CO), maka tingkat emisinya nol.

H2O yang dihasilkan tidak banyak, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air Anda ;)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Gw baca di koran kemaren ini, rencananya Subaru akan beli mesin hybrid ke Toyota untuk produksi mobil hybridnya. Kemudian Ford juga rencana akan memakai mesin hybrid ciptaan Toyota.

GM juga lagi menciptakan mesin hybrid agar bisa bersaing dengan Toyota yg sudah lebih dulu menciptkan Hybrid Engine.

Well, artikel diatas benar2 menyesatkan. HUMMER yg konsumsi BBM-nya 1:3-5 mana bisa irit. Body berat lagi ... ckckck ... konyol sekali.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Kalo menurut saya JELAS saja, cost R&D Hummer jauuh lebih gede dari mobil hybrid....

Hummer H2 itu, selain memakai mesin konvensional, juga mesinnya BUKAN mesin baru, bahkan mobilnya sendiri juga dibangun bukan dari platform yang BENAR-BENAR baru...

Hummer H2 menggunakan mesin GM Vortec, V8 6000cc yg udah beberapa waktu sebelumnya ada di Chevrolet Suburban, bahkan juga berbagi parts dengan versi short chassis Suburban, Chevrolet Tahoe...

Memang biaya R&D lebih sedikit, tetapi secara keseluruhan dalam waktu lama akan besar juga kan?

Hybrid diciptakan bukan untuk meng"habis"kan energi, tetapi sebaliknya, berkorban banyak energi terlebih dahulu untuk beberapa waktu kemudian tercipta efisiensi energi...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

2008 next generation Toyota Prius : 40 Kilometer per Liter
Prius hits 113mpg

oyota is charging ahead in the race for domination of the hybrid car market, according to Auto Express spies.

The firm's next Prius will be so efficient it will be the first production car capable of returning more than 110mpg. The newcomer is being developed to try to improve European sales. While the car has been a success in the US, it has met a mixed reaction on this side of the Atlantic, due to the popularity of diesel models.

But now we've been told that engineers working on the new Prius have a fuel economy target of 40km/litre - a mind-boggling 113mpg.

"The whole electrical system has been redesigned to improve economy" said one Toyota engineer. "We are working on

ADVERTISEMENT

a prototype that runs solely on the electric motor in slow traffic, but switches to engine and motor drive when higher speeds are needed." The secret lies with the batteries. The current Prius uses nickel-hydride items, which currently offer the best balance between cost and performance.

But engineers are working on new lithium ion cells, which are lighter, smaller, generate more power and last longer. Subaru and Mitsubishi both plan to sell electric cars by 2010, but Toyota hopes to get its new model on the road as early as 2008.

And improved economy isn't the firm's only goal, as engineers are working on reducing the current car's 10.9-second 0-62mph time by more than a second.
Cat : 1 mile = about 1.6 Km; 1 average (UK+US)/2 Gallon = about 4 Liters.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

Conan wrote:]Mr. P4nd4,

Hidrogen disimpan pada fuel-cells, sedangkan oksigen diambil dari udara.

Reaksi H2 + O2 menghasilkan energi dan membentuk H2O (air murni). Energi dari reaksi ini digunakan untuk memberi tenaga listrik pada motor listrik (seperti yang sudah digunakan pada mobil hybrid seperti Prius). Karena residu yang dihasilkan hanya berupa H2O (tidak ada CO), maka tingkat emisinya nol.

H2O yang dihasilkan tidak banyak, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air Anda
walahh cuman dikit yahh...kirain satu hari jalan bisa 1-2 liter :P

THXXX buat infonya bro...

trus bro nanya lagi dong hydrogennya di ambil darimana ? apakah dari gas bumi atau dari udara ?
soalnya kalo FCX ini diproduksi maka hydrogen ini akan menjadi "menu" utama.

trus menurut bro Conan mesin hybrid Toyota ama mesin FCX ini mana lebih bagus bro ?

soalnya menurut gw kan mesin FCX ini lebih revolusioner karena tidak menggunakan bensin sama sekali sedangkan mesin hybrid toyota sekarang sebagian besar masih menggunakan bensin toh ?
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Soal fuel-cell seperti Honda FCX sebenarnya bukan cuma mainan Honda saja, Daimler-Chrysler lewat anak perusahaan Mercedes-Benz, sudah beberapa kali meriset fuel cell, mulai dari A-Class Fuel Cell yang pernah dipamerkan juga di Gaikindo Auto Expo, sampai dengan hydrogen bus.

Menurut saya, memang lebih bagus fuel cell dibanding hybrid, tetapi biaya pengembangan lebih mahal, sehingga saat ini masih lebih banyak hybrid yang diproduksi. Toyota dan Honda adalah pioneer di produksi mobil hybrid.

Saat ini, selain Jepang, Citroen dan Peugeot juga mengembangkan hybrid, namun Amerika ketinggalan dalam hal ini. Berbeda dengan Jepang, Kebanyakan produsen Eropa mengembangkan hybrid yang memadukan mesi diesel dengan listrik, karena diesel lebih populer di Eropa.

Berbeda dengan Honda dan Toyota, Mitsubishi saat ini cenderung fokus ke riset mesin listrik, seperti pada Colt EV dan Lancer EV. Produsen Eropa pada dekade 1990an pun sebelumnya juga meriset mobil elektrik, seperti Renault Clio Electrique, Fiat Punto versi elektrik, dll.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

trus bro nanya lagi dong hydrogennya di ambil darimana ? apakah dari gas bumi atau dari udara ?
Hidrogen (H2) bisa diambil dari mana2. Banyak sekali di dunia ini yang mengandung Hidrogen. Salah satunya yang populer adalah dari bunga matahari (Sunflower).

Beberapa waktu lalu pun telah ditemukan cara mendapatkan Hidrogen dari glycerol hasil sampingan dari pengolahan biodiesel dari minyak nabati.
p4nd4 wrote:trus menurut bro Conan mesin hybrid Toyota ama mesin FCX ini mana lebih bagus bro ?
soalnya menurut gw kan mesin FCX ini lebih revolusioner karena tidak menggunakan bensin sama sekali sedangkan mesin hybrid toyota sekarang sebagian besar masih menggunakan bensin toh ?
Wah, Mr. P4nd4, Anda salah kaprah terhadap 'mesin hybrid'.

Yang Anda sebut 'mesin hybrid Toyota' dan 'mesin FCX' itu, tidak exist. Jadi tidak bisa dibandingkan. Seperti 'bulan sabit', tidak exist karena bulan berbentuk bulat seperti bumi dan bukan berbentuk sabit.

Keduanya sama2 menggunakan motor listrik yang jenisnya sama.

Bedanya, pada mobil hybrid seperti Prius, disebut 'hybrid' karena masih menggendong mesin bensin, karena teknologi fuel-cell belum bisa diproduksi secara massal/komersil.

Battery pada Prius (NiMH untuk Prius sekarang, dan Li-Ion untuk Prius masa depan) digunakan untuk menyimpan energi listrik dari regenartive braking, untuk menggerakkan motor listrik.

Sedangkan pada FCX, energi listrik untuk menggerakkan motor listrik (sama dengan sistem hybrid) dihasilkan dari reaksi pembentukan H2O dari H2 + O2. Fuel-cell digunakan sebagai tempat reaksi hidrogen + oksigen, menggantikan mesin internal combustion. Mobil fuel-cell tetap membutuhkan battery Li-Ion untuk menyimpan energi listrik.

Fuel cell masih membutuhkan waktu beberapa dekade untuk bisa diproduksi secara massal dan murah, dan sampai hari ini pun ongkos produksi untuk menghasilkan hidrogen masih lebih mahal daripada harga jual hidrogen itu sendiri.

Sedangkan Lithium-Ion, semakin lama harganya semakin murah, bentuknya semakin kecil/compact dan bisa menyimpan energi semakin besar. Buktinya, silakan lihat perkembangan teknologi battery pada handphone atau laptop Anda. Semakin tipis/kecil, semakin tahan lama dan semakin murah, kan?

Jadi, kalaupun fuel-cell tidak menjadi ekonomis, dapat tercipta mobil 100% listrik dengan battery Li-Ion yang dapat di-charge di rumah (plug-in). Sedangkan di jalan akan di-charge melalui regenerative braking dan solar panels setipis stiker yang ditempelkan pada atap mobil.

Fuel-cell juga bukan jalan satu2nya untuk menggunakan Hidrogen.

Toyota, Honda, GM dan pabrikan lain, memilih menggunakan hidrogen dengan cara disimpan pada fuel-cell, lalu direaksikan dengan Oksigen untuk membentuk H2O dan energi listrik yang dihasilkan digunakan untuk memutar motor listrik seperti pada Prius dan FCX yang prinsip kerjanya persis sama.

Sedangkan BMW memilih menggunakan Hidrogen cair dengan menyimpannya di tangki dan membakarnya di ruang bakar mesin biasa seperti pada mobil biasa. Keunggulannya? Teknologi ini bisa tiba jauh lebih cepat daripada fuel-cell, dan jauh lebih murah. Bahkan generasi seri-7 berikut (2008) sudah akan ada versi Hidrogen.

Keunggulan kedua, sistem ini bisa dijalankan dengan bensin juga karena memiliki dua tangki (satu untuk Hidrogen, satu untuk bensin). Jika tidak bisa menemukan stasiun pengisian Hidrogen, kita bisa mengisi bensin biasa dan hanya perlu menekan sebuah tombol untuk memindahkan sumber energi mesin dari tangki hidrogen ke tangki bensin, dan sebaliknya. Jadi bisa disebut mesin dengan 'hybrid fuel', seperti mesin Saab yang bisa menggunakan bensin atau bio-ethanol.
Dengan begitu, mobil hidrogen-powered seperti ini bisa langsung dipasarkan, bahkan di Indonesia kalau mereka mau. Bandingkan dengan mobil fuel-cell powered yang membutuhkan jaringan pengisian hidrogen sebanyak jaringan SPBU sekarang (mobil fuel-cell tentu tidak bisa dibawa ke pedalaman Jawa, apalagi Sumatra dll).

Keunggulan ketiga : raungan mesin mobil sama saja seperti suara mesin BMW sekarang. Mesin piston yang meraung/melengking pada RPM tinggi seperti suara mobil Formula 1. Banyak juga orang yang tidak suka Prius/Lexus 400h karena pada electric-only-mode, tidak ada suara mesin, hanya ada dengungan halus dari motor listrik. Para engineers Porsche konon sedang memikirkan cara bagaimana caranya supaya Cayenne Hybrid nanti (yang akan segera diluncurkan), tetap bersuara 'seperti layaknya sebuah Porsche' ketika sedang berjalan pada kecepatan rendah, dimana mesin bensinnya mati dan tidak digunakan. Mungkin dengan memasang sound system untuk me-replikasi suara knalpot..!

Kelemahannya : tingkat emisi tidak nol seperti pada system fuel-cell.

Menurutku, solusi segera untuk mobil masa depan adalah hybrid motor listrik dengan Li-Ion battery (Toyota menargetkan akan menjual versi hybrid dari semua modelnya pada tahun 2010), dan BMW dengan Hidrogen-powered, but with conventional internal combustion, piston engine.

Untuk masa depan yang lebih jauh lagi, belum tentu fuel-cell bisa mencapai harga ekonomis. Kalau tidak bisa, masih bisa dibuat mobil listrik Li-Ion. Either way, mobil akan digerakkan oleh motor listrik yang memutar roda.

Tapi bagi penyuka suara mesin mobil, mobil listrik tentu terasa hambar. Solusinya? Ada alternatif, mobil berbahan 'bakar' hidrogen dari BMW...

:)
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

tunggu dulu, coba teman2 baca artikelnya sekali lagi....disitu ditulis energi yg dihabiskan/digunakan.....bukan jumlah biaya/cost yg dikeluarkan.........koq jadi ngomongin cost semua? kayanya ga nyambung dech.....
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

ween wrote:tunggu dulu, coba teman2 baca artikelnya sekali lagi....disitu ditulis energi yg dihabiskan/digunakan.....bukan jumlah biaya/cost yg dikeluarkan.........koq jadi ngomongin cost semua? kayanya ga nyambung dech.....
Mr. Ween kayaknya u yg baca musti baca lebih teliti deh :wink: . yg dimaksud artikel diatas emang energi tapi energi yg diartikan (dikonversikan) dalam bentuk biaya/cost yg dikeluarkan. Bukan energi dalam bentuk abstrak spt pikiran dll yg gak bisa diukur. Toh udah jelas ditulis dollar perlife-time mile , yg mana kalau diartikan berarti cost perlife-time mile
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Yak tul. Bagaimana pun juga hasil riset seseorang tetap harus dihargai. Saat ini cost mobil hybrid tetap harus diakui mahal. Namun perlu diperhatikan bahwa mobil ini masih dapat dikembangkan trus. Dengan basic teknologi mesin baru, berarti prospek pengembangannya jauh lebih luas dibandingan teknologi mesin konvensional. Dengan begitu kedepannya cost bisa ditekan.

8)
Accurate V5 Accounting System Consultant
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Herry wrote:
ween wrote:tunggu dulu, coba teman2 baca artikelnya sekali lagi....disitu ditulis energi yg dihabiskan/digunakan.....bukan jumlah biaya/cost yg dikeluarkan.........koq jadi ngomongin cost semua? kayanya ga nyambung dech.....
Mr. Ween kayaknya u yg baca musti baca lebih teliti deh :wink: . yg dimaksud artikel diatas emang energi tapi energi yg diartikan (dikonversikan) dalam bentuk biaya/cost yg dikeluarkan. Bukan energi dalam bentuk abstrak spt pikiran dll yg gak bisa diukur. Toh udah jelas ditulis dollar perlife-time mile , yg mana kalau diartikan berarti cost perlife-time mile
Kalo dibilang energi gak bisa diukur, gak juga, ada satuan Joule, KiloJoule (kJ, 1kJ=1000Joule), dan Calorie, juga Kcal, kilo calorie (1Kcal=1000calorie)

Tapi energi tadi dikonversi ke mata uang, seperti yg situ bilang....biar gampang dimengerti
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

wahhh info dari PAK CONAN lengkap benar nih....

pengetahuan Pak Conan mengenai mobil dan segala atributnya mungkin merupakan salah satu yang tertinggi di SM ini so guys please deh pertahankan Pak Conan.
apa jadinya SM ini kalau Pak Conan keluar dan ketika ada yang bertanya..tapi tidak ada yang bisa menjawab ?

seperti pertanyaan gw di atas...Mesin FCX dengan Hybrid ..yang ternyata cara kerjanya sama....hanya Pak Conan yang menjawab..

jadi kalo Pak Conan keluar..SM ini mungkin akan bener-bener sepi :(
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo mau paling ramah lingkungan ya naik sepeda pancal
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

nambah in

Pegang hybrid buntung?


(11/04/2006) - Mengoperasikan mobil hybrid memang ramah untuk lingkungan karena irit bahan bakar. Karena irit, biaya bahan bakar bisa di tekan sebagai kompensasi harga mobil hybrid yang lebih mahal. Apakah membeli mobil hybrid adalah investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang?

Consumer Reports edisi April menampilkan evaluasi pengeluaran biaya mobil hybrid dibandingkan versi reguler dalam rentang waktu lima tahun dan 75,000 mil. Hasilnya, ternyata tidak selamanya hybrid itu lebih murah. Dari enam mobil hybrid yang diteliti, hanya dua model yang menguntungkan untuk 'dipelihara' selama lima tahun yaitu Toyota Prius dan Civic Hybrid. Lainnya berkisar antara impas (sama persih dengan versi reguler) hingga lebih mahal $5,500.

"Kami bukannya ingin mengatakan; jangan beli hybrid, kami hanya ingin tahu berapa biayanya," papar Consumer Reports senior editor Jeff Blyskal, penulis laporan itu.

Kenapa begitu? Customer Report merincinya sbb:

Harga beli lebih mahal. Ini faktor paling signifikan dan mempengaruhi seluruh perhitungan biaya. Karena harga lebih tinggi, bayar pajak lebih mahal dan bunga kredit lebih tinggi.

Di USA, harga Honda Civic Hybrid lebih mahal $4,000 dibandingkan Civic biasa. Toyota Highlander Hybrid lebih mahal $7,200 dan karena kuantitas-nya terbatas, dealer nyaris tidak memiliki ruang untuk memberi diskon.

Melebih-lebihkan daya jelajah per gallon bahan bakar: bukan cerita baru bila angka-angka konsumsi bahan bakar versi EPA (Environmental Protection Agency) tidak realistis (Karena standar pengujian EPA mengijinkan pembuat mobil untuk melakukan pengujian dengan cara sedemikian rupa hingga bisa di dapat angka efisiensi maksimum. Sebenarnya ini bukan tipu-tipu karena sesuai prosedur. Karena itulah EPA kini menyiapkan standar baru yang lebih realistis).

Contohnya, Toyota Prius di iklankan bisa menempuh 55 mil per gallon, padahal dengan metode real-world testing versi Consumer Report hasilnya hanya 44 mil per gallon. Honda Accord bahkan hanya lebih hemat 2 mpg dibandingkan versi reguler yang 23 mpgh. Sementara selisih harganya bisa mencapai $5,700. Jadi konsumen harus membayar lebih mahal untuk bensin dari yang diduga semula.

Tax credits. Ini semcam insentif Pemerintah USA yang bertujuan mendorong konsumem memilih mobil ini. Tapi nilainya sangat bervariasi, tergantung besarnya efisiensi. Contohnya Prius -hybrid paling efisien- mendapat insentif hingga $3,150 sementara Accord Hybrid hanya $650. Dan fasilitas ini dihapus bila produsen mobil telah memproduksi lebih dari 60,000 unit hybrid. Dengan semakin populernya hybrid, kesempatan mendapat potongan ini semakin sempit. Kelak, ini hanya cerita lama.

Depresiasi. Susutnya nilai mobil seiring waktu, dan hybrid lebih cepat jatuh. Prius dan Lexus RX400h harga $2,500 lebih murah daripada koleganya yang bermesin bensin setelah lima tahun.

Biaya lain-lain. Hybrid membutuhkan biaya asuransi dan perawatan lebih, meskipun nilainya kecil.

Poin yang ingin disampaikan Consumer Report dari penelitianya di USA adalah, anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mengendarai mobil hybrid, kecuali Prius atau Civic Hybrid.

Dalam perhitungannya Consumer Report menggunakan harga bensin di California, yang paling mahal di USA dan memprediksi harga bensin akan terus naik dalam lima tahun kedepan. Satu hal yang tidak dihitung oleh Consumer Report adalah reliability. Dalam usia teknologinya yang muda, hybrid bisa dikatakan cukup reliable. Tentu saja semakin reliable, makin jarang mobil itu masuk bengkel.

Jadi kalau anda ingin beli mobil hybrid sekarang, kata Consumer Report, anda harus punya alasan yang tepat, dan itu bukan untuk menghemat pengeluaran.

Bagaimana di Indonesia? Ya belum tahu, karena belum ada penelitian semacam itu di sini. Saat ini baru Honda yang secara resmi menawarkan mobil hybrid yaitu Civic Hybrd. Di grey market, Toyota Prius lebih dulu di jajakan. Pemerintah sendiri belum mengeluarkan regulasi apapun mengenai mobil jenis ini. Bahkan insentif pajak untuk merangsang konsumen membeli hybrid juga belum jelas. Yang jelas, bila anda membeli mobil hybrid berarti anda memberi kesempatan orang lain untuk hidup lebih sehat karena emisi mobil anda lebih aman untuk orang lain. Bukankan itu kebajikan?
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

inilah hidup PRO dan KONTRA selalu menyertai dimana-mana.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ya namanya hidup pak ada hitam ada putih nya,lalu ada juga abu2 nya,kalo gitu ngak rame dong uhauhuhauhauha