Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
abis baca mobilmotor edisi terbaru (jan) jadi pengen tau, sebenarnya mobil sedan yg uda termasuk tingkat kebisingan kabinnya rendah itu berDB brapa ya....
wa liat di MM(mobilmotor), sebagai contoh:
Ford Focus :
idle : 47,9 DB
20km/j : 51,3 DB
40 km/j : 59,4 DB
100 km/j : 66,8 DB
Honda Legend 2005
Idle : 52 DB
20 km/j : 55,8 DB
40 km/j : 57,3 DB
100 km/j : 66DB
atas ini wa ambil sbg perbandingan aja antara mobil 240jutaan (ford) dgn Honda 1 milyar
kok tingkat DBnya sama ya? apakah ini sama2 brisik klo pas di tancep 100 km/j? rugi donk beli mahal2 tapi masih tetep brisik....
gimana sebenarnya cara perhitungan tingkat kebisingan kabin itu... sedikit aneh aja wa liat score dbnya antara mobil mahal dan murah bisa di katakan ampir sama
jadi I wonder aja gimana sih cara kita tau klo mobil itu nyaman dan tenang pada saat kita ngebut
(btw wa pake ford ama honda ini cuman sebagai contoh ya, kebetulan halamannya berdampingan aja )
mpoezz wrote:peredam nya mungkin,dan aspal yang di lempel sebagai peredam.
kalo mau yang ngak bunyi katanya maybach saya pernah baca sih 3-4 DB aja di dalam tapi ngak tau abis belum pernah naik sih hehehee.
lalu bising juga bisa di sebabkan oleh ban
wah bung Mpoezz.. info anda salah tuh..
Recording studio yang benar-benar bagus itu sekitar 20 dB-an.. Yang dibawah 10 dB itu adalah Anechoic chamber.. itu ruangan yang dindingnya kayak piramid kecil2 untuk menghilangkan echo..
wah...susah kalo diliahat dari harga...gak selallu yang mahal pasti gak berisik....
seri 3 dan odys , masih senyapan odys....menrut penilaian gua....padahal odys lebih murahkan....
handling wrote:wah...susah kalo diliahat dari harga...gak selallu yang mahal pasti gak berisik....
seri 3 dan odys , masih senyapan odys....menrut penilaian gua....padahal odys lebih murahkan....
yang jelas suara ban itu sangat dominan sekali...
Kalo BMW memang senang "memperdengarkan" deru mesin pak, apalagi model sportnya....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
saya kira mobil HENING adl andalannya premium-brand car.
antara lain BMW, Merc, Audi, Lexus, Acura, dst
meskipun dari jerman sendiri mercy lah yg terkenal paling berat (banyak) peredaman kabinnya diantara BMW dan Audi.
sedangkan merk2 non-premium kaya Toyota Honda dst apalagi yg kelas 100jtan ya jangan diharapkan noisenya rendah sebab: 1. peredaman nyaris tidak ada, adapun sekenanya (yg murah). karena kita tahu peredaman yg baik harganya mahal
dan teknik pembuatannya costly
2. mobil jepang identik plat bodi tipis, nah dari sini juga peredaman itu otomatis berkurang, apalagi apabila
FIREWALLnya tipis dan tidak disertai peredam / peredam yg tipis2 wae, pastinya suara mesin masuk ke kabin.
Honda bilang sih sensasi mobil balap, tp saya bilang mereka cuma pengen menghemat pengeluaran peredam
kabin sehingga profit lebih banyak.
peredaman yg baik adl 1. tebal dan berkualitas sehingga bobot berat
2. material peredaman yg istimewa
3. pelat bodi yg tebal juga significant mengurangi noise (tau khan pintu Mercy E-klasse / BMW seri 5
yg berat dan tebal, hening nian kabin dalamnya)
dari cuplikan di atas saya bisa berpendapat bahwa NOISE MANAGEMENT & DESIGN dari sebuah Ford melalui tipe Focus jauh lebih mutakhir&matang daripada Honda melalui LEGEND nya.
handling wrote:wah...susah kalo diliahat dari harga...gak selallu yang mahal pasti gak berisik....
seri 3 dan odys , masih senyapan odys....menrut penilaian gua....padahal odys lebih murahkan....
yang jelas suara ban itu sangat dominan sekali...
pengalaman saya naik E46 318i&E36 328i dibanding Odyssey Absolute 2.4 CBU adl peredaman kabin masih lebih bagus BMW.
yg digarisbawahi adalah memang suara engine Honda tidak berkarakter seperti deruman khas 6-silinder BMW (yg sengaja dibuat&dirancang menderum halus namun gagah) tapi bunyi deruman pun tidak masuk begitu saja di kabin BMW alias isolasinya bagus juga terdengar dari luar, sedang apabila kita push mesin honda sampai limit maka dijamin suaranya memenuhi kabin.
namun nilai minus terbesar adalah setiap honda rata2 suara ban yg menggerung itu selalu masuk kabin, lain dengan BMW yg suara ban tidak masuk ke kabin.
kalau anda pernah jalan jauh misal jakarta-bali nah pastinya yg bikin jenuh adalah suara ban disepanjang perjalanan, dibanding suara mesin yg menderum halus, bukan?
penyakit honda ini juga MASIH ditemui di Accord, CIVIC, CR-V, jazz, dan City.
Risol1 wrote:mbl yang paling hening yg pernah gw naekkin (nebeng doang) itu 07 Lexus LS......tapi denger2 udah bisa disaingin sama new S class W221
tapi menurut gw terlalu hening juga gak gitu enak ......pengen juga gw denger suara deruan mesin apalagi kalo lagi akselerasi
awalnya sih mbaca2 doang konten Seraya ini tp lama2 gatal jg pengen turut partisipasi...hhhehe
selera orang khan beda2 makanya ada mobil biasa, premium dan sports
kalo masih muda ya rata2 suka sensasi
kalo dah mapan yg biasanya jenuh akan sekala aktivitas yg memeras otak, safety&ketenangan jauh lebih berharga dari segalanya.
wong pulang kantor udah jenuh masih denger deru suara mesin dan ban & macet berjam2nya jakarta dibumbui suara mesin mobil sebelah plus klakson,.... ya tamba stress deh
biar lama asal lengkap, nantinya seraya motor ky kamus berjalan lho.... congrat