Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

razorext
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Sep 27, 2025 4:54
Location: Medan

Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by razorext »

halo om om semua, dimanapun kalian berada. senang rasanya ternyata masih ada forum aktif yang bahas soal otomotif selain di facebook hehe.

jadi gini, sebelumnya saya punya niat untuk membeli mobil pertama saya dengan budget under dari 100jt. niatnya sih untuk ambil lcgc kaya sigra/calya atau ayla/agya, meskipun cicilan. tapi dari beberapa cerita pengelaman user usernya, kayanya lcgc ini bisa dibilang "gak layak pake" untuk orang yang cari kenyamanan dan keamanan. bisa dibuktikan sih dengan beberapa kali pakai lcgc model model tersebut.

okeh back to topic.

pilihan saya dari dulu memang jatuh cinta ke Suzuki Swift. alasannya? GUANTENG POLL :big_love:, desain timeless, sporty, kecil, lincah, gak kalah sama mobil hatchback keluaran baru. dan yang lebih penting lagi, saya bisa ambil swift dengan budget dibawah 100JT!! sungguh menggiurkan.

tapi ada masalah omom semuanya... saya gaktau mau ambil swift model apa... dibeberapa tempat yang saya cari, ternyata swift terbagi jadi 2 versi. CKD dan CBU. CBU rilis awal masuk ke indonesia sekitar 2005 - 2007, sementara CKD rilis setelahnya di 2008 sampe sekitar tahun berapa saya gatau hehehe. nah, setelah beberapa pertimbangan, cari informasi dari sana sini (youtube, forum facebook, baca artikel review, dan nanya nanya AI hehe), pilihan saya jatuh kepada SWIFT CBU.
loh kenapa? model lama loh itu, umurnya juga udah tua
alasannya simple:
1. CBU :big_smile]
2. CBU :big_okay:
3. CBU :big_love:

yakk, CBU om om sekalian. fitur lebih lengkap, kualitas lebih oke, tapi minusnya.. umurnya sdh terlalu tua. tapi gapapa, dibanding swift tahun muda, yang model CBU ini masih lebih murah. tentu budget 100jt masih sisa banyak, bisalah digunakan untuk biaya perbaikan.

tapi masalah lain muncul...

saya suka model GT, tapi salah satu member forum di facebook bilang bahwa swift GT model awal itu sebenarnya sudah CKD.

tentu informasi tersebut jauh berbeda dengan apa yang sudah saya ketahui selama ini. awal mula swift diindonesia itukan tahun 2005 yak, model GX dulu. kemudian pertengahan 2006 baru masuk GL, dan akhir 2006, masuklah versi GT. nah untuk CKD ini kan mulai produksi itu di tahun 2007, confirmed di salah satu topic berjudul "Swift ST", sudah saya baca beberapa komentar dipage awalnya.

kesampingkan itu, anggap saja yang benar adalah versi CBU yg masuk ke indonesia itu memang punya 3 model, GX, GL dan GT. pertanyaannya, apa perbedaan ketiga model tersebut selain GT yang punya banyak kit sporty untuk eksterior? fitur? kelengkapan keamanan? atau gimana?

nah, dari informasi yang saya kumpulkan, perbedaannya mencakup:
1. semua versi CBU punya dual airbag, abs, eds, immobilizer, mid ditengah yang lengkap, defogger, foglamp, dll.
2. GX dan GT punya spion elektrik, kaca elektrik, 2din headunit dan power window + central lock full
3. GT punya kit sporty tambahan, kenalpot ada 2 (duh senangnyo) dan ring 16
4. GX punya kontrol audio di kanan kiri, GL dan GT hanya di kiri
5. GX grill depan pakai model list, GL dan GT pakai model honeycomb

nah, dari beberapa poin informasi yang saya kumpulkan, apakah itu sudah paling benar? soalnya saya terombang ambing karena banyaknya miss information yg bertebaran, entah itu dari review di youtube, deskripsi marketplace, sampai ke komentar salah satu member Swift Club Indonesia.

atau, omom punya saran lebih baik dibanding ambil Swift GT ini? ntah Swift GT2, GT3, GTS atau yg lain? soalnya saya gatau soal GT versi CKD.

terimakasih omom semuanya, mohon wejangannya
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1166
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by zonepublic »

kalau saya sudah banyak coba2 mobil dan perbaikan mobil ga mau beli yang CBU malahan,anda tahu mobil CBU sparepartnya lebih susah dicari dan pasti mahal beda dengan yang ckd meskipun fungsinya sama bedanya dikit doang kok naikan juga mirip2,nantinya anda juga akan perbaiki ganti pake part lokalan diakal,jadinya percuma juga
info diatas sudah benar,tinggal anda butuh fitur2 tersebut atau ngga,dan banyak fitur2 diatas meskipun ga semuanya ada bisa dipasang sendiri
kalau saya ambil swift 2012-2014 aja yang mesinnya sama dengan ertiga ,irit dan perbaikannya mudah tipe bebas kalo bisa ga usah cari tipe2 limited,partnya susah ntar
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by DOHC »

swift model setrika kl ambil yg CBU, jgn lupa cek klaher blakang, kl masi bawaan, bole diganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17171
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by ChZ »

GT awal setau saya CBU deh. cuma exhaust pakai kansai. kayaknya special package aja ini dari Suzuki indomobil kayak APV luxury gitu. Indomobil suzuki kan suka keluarin varian varian unik dress up gini. kalo bisa dapet yang GT awal, ini sangat worth to buy karena bukan cuma aksesoris. ya kansai exhaustnya itu nilai plus biarpun dikata M15 ganti exhaust juga bisa tapi tetep gimanapun OEM installed exhaust lebih peace of mind.

dan rasa lebih exclusivenya ada. konversi single muffler ke dual muffler juga sulit biasa bikin berat kl itungannya gak pas. GT dual muffler, kalo GT2 GT3 itu GT GT an muffler tambahannya palsu.

sejak CKD memang GT cuma beda bodykit aja. mana gak ada SRS downgrade banget.

swift jangan dikira partnya murah kayak APV carry ya om... M15A itu engine partnya lumayan buat mobil seharganya. biarpun dikata yang CKD sekalipun yang disunat fitur-fiturnya (karna waktu itu suzuki mau larisin SX4 jadi SX4 malah dilengkapin buat amunisi lawan GE8 tapi swiftnya dibuat trondolan), kalo engine masih banyak pake part jepang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
razorext
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Sep 27, 2025 4:54
Location: Medan

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by razorext »

zonepublic wrote: Sat Sep 27, 2025 6:58 kalau saya sudah banyak coba2 mobil dan perbaikan mobil ga mau beli yang CBU malahan,anda tahu mobil CBU sparepartnya lebih susah dicari dan pasti mahal beda dengan yang ckd meskipun fungsinya sama bedanya dikit doang kok naikan juga mirip2,nantinya anda juga akan perbaiki ganti pake part lokalan diakal,jadinya percuma juga
info diatas sudah benar,tinggal anda butuh fitur2 tersebut atau ngga,dan banyak fitur2 diatas meskipun ga semuanya ada bisa dipasang sendiri
kalau saya ambil swift 2012-2014 aja yang mesinnya sama dengan ertiga ,irit dan perbaikannya mudah tipe bebas kalo bisa ga usah cari tipe2 limited,partnya susah ntar
kalo untuk biaya perbaikan, perawatan, dan ketersulitan sparepart mungkin emg saya harus research lagi kali ya pak. untuk fitur fitur yg disunat di versi CKD sih ya aslinya butuh dong pak, dual airbag, abs, eds itukan fitur bagus untuk keselamatan pak :big_peace:
razorext
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Sep 27, 2025 4:54
Location: Medan

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by razorext »

DOHC wrote: Sat Sep 27, 2025 7:27 swift model setrika kl ambil yg CBU, jgn lupa cek klaher blakang, kl masi bawaan, bole diganti
punya 100jt, 80jt buat mobil, 20jt untuk peremajaan, kayanya udh cukup ya pak? asal nyari mobilnya yg minim penyakit yak :big_biglaugh:
razorext
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Sep 27, 2025 4:54
Location: Medan

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by razorext »

ChZ wrote: Sat Sep 27, 2025 7:43 GT awal setau saya CBU deh. cuma exhaust pakai kansai. kayaknya special package aja ini dari Suzuki indomobil kayak APV luxury gitu. Indomobil suzuki kan suka keluarin varian varian unik dress up gini. kalo bisa dapet yang GT awal, ini sangat worth to buy karena bukan cuma aksesoris. ya kansai exhaustnya itu nilai plus biarpun dikata M15 ganti exhaust juga bisa tapi tetep gimanapun OEM installed exhaust lebih peace of mind.

dan rasa lebih exclusivenya ada. konversi single muffler ke dual muffler juga sulit biasa bikin berat kl itungannya gak pas. GT dual muffler, kalo GT2 GT3 itu GT GT an muffler tambahannya palsu.

sejak CKD memang GT cuma beda bodykit aja. mana gak ada SRS downgrade banget.

swift jangan dikira partnya murah kayak APV carry ya om... M15A itu engine partnya lumayan buat mobil seharganya. biarpun dikata yang CKD sekalipun yang disunat fitur-fiturnya (karna waktu itu suzuki mau larisin SX4 jadi SX4 malah dilengkapin buat amunisi lawan GE8 tapi swiftnya dibuat trondolan), kalo engine masih banyak pake part jepang.
nah saya juga awalnya cari info sana sini emg GT itu awalnya CBU. cuma gatau nih manusia ngeyelan ntah kenapa dia punya ilmu kalo GT itu aslinya CKD. gangerti juga dapat informasi darimana sih hehe. saya murni demen sama swift karna tanpa dimodif sana sini pun udah keren, apalagi yg GT series. untuk fitur keamanan yg CBU punya masih tergolong lengkap, beda sama CKD yg trondolan emg. cuma untuk sparepart aja ini mesti di tinjau lagi pak. kalo sparepart mahal masih bisa diakalin dengan duit, ya namanya juga soal duit. nah kalo sparepartnya ga ada? itu yg pusing yak
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by DOHC »

ChZ wrote: Sat Sep 27, 2025 7:43 kalo engine masih banyak pake part jepang.
nahh ini

jadi inget coil swift setrika an, coil nya ud ngalahin coil nya honda GD3 d jaman nya

konon di taon2 brikutnya ud bsa subtitusi ama susuki A P V
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by DOHC »

razorext wrote: Sat Sep 27, 2025 8:36
DOHC wrote: Sat Sep 27, 2025 7:27 swift model setrika kl ambil yg CBU, jgn lupa cek klaher blakang, kl masi bawaan, bole diganti
punya 100jt, 80jt buat mobil, 20jt untuk peremajaan, kayanya udh cukup ya pak? asal nyari mobilnya yg minim penyakit yak :big_biglaugh:
motuba umur ampir 20 taon, sekelas soluna pun ud pasti ad penyakit seh

mudah2an ga kena body, kolong, cat aj

20 jt kl cuman urus kaki2 dan mesin, mustinya masi ckup , ini swift ktolong kaki2 simple konstruksi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1166
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by zonepublic »

razorext wrote: Sat Sep 27, 2025 8:35
kalo untuk biaya perbaikan, perawatan, dan ketersulitan sparepart mungkin emg saya harus research lagi kali ya pak. untuk fitur fitur yg disunat di versi CKD sih ya aslinya butuh dong pak, dual airbag, abs, eds itukan fitur bagus untuk keselamatan pak :big_peace:
Kalau masih bisa jalan semua ya fiturnya
Ga yakin saya umur 20 tahun masih jalan normal elektrikalnya,kalo rusak fiturnya kaya jam dan avg kons bbm ga tahu dah tu cari copotannya dimana entah di jepangnya masih ada apa ngga
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3163
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Audi A4 [B9] 45 TFSI Quattro

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by KielConstantine »

razorext wrote: Sat Sep 27, 2025 6:00 alasannya simple:
1. CBU :big_smile]
2. CBU :big_okay:
3. CBU :big_love:

yakk, CBU om om sekalian. fitur lebih lengkap, kualitas lebih oke, tapi minusnya.. umurnya sdh terlalu tua. tapi gapapa, dibanding swift tahun muda, yang model CBU ini masih lebih murah. tentu budget 100jt masih sisa banyak, bisalah digunakan untuk biaya perbaikan.
Gw dukung neh bross

Percayalah, punya mobil akta lahir CBU (apalagi build up japan or europe) punya kepuasan tersendiri. Mau setua apapun, kalo ud seneng sama mobilnya, mau kluar duit brapa pun buat ngerawat atau gimanpun ya seneng2 aja dan rela

Apalagi misal surat2 masih lengkap ada form gitu tulisannya
Country of Origin: Japan :upss:

Skarang gini dah. Ud liat unitnya belom ? Better berburu dulu gpp samperin satu-satu cari yg taon 2005-2007 (CBU) type apapun.
Trus abis itu coba samperin yg taon mudaan 2008 keatas (CKD)

Bandingin, test drive . Rasain duluu, panca indera kita pasti kaga bisa bohong liat mobil yg dirakit sepenuh hati sama tangan nihonjin disana VS yg gituu deh wkwkwk

Oh iya surat2 tadi klo bisa cari yg komplit :

Image

Image

Contoh faktur CBU (nyomot google)
Tuh ada swift jg taon 2008 CBU masih
RhayHan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Tue Nov 19, 2024 7:43
Location: Jakarta

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by RhayHan »

2014 bokap sempet beli bekas ini swift cbu yg katanya ex display nya suzuki, tapi saya juga gatau bnr cbu apa bukan klaim nya blm ngerti juga cuman katanya klo yg cbu headunit nya integrated suzuki cmiiw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17171
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by ChZ »

razorext wrote: Sat Sep 27, 2025 8:38
nah saya juga awalnya cari info sana sini emg GT itu awalnya CBU. cuma gatau nih manusia ngeyelan ntah kenapa dia punya ilmu kalo GT itu aslinya CKD. gangerti juga dapat informasi darimana sih hehe. saya murni demen sama swift karna tanpa dimodif sana sini pun udah keren, apalagi yg GT series. untuk fitur keamanan yg CBU punya masih tergolong lengkap, beda sama CKD yg trondolan emg. cuma untuk sparepart aja ini mesti di tinjau lagi pak. kalo sparepart mahal masih bisa diakalin dengan duit, ya namanya juga soal duit. nah kalo sparepartnya ga ada? itu yg pusing yak
paling gampang liat VIN nya depan apa. kalo bukan MHR, pasti bukan CKD. SKD pun no rangka pasti MHR.

kalo M15A 1000% sparepartnya gampang banget selama suzuki masih jualan mega carry dan S-Cross. mau kawenya pun udah banyak substitusi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by farizfsa »

ambil yg gt cbu, pasang turbo kit bolt on, dulu ada zage kalo ga salah. kalo sekarang gatau.

jd enak larinya. kayanya di tokped masih ada baru tuh, 25 jt. tembus 180hp.
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by Harchi »

Yg di indo gen 1
CBU jepang: GL n GT
CKD: ST (pengganti GL), GT2 (pengganti GT) n GT3 (penerus GT2)

Yg di indo gen 2:
CBU jepang: Swift Sport
Lainnya (GL, GX, GS) bukan CBU jepang, entah CBU india atau CKD
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by vincewonk »

Harchi wrote: Mon Sep 29, 2025 9:21 Yg di indo gen 1
CBU jepang: GL n GT
CKD: ST (pengganti GL), GT2 (pengganti GT) n GT3 (penerus GT2)

Yg di indo gen 2:
CBU jepang: Swift Sport
Lainnya (GL, GX, GS) bukan CBU jepang, entah CBU india atau CKD
cbu thai om kalau gen 2. bagus koq build qualitynya. sekarang pabriknya di thai dah ga ada.
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by AGSA »

ChZ wrote: Mon Sep 29, 2025 3:55
razorext wrote: Sat Sep 27, 2025 8:38
nah saya juga awalnya cari info sana sini emg GT itu awalnya CBU. cuma gatau nih manusia ngeyelan ntah kenapa dia punya ilmu kalo GT itu aslinya CKD. gangerti juga dapat informasi darimana sih hehe. saya murni demen sama swift karna tanpa dimodif sana sini pun udah keren, apalagi yg GT series. untuk fitur keamanan yg CBU punya masih tergolong lengkap, beda sama CKD yg trondolan emg. cuma untuk sparepart aja ini mesti di tinjau lagi pak. kalo sparepart mahal masih bisa diakalin dengan duit, ya namanya juga soal duit. nah kalo sparepartnya ga ada? itu yg pusing yak
paling gampang liat VIN nya depan apa. kalo bukan MHR, pasti bukan CKD. SKD pun no rangka pasti MHR.

kalo M15A 1000% sparepartnya gampang banget selama suzuki masih jualan mega carry dan S-Cross. mau kawenya pun udah banyak substitusi.
Kalau utk mega carry bukan nya mesin nya sama kaya APV ya Bro? Setau saya sih CMIIW
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17171
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by ChZ »

AGSA wrote: Tue Sep 30, 2025 2:40
Kalau utk mega carry bukan nya mesin nya sama kaya APV ya Bro? Setau saya sih CMIIW
coil nya mega carry (APV) itu bisa dipake sama mesin M15. aman kok. malah jadi alternatif ramah kantong.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Bahas Suzuki Swift antar generasi.

Post by bejosupangat »

Unpopular opinion: SX4 saloon alias Baleno.