http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 2&start=20
Ini kemarin udah dijawab.nichol wrote:hehe...humas honda ngamuk nih..hehe...gak lha, gw cuma gak betah aja kalo pake beginian,
bayangin aja, kalo lewat becek dikit ato genangan aer dikit apa gak ngeganggu tuh komputer injeksi?
kalo mobil sih masih ketutupan body padat, kalo motor? untuk orang resik dan malas pake motor
ujan2an, mungkin gak masalah pake nih motor. Tapi bt org kayak gue sih, gak deh...maklum,
jakarta itu kotor.
Ini juga udah direply.nichol wrote:Mengenai masa depan motor injeksi, sepertinya gak terlalu istimewa amat,
wong pgm itu dah 20 taon, tapi br mo release skrg.
apanya yg 'promising?'...cuma modal chip pengatur bbm doang...
itu yg gw maksud menjual emblem teknologi, padahal mah jeroannya sama2 aja,
cuma ditambahin komputer aja. Kalo gak gitu gak dpt untung banyak pabrikannya.
Juga udah direplynichol wrote:Seperti yg gw bilang, kenapa 2 tak seakan2 teknologinya gak bisa dikembangkan
lg n dianggap usang? krn memang teknologinya dah mentok, laen sama 4 tak yg
teknologinya masih dlm tahap penyempurnaan terus. Kalo ada 'developing',
berarti ada money bukan? lain dgn 2 tak yg dah gak bisa di 'develop' lagi,
otomatis duit gak ngalir. Makanya gw gak mo terlalu respon sama isu2 injeksi sgl.
nanti kalo teknologi 4 tak dah bener2 mentok, br deh junjung tinggi2...

Btw, "Seperti yg gw bilang,.." ,lho, kapan bro bilang hal ini di thread Bebek Injection?
Gw sampai ubek2 archive, ternyata bilangnya di thread 2TAK sumthing gitu..

Mudah2nya dng jawaban gw yg kemaren, kita sepakat 2-tak blm mentok,
tetapi ada faktor2 lain yang bikin produksinya dikurangi perlahan2..
Lha udah jelas khan, emisi yang menjadi polutan.nichol wrote: ah, tetep aja kalo ujung2nya masalah emisi ato euro, tetep gw gak terima.
Emisi sih emisi, tapi kalo jumlah kendaraan tambah banyak, boro2 mo bikin
udara jakarta bersih,
Jumlah kendaraan tambah banyak karena kebutuhan.
Di luar negeri, kebutuhan akan kendaraan bisa tertekan sendiri karena
angkutan umum yang memadai,tetapi merekapun menerapkan rendah emisi karena
sudah punya pikiran "act locally, think globally"
Di negeri kita, kebutuhan kendaraan tidak bisa tertekan, salah satunya
ya angkutan umum yang .. ya gitu deh

ledakan jmlh kendaraan dipagari dng bagaimana kendaraan tidak berpolusi tinggi.
Yeah, ini memang kenyataan. IMHO agen finansialnya (kreditur) aja yangnichol wrote:mending persulit kepemilikan sim n kendaraan bermotor.
Bukan maksud mendiskriminasi, sekarang ini duit 100 rebong aja dah bisa dp motor,
duit 200 rebong dah bisa nembak sim, cepet lagi gak perlu tes2an.
1 orang rata2 punya satu kendaraan. Di lingkungan gw ada 1 keluarga yg isinya 4 orang cowo,
tiap cowo punya 1 motor. 1 keluarga aja dah jadi polutan, apalagi ribuan keluarga di jakarta?
dikaji lagi, kayaknya terlalu gampang ngasih kredit, nyatanya banyak yg macet,
jadi banyak bgt khan motor tarikan/jabalan.
Waktu blm ada "DP murah", motor ngga terlalu meledak pertumbuhannya, karena
benar-benar tersaring mana yang sanggup mencicil mana yang tidak.
Ayo share dng kita2 bro, negeri2 mana yang membatasi populasi kendaraan?nichol wrote:ya kalo bicarain masalah emisi, dari awal juga pemerintah dah salah langkah.
bukan nerapin peraturan euro 2, batesin dulu populasi kendaraan lebih dulu.
Udah ada bro di OTOplus edisi 25 (covernya motor kuning), buruan beli sblm abisnichol wrote:Gw juga gak setuju2 amat kalo dibilang teknologi injeksi menekan polusi...
Teorinya sih keliatannya begitu, dgn pembakaran yg sempurna, bla bla bla....
yg namanya bakar2an, dah pasti ada residunya, itu juga polusi.
memangnya seberapa signifikan sih perbedaan tingkat polusinya? ato sudah ada tes
pengukuran antara emisi kendaraan karbu vs injeksi?
katakanlah supra lama vs supra injeksi...

Saran gw jgn langsung lihat tabel hasil emisinya, baca juga artikel yg diatasnya.
gw pribadi statistiknya gak tau. Tapi will you "act locally, think globally"nichol wrote:sebandingkah pengurangan polusi tsb thd jumlah populasi kendaraan?
or will you not?
Jadi mnurut bro nichol, step-stepnya:nichol wrote:bagi gw produk kelas bebek injeksi ini cuma produk buang2 duit...
jgn spanning ya bro, gw cuma utarain opini aja, hehe...
so menurut gw langkah selanjutnya stlh membatasi populasi kendaraan,
segera perbaiki bensin pertamina yg murahan itu mutunya (non timbal n non oplosan),
terus baru keluarin peraturan pendukung seperti wajib pake knalpot catalytic,
melarang produksi oli non-smokeless, dll...baru deh govn speak euro2.
Krn bagi gue, peraturan euro itu disini harusnya bukan merupakan suatu 'peraturan',
tapi suatu standar acuan saja. Belum pantas euro 2 disebut aturan n bukan merupakan
suatu aturan menurut gw...So, mari kita nikmati saja showtime dr honda ini..hehe...
1. batasi jmlh kendaraan
2. perbaiki mutu bbm pertamina
3. wajib catalytic conv , smokeless oil
4. berlaku euro-II
utk no.1 gw udah beropini diatas tadi.
utk no.2 s/d 4, kayaknya kalau 2&3 udah bisa dicapai, ada kemungkinan euro-2 kelihatan
gak penting.
Sekarang kenapa euro-2 dipentingkan?
i'd like to be proven wrong ..but..think again, kalau Euro-2 diberlakukan,
dengan begitu otomatis bisa mendongkrak poin 1 s/d 3 khan,..tul gak?
Malu juga sih, negeri kita euro-2 aja belum..
malu sama india yg th94 aja jumlah kendaraan 2Tak nya hampir 2.5x lipat indonesia (lihat attachment),
bahkan China udah euro-2 dari 2004 dan 2008 mau euro-3
http://www.chinadaily.com.cn/english/do ... 346332.htm
Harapan gw walaupun euro-2 diberlakukan, jangan sampai 2tak yang sudah ada
(dibeli/diproduksi) dilarang, ya dikasih pengecualian lah emisinya, standar lokal gitu.
Satu lagi, utk muffler, baik 4T juga 2T, gak usah pakai yg bising di jalanan umum,
kalau di sirkuit balap sih monggo wae..
Gw perlu ingatkan lagi, disini gw bicaranya umum, ngga ada membela salah
satu produk atau merk.