Bebek Honda AHM, mahal atau murah?

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Bebek Honda AHM, mahal atau murah?

Post by yoyoyo »

Dipindah(diulang?) dari thread CBR150R Warna Baru !!! halaman ke-2.

splitfire sez:
waduuuhhh bro......
jangan di boikot donk Honda......
bagaimanapun itu bukan 100% salahnya Honda......

Loe ga liat ya,pajak disini gede bgt.....trus faktor ekonomi rakyat indonesia yg kurang cenderung ke High Technology......kayak motor2 sports gini deh....
cmn sebagian aja org yg suka gt dibandingin dgn seluruh rakyat disini......
Makanya Honda mengeluarkan produk yg sesuai dgn saran2nya masy disini.....Liat tuh kyk motor High,ga dimasukkin ama AHM,cth aja CBR itu.....

lagian klo masuk dgn spek gt,pajak jg mahal bro.....2 x lipat bisa deh.....
jadi pemerintah kurang respon di otomotifnya nih, ga kyk di thai,semua pajak rendah.....jadi para ATPM2 motor Honda,Yamaha,Suzuki,dll mau utk invest & produk motor di

thai sbg pusat otomotif di Asia tenggara CMIIW.....

hehehehhehe semua sih tergantung dr Indonesia nya sendiri....
wah sori OOT.....pisss......
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

yoyoyo sez:
Kenapa produsen lain bisa jual lebih murah dng spek & kualitas yg comparable? Hal motor honda overpriced udah disentil2 di thread ini
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... c&start=40
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

splitfire sez:
bro klo mnrt gw.....masalahnya indonesia ini , hanya PAJAK bro....

klo loe ngomong kyk gt, gw balik tanya, apakah Indonesia bisa menghasilkan spek2 motor dgn kualitas yg comparable? dgn kualitas bagus pula??
selain itu jg gara2 pajak bro.....makanya pihak Honda Corp. bisa nempatkan pasaran honda di thai....karena,pajak rendah disana & jg pemerintah thai mendukung sektor ini....sedangkan pemerintah Indonesia??? pikir ndiri deh bro......

liat tuh spek2nya motor2 di Luar negri,klo mo msk indonesia,mesti ngurangin spek2nya bro , untuk nekan harga jualnya,karena klo ga pajak gede bgt lahhh.......

jd klo mo butuh kualitas bgs yg comparable ,ya tinggal aja di luar Indonesia bro......piiissss
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

splitfire sez:
p4nd4 wrote: @bro splitfire....masalah nya bro bandingin aja satria FU150 teknologi mesin sama dengan cbr 150 sama2 150 cc DOHC......so seharusnya ga ada alasan toh kalo mau

masukkan dr Thailand langsung....
bro emang ini jg rada binun gw.......tp mnrt gw sih....
1. Apakah Satria tuh bener2 CBU? mungkin semua brg dr thai & ngrakit di indo....
2. Atau emang tech antara Satria 150 dgn CBR 150 lain bro.....mungkin boss gauss,bisa bantu.....
3. Atau yg terakhir,mnrt gw,meski di import lgs dr thai...tp di Indo ATPM suzuki motor (Indomobil) jg ikut mendukung jg bro.....jd harga bisa ditekan (maybe) CMIIW......

Nah itu mnrt gw.....klo suzuki didukung penuh ama ATPM sini,sedangkan Honda CBR,ga didukung ama ATPM nya....AHM.....
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

yoyoyo sez:
splitfire wrote: bro klo mnrt gw.....masalahnya indonesia ini , hanya PAJAK bro....
klo loe ngomong kyk gt, gw balik tanya, apakah Indonesia bisa menghasilkan spek2 motor dgn kualitas yg comparable? dgn kualitas bagus pula??
selain itu jg gara2 pajak bro.....makanya pihak Honda Corp. bisa nempatkan pasaran honda di thai....karena,pajak rendah disana & jg pemerintah thai mendukung sektor

ini....sedangkan pemerintah Indonesia??? pikir ndiri deh bro......
liat tuh spek2nya motor2 di Luar negri,klo mo msk indonesia,mesti ngurangin spek2nya bro , untuk nekan harga jualnya,karena klo ga pajak gede bgt lahhh.......
jd klo mo butuh kualitas bgs yg comparable ,ya tinggal aja di luar Indonesia bro......piiissss
Udah dibaca blm link "di thread ini" pd reply gue diatas?
Yg mau diprotes kita2 itu AHM, Astra Honda Motor , alias hondanya indonesia.
Lihat aja bro contoh2nya: Tiger vs Scorpio, harga&fitur lebih make sense mana? 8) (retorikal)
contoh lain lagi misalnya : suprafit vs vegaR/blitzR/smash, Suprax125R vs ShogunSP/ZX130VR/JupiMX,etc etc ..
Semua merek non-honda diatas juga kena pajak toh, tapi feature yg diberikan mereka lebih setimbang dng harga retailnya.

Ok, tadi utk harga lokal. Sekarang lihat harga2 motor sama (beda nama aja) ATPM(AHM) dibandingkan honda thailand:
newSupraFit (AHM) 11.3jt-an VS Wave100S 7.9jt-an (33000thb) -- selisih 3.4jt
Karisma125X (AHM) 13.5jt-an VS Wave125R 11jt-an (46000thb) -- selisih 2.5jt

Suprax125 Pgmfi (AHM) 15jt-an VS Wave125i 12.5jt-an (52000thb) -- selisih 2.5jt

utk yg lain misalnya
JupiterMX (YMKI) 14jt-an VS Spark135 11.5jt-an -- selisih 2.5jt
JupiterZ (YMKI) 12.8jt-an VS Spark 9.9jt-an -- selisih 2.9jt
SatriaF150 (ISI CBU?) 16.6jt-an VS Raider150 12.5jt-an -- selisih 4.1jt
Shogun125R (ISI) 12.5jt-an VS Best125 10.9jt-an -- selisih 1.6jt
Kawasaki BlitzR (KMI) 10.5j-tan VS Kazehit112 7.8jt-an -- selisih 2.7jt

Kita bisa lihat, selisih honda 2.5jt. Sedangkan newsuprafit 3.4jt, ini motor kelas ekonomis tapi spt dijadikan cash-cow. Untuk Yamaha, selisih max 2.9jt, kawasaki 2,7jt .
Lain dng suzuki, dia bisa menekan selisih, dan bahkan yang Satria yg CBU tapi via ATPM saja bisa cuma selisih 4.1jt!. Honda harusnya malu, newsuprafit yg bukan CBU bisa selisih mencapai 3.4jt, ckckck.

Utk Ninja RR selisih 14jt! (31jt-an VS 17jt-an) padahal lewat KMI, ini membingungkan. Apakah ini CBU? Mengapa pricingnya tidak sebagus Satria150 ya? Hmm.. strategi KMI utk "motor berkelas" seperti itukah? atau motor CBU 2Tak kena pajak lebih tinggi?
Guys, we need some info here.

Tiger ngga ada refrensinya utk harga thailand. Berarti mungkin di thailand 20-3.4=16.6jt-an?
Nanti dulu, andai kita ambil contoh newsuprafit. CBR150 AHM harusnya akan jadi 14.2+3.4jt = 17.6jt-an, gak sampai 18jt.
Jadi harga ATPM Tiger 20jt-an , CBR150R 18jt-an ?!?
Tapi fitur signifikan apa yg diusung tiger sehingga lebih mahal dari CBR?
- cc lebih besar 50cc
- Kaizen engine (yeah right,hehehe)
- apalagi ya?
- coba diisi deh :P
Dari sini gw sementara berkesimpulan, Tiger juga cash-cow seperti newsuprafit. SupraX-series masih normal tetapi jadi overpriced ketika dibandingkan motor dari merk2 lain.

Dengan begitu honda dimana-mana jadinya overpriced.

Tadinya ini yang mau dijadikan bahan class action, hehe. Tapi ngga jadi deh, soalnya kita masih ada pilihan merk lain, bukan tergantung kpd AHM.
Lagipula case-nya jadi "indonesian riders VS indo/thai-Honda" , bahkan tdk tertutup juga VS Honda jepang ..woohoo..hehehehe.
Biarin aja yang masih berpikiran "bagaimanapun honda lebih unggul" , "resale value honda lebih tinggi" , etc etc . Mereka mgkin blm pintar sebagai konsumen motor.
Orang pintar pasti minum tolak angin (loh?!?!, heheh)
Btw, ngga usah pis2an gitu ah, disini peaceful kok. Justru beda antara peace dengan piss . You don't wanna piss on us, right? ;)
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

splitfire sez:
hehehehehehe......

gw singkat aja deh bro.......
loe ga bisa bandingin harga antara motor disini dgn motor di Thailand.....wong besarnya Pajak aja JELAS BEDA.......

gini aja , loe bandingin dulu aja , antara pajak di indonesia ama pajak di thailand.......setelah tau,loe total deh harganya + bandingin deh semua motor yg mnrt loe speknya

sama kyk yg loe tulis di atas.....
pasti harga mahal motor indo bro.......

gw kan uda bilang masalahnya hanya "PAJAK" di indonesia bro.......
liat aja deh cthnya......misalnya loe demen ma CBR 1000RR,pdhal harga price listnya $ 13.000an = skitar Rp. 135jtan ONR......loe cek di Automall......harga ONR jadi Rp 285 jt di indonesia kan......

makanya Pajak disini minta ampun dehh.....bukan masalah di ATPM tiap2 otomotifnya bro......
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

bro splitfire,
ini kok kita ngomongin apa .. bro ngomongin apa juga. Kalau nimbrung ke diskusi, cakupan pikiran nya disamakan dong, jgn jalan sendiri-sendiri.
Gw bisa paham yang bro splitfire tulis diatas, tetapi yg jadi pembicaraan itu bukan hal itu.
Bro p4nd4 aja bisa nangkep poin dari reply gw, we're on the same conversation track, but you ? :(

Tapi kalau mau dikaitkan sama perpajakan , resepnya gini:
Harga dasar SupraxPGMFI dari pabrik AHM + pajak indonesia = harga jual indonesia
Harga dasar Wave125i dari pabrik HondaThai + pajak Thai = harga jual thai

Ternyata harga jual kedua negara selisihnya sekitar 2.5jt (lebih mahal di indo). Kita berasumsi harga dasarnya pd kedua negara gak jauh beda, jadi pajak di indo lebih tinggi 2.5jt daripada di thai. Comprende??

Now, motor2 dari pabrikan lain yang sebanding/comparable, mempunyai harga jualnya yg lebih rendah, baik di thai maupun indo.
Ditambah lagi fakta, Satria150 CBU via ATPM pun
Jd poinnya, harga dasar motor Honda (AHM&Thai) sblm kena pajak juga sudah tinggi.

Inget, scope diskusi kita masih di seputar bebek, bukan moge yg seperti di benak splitfire. Get it?!
Itu dulu deh. Kalau masih 'stuck' dng menyalahkan pajak, yaah..bro.., all I can say is this topic may not be suitable for you.
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

tambahan... kemaren tulisan bang yoyoyo sudah saya posting di milis... dan sudah diteruskan ke ATPM suzuki dan Kawasaki...

jawaban dari pihak suzuki kira2 begini deh...
untuk part2 sebagian import langsung dari thai dan sebagian bikin lokal... kenapa di thai bisa lebih murah karena disana sudah bisa bikin semua part yg dibutuhkan....




mmmm... orang indo yg demen ngebajak aja masih ada yg nggak bisa bikin part
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

bro yoyoyo sebagai informasi nihh sejak AFTA berjalan 1 Januari 2005 sebenarnya pajak bea masuk kita dengan Thailand untuk otomotif dah murah lohhh kalo ga salah cuman 5% tapi nanti kalo gw punya waktu gw akan cari tuh Keputusan Menteri Keuangannya.

Dan PPN BM juga tidak tinggi kalau dimasukkan oleh ATPM dengan asumsi maksimal 250 cc oleh karena itu menurut gw moge itu adalah motor di atas 250 cc tapi ada yang bilang 400cc ke atas tapi kalo dilihat dari perpajakan di atas 250cc sudah dibedakan kelasnya dan PPN BM nya tinggi.

contohnya kenapa Mitsubishi menutup pabriknya disini dan mengimport cbu grandis dari Thailand ?
yoyoyo wrote:3. Atau yg terakhir,mnrt gw,meski di import lgs dr thai...tp di Indo ATPM suzuki motor (Indomobil) jg ikut mendukung jg bro.....jd harga bisa ditekan (maybe) CMIIW......
yoi perjajian AFTA yaitu bea masuk yang rendah (perlahan akan dibebaskan bea masuk) hanya berlaku kalo ATPM mendukung yaitu seperti Indomobil yang memang memproduksi Suzuki mengimport Suzuki langsung dari Thailand Pajaknya murah begitu juga dengan Honda apabila AHM ingin mengimport motor Honda dari Thailand itu juga Pajaknya ringan.
Yang Pajaknya tinggi adalah IU mungkin pajaknya total2 semuanya bisa sampai di atas 50%
yoyoyo wrote:1. Apakah Satria tuh bener2 CBU? mungkin semua brg dr thai & ngrakit di indo....
untuk Satria bro...pertama tuh Suzuki Indonesia mengimport CBU utuh artinya sama sekali ga dipretelin asli buatan Thailand sampe ban dan baut-bautnya.

tapi untuk pengiriman pertama saja lupa deh berapa unit...

mungkin sebagai penjajak pasar aja tuh..

nahhh untuk selanjutnya baru CKD artinya dari Thailand tuh motor dalam keadaan terurai trus sparepart yang sudah bisa disediakan di Indonesia tidak di import lagi. Sampai di Indonesia baru di rakit lagi jadi motor.

nahh karena bro splitfire mempermasalahkan pajak..
menurut gw pajak bukan lagi masalah contohnya yah Satria ini....waktu satria gelombang pertama yang asli CBU harga jualnya juga seperti satria sekarang yang CKD artinya pajaknya tidak beda toh kita import utuh atau CKD ? kalau memang CBU pajaknya mahal trus kenapa sekarang dah CKD harga satria tidak turun ?
jadi kenapa Suzuki Indonesia lebih memilih CKD ?
yah karena supaya untungnya lebih gede dengan memakai spare part yang ada di Indonesia cost produksi bisa di tekan sehingga profit margin meningkat.....

dan ingat pajak tidak mengenal motor sport.......
emang ada perbedaan yahh motor sport dengan sport turing ? emang kalo sport turing bisa murah ? trus tiger yang 'mahal' menurut gw termasuk sport ato sport turing ?

contohnya bajaj pulsar yang baru itu selisih harga cuman 4 juta dengan harga asli di India dan ingat aja kita tidak ada perjanjian Free Trade Area dengan India artinya seharusnya pajak yang dibebankan ke Pulsar lebih besar dari Pajak yang dibebankan ke Satria tapi seperti perbandingan harga yang di sampaikan bro yoyoyo sorry sama-sama selisihnya cuman sekitar 3-4 juta.

so pendapat gw adalah kenapa bisa begitu ? jawab gw karena ATPM di Indonesia ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

@panda
pada pengiriman pertama kalo ga salah dipatok harga promosi kalo ga salah 18jtan, kan ga mahal2 amat

oh iya sekedar info kecil2 kalo satria F150 itu basisinya sebenrnya rider 150R bukan rider 150 yg biasa karena beda fairing aja, sebenrnya sih kalo diliat sih ujung2nya sama. tapi itulah suzuki yg memang ingin menekan harga serendah mungkin. sebenrnya beda CKD dan CBU itu cuma dikit, karena pada rider terdapat electic starter, sedangkan satria f150 tidak menggunakan demi menekan harga serendah mungkin, karena electric starter tdk terlalu dibutuhkan karena suzuki indonesia tau kalo motor sport/moped sport tidak terlalu pentingnya menggunakan electric starter.

untuk sekarang satria F bisa di bendrol dgn harga 17.2jt bayarnya cash.
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

koq harganya bisa lebih mahal dr supra pgm ya? hehehehehehe....range nya gak sampe sejuta koq? hehe...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

timtimnugroho wrote: tambahan... kemaren tulisan bang yoyoyo sudah saya posting di milis... dan sudah diteruskan ke ATPM suzuki dan Kawasaki...

jawaban dari pihak suzuki kira2 begini deh...
untuk part2 sebagian import langsung dari thai dan sebagian bikin lokal... kenapa di thai bisa lebih murah karena disana sudah bisa bikin semua part yg dibutuhkan....
mmmm... orang indo yg demen ngebajak aja masih ada yg nggak bisa bikin part
wah, boleh tahu ngga, ke milis apa? trus tanggapannya bagaimana di milis itu?
ke Kawasaki via email? minta dong emailnya, kalau ada email pak Freddyanto Basuki itu juga , thanks sblmnya.

Yg diatas itu, suzuki menanggapi Satria F150 khan?
Dgn langkah itu, suzuki terlihat bermaksud menambah profit, tetapi kabar baiknya adalah tidak merubah margin yang 4.1jt-an itu.

Org indo bikin part udah bisa, tapi yg blm bisa ngejar kualitas/presisi yg asli.Inget kasus nutlock JupiMX? yg lokal tuh yg bikin masalah, makanya yamaha ganti secara cuma2 sama yg impor.
p4nd4 wrote: bro yoyoyo sebagai informasi nihh sejak AFTA berjalan 1 Januari 2005 sebenarnya pajak bea masuk kita dengan Thailand untuk otomotif dah murah lohhh kalo ga salah cuman 5% tapi nanti kalo gw punya waktu gw akan cari tuh Keputusan Menteri Keuangannya.

Dan PPN BM juga tidak tinggi kalau dimasukkan oleh ATPM dengan asumsi maksimal 250 cc oleh karena itu menurut gw moge itu adalah motor di atas 250 cc tapi ada yang bilang 400cc ke atas tapi kalo dilihat dari perpajakan di atas 250cc sudah dibedakan kelasnya dan PPN BM nya tinggi.

contohnya kenapa Mitsubishi menutup pabriknya disini dan mengimport cbu grandis dari Thailand ?
bro p4nd4, berdasar info2 yg gw peroleh, AFTA dimulai sejak 1 januari 2003. Mana mengenai KepMen nya? mau dong :)

Kata ini http://www.infopajak.com/berita/200803bi.htm
dan bbrp site lainnya dng berita sama, ya utk kendaraan bermotor roda-2 dibawah 250 cc sudah dibebaskan PPnBM.
Dan utk kendaraan CKD (contoh: satriaF150 ini) juga dibebaskan PPnBM.
Berarti satria, baik CBU maupun CKD tdk kena PPnBM.

Yang tadinya Harga dealer lokal = (harga jual dr negara asal + bea masuk + cukai + PPn + PPnBM + PPh pasal 22 impor + BBNKB + PKB + 2*profit)
sekarang jadi (harga jual negara asal + cukai + PPn + PPh pasal 22 impor + BBNKB + PKB + 2*profit)
ini berdasar buku th 1997, mungkin sudah ada perubahan2, penambahan/penguranan komponen2 perhitungan lainnya.
Maksud "2*profit" adalah profit pusat dan profit dealer, sudah termasuk biaya2 transport.
Jgn lupa utk kondisi indonesia skrg, kayanya disertakan juga 'biaya tak terduga' :(

Dengan kerumitan spt itu, hebat ya satria bisa selisih hanya 4.1jt dng raider.
Maka terlihat wajar shogun125R yg mana bukan cbu/ckd bisa selisih serendah 1.6jt.
Honda? 2.5jt (suprax 125 series) dan 3.4jt (newsuprafit) , ckckck

bro p4nd4 gw gak tau,
kenapa Mitsubishi menutup pabriknya disini dan mengimport cbu grandis dari Thailand?
khan kena PPnBM juga. Info please..

Jadi harga suprax125 :
- cbu/ckd lewat atpm = 11+4.1 = 15.1jt-an (well, it is not happening)
- lokal atpm = 11+2.5 = 13.5jt-an
Tetapi kalau content lokal ngga jadi 11jt dong, lebih rendahlah, spt skema yg terjadi pd SatriaF150 yg ckd+lokalan.

AHM bikin produk lokal tetapi harganya tinggi?
Tanya kenapaa..... 8)


Kalau selisihnya jadi turun ke 1.6jt (spt pada Shogun), harganya khan turun 900rb.
Please jgn komentar "halah, versi lokal beda gak sampai sejuta aja" ,
emang seneng ya misalkan bro-bro gw rampok 1jt di depan mata? :twisted:

Dgn skema sama, harga CBR150R (sama spt SatriaF150, CKD/CBU tidak kena PPnBM (karena <250cc) & Bea masuk)
14.2+4.1 = 18.3jt .

AHM tidak memasukan CBR150R CBU/CKD yg bisa dibawah 20jt, tetapi masih jual Tiger2000 Lokal dng diatas 20jt.
Tanya kenapaa..... 8)
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

wahh jadi dari tahun 2003 yah bro ? bukannya tahun 2003 masih 5%?
gw cari2 kepmennya ga ada tuhh ntar nyari lagi deh hehe
tapi buat itung-itungan buat aja 0% soalnya gw yakin tahun 2006 udah 0%, mulai tahun 2005 ato 2003 yang kurang yakin.

trus PPN BM bener bro untuk dibawah 250cc bebas PPN BM

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 43 TAHUN 2003
TENTANG
PERUBAHAN KEEMPAT ATAS
PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 145 TAHUN 2000 TENTANG
KELOMPOK BARANG KENA PAJAK YANG TERGOLONG MEWAH
YANG DIKENAKAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang : bahwa dalam rangka lebih memberikan kepastian hukum dan keadilan dalam pengenaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas impor atau penyerahan kendaraan bermotor, perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Pemerintah Nomor 145 Tahun 2000 tentang Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang Dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah;
Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 sebagaimana telah diubah dengan Perubahan Keempat Undang-Undang Dasar 1945;
2. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1983 Nomor 51, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3264) sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2000 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 128, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3986);
3. Peraturan Pemerintah Nomor 145 Tahun 2000 tentang Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang Dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 261, Tambahan Lembaran Negara
4. Nomor 4063) sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2003 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4259);

MEMUTUSKAN:

Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 145 TAHUN 2000 TENTANG KELOMPOK BARANG KENA PAJAK YANG TERGOLONG MEWAH YANG DIKENAKAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH.

Pasal I

Mengubah ketentuan Pasal 2 ayat (1) huruf a, ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 145 Tahun 2000 tentang Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang Dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2003, sehingga keseluruhan Pasal 2 berbunyi sebagai berikut:

“Pasal 2
(1) Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 10% (sepuluh persen), adalah:
a. kendaraan bermotor untuk pengangkutan 10 (sepuluh) sampai dengan 15 (lima belas) orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan semua kapasitas isi silinder;
b. kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 (sepuluh) orang termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan sistem 1 (satu) gandar penggerak (4x2), dengan kapasitas isi silinder tidak lebih dari 1500 cc.
(2) Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 20% (dua puluh persen), adalah:
a. kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 (sepuluh) orang termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan sistem 1 (satu) gandar penggerak (4x2), dengan kapasitas isi silinder lebih dari 1500 cc sampai dengan 2500 cc;
b. kendaraan bermotor dengan kabin ganda (Double Cabin), dalam bentuk kendaraan bak terbuka atau bak tertutup, dengan penumpang lebih dari 3 (tiga) orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan sistem 1 (satu) gandar penggerak (4x2) atau dengan sistem 2 (dua) gandar penggerak (4x4), dengan semua kapasitas isi silinder, dengan massa total tidak lebih dari 5 (lima) ton.
(3) Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 30% (tiga puluh persen), adalah kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 (sepuluh) orang termasuk pengemudi, berupa :
a. kendaraan bermotor sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc;
b. kendaraan bermotor selain sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan sistem 2 (dua) gandar penggerak (4x4), dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc.
(4) Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 40% (empat puluh persen) adalah kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 (sepuluh) orang termasuk pengemudi, berupa :
a. kendaraan bermotor selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api, dengan sistem 1 (satu) gandar penggerak (4x2), dengan kapasitas isi silinder lebih dari 2500 cc sampai dengan 3000 cc;
b. kendaraan bermotor dengan motor bakar cetus api berupa sedan atau station wagon dan selain sedan atau station wagon dengan sistem 2 (dua) gandar penggerak (4x4), dengan kapasitas isi silinder lebih dari 1500 cc sampai dengan 3000 cc;
c. kendaraan bermotor dengan motor bakar nyala kompresi (diesel/semi diesel), berupa sedan atau station wagon, dan selain sedan atau station wagon dengan sistem 2 (dua) gandar penggerak (4x4), dengan kapasitas isi silinder lebih dari 1500 cc sampai dengan 2500 cc.
(5) Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 50% (lima puluh persen) adalah semua jenis kendaraan khusus yang dibuat untuk golf.
(6) Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif 60% (enam puluh persen) adalah :
a. kendaraan bermotor beroda dua dengan kapasitas isi silinder lebih dari 250 cc sampai dengan 500 cc;

b. kendaraan khusus yang dibuat untuk perjalanan di atas salju, di pantai, di gunung, dan kendaraan semacam itu.
(7) Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 75% (tujuh puluh lima persen) adalah:
a. kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 (sepuluh) orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api, berupa sedan atau station wagon dan selain sedan atau station wagon dengan sistem 1 (satu) gandar penggerak (4x2) atau dengan sistem 2 (dua) gandar penggerak (4x4), dengan kapasitas isi silinder lebih dari 3000 cc;
b. kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 (sepuluh) orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar nyala kompresi (diesel/semi diesel), berupa sedan atau station wagon dan selain sedan atau station wagon dengan sistem 1 (satu) gandar penggerak (4x2) atau dengan sistem 2 (dua) gandar penggerak (4x4), dengan kapasitas isi silinder lebih dari 2500 cc;
c. kendaraan bermotor beroda 2 (dua) dengan kapasitas isi silinder lebih dari 500 cc;
d. trailer, semi-trailer dari tipe caravan, untuk perumahan atau kemah.”
Pasal II
Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku 14 (empat belas) hari sejak tanggal diundangkan.
Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Pemerintah ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.



Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 31 Juli 2003
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
ttd
MEGAWATI SOEKARNOPUTRI
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 31 Juli 2003
SEKRETARIS NEGARA REPUBLIK INDONESIA,
ttd
BAMBANG KESOWO

LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2003 NOMOR 94.

Salinan sesuai dengan aslinya
Deputi Sekretaris Kabinet
Bidang Hukum dan
Perundang-undangan



Lambock V. Nahattands



PENJELASAN
ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 43 TAHUN 2003
TENTANG
PERUBAHAN KEEMPAT ATAS
PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 145 TAHUN 2000 TENTANG
KELOMPOK BARANG KENA PAJAK YANG TERGOLONG MEWAH
YANG DIKENAKAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH


UMUM
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 145 Tahun 2000 tentang Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang Dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2003, telah ditetapkan kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah baik kendaraan bermotor maupun selain kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Seiring perkembangan dunia otomotif yang sangat pesat dan kebutuhan masyarakat atas kendaraan bermotor, maka untuk memberikan kepastian hukum dan rasa keadilan kepada masyarakat dalam pengenaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah berupa kendaraan bermotor, dipandang perlu untuk menyesuaikan jenis Barang Kena Pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Penyesuaian tersebut meliputi :

1. Menghapuskan pengenaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas impor atau penyerahan kendaraan bermotor yang digunakan untuk pengangkutan 16 (enam belas) orang atau lebih, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan semua isi silinder. Sedangkan atas impor atau penyerahan kendaraan bermotor yang digunakan untuk pengangkutan 10 (sepuluh) sampai dengan 15 (lima belas) orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan semua kapasitas isi silinder tetap dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 10% (sepuluh persen).
2. Menetapkan pengenaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 20% (dua puluh persen) atas impor atau penyerahan kendaraan bermotor dengan kabin ganda (Double Cabin), dalam bentuk kendaraan bak terbuka atau bak tertutup, dengan penumpang lebih dari 3 (tiga) orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel/semi diesel), dengan sistem 1 (satu) gandar penggerak (4x2) atau dengan sistem 2 (dua) gandar penggerak (4x4), dengan semua kapasitas isi silinder, dengan massa total tidak lebih dari 5 (lima) ton.
PASAL DEMI PASAL
Pasal I
Pasal 2
Cukup jelas
Pasal II
Cukup jelas

TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4312.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

yoyoyo wrote:sekarang jadi (harga jual negara asal + cukai + PPn + PPh pasal 22 impor + BBNKB + PKB + 2*profit
jadi contohnya CBR 150

harga jual = mis 15jt

bro tau cukai kena berapa ga ?

PPh Psl 22 Import = dengan Angka Pengenal Import (API) 2,5%
tanpa API = 7,5%

BBNKB ama PKB gimana hitungnya bro ?
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

p4nd4 wrote:
yoyoyo wrote:sekarang jadi (harga jual negara asal + cukai + PPn + PPh pasal 22 impor + BBNKB + PKB + 2*profit
jadi contohnya CBR 150
harga jual = mis 15jt
bro tau cukai kena berapa ga ?
PPh Psl 22 Import = dengan Angka Pengenal Import (API) 2,5%
tanpa API = 7,5%
BBNKB ama PKB gimana hitungnya bro ?
Itung2an yg dapat angka "2.5jt, 4.1jt, dll" kemaren itu khan selisih harga jual dealer indo dng Thai.
Utk yg rumus diatas, itu pakai harga jual antar ATPM, unknown tuh. Jadi ngga bisa pakai harga CBR yg 14~15jt.
Besar cukai gw gak tau, adanya di Buku Tarif Bea Masuk Indonesia, keluaran DepKeu. Ngga punya gw.
Wah, bro dapet info Pph itu?Thanks.
BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) ini afaik tiap daerah gak sama.
PKB(Pajak Kendaraan bermotor) tiap daerah pun tdk sama, contoh Opel Blazer th 97, di Jkt
pajaknya 1jt lebih, tapi di Bdg hanya separuhnya lebih sedikit.
Utk komponen ini bisa dilihat di STNK , lembar yg warna coklat itu.