saya tertarik beli xpeng x9 dan sudah test drive. sedikit background, saya minat xpeng x9 sebagai pengganti nissan serena C26 2015 dan untuk mobil sehari-hari saya pakai Hyundai Ioniq 5 2023. Berbeda dengan para petrolhead, saya dengan bangga menyatakan saya adalah pencinta BEV. jadi mobil ICE bahkan segala macam Hybrid saya sudah tidak tertarik lagi

berikut hasil test drive dalam bentuk bullet point :
udah 2x test drive.
yg pertama sebentar aja
yg kedua kurleb 2 jam kondisi macet sampai kebut, rutenya mulai dari alam sutera, masuk tol tangerang arah jakarta, kondisi macet sampai masuk tol JORR arah Pondok Indah. Di tol JORR juga macet sampai masuk tol serpong. di tol serpong jalan meliuk sy coba tembus sampai 120km/jam. supaya merasakan body roll. tapi akhirnya kondisi padat lagi. kemudian masuk tol JORR 2 arah bandara, disini bisa agak kencang antara 80-120km/jam. tapi kondisi tetap ramai. berhenti di pintu tol alam sutera, saya pindah ke row 2. salesnya yg nyetir masuk tol tangerang, keluar di pintu tol tangerang, masuk jalan arteri menuju alam sutera lagi.
yg saya suka :
- untuk mobil full size mpv, body roll terbilang minimal.
- suspensi nyaman, tidak mantul2, pengalaman sy pakai serena sangat menyenangkan, nah xpeng ini mirip2. Kalo denza, sy cuma coba Gocar dari bandara. di baris kedua aja mantul2 dan berasa keras. padahal supirnya kalem banget.
- tarikan mirip2 ioniq 5, meskipun ga bisa segesit ioniq5
- kalo dibanding ioniq 5, fitur teknologi udah 1 langkah lebih modern, pas udah nyala warning posisi mobil di dekat kita, dia bisa tampilkan berapa cm.
- display keadaan sekeliling mobil pakai animasi bentuk mobil/truk kayak tesla
- Adaptive cruise control lebih halus dan lebih pintar dibanding ioniq 5. halusnya kalo sampai harus berhenti total, ga ada hentakan rem. pas ada mobil yang ragu2 mau masuk jalur (udah lewat garis sedikit), biasanya di ioniq ga kedeteksi, masih jalan biasa aja. nah si xpeng bisa deteksi
- Autohold halus
- built in dashcam
- rear mirror udah electric
- AC bisa diatur ga nyembur langsung ke badan
- ada fitur massage juga di supir. dan lumayan berasa. kalo di denza yg row 2 ga ada rasa pijat sama sekali
- ambience light bisa ikutin rhytim music
- bagasi oke banget, dengan posisi kursi normal semua masih muat 7 koper kabin size (lihat di youtube dan di giias)
- kursi row 3 bisa recline
- TV gede bisa youtube dll
- Android auto udah wireless, dan smooth. ga ada lagging.
- kalo dari luar ga keliatan mobil gede. (kalo denza keliatan kayak H1)
- airsus bisa auto turun body pas parkir. cocok untuk orang tua
- bangku row 3 bisa dilipat rata lantai. sy perlu banget fitur ini untuk bawa barang ukuran besar (denza, gac, maxus ga bisa)
- gear shifter ada di setir model geser atas bawah, tapi ioniq yg model putar tetap lebih enak pakainya (atau karena biasa) kalo denza dll ada di tengah.
- auto park mantap. tapi ga tau kepake apa ngga
- radius putar yg katanya kecil belum dicoba
- fitur yg bisa maju mundur pas di parkiran sempit belum dicoba. tapi kayaknya menarik
yg saya kurang suka :
- bentuk pant*t x9 butuh waktu buat dicerna
- audio sekilas ga sebagus ioniq 5. mungkin karena setting equalizer belum pas. rasanya terlalu crisp, treblenya ketinggian
- banyak setting harus dari monitor
- jok supir agak pendek tidak sampai lutut (tinggi saya 170cm), lebih enak ioniq5. tapi denza, gac, maxus, alphard sih sama aja kayak xpeng
- sepertinya tidak bisa netral pas parkir parallel
- tuas sein di kiri masih kagok
sekian hasil test drive saya. oh ya. saya akhirnya SPK di Giias 2025 ini. mumpung dapat dp kecil

terima kasih