Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Malam semua, setelah berbulan" menjadi silent reader dan commenter yang nanya doang beli kagak, kali ini saya akan berusaha untuk give something back to this beautiful community. Dengan me-review belioh bokong tepos pemakaian 7 tahun (with slight modifications)
Here goes nothing
Berawal dari teman yang iseng nanya brio saya dijual ato engga, karena harga bekasnya sudah lumayan menggiurkan di angka 100-120jt an (untuk yang model tepos sperti punya saya). Ternyata walaupun mobil sejuta umat, gak gitu banyak yg aware dengan kelebihan dan kekurangan mobil ini. Cuma taunya brio kecil, irit, sparepart murah. Jadi disini saya akan berusaha membuka aib si kecil ini supaya agan agan yg lgi nyari brio tepos either buat anak nya sekolah / kuliah, buat hadiah "keponakan ", atau bahkan untuk project car
Kondisi sekarang sebenernya super low km, dalam 7 tahun odo saya baru menyentuh 20rb. Karena memang dulu mobil ini dipake kuliah yang cuma 8km dari kosan, dan kerja saya skrg hybrid WFO cuma 3x seminggu, itu pun ada sienta di rumah untuk ganjil genap nya
Negatifnya dulu ya:
Ohiya untuk poin yang saya bold, please take it with a grain of salt karena ad pengaruh kondisi mobil modifan, jadi mungkin utk standar akan berbeda
- Jok tipis banget
Buat nyetir grasak grusuk sih jos, tapi bawa perjalanan jauh diatas 2 jam sudah pasti punggung & pinggang saya sakit wkwkw
- Tidak ada peredaman.
Wong abang gojek disamping saya ngobrol sama penumpangnya aja saya bs denger jelas mereka ngomongin apa
- Non-existent boot space.
Kalau mobil ini mau dipake berpergian nginep bareng keluarga, ngga cocok sih. It can barely fit a few large duffelbags & ransel utk baju, masuk koper medium kayaknya ga muat ya (ga pernah coba jg sih, ud pesimis duluan)
- Bunyi goib.
Gak tau kalau brio standar tapi punya saya masuk ke tahun ke 7 (walaupun dgn kondisi 20rb km) sudah muncul bunyi "klotang klotong" dibawah jok penumpang kalo lewat jalanan gak rata. Ada faktor karena diceperin mungkin jdi more stress on the moving parts? Not sure jg
- Racksteer.
Ini jg mulai bunyi gluduk kalau belokin setir mentok di tahun ke 7, km 18rb an. Mau bilang karena modifan juga tapi apa jgn" brio standar ada yang kena korban jg ya? Karena di bengkel racksteer saya servis kemarin, lucunya diisi honda semua Brio 2 (trmasuk saya), HRV RU, dan City hb
Positifnya:
- Fun on a budget.
Menurut saya ini mobil dalam kondisi standar pun udh enak sih buat sruntulan stop and go. Cocok utk anak kuliahan mengarungi macet ibukota. Utk highway trip eeehh maybe not so much, standar mentok 145kph, road noise tiada lawan, dan short wheelbase nya membuat ride comfort agak ajrut-ajrutan
- Di modif gampang banget.
See that first point of fun on a budget? Modif lah sedikit aja, and you can multiply the fun factor by 2-3x. Settingan saya skrg full system exhaust, remap ecu & tcu RON 95 di speedcraft, coilover, ban 195/55 r15 gtx pro. Not much but it never fails to put a smile on my stupid face. Buat belok" super nurut, it's like driving a go kart. Untuk tenaga udh lumayan banget 0-100 (on speedo) skitar 11 detikan besar & top speed di 185. bisa lah buat tempelin hrv & kebo diesel standard
- Irit (sort of).
Tergantung IPK kaki anda, mobil ini bisa sangat irit. Dalam kondisi modifan saya, di dalkot masih dpt 1/12 an dengan rute macet kantor melalui bunderan HI (Sbg perbandingan, sienta saya 1/8 - 1/9), dan kalo bawa luar kota bs dapet 1/18-1/20 an. Not amazing by today's 1.200cc standard, tpi bole la buat mobil cepek tiau doang
- Very beginner friendly.
Recommended bgt buat yg baru belajar nyetir & punya mobil. Dimensi nya yang kecil bikin gampang diprediksi belok belok nya, tenaga gk malu-malu in jdi mau nyalip pede, dan kalo amit amit nyenggol sesuatu, benerin nya murah wkwkwk. Sparepart nya juga sangat amat terjangkau jdi buat yg baru pertama beli mobil, harusnya ga terlalu kaget ya pelihara brio. Saya on average per tahun total keluar 1.5jt an , ganti oli & filter oli, filter udara (kalo perlu) & filter kabin (kalo perlu). Itu budget bengkak karena pake oli motul 0w 20. Kalau mau pake yg oli eco-eco an saya yakin banget bs dibawah 1jt
Mungkin sekian dulu short reviewnya, maaf kalau ada salah kata berhubung ini pertama kali saya ngepost hehehe. Tadinya mau share foto si kecil saya, cuma masih newbie jdi gak ngerti cara attach image. Menyusul yah nanti
Thanks dan selamat malam semuanya
Here goes nothing
Berawal dari teman yang iseng nanya brio saya dijual ato engga, karena harga bekasnya sudah lumayan menggiurkan di angka 100-120jt an (untuk yang model tepos sperti punya saya). Ternyata walaupun mobil sejuta umat, gak gitu banyak yg aware dengan kelebihan dan kekurangan mobil ini. Cuma taunya brio kecil, irit, sparepart murah. Jadi disini saya akan berusaha membuka aib si kecil ini supaya agan agan yg lgi nyari brio tepos either buat anak nya sekolah / kuliah, buat hadiah "keponakan ", atau bahkan untuk project car
Kondisi sekarang sebenernya super low km, dalam 7 tahun odo saya baru menyentuh 20rb. Karena memang dulu mobil ini dipake kuliah yang cuma 8km dari kosan, dan kerja saya skrg hybrid WFO cuma 3x seminggu, itu pun ada sienta di rumah untuk ganjil genap nya
Negatifnya dulu ya:
Ohiya untuk poin yang saya bold, please take it with a grain of salt karena ad pengaruh kondisi mobil modifan, jadi mungkin utk standar akan berbeda
- Jok tipis banget
Buat nyetir grasak grusuk sih jos, tapi bawa perjalanan jauh diatas 2 jam sudah pasti punggung & pinggang saya sakit wkwkw
- Tidak ada peredaman.
Wong abang gojek disamping saya ngobrol sama penumpangnya aja saya bs denger jelas mereka ngomongin apa
- Non-existent boot space.
Kalau mobil ini mau dipake berpergian nginep bareng keluarga, ngga cocok sih. It can barely fit a few large duffelbags & ransel utk baju, masuk koper medium kayaknya ga muat ya (ga pernah coba jg sih, ud pesimis duluan)
- Bunyi goib.
Gak tau kalau brio standar tapi punya saya masuk ke tahun ke 7 (walaupun dgn kondisi 20rb km) sudah muncul bunyi "klotang klotong" dibawah jok penumpang kalo lewat jalanan gak rata. Ada faktor karena diceperin mungkin jdi more stress on the moving parts? Not sure jg
- Racksteer.
Ini jg mulai bunyi gluduk kalau belokin setir mentok di tahun ke 7, km 18rb an. Mau bilang karena modifan juga tapi apa jgn" brio standar ada yang kena korban jg ya? Karena di bengkel racksteer saya servis kemarin, lucunya diisi honda semua Brio 2 (trmasuk saya), HRV RU, dan City hb
Positifnya:
- Fun on a budget.
Menurut saya ini mobil dalam kondisi standar pun udh enak sih buat sruntulan stop and go. Cocok utk anak kuliahan mengarungi macet ibukota. Utk highway trip eeehh maybe not so much, standar mentok 145kph, road noise tiada lawan, dan short wheelbase nya membuat ride comfort agak ajrut-ajrutan
- Di modif gampang banget.
See that first point of fun on a budget? Modif lah sedikit aja, and you can multiply the fun factor by 2-3x. Settingan saya skrg full system exhaust, remap ecu & tcu RON 95 di speedcraft, coilover, ban 195/55 r15 gtx pro. Not much but it never fails to put a smile on my stupid face. Buat belok" super nurut, it's like driving a go kart. Untuk tenaga udh lumayan banget 0-100 (on speedo) skitar 11 detikan besar & top speed di 185. bisa lah buat tempelin hrv & kebo diesel standard
- Irit (sort of).
Tergantung IPK kaki anda, mobil ini bisa sangat irit. Dalam kondisi modifan saya, di dalkot masih dpt 1/12 an dengan rute macet kantor melalui bunderan HI (Sbg perbandingan, sienta saya 1/8 - 1/9), dan kalo bawa luar kota bs dapet 1/18-1/20 an. Not amazing by today's 1.200cc standard, tpi bole la buat mobil cepek tiau doang
- Very beginner friendly.
Recommended bgt buat yg baru belajar nyetir & punya mobil. Dimensi nya yang kecil bikin gampang diprediksi belok belok nya, tenaga gk malu-malu in jdi mau nyalip pede, dan kalo amit amit nyenggol sesuatu, benerin nya murah wkwkwk. Sparepart nya juga sangat amat terjangkau jdi buat yg baru pertama beli mobil, harusnya ga terlalu kaget ya pelihara brio. Saya on average per tahun total keluar 1.5jt an , ganti oli & filter oli, filter udara (kalo perlu) & filter kabin (kalo perlu). Itu budget bengkak karena pake oli motul 0w 20. Kalau mau pake yg oli eco-eco an saya yakin banget bs dibawah 1jt
Mungkin sekian dulu short reviewnya, maaf kalau ada salah kata berhubung ini pertama kali saya ngepost hehehe. Tadinya mau share foto si kecil saya, cuma masih newbie jdi gak ngerti cara attach image. Menyusul yah nanti
Thanks dan selamat malam semuanya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
ni mobil bikin kangen sih..
mobil yang paling sering saya gaspol di jorr2 pik, bukan karena kenceng.. Mungkin karena saking berisiknya jadi berasa adrenalin..
plus kenangan sensasi kickdown yang mungkin bakal jadi mobil geared AT terakhir saya..
karena mayoritas mobil "terjangkau" sudah jadi cvt dan e-e an
Despite.. bagasi kecil, jedaaakkkkk kena lobang, berisik, belakang sempit, di pepet orang terus, gigi 1-2 jedat jedut kalo macet..
Tapi Fun, irit, murah, bikin senyum kalo ganti aki, ganti ban, isi bensin, bayar pajek, murah lah.
at least tier LCGC yang masih punya karakter.
mobil yang paling sering saya gaspol di jorr2 pik, bukan karena kenceng.. Mungkin karena saking berisiknya jadi berasa adrenalin..
plus kenangan sensasi kickdown yang mungkin bakal jadi mobil geared AT terakhir saya..
karena mayoritas mobil "terjangkau" sudah jadi cvt dan e-e an
Despite.. bagasi kecil, jedaaakkkkk kena lobang, berisik, belakang sempit, di pepet orang terus, gigi 1-2 jedat jedut kalo macet..
Tapi Fun, irit, murah, bikin senyum kalo ganti aki, ganti ban, isi bensin, bayar pajek, murah lah.
at least tier LCGC yang masih punya karakter.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Klo EPS (electric power steering), kunci awet: belokin setir jangan sampai mentok.zylo14 wrote: ↑Mon Mar 25, 2024 14:54 Malam semua, setelah berbulan" menjadi silent reader dan commenter yang nanya doang beli kagak, kali ini saya akan berusaha untuk give something back to this beautiful community. Dengan me-review belioh bokong tepos pemakaian 7 tahun (with slight modifications)
Here goes nothing
Berawal dari teman yang iseng nanya brio saya dijual ato engga, karena harga bekasnya sudah lumayan menggiurkan di angka 100-120jt an (untuk yang model tepos sperti punya saya). Ternyata walaupun mobil sejuta umat, gak gitu banyak yg aware dengan kelebihan dan kekurangan mobil ini. Cuma taunya brio kecil, irit, sparepart murah. Jadi disini saya akan berusaha membuka aib si kecil ini supaya agan agan yg lgi nyari brio tepos either buat anak nya sekolah / kuliah, buat hadiah "keponakan ", atau bahkan untuk project car
Kondisi sekarang sebenernya super low km, dalam 7 tahun odo saya baru menyentuh 20rb. Karena memang dulu mobil ini dipake kuliah yang cuma 8km dari kosan, dan kerja saya skrg hybrid WFO cuma 3x seminggu, itu pun ada sienta di rumah untuk ganjil genap nya
Negatifnya dulu ya:
Ohiya untuk poin yang saya bold, please take it with a grain of salt karena ad pengaruh kondisi mobil modifan, jadi mungkin utk standar akan berbeda
- Jok tipis banget
Buat nyetir grasak grusuk sih jos, tapi bawa perjalanan jauh diatas 2 jam sudah pasti punggung & pinggang saya sakit wkwkw
- Tidak ada peredaman.
Wong abang gojek disamping saya ngobrol sama penumpangnya aja saya bs denger jelas mereka ngomongin apa
- Non-existent boot space.
Kalau mobil ini mau dipake berpergian nginep bareng keluarga, ngga cocok sih. It can barely fit a few large duffelbags & ransel utk baju, masuk koper medium kayaknya ga muat ya (ga pernah coba jg sih, ud pesimis duluan)
- Bunyi goib.
Gak tau kalau brio standar tapi punya saya masuk ke tahun ke 7 (walaupun dgn kondisi 20rb km) sudah muncul bunyi "klotang klotong" dibawah jok penumpang kalo lewat jalanan gak rata. Ada faktor karena diceperin mungkin jdi more stress on the moving parts? Not sure jg
- Racksteer.
Ini jg mulai bunyi gluduk kalau belokin setir mentok di tahun ke 7, km 18rb an. Mau bilang karena modifan juga tapi apa jgn" brio standar ada yang kena korban jg ya? Karena di bengkel racksteer saya servis kemarin, lucunya diisi honda semua Brio 2 (trmasuk saya), HRV RU, dan City hb
Positifnya:
- Fun on a budget.
Menurut saya ini mobil dalam kondisi standar pun udh enak sih buat sruntulan stop and go. Cocok utk anak kuliahan mengarungi macet ibukota. Utk highway trip eeehh maybe not so much, standar mentok 145kph, road noise tiada lawan, dan short wheelbase nya membuat ride comfort agak ajrut-ajrutan
- Di modif gampang banget.
See that first point of fun on a budget? Modif lah sedikit aja, and you can multiply the fun factor by 2-3x. Settingan saya skrg full system exhaust, remap ecu & tcu RON 95 di speedcraft, coilover, ban 195/55 r15 gtx pro. Not much but it never fails to put a smile on my stupid face. Buat belok" super nurut, it's like driving a go kart. Untuk tenaga udh lumayan banget 0-100 (on speedo) skitar 11 detikan besar & top speed di 185. bisa lah buat tempelin hrv & kebo diesel standard
- Irit (sort of).
Tergantung IPK kaki anda, mobil ini bisa sangat irit. Dalam kondisi modifan saya, di dalkot masih dpt 1/12 an dengan rute macet kantor melalui bunderan HI (Sbg perbandingan, sienta saya 1/8 - 1/9), dan kalo bawa luar kota bs dapet 1/18-1/20 an. Not amazing by today's 1.200cc standard, tpi bole la buat mobil cepek tiau doang
- Very beginner friendly.
Recommended bgt buat yg baru belajar nyetir & punya mobil. Dimensi nya yang kecil bikin gampang diprediksi belok belok nya, tenaga gk malu-malu in jdi mau nyalip pede, dan kalo amit amit nyenggol sesuatu, benerin nya murah wkwkwk. Sparepart nya juga sangat amat terjangkau jdi buat yg baru pertama beli mobil, harusnya ga terlalu kaget ya pelihara brio. Saya on average per tahun total keluar 1.5jt an , ganti oli & filter oli, filter udara (kalo perlu) & filter kabin (kalo perlu). Itu budget bengkak karena pake oli motul 0w 20. Kalau mau pake yg oli eco-eco an saya yakin banget bs dibawah 1jt
Mungkin sekian dulu short reviewnya, maaf kalau ada salah kata berhubung ini pertama kali saya ngepost hehehe. Tadinya mau share foto si kecil saya, cuma masih newbie jdi gak ngerti cara attach image. Menyusul yah nanti
Thanks dan selamat malam semuanya
Klo dah mentok sampai bunyi "dug", balikin lagi dikitt.
Saya selama miara city car ber EPS, Alhamdulillah belum pernah ngalamin EPS atau rekstir bunyi.
Kelemahan rekstir EPS kurang lebih gtu.
Beda sm Power steering hidrolis, itu robust banget.
Tp sekarang krn serba cost efficient dan fuel efficient, semua dibuat electric
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 764
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
mungkin bukan tidak aware dengan kekurangan brio tapi memang tidak ada pilihan sih untuk mobil tahun segitu harga segitu,hal itu juga yang bikin harganya awet
jok tipis?masih mending kok joknya dibanding brio satya generasi selanjutnya yang meskipun bentuknya sama2 pocong&kelihatan tebal tapi begitu diduduki langsung kempes
yang bikin racksteer cepet bunyi kalo ga salah,ukuran ban yg anda pakai terlalu besar,seingat saya brio pantat tepos standarnya cuma lebar tapak 165/175 deh,anda naikin tapak sampe 195 cm dengan cheapy partnya brio ya kalah racksteernya,suzuki swift gt/st yg built up jepang aja yg bawaan bannya udah lebar tapak 195 juga sering kena racksteernya
jok tipis?masih mending kok joknya dibanding brio satya generasi selanjutnya yang meskipun bentuknya sama2 pocong&kelihatan tebal tapi begitu diduduki langsung kempes
yang bikin racksteer cepet bunyi kalo ga salah,ukuran ban yg anda pakai terlalu besar,seingat saya brio pantat tepos standarnya cuma lebar tapak 165/175 deh,anda naikin tapak sampe 195 cm dengan cheapy partnya brio ya kalah racksteernya,suzuki swift gt/st yg built up jepang aja yg bawaan bannya udah lebar tapak 195 juga sering kena racksteernya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2785
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Brio geared AT brarti yg pake mesin 1.3 dong om?epinjose wrote: ↑Mon Mar 25, 2024 15:17 ni mobil bikin kangen sih..
mobil yang paling sering saya gaspol di jorr2 pik, bukan karena kenceng.. Mungkin karena saking berisiknya jadi berasa adrenalin..
plus kenangan sensasi kickdown yang mungkin bakal jadi mobil geared AT terakhir saya..
karena mayoritas mobil "terjangkau" sudah jadi cvt dan e-e an
Itu barang langka kann.. masih CBU thai jg seinget ane
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
beuh mobil yang sekennya nahan banget dan gampang jualnya wkwk
dibilang banyak minusnya, tapi kok ya big 5 terus penjualannya
nice om ... sempet kena radiator fan mati? racksteer wajar kena om, apalagi lowered
punya saya odo read di 60-an rb aman sih, all standard (ukuran ban, velg, etc), apalagi saya nyetirnya juga tipikal yg pelan - pelan sampe orang lain kadang ga sabar nyusul saya bahahaha
tapi yg M/T ratio nya kasar bener, di 100 kpj, 5th gear bisa 3000-an rpm, that's why akselerasinya mantap kali ya
sementara yg CVT nya di 100 kpj, sekitar 2000-an rpm
sempet miara yg Brio Satya 2nd gen, jauh lebih manusiawi bagasinya jauh
rasanya juga lebih empuk dari 1st gen .. ya serba murah sih, pajak 2.7 jt, cocok buat 1st car banget
servis / repair cost nya juga masih make sense buat saya
dibilang banyak minusnya, tapi kok ya big 5 terus penjualannya
nice om ... sempet kena radiator fan mati? racksteer wajar kena om, apalagi lowered
punya saya odo read di 60-an rb aman sih, all standard (ukuran ban, velg, etc), apalagi saya nyetirnya juga tipikal yg pelan - pelan sampe orang lain kadang ga sabar nyusul saya bahahaha
tapi yg M/T ratio nya kasar bener, di 100 kpj, 5th gear bisa 3000-an rpm, that's why akselerasinya mantap kali ya
sementara yg CVT nya di 100 kpj, sekitar 2000-an rpm
sempet miara yg Brio Satya 2nd gen, jauh lebih manusiawi bagasinya jauh
rasanya juga lebih empuk dari 1st gen .. ya serba murah sih, pajak 2.7 jt, cocok buat 1st car banget
servis / repair cost nya juga masih make sense buat saya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
1.2 om, ckd 2015 masi dapet 5AT..KielConstantine wrote: ↑Mon Mar 25, 2024 18:37
Brio geared AT brarti yg pake mesin 1.3 dong om?
Itu barang langka kann.. masih CBU thai jg seinget ane
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
nice review om. brio yg model lama emg desainnya masih cukup enak dilihat walaupun udh berumur diatas 5 tahun. diluar bagasinya yg emg sempit, mobil ini paling fun to drive + punya handling dan tarikan yg paling bagus dikelasnya jg hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
sbenernya kl inget betapa ampasnya lawan macem ayla dan agya itu naik beriok emang kayak beda 1 kelas kek bawa jazz tapi versi short pdhl bawa jazz aja dah kayak lalat.
cm kalo dihajar hajarin emang kuat si duo astra. tp as a proper car beriok jauh lebih enak. harganya lbh mahal jadi justified walaupun kaleng rombeng tp kelas ini yah kaleng rombeng semua jg.
perna di titipin 2 2nya kebetulan manual semua. manualnya duo astra ga enak.
rekstir? miara econobox front wheel drive di wakandah itu udah takdir rekstir jadi sering rusak tinggal kapannya walahualam aja pasien paling langganan yah susuki dan honda wkwkwkkwkw. yang mana 2 pabrikan ini jg bikin mobil kecil yg naikannya oke jadi ya dinikmati saja om
jalanan di negara kite tuh emang yg awet cuma innova dan avanza tp yah naikannya begitu.
cm kalo dihajar hajarin emang kuat si duo astra. tp as a proper car beriok jauh lebih enak. harganya lbh mahal jadi justified walaupun kaleng rombeng tp kelas ini yah kaleng rombeng semua jg.
perna di titipin 2 2nya kebetulan manual semua. manualnya duo astra ga enak.
rekstir? miara econobox front wheel drive di wakandah itu udah takdir rekstir jadi sering rusak tinggal kapannya walahualam aja pasien paling langganan yah susuki dan honda wkwkwkkwkw. yang mana 2 pabrikan ini jg bikin mobil kecil yg naikannya oke jadi ya dinikmati saja om
jalanan di negara kite tuh emang yg awet cuma innova dan avanza tp yah naikannya begitu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
ada TnCChZ wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 3:39 sbenernya kl inget betapa ampasnya lawan macem ayla dan agya itu naik beriok emang kayak beda 1 kelas kek bawa jazz tapi versi short pdhl bawa jazz aja dah kayak lalat.
cm kalo dihajar hajarin emang kuat si duo astra. tp as a proper car beriok jauh lebih enak. harganya lbh mahal jadi justified walaupun kaleng rombeng tp kelas ini yah kaleng rombeng semua jg.
perna di titipin 2 2nya kebetulan manual semua. manualnya duo astra ga enak.
rekstir? miara econobox front wheel drive di wakandah itu udah takdir rekstir jadi sering rusak tinggal kapannya walahualam aja pasien paling langganan yah susuki dan honda wkwkwkkwkw. yang mana 2 pabrikan ini jg bikin mobil kecil yg naikannya oke jadi ya dinikmati saja om
jalanan di negara kite tuh emang yg awet cuma innova dan avanza tp yah naikannya begitu.
- Erwedeh semi ladder / ladder frame yaa
- Ipah Ledder frame masih power steering hidrolis, makin2 deh badak nya
Klo versi Fwd nya, ya let see bbrp tahun ke depan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
- Location: Bogor
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
ya konstruksi ipah itu emang mobil pick up sih. sasis truck, kaki kaki solid axle ala pick-up 4x4.Suryaputra wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 4:01 ada TnC
- Erwedeh semi ladder / ladder frame yaa
- Ipah Ledder frame masih power steering hidrolis, makin2 deh badak nya
Klo versi Fwd nya, ya let see bbrp tahun ke depan
jd kasarannya yg bisa awet di wakandah itu adalah truck
bahkan toyota yang van saja tidak awet ancur tuh durability van van toyota di sini.
Last edited by ChZ on Tue Mar 26, 2024 4:19, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
hahahaha.ChZ wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 4:18ya konstruksi ipah itu emang mobil pick up sih. sasis truck, kaki kaki solid axle ala pick-up 4x4.Suryaputra wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 4:01 ada TnC
- Erwedeh semi ladder / ladder frame yaa
- Ipah Ledder frame masih power steering hidrolis, makin2 deh badak nya
Klo versi Fwd nya, ya let see bbrp tahun ke depan
jd kasarannya yg bisa awet di wakandah itu adalah truck
Truck berbaju Mobil Keluarga
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 349
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...cengki308 wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
tp yg proven rawatannya plg gampang emang si brio sehh. paket lengkap miara brio ini gampang modip sekaligus gampang rawat. efek samping dari salam satu dasbor salam satu mesin. palagi tuh L12B masih dipake ampe skrg.fansdiesel wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 6:44
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...
gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
- Location: Bogor
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Kayanya ga mau di jual sih, kalo istri mau ganti mobil, brio tetep di simpen buat maenan saya wkwk, demen sama bentuk setrikaannyafansdiesel wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 6:44beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...cengki308 wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Nah ini kesalahan dulu, brhubung mobil pertama ane, dulu pas baru belajar kalo muter setir udh ky sopir angkot suka sampe mentok wkwk. Mungkin karena itu jg kali yaSuryaputra wrote: ↑Mon Mar 25, 2024 15:31
Klo EPS (electric power steering), kunci awet: belokin setir jangan sampai mentok.
Klo dah mentok sampai bunyi "dug", balikin lagi dikitt.
Saya selama miara city car ber EPS, Alhamdulillah belum pernah ngalamin EPS atau rekstir bunyi.
Kelemahan rekstir EPS kurang lebih gtu.
Beda sm Power steering hidrolis, itu robust banget.
Tp sekarang krn serba cost efficient dan fuel efficient, semua dibuat electric
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
iyap betul om aslinya 175/65 r14, cuma semenjak pernah understeer pas belok 140kph, saya langsung tobat dan lebarin ban wkwk. belok pake 195/55 r15 speed berapapun pede (mungkin karena grip ban nya melebihi kemampuan mesin 1.200cc nyazonepublic wrote: ↑Mon Mar 25, 2024 18:05 mungkin bukan tidak aware dengan kekurangan brio tapi memang tidak ada pilihan sih untuk mobil tahun segitu harga segitu,hal itu juga yang bikin harganya awet
jok tipis?masih mending kok joknya dibanding brio satya generasi selanjutnya yang meskipun bentuknya sama2 pocong&kelihatan tebal tapi begitu diduduki langsung kempes
yang bikin racksteer cepet bunyi kalo ga salah,ukuran ban yg anda pakai terlalu besar,seingat saya brio pantat tepos standarnya cuma lebar tapak 165/175 deh,anda naikin tapak sampe 195 cm dengan cheapy partnya brio ya kalah racksteernya,suzuki swift gt/st yg built up jepang aja yg bawaan bannya udah lebar tapak 195 juga sering kena racksteernya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
ga prnah kena mslh fan sih om *knock on wood*, ini dari awal beli ga pernah servis radiator. coolant kykny baru flush skali itu jg krna gabut wkwkwIbet wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 1:35 beuh mobil yang sekennya nahan banget dan gampang jualnya wkwk
dibilang banyak minusnya, tapi kok ya big 5 terus penjualannya
nice om ... sempet kena radiator fan mati? racksteer wajar kena om, apalagi lowered
punya saya odo read di 60-an rb aman sih, all standard (ukuran ban, velg, etc), apalagi saya nyetirnya juga tipikal yg pelan - pelan sampe orang lain kadang ga sabar nyusul saya bahahaha
tapi yg M/T ratio nya kasar bener, di 100 kpj, 5th gear bisa 3000-an rpm, that's why akselerasinya mantap kali ya
sementara yg CVT nya di 100 kpj, sekitar 2000-an rpm
sempet miara yg Brio Satya 2nd gen, jauh lebih manusiawi bagasinya jauh
rasanya juga lebih empuk dari 1st gen .. ya serba murah sih, pajak 2.7 jt, cocok buat 1st car banget
servis / repair cost nya juga masih make sense buat saya
mungkin karena 4 tahun pertama mobil ini tuh saya pake utk kuliah di daerah jatinangor yang kalo malam itu super adem. gak se laknat panas nya jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
saya 2017 ambil 155, trkhir februari 2024 ad temen nawar 135. tapi masih sayang buat dilepasfansdiesel wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 6:44beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...cengki308 wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli
(alesan aja pdhl blm ad duit buat ganti mobil lagi)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Untuk list part yang sudah ganti + routine maintenance selama pemakaian 7 tahun 20rb km:
*3 tahun pertama saya exclude karena gratis servis & part wktu itu. Jadi list ini hanya utk tahun ke 4 - 7
- Filter oli tiap 6 bulan: Masih beli ori honda skitar 50rb an per filter
4 tahun x 2 x 50rb = 400.000
- Filter udara dulu ganti tiap tahun. 2 tahun pertama ori honda 150rb an, sekarang pakai filter apex 250rb lifetime till die
2 tahun x 150rb = 300.000
Apex 250rb = 250.000
- Filter kabin ganti tiap tahun. Pakai denso 50rb an
4 tahun x 50rb = 200.000
- Oli motul 0w 20 Ganti tiap 6 bulan
4 tahun x 2 x 550rb = 4.400.000
- Oli cvt aisin Ganti tiap 2 tahun
4 tahun x 1/2 x 450rb = 900.000
Yah in total 4 tahun kurleb biaya nya Rp 6.450.000. About 1.600.000 per tahun nya, pretty cheap and can be A LOT cheaper kalau oli mesin & cvt nya di downgrade. Cuma saya ngga tega aja wkwk
Servis racksteer di vonis 1jt tapi belum saya eksekusi. Jdi blm di include
Ganti ban gak saya include karena itu dulu ganti utk modif naik velg ring 15, bukan karena butuh. Tapi kurleb skitar 2.500.000 utk champiro gtx pro
Ganti busi ke ngk iridium IX jg ngga saya itung hehehe
Jadi kesimpulannya, 7 tahun blm ad part yang rusak & butuh diganti? Yes. Belum. Paling cm racksteer yang mulai gludak gluduk di tahun ke 7, tpi karena bunyi nya masih jarang jarang, blm saya eksekusi
Semoga bisa menjadi acuan
*3 tahun pertama saya exclude karena gratis servis & part wktu itu. Jadi list ini hanya utk tahun ke 4 - 7
- Filter oli tiap 6 bulan: Masih beli ori honda skitar 50rb an per filter
4 tahun x 2 x 50rb = 400.000
- Filter udara dulu ganti tiap tahun. 2 tahun pertama ori honda 150rb an, sekarang pakai filter apex 250rb lifetime till die
2 tahun x 150rb = 300.000
Apex 250rb = 250.000
- Filter kabin ganti tiap tahun. Pakai denso 50rb an
4 tahun x 50rb = 200.000
- Oli motul 0w 20 Ganti tiap 6 bulan
4 tahun x 2 x 550rb = 4.400.000
- Oli cvt aisin Ganti tiap 2 tahun
4 tahun x 1/2 x 450rb = 900.000
Yah in total 4 tahun kurleb biaya nya Rp 6.450.000. About 1.600.000 per tahun nya, pretty cheap and can be A LOT cheaper kalau oli mesin & cvt nya di downgrade. Cuma saya ngga tega aja wkwk
Servis racksteer di vonis 1jt tapi belum saya eksekusi. Jdi blm di include
Ganti ban gak saya include karena itu dulu ganti utk modif naik velg ring 15, bukan karena butuh. Tapi kurleb skitar 2.500.000 utk champiro gtx pro
Ganti busi ke ngk iridium IX jg ngga saya itung hehehe
Jadi kesimpulannya, 7 tahun blm ad part yang rusak & butuh diganti? Yes. Belum. Paling cm racksteer yang mulai gludak gluduk di tahun ke 7, tpi karena bunyi nya masih jarang jarang, blm saya eksekusi
Semoga bisa menjadi acuan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 177
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Brio E CVT 2017 di rumah, sekarang sdh lewat 110k km.
Di sekitar 50k ganti karet support shock depan dan tie rod.
Di 100k ganti karet support, tie rod lagi, dan shock breaker depan
Di 110k ganti steering rack.
Yg sering ganti malah ban, sdh 3 set. Terakhir naik ke 175/70, supaya ground clearance lebih tinggi. Lumayan mengurangi gesekan kalau lewat jalan yang curam, plus suara ban sedikit turun.
Full pertalite sampai ngelitik di 90k, kemudian treatment pakai pertamax dan valve & injector cleaner berkali-kali, sekarang sdh membaik.
Herannya, dibanding ladder frame, Brio ini setirnya sangat anteng. Lurus, ngga narik kiri kanan, meskipun kondisi kaki sedang kurang sehat.
Sedang si ladder, kalau kena spooring yang geser dikit aja langsung lari...
Di sekitar 50k ganti karet support shock depan dan tie rod.
Di 100k ganti karet support, tie rod lagi, dan shock breaker depan
Di 110k ganti steering rack.
Yg sering ganti malah ban, sdh 3 set. Terakhir naik ke 175/70, supaya ground clearance lebih tinggi. Lumayan mengurangi gesekan kalau lewat jalan yang curam, plus suara ban sedikit turun.
Full pertalite sampai ngelitik di 90k, kemudian treatment pakai pertamax dan valve & injector cleaner berkali-kali, sekarang sdh membaik.
Herannya, dibanding ladder frame, Brio ini setirnya sangat anteng. Lurus, ngga narik kiri kanan, meskipun kondisi kaki sedang kurang sehat.
Sedang si ladder, kalau kena spooring yang geser dikit aja langsung lari...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Wah ud bnyk jg ya om jajan kaki-kaki.sapifr22 wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 15:02 Brio E CVT 2017 di rumah, sekarang sdh lewat 110k km.
Di sekitar 50k ganti karet support shock depan dan tie rod.
Di 100k ganti karet support, tie rod lagi, dan shock breaker depan
Di 110k ganti steering rack.
Yg sering ganti malah ban, sdh 3 set. Terakhir naik ke 175/70, supaya ground clearance lebih tinggi. Lumayan mengurangi gesekan kalau lewat jalan yang curam, plus suara ban sedikit turun.
Full pertalite sampai ngelitik di 90k, kemudian treatment pakai pertamax dan valve & injector cleaner berkali-kali, sekarang sdh membaik.
Herannya, dibanding ladder frame, Brio ini setirnya sangat anteng. Lurus, ngga narik kiri kanan, meskipun kondisi kaki sedang kurang sehat.
Sedang si ladder, kalau kena spooring yang geser dikit aja langsung lari...
Sering ganti ban nya kenapa om? Karena ud mulai botak atau karena emg pgn ganti aja?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
cakep ni.. brio pake OEM nya GE/GK. Pilar blackout.cengki308 wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support