Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Posted: Sun Apr 13, 2025 1:32
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
kapan nih thread hand tools lanjut ke part selanjutnya?DOHC wrote:
WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
tumbalnya kurang kali pak.DOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Wah ini sih nyontohinya mobil racing lagi balapan, mesin nya aja beda kelas sama mobil kita yg pakai mesin spek taxi, pakai turbo pula.Suryaputra wrote: Sun Apr 13, 2025 4:11WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
Good klo ada oil temp reading nyat105erd wrote: Sun Apr 13, 2025 7:12Wah ini sih nyontohinya mobil racing lagi balapan, mesin nya aja beda kelas sama mobil kita yg pakai mesin spek taxi, pakai turbo pula.Suryaputra wrote: Sun Apr 13, 2025 4:11WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38
ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
Kalo di obd saya ga pernah tuh oil temp nya diatas coolant temp, mungkin obd/sensor saya yg error.
Wow
Aman om. Suhu segitu jg gara2 pedal gas rata lantai 60an km, pas awal2 tol Sumatera buka.
Ini cara pasangnya gimana yah om? dulu saya mau pasang buat ECT tapi mesti bypass selang radiator buat dipasang sensor. Ribet takut rembes/banyak yg bilang kalo beli yg murah malah ga akurat jadinya beli yg cuma colok obd aja.
kl d bejeg2 terus pantesan aj bsa melejit gt , sama kaya oli atfSuryaputra wrote: Sun Apr 13, 2025 4:11WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
Kl oli temp, sensor di ECU nya emang ga ada. Mau dicolok pake obd jg ga bakal keluar omt105erd wrote: Sun Apr 13, 2025 10:14Ini cara pasangnya gimana yah om? dulu saya mau pasang buat ECT tapi mesti bypass selang radiator buat dipasang sensor. Ribet takut rembes/banyak yg bilang kalo beli yg murah malah ga akurat jadinya beli yg cuma colok obd aja.
iya bener mbahDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 12:29kl d bejeg2 terus pantesan aj bsa melejit gt , sama kaya oli atfSuryaputra wrote: Sun Apr 13, 2025 4:11WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38
ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
tp kl pemakaian normal ampe beda jauh antara olmes dan coolant, berarti either oli mikrolet atau yah coolant nya pake aer marjan boudoin rasa cocopandan
Emg gtu mbahilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Oksidasinya sgt tinggi dan sifatnya sticky klo dah suhu normal.ilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:31 saya cek suhu minyak di penggorengan itu harus diatas 170C....
berarti jangan heran minyak goreng bisa dicampur ke mesin, karena suhu ideal oli mesin maksimal sekitar 110C
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01Emg gtu mbahilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
iya bener mbahDOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01Emg gtu mbahilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macetDOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01Emg gtu mbahilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant