Rem cakram belakang shogun SP berdenyit!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
- Location: cileungsi - bogor
Rem cakram belakang shogun SP berdenyit!
kira2 kenapa ye??
apa ada tikusnya kali??
kalo di rem pasti bunyi nyit..nyit..!, padahal dah gw kutak-katik tuh sesuai saran di M+ tp msh aja bunyi!
apa kampasnya ye? kan masih baru, blm ada 4 bln masa minta d ganti sih,
pengguna SP yg laen gimana tuh sama ga kaya ane?
apa ada tikusnya kali??
kalo di rem pasti bunyi nyit..nyit..!, padahal dah gw kutak-katik tuh sesuai saran di M+ tp msh aja bunyi!
apa kampasnya ye? kan masih baru, blm ada 4 bln masa minta d ganti sih,
pengguna SP yg laen gimana tuh sama ga kaya ane?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: Rem cakram belakang shogun SP berdenyit!
kampasnya aja yg baru atau motornya?Beel wrote: apa kampasnya ye? kan masih baru, blm ada 4 bln masa minta d ganti sih,
pengguna SP yg laen gimana tuh sama ga kaya ane?
soalnya kampas juga bisa aja dapet yg palsu, jadi banyak serbuk metalnya. Bayangin aja metal ketemu metal , pasti jadi headbang

Pernah diceritain, AHASS pernah dapet barang palsu, mereka sendiri bingung membedakannya, sampai baru terbukti dng bunyi2 menyebalkan itu.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
- Location: Depok City
Eh, cakram belakang Shogun SP itu tipis, jadi gampang melengkung (kna gembok, bisa juga bawaan dari pabriknya) nah, melengkungnya cakram juga bisa bikin bunyi-bunyian.
Sama kaya Satria F150, punya gw aja bawaan dari pabriknya udah melengkung (ga lurus).
Atau mungkin juga ada kotoran kaya pasir dll yg bikin gesekan antara pad dan cakramnya, udah coba dibersihin tiap cuci? kalo gw biasanya tuh bunyi ilang abis dibersihin, tapi kalo kena becek2an lagi, ya bunyi lagi..
Sama kaya Satria F150, punya gw aja bawaan dari pabriknya udah melengkung (ga lurus).
Atau mungkin juga ada kotoran kaya pasir dll yg bikin gesekan antara pad dan cakramnya, udah coba dibersihin tiap cuci? kalo gw biasanya tuh bunyi ilang abis dibersihin, tapi kalo kena becek2an lagi, ya bunyi lagi..
1+1 = ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
- Location: cileungsi - bogor
wah! bung noe73x, persis sama kaya ente tuh!noe777 wrote:Eh, cakram belakang Shogun SP itu tipis, jadi gampang melengkung (kna gembok, bisa juga bawaan dari pabriknya) nah, melengkungnya cakram juga bisa bikin bunyi-bunyian.
Sama kaya Satria F150, punya gw aja bawaan dari pabriknya udah melengkung (ga lurus).
Atau mungkin juga ada kotoran kaya pasir dll yg bikin gesekan antara pad dan cakramnya, udah coba dibersihin tiap cuci? kalo gw biasanya tuh bunyi ilang abis dibersihin, tapi kalo kena becek2an lagi, ya bunyi lagi..
abis di cuci emang suaranya ilang tp ya gitu kalo kena kotoran lagi ya bunyi lagi!
kalo kaya gitu bisa ngerusak piringannya ga ye??

coba dung bro yg laen share disini....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
duh maslah SP gak beda jauh sama satria F150, bro mungkin itu jarang dicuci aja. coba aja tiap hari di cuci dalem2nya. kalo gw sih cuci dalem piston2nya sama di minyakin juga udah kelar urusan
rajinlah cuci motor, tapi kalo lg musim ujan kayak gni males cuci motor juga. baru nyuci uda kotor lagi
rajinlah cuci motor, tapi kalo lg musim ujan kayak gni males cuci motor juga. baru nyuci uda kotor lagi


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
ummm maaf.....salah cara pake rem kali....pake disc belakang kebiasaanya harus beda lho dengan waktu pake teromol dulu....
pake teromol= gw bertahun2 sampe detik ini pake tromol, sekalinya gw pinjem NSR punya temen rem belakangnya nya langsung jebol, didahului bunyi yg mengganggu terlebih dahulu , ternyata menurut dia cara pake nya beda, telapak kaki selama melaju GAK boleh nempel pada pedal karena walau cuma nempel kadang gak sadar keteken sedikit akhirnya selama melaju rem terus menggesek akibatnya panas ,karena panas strukturnya berubah akibatnya timbul bunyi yg mengganggu.....
CMIIW lho....ini cuma sedikit pengalaman gw dan temen gw yg pake NSR di era tahun 1995-2000
hal ini tidak terjadi pada tromol karena jarak mainya cenderung besar, sementara rem disc sampe kampas setipis apapun jarak main antara kampas dan disc hampir gak ada.....
pake teromol= gw bertahun2 sampe detik ini pake tromol, sekalinya gw pinjem NSR punya temen rem belakangnya nya langsung jebol, didahului bunyi yg mengganggu terlebih dahulu , ternyata menurut dia cara pake nya beda, telapak kaki selama melaju GAK boleh nempel pada pedal karena walau cuma nempel kadang gak sadar keteken sedikit akhirnya selama melaju rem terus menggesek akibatnya panas ,karena panas strukturnya berubah akibatnya timbul bunyi yg mengganggu.....
CMIIW lho....ini cuma sedikit pengalaman gw dan temen gw yg pake NSR di era tahun 1995-2000
hal ini tidak terjadi pada tromol karena jarak mainya cenderung besar, sementara rem disc sampe kampas setipis apapun jarak main antara kampas dan disc hampir gak ada.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
kalau kagak salah nih..
jarak antara piringan dengan kampas remnya sekian cm
dan memungkinkan adanya kerikil yang masuk diantara celah piringan dan kampas.
nah pas kalau kita injak tuh rem pasti dah si kerikil ikutan kejepit. ini ngaruh kagak ke melengkungnya si cakram.
soalnya problem ini hampir dialami semua pengguna Shogy SP. apa kita harus terus bawa semprotan kemana2, biar kalau bunyi dikit di cakram langsung bisa disemprot tuntas.
takutnya sih cakramnya jadi rusak gara2 ada material pengganggu semacam kerikil tersebut.
cakram saya udah kelihatan ada goresan2 yang melingkar, tidak tahu juga apa disebabkan oleh material itu.
karena pada saat terjadi bunyi itu, solusi saya gini:
tancam gas dikit, terus pompa rem belakang.
kadang2 bisa ilang sih bunyinya.
mungkin nggak gara2 ini?
bro2 yang lain share pengalamannya juga dong.
jarak antara piringan dengan kampas remnya sekian cm
dan memungkinkan adanya kerikil yang masuk diantara celah piringan dan kampas.
nah pas kalau kita injak tuh rem pasti dah si kerikil ikutan kejepit. ini ngaruh kagak ke melengkungnya si cakram.
soalnya problem ini hampir dialami semua pengguna Shogy SP. apa kita harus terus bawa semprotan kemana2, biar kalau bunyi dikit di cakram langsung bisa disemprot tuntas.
takutnya sih cakramnya jadi rusak gara2 ada material pengganggu semacam kerikil tersebut.
cakram saya udah kelihatan ada goresan2 yang melingkar, tidak tahu juga apa disebabkan oleh material itu.
karena pada saat terjadi bunyi itu, solusi saya gini:
tancam gas dikit, terus pompa rem belakang.
kadang2 bisa ilang sih bunyinya.
mungkin nggak gara2 ini?
bro2 yang lain share pengalamannya juga dong.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
- Location: cileungsi - bogor
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
Re: ??????
ini cuma ide aja lho. tinggal tunggu apa ada yang bisa merealisasikannya nggak.su_minson wrote:airnya seberapa banyak bro ? trus tempat airnya mau taruh dimana? jadi ngak praktis dong? mendingan dibungkus aja bagian atasnya.

tempat air bisa ditaruh di bagasi. dibuat kayak tempat oli atas itu, yang ada tutupnya.
justru lebih praktis kalau tinggal sekali tekan masalah di cakram langsung beres.
untuk jumlah airnya yahh ngak perlu banyak2 lah. yang penting kan tekanan airnya biar bisa masuk ke celah2 cakram untuk membersihkan kotorannya.
btw kalau dibungkus itu gimana ya?
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
- Location: cileungsi - bogor
Re: ??????
maksudnya bung su_, di bungkus pake apa neh?su_minson wrote:airnya seberapa banyak bro ? trus tempat airnya mau taruh dimana? jadi ngak praktis dong? mendingan dibungkus aja bagian atasnya.
pake cover pelindung cakram kah, seperti buat cakram depan gitu?
udah ada yg jual blum?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
- Location: cileungsi - bogor
yup.., emang bener kata bro wahyu.Wahyu_D wrote:Bro Beel ......kalau ngga salah Rem disk berikut Kapala babinya khan sudah didesign sebegitu rupa ....mobil aja rem disknya aja ngga pake cover..... masa motor yang ban kecil pake cover disk brake...... intinya harus rajin ngerawat motor.......bro......
tapi kan kalo emang ada kan lebih episien gitu....,
