Saya baru spooring balancing HRV 2022, mobil udah jalan sekitar 30rb km. Kebetulan saya merasa ini Honda setirnya narik ke kanan. HRV ini 80% dipake sopir dari Senin sampe Jumat, saya paling pake cuma Sabtu Minggu, barusan kerasa gara2 hampir 2 minggu ini sering saya pake krn sopir ga masuk. After spooring balancing ternyata setir masih lari ke kanan. Kaki-kaki saya rasa masih bagus (nga ada bunyi aneh2), mobil juga jalan rute kota aja jarang atau ga pernah ketemu rute offroad (maksimal cuma paving block perumahaan). Sama bengkel ban di switch kanan kiri, tetap ga ngefek, cuma berubah sedikit tapi intinya setir tetap ketarik ke kanan.
Menurut teknisi bengkel spooring HRV 2022 ini memang ciri setir ketarik ke kanan, katanya kira2 dari 10 HRV yg service, sekitar 7 pasti setir lari ke kanan. Dan di kaki kaki HRV nga ada setelan yg bisa ngubah posisi roda agak maju atau mundur supaya antisipasi sudut camber nya (saya juga nga ngerti). Disarankan balik ke beres Honda untuk coba minta reset sistem EPS nya siapa tau bisa membantu, soalnya secara mekanikal hardware udah nga bisa diapa2kan lagi alias diterima aja.

Mengingat pasti banyak Agan2 TS ini yg pake HRV, apa bener ini omongan bengkel spooring? Aneh aja mobil setir kok bisa cacat ketarik ke kanan? Pengalaman saya di mobil2 saya yg lama, kalo setir lari kanan atau kiri habis spooring pasti sembuh kecuali kondisi kaki2 yg minta jajan atau penggunaan yg brutal kalo ketemu lubang di jalan.
Mohon pencerahaannya, sambil besok saya mau ke beres Honda. Jujur kok jadi males piara Honda lagi kalo beneran kejadian ini ya, udah CVT ngung, kabin berisik, tarikan mesin belet, skrg kaki2 nyeret ke kanan ....


Btw menurut bengkel spooring, kaki2 Mazda masih lebih robust daripada Honda (HRV).
