Mobil abis kecelakaan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jeffri
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jan 24, 2006 5:33

Mobil abis kecelakaan

Post by jeffri »

Bro, mau nanya nih...

paman gw beli mobil second kijang kapsul th 01, emang sih mulus banget kalau gw nilai,tapi begitu udah selang beberapa lama pemakaian, baru ketahuan kalau mobil itu adalah mobil yg pernah tabrakan, orang begkel yg ngasih tau... keliatannya sih ditabrak deh soalnya yg parah arah pintu samping stir. udah gitu chasisnya kena lagi, ga tau patah or bengkok, yg pasti ada bekas las.....

Yg pengen gw tanyain, bahaya ga mobil tuh klo dipake, soalnye paman gw keliatannya mulai sayang banget n agak ga perduli gt...

So jawab yah bro....apa yg musti dilakuin ma tuh mobiil...
jeff
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

mobil bekas tabrakan apalagi sampai terkena bagian sasisnya biasanya reliability-nya udah beda, jadi gak direkomendasikan dipakai memang....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Re: Mobil abis kecelakaan

Post by w1ndut »

jeffri wrote:Bro, mau nanya nih...

Yg pengen gw tanyain, bahaya ga mobil tuh klo dipake, soalnye paman gw keliatannya mulai sayang banget n agak ga perduli gt...

So jawab yah bro....apa yg musti dilakuin ma tuh mobiil...
Chasis kena? Jual aja tuh mobil. Tapi susah juga jualnya, bila kita beritahu calon pembeli kalau mobil tsb sudah pernah 'kena' chasisnya. Atau mau swap chasis? :wink:
jeffri
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jan 24, 2006 5:33

Post by jeffri »

maksudnya swap chasis gimana ya?
jeff
beg0g
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Nov 03, 2004 3:24

Post by beg0g »

walaupun ada las-lasan, tapi kalau kalu memang sudah presisi, berarti nggak ada masalah lagi, chasis repair memang direkomendasikan oleh pabrik, jadi nggak usah alergi sama chasisi repair, asal repainya bener.
coba lihat jalannya, center nggak antara depan sama belakang, sporiing dulu, kemablikan ke spec semula, kalu memang mobil bisa jalan lurus dengan stir lepas, berarti sudah bener alingmentnya. saya sih mending pilih yang sudah direpair tapi bagus, dari pada chasis belum pernah direpair tapi sudah karatan disana-sini, demikina juga dengan bodi.
Jangan alergi dengan body dan chasis repairan karena memang sudah diberikan cara repairnya oleh pabrik.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

jual balik aja ke showroomnya....
Last edited by handling on Wed Jan 25, 2006 17:18, edited 2 times in total.
Image
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

jeffri wrote:maksudnya swap chasis gimana ya?
Ganti chasis dengan yang baru, atau copotan dari mobil lain gitu loh :wink:
Sebelumnya, coba dulu apa yang direkomendasikan oleh oom beg0g
coba lihat jalannya, center nggak antara depan sama belakang, sporiing dulu, kemablikan ke spec semula, kalu memang mobil bisa jalan lurus dengan stir lepas, berarti sudah bener alingmentnya. saya sih mending pilih yang sudah direpair tapi bagus, dari pada chasis belum pernah direpair tapi sudah karatan disana-sini, demikina juga dengan bodi.
Jangan alergi dengan body dan chasis repairan karena memang sudah diberikan cara repairnya oleh pabrik.
pakafid
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Nov 21, 2005 5:36

similar problem

Post by pakafid »

:mad: Saya pernah punya masalah yang sama, beli mobil di Jkt ( kalau nggak salah daerah sunter bisma, waktu itu yang jual ngakunya sedang perlu uang banget untuk biayai anaknya yang habis kecelakaan dan gegar otak, dan memang waktu itu ada anak muda yang katanya baru pulang dari rumah sakit dan pakai acara dibalut perban segala kepalanya.

Singkat cerita dia jual mobil daihatsu taruna csx tahun 2004 (bulan4 ) padahal saya ke jkt skitar Maret 2005, jadi pada saat itu kondisi mobil mulus-lus tanpa cacat dan saya coba pakai keliling di sekitar perumahan orang tsb, singat cerita harga cocok maka saya ambil, dan karena waktu itu mobil mau dibawa ke surabaya, akhirnya dititipkan ke teman di kantor setneg.

Nah disini masalah mulai muncul, teman yang saya titipin bilang , pak kok mobilnya gini gitu... wah aku pikir karena jarang dipakai saja, nah singkat cerita mobil dikirim ke surabaya, dan saya terbang ke surabaya untuk ngecek kondisi mobil dan lacak asal-usulnya... ternyata cerita mobil tsb sangat menyeramkan...

PERNAH DITABRAK KERETA API, KEMUDIAN DIKLAIM TOTAL LOSS, tapi perusahaan asuransi ini tidak mau rugi begitu saja DIA JUAL LAGI MOBIL yang hancur ( yang seharusnya sudah discrap) ini ke penadah spesial mobil begituan sampai akhirnya sampai ke tangan saya. Begitu tahu cerita ini saya langsung jual ke showroom-showroom dgn cerita apa adanya tapi nggak ada yang mau beli ( sudah nggak hitugn deh rugi berapa hanya dalam hitungan minggu). Akhirnya ada seorang calo yang bisikin saya bahwa dia tahu tempat jualan mobil-mobil pernah kena ( istilahnya pernah nabrak/ditabrak berat), dan saya diajak ke daerah tersebut ( ya ampun satu kampung, ternyata ahli betulin mobil begituan sampai bisa mulus lagi nggak ketahuan dan mereka punya alat yang sangat lengkap dan modern, semua mobil ada di sini bahkan BMW, Mercy dll..).

AKHIRNYA dengan merelakan 20jutaan yang lenyap dalam 3mingguan saya lepas dari beban! sejak itu saya kapok nggak mau beli mobil bekas lagi kalau bukan dari teman yang saya kenal dan tahu keadaan mobil sehari-hari. Dan Mafia ini juga ternyata bermain dgn perusahaan perusahaan pembiayaan, dgn menutupi sejarah mobil yang pernah kena seperti ini.

Saran saya pergilah ke showroom mobil bekas pura-pura tawarkan mobil tsb, tapi cerita saja apa adanya, nanti pasti calo penunjuk arah ke para penadah mobil bermasalah itu muncul, lumayan lah tawaran mereka lebih baik daripada dibeli showroom dan kita tidak dihantui perasaan bersalah karena jual barang cacat ke end user.
jeffri
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jan 24, 2006 5:33

Post by jeffri »

wah kalau gw pernah coba minjem sih jalan agak cepat 30 kpj n lepas stir, lurus"aja koq, lagian kalau di perhatiin yang kena tuh pintu depan samping , n chasis yg di sebelah kiri depan, klo gw tiduran di bawah tuh mobil maka kalau gw bandingin besi panjang yang kiri ma yang kanan simetris, n dua"nya keliatannya ada sambungan bukan besi lurus gitu, meski yang kanan ngga kena alias mulus.......
jeff
Hewlett
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Jan 26, 2006 3:55

Post by Hewlett »

kalo ganti chasis butuh biaya mahal pasti. coba cek spooring lah , biar ketahuan pasti lempeng apa tidak rodanya.
jeffri
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jan 24, 2006 5:33

Post by jeffri »

Iye bos, keliatannya om ane mau gw suruh spooring n balancing dulu deh, tapi gimane y, lah tuh mobil gw pinjem n gw lepas stir, aman" aja tuh...ga ada masalah, gimane y ngeceknye lagi...?
jeff
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

gila di tabrak kreta api bok
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

ajegile, kalo mobil gue ditabrak kereta api pasti gua klaim total loss, kalo si asuransi ga mau ganti pasti gua ajak ribut, soalnya kerusakan >70-80% = total loss kan ?