Report : solar DEX & efeknya thd. kondisi oli mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Report : solar DEX & efeknya thd. kondisi oli mesin

Post by Turboman »

Dear All :


Setelah menggunakan solar biasa mix DEX secara rutin dengan ratio antara 4:1 hingga 5:1 serta ditambah Powerfuel scr rutin, apa yang saya duga selama ini terbukti, kondisi pelumas setelah dipakai jauh masih tetap baik, dibanding bila menggunakan solar biasa scr full.

Pelumas yg digunakan saat itu sebetulnya adalah pelumas semi synth. yg diutamakan utk mesin gasoline yaitu AGIP Synt. 2000 SAE 10W-40 (gasoline / diesel) dengan TBN di bawah 10 mg / KOH.

Pelumas diganti setelah menempuh 5700 km dalam kurun waktu 2,5 bulan dan kondisi pelumas masih tetap cukup baik.

Oli yang sama saya gunakan sebelumnya, dengan bahan bakar full solar biasa + additive BioAdd & Powerfuel, kilometer ke 5000 kondisi pelumas sudah terlihat menurun.

Hal ini membuktikan bahwa tinggi - rendahnya kandungan sulfur pada bahan bakar mempengaruhi ketahanan pelumas, dimana solar rendah sulfur tidak membuat kandungan Basa pada pelumas cepat habis.


So idealnya dengan pelumas semi sintetis khusus diesel (TBN antara 10,5 - 11,5 mg / KOH macam Shell Helix Diesel Plus / Aral Extra Turboral/ Elf Turbodiesel 10W-40) maka ketahanan tempuh pelumas akan menjadi lebih jauh lagi, dimana test dengan solar biasa + additive Redline 85+ (yg dituang setiap 2X isi solar) dapat menempuh jarak 6000 - 6300 km dalam 3,5 bulan, maka dengan solar biasa mix DEX 3:1 atau 2:1 oli tsb. dipastikan akan dapat menempuh jarak yg lebih jauh lagi.


Keterangan :

Mobil yg digunakan Panther LS 25 AT tahun 2001, KM 86.300, kondisi mesin prima + Full Rizor.



Demikian sekilas report.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Mr. Turboman, do you have any plan to conduct some testing using only PertaDEX?

I take it if an Innova D4D burns only PertaDEX, the result will be very, very, very satisfying?
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Bung Turboman, anda campur2 bahan bakar, kelihatannya ribet benar :D

Bung Conan : Pertadex yg jual masih sedikit banget, perlu usaha ekstra untuk mendapatkannya
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Post by liat2aja »

sebenarnya Pertamina DEX itu masih dijual 5 SPBU atau sudah nambah lagi?

Kalo mau dibilang kasarnya, sebenarnya bukan Pertamina DEX yang memberikan kualitas bagus, tapi Solar biasa yang kualitasnya sangat sangat buruk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Mengenai DEX vs. solar biasa, sebetulnya dari basicnya pun berbeda signifikan.

Anda pernah lihat warna DEX yg bening spt minyak goreng Barco itu ? Bandingkan dengan warna solar biasa.

Kandungan aromatics pada DEX diperkirakan sekitar 25%, sedangkan solar biasa mungkin 35 - 40%, aromatics inilah yg membuat cetane number turun, dan karena sifatnya yg oxidatif, aromatics cenderung membuat deposit.

Kandungan sulfur pada DEX sekitar 300 - 400 ppm, sedangkan pada solar biasa 3500 - 5000 ppm, sulfur menyebabkan timbulnya senyawa asam & mengoksidasi pelumas. Maka dr itu pelumas mesin diesel rata2 TBN nya di atas 10 mg / KOH.

Kandungan ash pada DEX yg jauh lebih rendah dibanding solar biasa.

Belum lagi solar biasa yg di oplos minyak tanah dll.

Apa yg terjadi bila solar dioplos minyak tanah ? Cetane number turun, daya pelumasan thd pompa injeksi juga menurun. Cetane number turun mengakibatkan pembakaran yg tidak sempurna, membuat suara mesin kasar & konsumsi BBM menjadi boros. Tetapi perlu diketahui bahwa kandungan sulfur pada minyak tanah justru lebih rendah daripada solar yaitu sekitar 2000 ppm (CMIIW).

Tetapi dengan beroperasinya PSO PSO swasta asing terlihat akhir2 ini Pertamina mulai berusaha menjaga kualitas mutu BBM nya, melihat report Otomotif mengenai Pertamax & solar biasa yg saya temui akhir2 ini.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Solar DEX udah masuk bdg blom ? Mau coba nih.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

DigitALL wrote:Solar DEX udah masuk bdg blom ? Mau coba nih.
Sudah bung Digi, tapi maaf aku tidak tahu tepatnya SPBU yang dimana.
Btw Anda 'kan berminat model hybrid? Kabarnya Honda akan mencoba memasukkan new Civic hybrid, lho.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Oke kalau udah ada di bandung nanti gw cek lagi, soalnya SPBU di sekitar daerah gw ada Solar DEX.

Minat sih mobil hybrid, cuma harganya gila >400jt ! New Civic Hybrid emang keren, makin lama diliat modelnya makin keren hehehe ...
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

DigitALL wrote:Solar DEX udah masuk bdg blom ? Mau coba nih.
Ada... di SPBU yang di seberang SPBU Laswi, tau gak?? Kalo dari BSM yang belok kanan ke arah Jl. Riau (sori lupa nama jalannya) adanya di sebelah kiri...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

sorry, tapi minyak tanah Carbonnya ada berapa ya? Solar kan ada 14, seharusnya minyak tanah tuh about 12-13 gitu deh. Tak beda jauh.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours