SuperHatch Civic Type-R*
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
- Location: surabaya
SuperHatch Civic Type-R*
Setiap kali Honda meluncurkan generasi baru Civic, maka sebagian pecinta fanatiknya langsung kusak-kusuk berburu informasi seperti apakah Civic Type R-nya. Demikian pula yang terjadi di generasi Civic terbaru kali ini.
Karena itulah, Honda merancang 'superhatch' yang mengalirkan peforma menggigit dari mesin berkapasitas sama seperti pendahulunya, 2.0liter dengan produksi daya maksimal 200hp. Sosok body agresif, rendah dan lebar akan tampil perdana di Geneva Motor Show, sebelum dipasarkan mulai awal 2007 dengan harga sekitar £18,000. Civic Type R dibuat di Inggris.
Civic Type R tidak menggunakan turbo, seluruhnya normally-aspirated yang menyemburkan daya dengan halus tanpa sendatan disemua putaran mesin. Ini membuat power mengalir melewati sasis dengan lebih baik yang akhirnya memperbaiki traksi dan akselerasi.
Sasis yang lebih kaku (torsional rigidity lebih baik) meningkatkan handling mobil dalam hal keseimbangan. Ini menempatkan peran pengemudi lebih menentukan, tidak lagi didominasi alat bantu elektronik seperti mobil-mobil modern lain.
Type R mengharamkan sistem pembantu pengemudi seperti kontrol traksi, kontrol stabilitas atau sistem penggerak empat roda karena memisahkan pengemudi dengan sensasi pengalaman berkendara dinamis sejati R-Type justru dibangun dengan teknologi cerdas dan relatif sederhana, daripada menjejalinya dengan sekeranjang gadget elektronik.
Filosofi Type R
Nama Type-R sebenarnya di pinjam pakai dari idiom milik Honda Motorcycles, dimana huruf R yang ditambahkan ke belakang nama sepeda motornya, mengindikasikan sebagai varian peforma. Contoh, CB-R adalah varian sport dari Honda CB standar.
Leluhur Type-R adalah Honda NSX-R, versi ringan dan sudah dilucuti fitur-fitur sekundernya yang berbasis supercar NSX (NSX-R diluncurkan 1992 dengan bobot minus 120kg dari NSX standar). Ini adalah respon Honda dari klaim bahwa NSX tidak memiliki cukup tenaga untuk bersaing dengan rival-rivalnya dari Porsche atau Ferrari.
Yang hendak dibuktikan NSX-R adalah pentingnya power to weight ratio. NSX-R menjadi panduan Honda untuk membangun mobil-mobil berkemampuan tinggi dan setiap generasi Type R dibuat dengan merujuk pada prinsip-prinsip itu bersumber pada NSX-R. Prinsip-prinsip itu dikenal sebagai filosofi Type R.
Filosofi R-Type bukan membuat mobil dengan power paling besar, atau mobil paling kencang di dunia. Tapi bagaimana menciptakan mobil yang baik secara teknis (well-engineered) yang bisa melahirkan sensasi pengalaman berkendara luarbiasa. Untuk itu setiap Type R harus memilik karakter sbb:
Racing: Pengemudi bisa mendapat pengalaman menggetarkan seperti yang dirasakan pembalap di kokpit mobil balapnya.
Involvement; pengemudi harus bisa merasakan feedback suara, respon kemudi, dan hadling serta terlibat aktif didalamnya. Pengemudi harus merasakan sebagai bagian dari mesin itu. Merasakan dan menikmati kendali energi yang dibangkitkan mesin.
Not just speed; Melaju kencang adalah bagian dari pengalaman dengan Type R, tapi itu bukan segala-galanya. Type R harus memiliki kualitas diatas rata-rata dalam soal perpindahan gear, pengereman, kemudi dan handling.
Pure; Pengemudi tidak boleh diganggu dengan sistem pembantu pengemudi atau apapun yang mengurangi keterlibatan pengemudi. Benar-benar murni antara pengemudi dan mobilnya.
Striped-out; Type R tidak dilengkapi dengan pernik mewah seperti navigasi satelit, hands-free telephone, atau pelapis kulit. Type-R harus terlihat dan terasa seperti mobil balap.
Karena itulah, Honda merancang 'superhatch' yang mengalirkan peforma menggigit dari mesin berkapasitas sama seperti pendahulunya, 2.0liter dengan produksi daya maksimal 200hp. Sosok body agresif, rendah dan lebar akan tampil perdana di Geneva Motor Show, sebelum dipasarkan mulai awal 2007 dengan harga sekitar £18,000. Civic Type R dibuat di Inggris.
Civic Type R tidak menggunakan turbo, seluruhnya normally-aspirated yang menyemburkan daya dengan halus tanpa sendatan disemua putaran mesin. Ini membuat power mengalir melewati sasis dengan lebih baik yang akhirnya memperbaiki traksi dan akselerasi.
Sasis yang lebih kaku (torsional rigidity lebih baik) meningkatkan handling mobil dalam hal keseimbangan. Ini menempatkan peran pengemudi lebih menentukan, tidak lagi didominasi alat bantu elektronik seperti mobil-mobil modern lain.
Type R mengharamkan sistem pembantu pengemudi seperti kontrol traksi, kontrol stabilitas atau sistem penggerak empat roda karena memisahkan pengemudi dengan sensasi pengalaman berkendara dinamis sejati R-Type justru dibangun dengan teknologi cerdas dan relatif sederhana, daripada menjejalinya dengan sekeranjang gadget elektronik.
Filosofi Type R
Nama Type-R sebenarnya di pinjam pakai dari idiom milik Honda Motorcycles, dimana huruf R yang ditambahkan ke belakang nama sepeda motornya, mengindikasikan sebagai varian peforma. Contoh, CB-R adalah varian sport dari Honda CB standar.
Leluhur Type-R adalah Honda NSX-R, versi ringan dan sudah dilucuti fitur-fitur sekundernya yang berbasis supercar NSX (NSX-R diluncurkan 1992 dengan bobot minus 120kg dari NSX standar). Ini adalah respon Honda dari klaim bahwa NSX tidak memiliki cukup tenaga untuk bersaing dengan rival-rivalnya dari Porsche atau Ferrari.
Yang hendak dibuktikan NSX-R adalah pentingnya power to weight ratio. NSX-R menjadi panduan Honda untuk membangun mobil-mobil berkemampuan tinggi dan setiap generasi Type R dibuat dengan merujuk pada prinsip-prinsip itu bersumber pada NSX-R. Prinsip-prinsip itu dikenal sebagai filosofi Type R.
Filosofi R-Type bukan membuat mobil dengan power paling besar, atau mobil paling kencang di dunia. Tapi bagaimana menciptakan mobil yang baik secara teknis (well-engineered) yang bisa melahirkan sensasi pengalaman berkendara luarbiasa. Untuk itu setiap Type R harus memilik karakter sbb:
Racing: Pengemudi bisa mendapat pengalaman menggetarkan seperti yang dirasakan pembalap di kokpit mobil balapnya.
Involvement; pengemudi harus bisa merasakan feedback suara, respon kemudi, dan hadling serta terlibat aktif didalamnya. Pengemudi harus merasakan sebagai bagian dari mesin itu. Merasakan dan menikmati kendali energi yang dibangkitkan mesin.
Not just speed; Melaju kencang adalah bagian dari pengalaman dengan Type R, tapi itu bukan segala-galanya. Type R harus memiliki kualitas diatas rata-rata dalam soal perpindahan gear, pengereman, kemudi dan handling.
Pure; Pengemudi tidak boleh diganggu dengan sistem pembantu pengemudi atau apapun yang mengurangi keterlibatan pengemudi. Benar-benar murni antara pengemudi dan mobilnya.
Striped-out; Type R tidak dilengkapi dengan pernik mewah seperti navigasi satelit, hands-free telephone, atau pelapis kulit. Type-R harus terlihat dan terasa seperti mobil balap.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
all people in seraya is very clever n so polite. 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Tue Feb 21, 2006 1:09
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Kalau tidak hidden ya berarti ada handlenya dipasang di tempat biasa, dong.piterr wrote:sebenarnya handel pintu belakang nya gak terlalu hiden koq.... tuh kelihatan di segitiga pintu hitam... hehehe kamuflase handel hehehe
Dan kalau mau yang 'benar2 hidden' ya tidak ada handle-nya sama sekali alias tidak bisa dibuka, dong.
Jangan samakan dengan shaved door handles karena pabrikan tidak mungkin memasang seperti itu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
ooo gitu ya? kirain yang hidden itu semacam handle bagasinya escudo/ vitara tahun 90 an gitu.... nebeng di lampu plat nomer gituuu.... atau seperti honda jazz belakangnya juga hidden, trus suzuki swift lebih hidden lagi tuh... cuma pencet tombol doank, kagak ada hendle nya..... that's waht i call hidden hehehe kalo semacam civic 2 pintu gini sih mirip ama fiat uno turbo ama nissan terano hehehe
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Thu May 01, 2008 3:34
Re: SuperHatch Civic Type-R*
harganya di IU brapa nih gan ?
boleh juga kayaknya
boleh juga kayaknya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: SuperHatch Civic Type-R*
Yg 200 HP itu versi Eropa, bos. Segitu cuma jadi rivalnya Golf GTi ama Volvo C30 T5 deh.
Yg Jepang dan Malaysia baru 225 HP, nah itu baru saingan Impreza WRX.
Kalau mau saingan ama Impreza WRX STI dan Mitsubishi Evo X, bisa lari ke yang Honda Civic Mugen RR.
Hihihi 260 HP with FWD?? Hhihihi
Yg Jepang dan Malaysia baru 225 HP, nah itu baru saingan Impreza WRX.
Kalau mau saingan ama Impreza WRX STI dan Mitsubishi Evo X, bisa lari ke yang Honda Civic Mugen RR.
Hihihi 260 HP with FWD?? Hhihihi
Ready to Race
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Tue Aug 14, 2007 2:09
Re: SuperHatch Civic Type-R*
mantap abis...love the color 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: SuperHatch Civic Type-R*
Civic hatchback Type R yg dipasarkan di Eropa ini kan sudah lumayan lama dan tidak sehebat versi sebelumnya. Dari segi handling dan performa jg kalah dengan versi sebelumnya. Fun 2 drive jg kurang. Spoiler di belakang mengahalangi kaca belakang. Nih hatchback menurut gw kurang sukses. Lebih baik cari yg versi sebelumnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: SuperHatch Civic Type-R*
Liat review2 comparison nya dari macem2 media sana deh, sering peringkat pertama.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: SuperHatch Civic Type-R*
ada yg lebih parah kok pak, tapi bisa tuh dan resmi diproduksiasudarsono wrote:Yg 200 HP itu versi Eropa, bos. Segitu cuma jadi rivalnya Golf GTi ama Volvo C30 T5 deh.
Yg Jepang dan Malaysia baru 225 HP, nah itu baru saingan Impreza WRX.
Kalau mau saingan ama Impreza WRX STI dan Mitsubishi Evo X, bisa lari ke yang Honda Civic Mugen RR.
Hihihi 260 HP with FWD?? Hhihihi
Ford Focus RS Mk2, power ouputnya kalo gasalah 300 HP, torsi 440an NM, mesin depan dan ajaibnya...100% FWD, semua tenaga diantar ke roda depan
nampaknya engineer Ford sudah menemukan caranya gimana mentransfer tenaga sebesar itu ke roda depan, mereka kasih nama sistem "RevoKnuckle"
sayangngya...yg ga bisa/blom bisa diantisipasi, ya itu....butuh driver hebat dan punya langganan toko ban yg kasi diskon besar buat gonta-ganti ban depan

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: SuperHatch Civic Type-R*
rasanya kesan sportnya ilang gara2 pake model hatchback gitu
IMHO loh..
IMHO loh..

vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................