Volvo 960
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Feb 03, 2006 7:12
Volvo 960
Hai salam kenal semua.
Gue newbie nih. Ada yang bisa nolongin gue nggak ya ?
Gue punya problem, kadang kadang kalau lagi jalan mesin suka mati mendadak. Tapinya bisa start dan jalan lagi kalau udah agak dingin.
Pls, tologin gue donk .....
Gue newbie nih. Ada yang bisa nolongin gue nggak ya ?
Gue punya problem, kadang kadang kalau lagi jalan mesin suka mati mendadak. Tapinya bisa start dan jalan lagi kalau udah agak dingin.
Pls, tologin gue donk .....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Volvo 960
Randi wrote:Hai salam kenal semua.
Gue newbie nih. Ada yang bisa nolongin gue nggak ya ?
Gue punya problem, kadang kadang kalau lagi jalan mesin suka mati mendadak. Tapinya bisa start dan jalan lagi kalau udah agak dingin.
Pls, tologin gue donk .....
Mas Randi,
Itu typical problem untuk volvo seri 9XX.
Power Stage nya udah nggak beres.
Urutan sistim pengapian (Ignition System) pada volvo seri 9XX :
- Dari ACCU (AKI) pergi ke ECU
- Dari ECU pergi ke POWER STAGE (IGNITION AMPLIFIER)
- Dari POWER STAGE pergi ke COIL (IGNITION COIL)
- Dari IGNITION COIL pergi ke DISTRIBUTOR
- Dari DISTRIBUTOR pergi ke BUSI
Power Stage ini kayak transistor yang fungsi kerjanya memperbesar arus lemah dari ECU untuk di-supply ke Coil. Jika terlalu panas Power Stage ini ngambek, nggak ada lagi arus yang di supply ke Coil, alias kalau lagi jalan mesin mati mendadak. Tapi kalau udah dingin dikit mesin bisa dihidupkan lagi.
Power Stage ini diletakkan fender sebelah kiri, antara Pawer Stage dan Fender disisipi dengan Aluminium untuk mbuang panas. Bentuknya mirip segi enam, warnanya item dan diatasnya ada kotak warnanya abu-abu.
Ada dua kemungkinan penyebab nggak beresnya POWER STAGE :
1. Antara Power Stage dengan Aluminium pembuang panas ada karat, jadi panas nggak effektif dibuang, menyebabkan Power Stage kelebihan panas (overheated).
2. Gap Elektroda Busi udah nggak bener. Karena adanya erosi loncatan bunga api (Spark erosion). Untuk volvo seri 9XX, gap elektrodanya 0.7 mm. Jika gap-nya udah lebih dari 0.7 mm, maka dibutuhkan voltase (tegangan) yang lebih tinggi dari yang seharusnya. Untuk bisa mensupply tegangan yang lebih tinggi, COIL minta arus yang lebih dari Power Stage. Power Stage jadi overload, akibatnya tambah panas. Jika udah terlalu panas Power Stage jadi ngambek, kagak bagi arus ke Coil.
a. Jika ternyata penyebabnya no.1, bersihkan karatnya dan pasang kembali. Coba jalan lagi. Kalau masih ngambek lagi, ganti aja Power Stage nya.
b. Jika antara Power Stage dan Dudukannya (aluminium) nggak ada karat, maka yang perlu diganti Power Stage nya dan Busi. Karena kedua-duanya udah nggak bener. Kalau mau irit dikit, busi dibersihin kemudian pakai filler gauge 0.7 mm dan sisipkan antara dua elektroda busi. Ketok ketok dengan palu, kemudian cabut filler gauge nya. Yang jelas Power Stage nya musti digenti.
Semga ini membantu.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Feb 03, 2006 7:12
Re: Volvo 960
Wah ... cool banget oom penyuturbo njelasinnya
Emang sih dua minggu lalu udah ganti coilnya, tapi belakangan ini ngadat lagi. Boleh nggak minta tolong lagi, bisa ndapetin part no. nya nggak ?
Trim's banget sebelumnya.
Emang sih dua minggu lalu udah ganti coilnya, tapi belakangan ini ngadat lagi. Boleh nggak minta tolong lagi, bisa ndapetin part no. nya nggak ?
Trim's banget sebelumnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Volvo 960
Mas Randi,Randi wrote:Wah ... cool banget oom penyuturbo njelasinnya
Emang sih dua minggu lalu udah ganti coilnya, tapi belakangan ini ngadat lagi. Boleh nggak minta tolong lagi, bisa ndapetin part no. nya nggak ?
Trim's banget sebelumnya.
Kalau begitu memang jelas bahwa yang udah culprit adalah Power Stage -nya.
Part No. untuk Pawer Stage : 0227100124.
Barang itu buatan BOSCH Germany.
Kalau saran saya diterima, setelah ganti Power Stage, sekalian ganti busi dan set gap elektroda ke 0.7 mm. Karena biasanya busi baru settingnya 1 mm.
Semoga Membantu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Feb 03, 2006 7:12
Re: Volvo 960
Sorry oom penyuturbo, lambat ngejawab.
udah diganti kayak yang direcommen dan kagak ngadat lagi, makasih bantuannya yaa ...
satu lagi oom penyu, matic ni kalau jalan di D pindah giginya kagak smooth lagi kayak dulu ... kira-kira apanya ya oom ?
makasih banyak banyak sebelumnya oom.
udah diganti kayak yang direcommen dan kagak ngadat lagi, makasih bantuannya yaa ...
satu lagi oom penyu, matic ni kalau jalan di D pindah giginya kagak smooth lagi kayak dulu ... kira-kira apanya ya oom ?
makasih banyak banyak sebelumnya oom.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Volvo 960
Alhamdulillah, kalau udah nggak ngadat lagi, ikut seneng aja.Randi wrote:Sorry oom penyuturbo, lambat ngejawab.
udah diganti kayak yang direcommen dan kagak ngadat lagi, makasih bantuannya yaa ...
satu lagi oom penyu, matic ni kalau jalan di D pindah giginya kagak smooth lagi kayak dulu ... kira-kira apanya ya oom ?
makasih banyak banyak sebelumnya oom.
Tentang Autotransmission ini yang udah nggak mulus lagi pindah giginya, ada beberapa kemungkinan :
1. Auto Tramsmission Fluid (ATF) nya udah kotor sekali, perlu dibersihkan. Bisa minta ke bengkel volvo atau bengkel lain yang bisa ngebersihin dan ATF nya diganti (Flushing ATF).
2. Valve Body pada Matic-nya udah aus, perlu diganti, khususnya steel ball yang ada dalam Body Valve yang biasanya aus duluan.
Pendapat gue, lebih baik Flushing ATF aja dulu yang gak mahal. Gue pernah juga DIY-Flushing ATF untuk RX300. Ada jerking kalau pindah gear. Lalu aku Flush ATF-nya, Alhamdulillah halus lagi shifting-nya sampai sekarang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Volvo 960
nyimak nih.. nubie pake Volvo 960 juga..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Volvo 960
foto mobil nya taro sini dong Oomdidietkeren wrote:nyimak nih.. nubie pake Volvo 960 juga..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Volvo 960
jadi inget dulu suka bawa kantor punya 960 3000CC 6 silinder ex KTT nyaman bangeet ud ada ABSNya lagi mobil taon 1992 padahal
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Volvo 960
Ni fotonya...kapsul 97 wrote:foto mobil nya taro sini dong Oomdidietkeren wrote:nyimak nih.. nubie pake Volvo 960 juga..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Volvo 960
Baca2 website luar: http://www.matthewsvolvosite.com/forums ... hp?t=31562
Ada cara setting AFR melalu baut di MAF Sensor (Open loop Injection).. ada yang bilang hanya berpengaruh saat kondisi idle ada yang bilang berpangaruh pada semua kondisi rpm...
Ada yang bisa bantu menjelaskan?
Ada cara setting AFR melalu baut di MAF Sensor (Open loop Injection).. ada yang bilang hanya berpengaruh saat kondisi idle ada yang bilang berpangaruh pada semua kondisi rpm...
Ada yang bisa bantu menjelaskan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Volvo 960
kalo salah stel pas idle asap knalpot pedesnya minta ampun. ati-ati kalo mau kutak katik.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Volvo 960
masih penasaran...didietkeren wrote: Fri Jun 10, 2016 3:29 Baca2 website luar: http://www.matthewsvolvosite.com/forums ... hp?t=31562
Ada cara setting AFR melalu baut di MAF Sensor (Open loop Injection).. ada yang bilang hanya berpengaruh saat kondisi idle ada yang bilang berpangaruh pada semua kondisi rpm...
Ada yang bisa bantu menjelaskan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Volvo 960
Power Stage Bosch sekarang sudah ada yang Made In Taiwan. Sebelumnya pake Made In USA.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Volvo 960
th 93 non-turbo? pake dr baru?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Volvo 960
made in usa kan tulisannya..... coba dipretelin itu isinya taiwan semua. motor central lock yg ada merk "bosch made in germany" pun saya pernah pretelin, dinamo kecilnya ada gravir tulisan "taiwan".


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Volvo 960
Normal di dunia industri. Sub kontrak pekerjaan ke pihak ketiga. Teman saya ada kerja di benua eropa, beli sepatu branded di Paris. Setelah rusak dia buka, dibalik padnya ada tulisan kenca alias kiri dalam bahasa sunda.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19
Re: Volvo 960
cibaduyut...octafiantos wrote: Thu Jan 18, 2018 3:47 Normal di dunia industri. Sub kontrak pekerjaan ke pihak ketiga. Teman saya ada kerja di benua eropa, beli sepatu branded di Paris. Setelah rusak dia buka, dibalik padnya ada tulisan kenca alias kiri dalam bahasa sunda.
inget iklan 960 saat awal muncul, enak lagunya...jalan anteng saja, tidak terprovokasi meskipun disalip hd, lambo, bahkan pesawat terbang. lagu berakhir dengan turunnya antena radio....maaf oot. ...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Volvo 960
'94 non turbo Om.. tidak dari baru Om..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Volvo 960
kalo nama pertama di bpkb itu tertulis 'soebechan s' artinya itu mobil pernah di salah 1 rumah alm ayah sy (alamat di iskandarsyah jkt)didietkeren wrote: Thu Feb 01, 2018 6:13'94 non turbo Om.. tidak dari baru Om..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 445
- Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11
Re: Volvo 960
Kalo liat mobil ini jadi inget ama rudy salam, kalo main sinetron jadi bos.. Kendaraanya pasti ini dah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Volvo 960
saya bikin review Volvo 960 GL (1994) di sini ya: viewtopic.php?f=19&t=28458

Nanti saya coba cek ya Om, mudah2an copy berkasnya masih ada..newrubble wrote: Thu Feb 01, 2018 7:25kalo nama pertama di bpkb itu tertulis 'soebechan s' artinya itu mobil pernah di salah 1 rumah alm ayah
sy (alamat di iskandarsyah jkt)
