Mesin Compression Ignition yang didukung oleh Turbocharger menghasilkan efisiensi adiabatik rata rata lebih tinggi 20 - 30% dibandingkan mesin Spark Ignition.
Di negera negara yang harga BBM nya selangit seperti Eropa, populais mobil diesel rata rata mencapai 45 - 50% dari total populasi kendaraan penumpang, bahkan ada ada beberapa negara yang populasi mesin dieselnya sudah lebih dari 50% dan untuk tahun 2005 ini secara umum registrasi mobil baru diesel di Eropa angkanya sudah lebih tinggi daripada mobil gasoline.
Di Asia, India, Korea Selatan & Thailand menjadi pemimpin dalam trend perkembangan penjualan mobil Diesel di Asia.
Di Amerika Serikat yang traditionally gasoline minded, masyarakatnya juga sudah mulai melirik mobil diesel :
http://www.mobilku.com/?p=001&id=5848&s=
Mesin diesel modern menghasilkan suara & getaran lebih halus karena didukung oleh :
1. Teknik pengabutan Pilot Injection & Main Injection oleh Common Rail system, dimana proses pembakaran dengan 2X tembak menghasilkan 1 ledakan kecil pendahuluan & 1 ledakan sedang sbg main Injection. Dibanding teknik konvensional yang hanya 1 ledakan besar saja.
2. Aplikasi Turbocharger yang mana membantu mereduksi "intake noise" mesin diesel sekaligus meningkatkan efisiensi adiabatik & performa mesin diesel.
3. Kualitas bahan bakar solar (Diesel Fuel) yang semakin baik, dimana angka cetane semakin tinggi, kandungan partikel sulfur & ash semakin rendah. Juga dengan dipasarkannya Diesel Fuel berbasis campuran Petro Diesel & GTL - Syn Diesel Fuel spt Shell V-Power diesel / Shell Pyra Diesel / Aral Ultimate Diesel. Dimana kita kethaui cetane number yang makin tinggi akan membuat combustion noise semakin halus & response mesin semakin baik.
Aplikasi HYBRID - ELECTRIC pada kendaraan bermesin diesel :
Aplikasi Hybrid - Electric pada kendaraan bermesin diesel idealnya juga akan membuat durability komponen2 electro motor & kabel2 pada sistem diesel hybrid berusia lebih panjang dibanding gasoline hybrid, karena emisi panas yang dikeluarkan mesin diesel lebih kecil dibandingkan mesin bensin.
Demikian pula untuk komponen komponen lainnya spt Turbocharger unit, kabel2 wiring harness di ruang mesin, aki di ruang mesin pada mesin diesel scr teoritis akan lebih awet karena emisi panas mesin diesel lebih rendah daripada mesin gasoline.
Masih sehubungan dengan emisi panas, kinerja AC pada mesin diesel juga scr teoritis akan lebih efisien dibanding mesin gasoline yg menyemburkan panas / bahang lebih besar. Juga karena bandwidth putaran mesin diesel yang tidak setinggi mesin gasoline, membuat bearing2 pada alternator, AC lebih awet.
Juga utk exhaust system, karena bagian dalam pipa knalpot "terlapisi" oleh jelaga, maka exhaust system mesin diesel sangat awet dibanding exhaust system mesin gasoline yg mudah keropos.
Komponen pendukung mesin pada mesin diesel yang membutuhkan spec. lebih tinggi dibanding mesin gasoline adalah engine mounting, dimana engine mounting mesin diesel bekerja lebih berat dibanding Engine Mounting gasoline engine.
Hal lainnya adalah peredam interior yang sedikit lebih banyak dibanding gasoline engine.
Alternative pilihan bahan bakar utk mesin diesel :
Selain hal hal yg sudah disebutkan di atas, alternative pilihan bakar utk mesin diesel lebih banyak dibanding gasoline engine, karena selain Petro diesel (solar minyak bumi) mesin diesel dapat menenggak :
1. Syn Diesel Fuel - GTL yg dihasilkan dari Gas alam / batubara / biomass
2. BioDiesel - yg bersumber dr berbagai jenis tanaman (CPO, Jarak, Soybean, dll.)
3. DME ( Dimethyl Ether) - yang bersumber dr Natural gas
4. Synthetic Diesel Fuel dr Alphakat (http://www.alphakat.de)
Sedang utk gasoline :
1. Gasohol / Ethanol
2. Bio Gasoline dr tanaman <-- biaya produksinya lebih besar dr biodiesel
3. Syn Gasoline - GTL <-- biaya produksinya lebih besar dr Syn Diesel - GTL
Juga utk emisi knalpot, dimana mesin diesel scr alamiah membuang CO2, CO & HC jauh lebih kecil dibanding gasoline engine, sedang utk Particulate Matter sudah ada PM Trap dan utk NOx sudah ada metoda NOx catalyst & urea injection.
Dengan itu semua maka mesin diesel modern direct drive (non hybrid) yg dilengkapi PM Trap, urea injection serta didukung bahan bakar Biodiesel atau Syn Diesel Fuel - GTL akan menjadi mesin motor bakar yang amat sgt ramah lingkungan / SULEV (Super Ultra Low Emission Vehicle) setara dengan gasoline hybrid, apalagi kalau mobli dieselnya Hybrid juga

Sudah sangat hemat BBM sekaligus lebih ramah lingkungan.
Sekedar analisa pribadi / koreksi kalau salah.