Here goes nothing
Berawal dari teman yang iseng nanya brio saya dijual ato engga, karena harga bekasnya sudah lumayan menggiurkan di angka 100-120jt an (untuk yang model tepos sperti punya saya). Ternyata walaupun mobil sejuta umat, gak gitu banyak yg aware dengan kelebihan dan kekurangan mobil ini. Cuma taunya brio kecil, irit, sparepart murah. Jadi disini saya akan berusaha membuka aib si kecil ini supaya agan agan yg lgi nyari brio tepos either buat anak nya sekolah / kuliah, buat hadiah "keponakan

Kondisi sekarang sebenernya super low km, dalam 7 tahun odo saya baru menyentuh 20rb. Karena memang dulu mobil ini dipake kuliah yang cuma 8km dari kosan, dan kerja saya skrg hybrid WFO cuma 3x seminggu, itu pun ada sienta di rumah untuk ganjil genap nya
Negatifnya dulu ya:
Ohiya untuk poin yang saya bold, please take it with a grain of salt karena ad pengaruh kondisi mobil modifan, jadi mungkin utk standar akan berbeda
- Jok tipis banget
Buat nyetir grasak grusuk sih jos, tapi bawa perjalanan jauh diatas 2 jam sudah pasti punggung & pinggang saya sakit wkwkw
- Tidak ada peredaman.
Wong abang gojek disamping saya ngobrol sama penumpangnya aja saya bs denger jelas mereka ngomongin apa
- Non-existent boot space.
Kalau mobil ini mau dipake berpergian nginep bareng keluarga, ngga cocok sih. It can barely fit a few large duffelbags & ransel utk baju, masuk koper medium kayaknya ga muat ya (ga pernah coba jg sih, ud pesimis duluan)
- Bunyi goib.
Gak tau kalau brio standar tapi punya saya masuk ke tahun ke 7 (walaupun dgn kondisi 20rb km) sudah muncul bunyi "klotang klotong" dibawah jok penumpang kalo lewat jalanan gak rata. Ada faktor karena diceperin mungkin jdi more stress on the moving parts? Not sure jg
- Racksteer.
Ini jg mulai bunyi gluduk kalau belokin setir mentok di tahun ke 7, km 18rb an. Mau bilang karena modifan juga tapi apa jgn" brio standar ada yang kena korban jg ya? Karena di bengkel racksteer saya servis kemarin, lucunya diisi honda semua

Positifnya:
- Fun on a budget.
Menurut saya ini mobil dalam kondisi standar pun udh enak sih buat sruntulan stop and go. Cocok utk anak kuliahan mengarungi macet ibukota. Utk highway trip eeehh maybe not so much, standar mentok 145kph, road noise tiada lawan, dan short wheelbase nya membuat ride comfort agak ajrut-ajrutan
- Di modif gampang banget.
See that first point of fun on a budget? Modif lah sedikit aja, and you can multiply the fun factor by 2-3x. Settingan saya skrg full system exhaust, remap ecu & tcu RON 95 di speedcraft, coilover, ban 195/55 r15 gtx pro. Not much but it never fails to put a smile on my stupid face. Buat belok" super nurut, it's like driving a go kart. Untuk tenaga udh lumayan banget 0-100 (on speedo) skitar 11 detikan besar & top speed di 185. bisa lah buat tempelin hrv & kebo diesel standard

- Irit (sort of).
Tergantung IPK kaki anda, mobil ini bisa sangat irit. Dalam kondisi modifan saya, di dalkot masih dpt 1/12 an dengan rute macet kantor melalui bunderan HI (Sbg perbandingan, sienta saya 1/8 - 1/9), dan kalo bawa luar kota bs dapet 1/18-1/20 an. Not amazing by today's 1.200cc standard, tpi bole la buat mobil cepek tiau doang
- Very beginner friendly.
Recommended bgt buat yg baru belajar nyetir & punya mobil. Dimensi nya yang kecil bikin gampang diprediksi belok belok nya, tenaga gk malu-malu in jdi mau nyalip pede, dan kalo amit amit nyenggol sesuatu, benerin nya murah wkwkwk. Sparepart nya juga sangat amat terjangkau jdi buat yg baru pertama beli mobil, harusnya ga terlalu kaget ya pelihara brio. Saya on average per tahun total keluar 1.5jt an , ganti oli & filter oli, filter udara (kalo perlu) & filter kabin (kalo perlu). Itu budget bengkak karena pake oli motul 0w 20. Kalau mau pake yg oli eco-eco an saya yakin banget bs dibawah 1jt
Mungkin sekian dulu short reviewnya, maaf kalau ada salah kata berhubung ini pertama kali saya ngepost hehehe. Tadinya mau share foto si kecil saya, cuma masih newbie jdi gak ngerti cara attach image. Menyusul yah nanti

Thanks dan selamat malam semuanya