Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mrx
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Sep 16, 2024 13:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz GE8

Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by mrx »

Selamat malam om semuanya...
izin bertanya om, Jazz GE8 tiba tiba Power Window, Lampu Sen, AC, wiper mati pada saat bersamaan

tadi di bengkel di cek sama mekanik, sikring ngga ada yg putus... ada yg pernah ngalamin om?

makasih sebelumnya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by b0ku »

test pen aja dulu om soket yang pada mati ad listriknya gak kalo gak ada kenungkinan sekring atau wiringnya ud kaput......
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by azu »

masalah kelistrikan gini emang suka ribet, apalagi mobil modern kebanyakan sudah pakai Multiplex dengan BCM yg biasanya gabung dengan fuse & relay box.

ini ada link untuk service manual GE8 om https://www.hondafitjazz.com/manual3/

kalau lihat disitu, fitur2 tersebut semuanya dikontrol oleh Multiplex Integrated Control System (MICS) yg dikendalikan menggunakan Multiplex Integrated Control Unit (MICU) yg digabungkan dengan fusebox interior di bagian bawah sisi pengemudi. ada kemungkinan MICU nya itu yg sudah error juga sih om..
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by b0ku »

azu wrote: Tue Sep 17, 2024 2:28 masalah kelistrikan gini emang suka ribet, apalagi mobil modern kebanyakan sudah pakai Multiplex dengan BCM yg biasanya gabung dengan fuse & relay box.

ini ada link untuk service manual GE8 om https://www.hondafitjazz.com/manual3/

kalau lihat disitu, fitur2 tersebut semuanya dikontrol oleh Multiplex Integrated Control System (MICS) yg dikendalikan menggunakan Multiplex Integrated Control Unit (MICU) yg digabungkan dengan fusebox interior di bagian bawah sisi pengemudi. ada kemungkinan MICU nya itu yg sudah error juga sih om..
saya punya juga eror maticnya suka kedip2x terus di scan yang kena ABS :big_chicken:

belom coba tanya honda si tapi saya malah curiga keknya yang kena fuse box atau kek MCU ini kali jgn2x :big_bored:
mrx
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Sep 16, 2024 13:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz GE8

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by mrx »

b0ku wrote: Mon Sep 16, 2024 22:47 test pen aja dulu om soket yang pada mati ad listriknya gak kalo gak ada kenungkinan sekring atau wiringnya ud kaput......
udah di cek om pake tespen sama montir, sikring nyala semua
mrx
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Sep 16, 2024 13:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz GE8

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by mrx »

azu wrote: Tue Sep 17, 2024 2:28 masalah kelistrikan gini emang suka ribet, apalagi mobil modern kebanyakan sudah pakai Multiplex dengan BCM yg biasanya gabung dengan fuse & relay box.

ini ada link untuk service manual GE8 om https://www.hondafitjazz.com/manual3/

kalau lihat disitu, fitur2 tersebut semuanya dikontrol oleh Multiplex Integrated Control System (MICS) yg dikendalikan menggunakan Multiplex Integrated Control Unit (MICU) yg digabungkan dengan fusebox interior di bagian bawah sisi pengemudi. ada kemungkinan MICU nya itu yg sudah error juga sih om..
sudah di cek sama montir om pake tespen, semua sikring nyala semua...
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by zonepublic »

Wiring harness putus digigit tikus/semut bisa,fuse box gangguan bisa juga tinggal mana yang pernah ditemui
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by azu »

b0ku wrote: Tue Sep 17, 2024 2:47
azu wrote: Tue Sep 17, 2024 2:28 masalah kelistrikan gini emang suka ribet, apalagi mobil modern kebanyakan sudah pakai Multiplex dengan BCM yg biasanya gabung dengan fuse & relay box.

ini ada link untuk service manual GE8 om https://www.hondafitjazz.com/manual3/

kalau lihat disitu, fitur2 tersebut semuanya dikontrol oleh Multiplex Integrated Control System (MICS) yg dikendalikan menggunakan Multiplex Integrated Control Unit (MICU) yg digabungkan dengan fusebox interior di bagian bawah sisi pengemudi. ada kemungkinan MICU nya itu yg sudah error juga sih om..
saya punya juga eror maticnya suka kedip2x terus di scan yang kena ABS :big_chicken:

belom coba tanya honda si tapi saya malah curiga keknya yang kena fuse box atau kek MCU ini kali jgn2x :big_bored:
Kalau transmisi error terus discan kena ABS, tebakan bodoh saya sih masalahnya di speed sensor punya ABS om :mky_01: mungkin antara bacaan speed sensor transmisi dan speed sensor ABS nya ada perbedaan.. CMIIW :big_peace:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by azu »

mrx wrote: Tue Sep 17, 2024 3:00
azu wrote: Tue Sep 17, 2024 2:28 masalah kelistrikan gini emang suka ribet, apalagi mobil modern kebanyakan sudah pakai Multiplex dengan BCM yg biasanya gabung dengan fuse & relay box.

ini ada link untuk service manual GE8 om https://www.hondafitjazz.com/manual3/

kalau lihat disitu, fitur2 tersebut semuanya dikontrol oleh Multiplex Integrated Control System (MICS) yg dikendalikan menggunakan Multiplex Integrated Control Unit (MICU) yg digabungkan dengan fusebox interior di bagian bawah sisi pengemudi. ada kemungkinan MICU nya itu yg sudah error juga sih om..
sudah di cek sama montir om pake tespen, semua sikring nyala semua...
Kalau sikring nyala semua, kemungkinan di perkabelan atau integrated relaynya om. Kalau integrated relay yg kena itu biasanya harus ganti 1 modul MICU nya :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by b0ku »

azu wrote: Tue Sep 17, 2024 4:07
Kalau transmisi error terus discan kena ABS, tebakan bodoh saya sih masalahnya di speed sensor punya ABS om :mky_01: mungkin antara bacaan speed sensor transmisi dan speed sensor ABS nya ada perbedaan.. CMIIW :big_peace:


masalahnya bacaannya low voltage semua :big_think:

di eps pun lowe current artinya arus listriknya yang masalah kan??? :big_think:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by azu »

b0ku wrote: Tue Sep 17, 2024 4:13
azu wrote: Tue Sep 17, 2024 4:07
Kalau transmisi error terus discan kena ABS, tebakan bodoh saya sih masalahnya di speed sensor punya ABS om :mky_01: mungkin antara bacaan speed sensor transmisi dan speed sensor ABS nya ada perbedaan.. CMIIW :big_peace:


masalahnya bacaannya low voltage semua :big_think:

di eps pun lowe current artinya arus listriknya yang masalah kan??? :big_think:
Kondisi aki gimana om?

Kalau pengalaman di mobil lain (bukan merk Honda tapi), muncul error low voltage itu karena kondisi aki yg sudah kurang bagus, sehingga saat start mesin tegangannya turun jauh dari standar dan muncullah error low voltage tersebut.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by b0ku »

azu wrote: Tue Sep 17, 2024 4:39
Kondisi aki gimana om?

Kalau pengalaman di mobil lain (bukan merk Honda tapi), muncul error low voltage itu karena kondisi aki yg sudah kurang bagus, sehingga saat start mesin tegangannya turun jauh dari standar dan muncullah error low voltage tersebut.
keliatan fine2x aja dunia kayak belom kiamat tapi taon ini ud ulang tahun ke 3.............. :ngacir:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by Greenhunter »

b0ku wrote: Tue Sep 17, 2024 5:16
azu wrote: Tue Sep 17, 2024 4:39
Kondisi aki gimana om?

Kalau pengalaman di mobil lain (bukan merk Honda tapi), muncul error low voltage itu karena kondisi aki yg sudah kurang bagus, sehingga saat start mesin tegangannya turun jauh dari standar dan muncullah error low voltage tersebut.
keliatan fine2x aja dunia kayak belom kiamat tapi taon ini ud ulang tahun ke 3.............. :ngacir:
aki udah ulang tahun ke 3 itu kalau manusia udah ulang tahun ke 80, masih hidup, bisa jalan, tapi gak bisa angkat beban dan sewaktu waktu bisa menghadap Tuhan yang maha esa., sebaiknya segera suntik stem cell atau di cloning biar muda lagi
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by b0ku »

Greenhunter wrote: Tue Sep 17, 2024 8:38

aki udah ulang tahun ke 3 itu kalau manusia udah ulang tahun ke 80, masih hidup, bisa jalan, tapi gak bisa angkat beban dan sewaktu waktu bisa menghadap Tuhan yang maha esa., sebaiknya segera suntik stem cell atau di cloning biar muda lagi
tapi kan belom record 4 thn om :ungg:

terakhir score saya 3 tahun 3 bulan di mobil satu lagi :big_childish:

tapi gejala matic aneh ud setaun kemaren om kedip2x di scan gak ada eror cuma pernah sekali kayak nahan gear saya si curiga emang ada modul elektronik yang gak beres :big_think:

nah lucunya belakangan malah normal lagi semuanya kemaren saya iseng cek aja kebetulan dapet kenalan yang megang scanner
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by azu »

Kalau menurut saya sih mending ganti aki ga sampai sejuta daripada modul yg kena, karena pasti lebih mahal harga modul :mky_01:


Pengalaman di Ecosport bokap gara2 aki pernah tekor kena deh itu TCM, untung masih dapet extended warranty kalau ngga keluar duit 12juta buat TCM doang :big_biglaugh:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
mrx
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Sep 16, 2024 13:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz GE8

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by mrx »

azu wrote: Tue Sep 17, 2024 2:28 masalah kelistrikan gini emang suka ribet, apalagi mobil modern kebanyakan sudah pakai Multiplex dengan BCM yg biasanya gabung dengan fuse & relay box.

ini ada link untuk service manual GE8 om https://www.hondafitjazz.com/manual3/

kalau lihat disitu, fitur2 tersebut semuanya dikontrol oleh Multiplex Integrated Control System (MICS) yg dikendalikan menggunakan Multiplex Integrated Control Unit (MICU) yg digabungkan dengan fusebox interior di bagian bawah sisi pengemudi. ada kemungkinan MICU nya itu yg sudah error juga sih om..
nah barusan ane di tlp bengkel, katanya yg rusak BCM nya om yg posisinya dibawah stir...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by b0ku »

mrx wrote: Tue Sep 17, 2024 13:11

nah barusan ane di tlp bengkel, katanya yg rusak BCM nya om yg posisinya dibawah stir...
DAERAH mana om kalo jakarta coba bawa ke tukang service ecu palingan kalo mau murah :big_bored:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by azu »

mrx wrote: Tue Sep 17, 2024 13:11
azu wrote: Tue Sep 17, 2024 2:28 masalah kelistrikan gini emang suka ribet, apalagi mobil modern kebanyakan sudah pakai Multiplex dengan BCM yg biasanya gabung dengan fuse & relay box.

ini ada link untuk service manual GE8 om https://www.hondafitjazz.com/manual3/

kalau lihat disitu, fitur2 tersebut semuanya dikontrol oleh Multiplex Integrated Control System (MICS) yg dikendalikan menggunakan Multiplex Integrated Control Unit (MICU) yg digabungkan dengan fusebox interior di bagian bawah sisi pengemudi. ada kemungkinan MICU nya itu yg sudah error juga sih om..
nah barusan ane di tlp bengkel, katanya yg rusak BCM nya om yg posisinya dibawah stir...
Berarti bener MICU yg kena ya om. Dari bengkelnya udh ada barangnya om? Kalau saya lihat2 di marketplace sih utk yg copotan ex Sing/Japan start dari 2.4jutaan ya, kalau yg baru kayanya lebih mahal :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by henbob »

mrx wrote: Tue Sep 17, 2024 3:00
azu wrote: Tue Sep 17, 2024 2:28 masalah kelistrikan gini emang suka ribet, apalagi mobil modern kebanyakan sudah pakai Multiplex dengan BCM yg biasanya gabung dengan fuse & relay box.

ini ada link untuk service manual GE8 om https://www.hondafitjazz.com/manual3/

kalau lihat disitu, fitur2 tersebut semuanya dikontrol oleh Multiplex Integrated Control System (MICS) yg dikendalikan menggunakan Multiplex Integrated Control Unit (MICU) yg digabungkan dengan fusebox interior di bagian bawah sisi pengemudi. ada kemungkinan MICU nya itu yg sudah error juga sih om..
sudah di cek sama montir om pake tespen, semua sikring nyala semua...
kok diceknya pake tespen om, biasanya pake osiloskop om spy yakin yg rusak dibagian itu.
mrx
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Sep 16, 2024 13:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jazz GE8

Re: Help... 4 komponen Jazz GE8 tiba tiba mati bersamaan

Post by mrx »

Closed om... penyebabnya udah ketahuan, BCM konslet jadi ganti baru om...

sekarang mobil audah normal

terimakasih om2 semua