Tanya dong : Repair & Modifikasi Eksterior Binter Merzy

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
R54N
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 16, 2006 0:42
Location: Jakarta Timur

Tanya dong : Repair & Modifikasi Eksterior Binter Merzy

Post by R54N »

Gue baru aja beli Binter Mezry '83 CDI, 200 cc 2 valve SOHC. Sekarang gue lagi restore mesin. Kalo udah kelar, selanjutnya gue pengen restore kondisi eskterior ke bentuk originalnya tapi tentu dengan modifikasi minor supaya lebih rapih dan kekar.

Gue pengen neh kumentar dari ente ente yang pengetahuannya luas yang gak terfokus pada satu jenis motor saja.

1. Stang motor yang dipake sekarang, masih orisinal, model jadul yang masih tinggi he he he, sampe bisa mamer bulu ketek deh. Kalo mau cari stang dan handle grip yang sedang sedang aja ketinggiannya, supaya kalo dipake jalan jauh kita gak gampang banget cari param kocok buat ngobatin pegal pegal, enaknya pake stang motor apa ya sekarang? Keknya dulu pernah ada yang bilang di forum ini kalo mo ganti bisa pake stang dan Grip Yamaha Scorpio Z itu udah pas banget. Kalo ganti pake Kawasaki Ninja ato Honda Tiger terlalu rendah, bikin badan terlalu nunduk. Terus tuh kalo emang stang Yamaha Scorpio Z dirasa yang paling pas, berapa duit sih stang berikut handle gripnya yang orisinal? Di Kebunjeruk III ada gak ya?

2. Selanjutnya gue mo ganti velg standard dengan yang racing palang 5. Lagi naksir OEM velg racingnya Suzuki Thunder neh. Velg standard yang gue pake, depan 18" belakang 17", ban standard juga, gue gak tahu ukurannya berapa tuh, yang gue tahu cuma diameter jari jari velgnya aja he he he. Ada yang tahu gak ukuran standard velg racing suzuki thunder 250cc? kira kira pas gak ya penampakannya kalo dipake di motor tuwir ogut? Ada yang bisa kasih pendapat gak? sebaiknya motor gue tuh bagusnya pake velg dan ukuran berapa ya supaya bisa sekekar mungkin tapi larinya tetap kenceng?

3. Selanjutnya gue mo repair + cat tanki + modifikasi minor di tanki, cover accu dan bikin hornet. Ada yang bisa kasih referensi bengkel motor yang melayani? Gue udah kontak aming di laksa motor, tapi kok kayaknya mahal bgt. Masak ngecat doang tanki motor Honda Tiger aja minta 500K. Gimana kalo ngecat lebih banyak dan ngerepair karat disana sini?

Thanx atas pencerahannya ya Guys
User avatar
R54N
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 16, 2006 0:42
Location: Jakarta Timur

Post by R54N »

Wah gimana neh Bung Momod? Anak buah ente kok gak ada yang bisa kasih pencerahan? Emang beda ye biker ama driver. kalo jadi biker mah gampang banget mo dapetin design modfikiasi minor dan elegan. Kalo biker mah, boro boro design dan photo, tulisan aja terbatas banget, kalopun ada itupun sumbernya dari tabloid lokal he he he he. Payah deh
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

aduh, cup cup cup..jangan nangis dong sayang....gw coba bantu ya, meski gw gak tau banyak soal merzy...

1. dah coba stang GL pro? itu middle menurut gw, gak terlalu tinggi n rendah.

2. gw gak tau.

3. mo murah?
- ketok magic tangki yg penyok, harga paling 35 rebu di taman sari
- sekedar cat tangki, semprot aja sendiri pake cat kaleng, beli di ace hardware merk krylon, harga per kaleng 65 rebongan, dijamin lebih awet ketimbang pilox. tinggal pake pernis 3 lapis biar awet.
kalo mo murah jgn ke bengkel modif terkenal bro, lagian servis mereka jg lama krn kebanyakan order n rata2 agak sombong sama biker kacangan...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
R54N
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 16, 2006 0:42
Location: Jakarta Timur

Post by R54N »

nichol wrote:aduh, cup cup cup..jangan nangis dong sayang....gw coba bantu ya, meski gw gak tau banyak soal merzy...

1. dah coba stang GL pro? itu middle menurut gw, gak terlalu tinggi n rendah.

2. gw gak tau.

3. mo murah?
- ketok magic tangki yg penyok, harga paling 35 rebu di taman sari
- sekedar cat tangki, semprot aja sendiri pake cat kaleng, beli di ace hardware merk krylon, harga per kaleng 65 rebongan, dijamin lebih awet ketimbang pilox. tinggal pake pernis 3 lapis biar awet.
kalo mo murah jgn ke bengkel modif terkenal bro, lagian servis mereka jg lama krn kebanyakan order n rata2 agak sombong sama biker kacangan...
Thanx atas responsnya bro. Kemaren dah gue beli tuh stang stirnya tigi yang lama di kebon jeruk 3, karena setelah gue perhatikan stang stirnya scorpio Z yang standard kayaknya masih ketinggian. Bro gue perhatikan juga kayaknya Honda GL max yang lampu kotak middle juga tuh, emang sama ukurannya dengan yang punya Gl Pro?. Gimana pendapatnya Bro?

Soal cat mengecat, di taman sari tuh dimana ya? terima ngecat juga gak? Thanx atas infonya ya?
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

kalo ngecat sih baiknya sendiri aja juga gpp
siapkan kompresor, catnya, dsb2nya juga deh
yang jelas setelah di cat baiknya di beri pernis

binter merzy kan motor tua mungkin anak2 sini pada jarang yg punya
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

kayaknya sama deh gl max dgn pro, tampangnya aja sama. Menurut gw sih cukup tinggi stand gl, tapi gak terlalu tinggi. Mungkin kalo masih dirasa ketinggian, coba mega pro juga boleh. Kalo mega pro rasanya sedikit lebih rendah drpd gl pro/max, tapi lebih tinggi dikit dr ninja. Kalo ngecat, memang bisa lebih murah kalo cat sendiri, tp pake apa? kalo pake pilox takut gak ngangkat catnya. Belom lagi apakah bro ada pengalaman mengecat? kalo tangan gak lentur n gak terlatih, bisa geradakan tuh cat, minimal pada belepetan kayak s krim cone abis dijilat..Apalagi pake kompresor? beli kompresor sih gak mahal, palingan 60 rebu dapet di carefour, belum pena nya? setau gw sih pena nya paling murah 200 rebu. Maybe ada yg lebih murah gw gak tau. Kalo memang suka ngecat2 n ganti2 kelir di kemudian hari, beli aja kompresor, itung2 investasi n belajar. Kalo dah jago, bisa ganti2 warna seenaknya, pake cat2 mahal dsb.

Tp kalo blom ada pengalaman n gak suka gonta-ganti warna, cet aja di taman sari Jakarta barat daerah mangga besar, banyak tukang cat duco mobil yg terima ongkos ngecat mulai harga 200-300 rebong sebody. (diluar cat n pernis)...pernis pake merek sikken yg bagus, ato merek cobra yg lebih murahan harganya...

maklum kalo banyak yg gak bisa jawab replynya bro, krn mungkin penghuni sini anak2 muda yg gak tau motor thn 83, maybe masih pada ng-empeng waktu tuh mercy dibeli, hehe..termasuk gw masih imut2 kala itu...
Just Call Me Nichol !!!