2-stroke engine, emission, and some rants :)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

2-stroke engine, emission, and some rants :)

Post by yoyoyo »

topic ini dari
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 2&start=20
nichol wrote:hehe...humas honda ngamuk nih..hehe...gak lha, gw cuma gak betah aja kalo pake beginian,
bayangin aja, kalo lewat becek dikit ato genangan aer dikit apa gak ngeganggu tuh komputer injeksi?
kalo mobil sih masih ketutupan body padat, kalo motor? untuk orang resik dan malas pake motor
ujan2an, mungkin gak masalah pake nih motor. Tapi bt org kayak gue sih, gak deh...maklum,
jakarta itu kotor.
Ini kemarin udah dijawab.

nichol wrote:Mengenai masa depan motor injeksi, sepertinya gak terlalu istimewa amat,
wong pgm itu dah 20 taon, tapi br mo release skrg.
apanya yg 'promising?'...cuma modal chip pengatur bbm doang...
itu yg gw maksud menjual emblem teknologi, padahal mah jeroannya sama2 aja,
cuma ditambahin komputer aja. Kalo gak gitu gak dpt untung banyak pabrikannya.
Ini juga udah direply.

nichol wrote:Seperti yg gw bilang, kenapa 2 tak seakan2 teknologinya gak bisa dikembangkan
lg n dianggap usang? krn memang teknologinya dah mentok, laen sama 4 tak yg
teknologinya masih dlm tahap penyempurnaan terus. Kalo ada 'developing',
berarti ada money bukan? lain dgn 2 tak yg dah gak bisa di 'develop' lagi,
otomatis duit gak ngalir. Makanya gw gak mo terlalu respon sama isu2 injeksi sgl.
nanti kalo teknologi 4 tak dah bener2 mentok, br deh junjung tinggi2...
Juga udah direply :)
Btw, "Seperti yg gw bilang,.." ,lho, kapan bro bilang hal ini di thread Bebek Injection?
Gw sampai ubek2 archive, ternyata bilangnya di thread 2TAK sumthing gitu.. :(
Mudah2nya dng jawaban gw yg kemaren, kita sepakat 2-tak blm mentok,
tetapi ada faktor2 lain yang bikin produksinya dikurangi perlahan2..

nichol wrote: ah, tetep aja kalo ujung2nya masalah emisi ato euro, tetep gw gak terima.
Emisi sih emisi, tapi kalo jumlah kendaraan tambah banyak, boro2 mo bikin
udara jakarta bersih,
Lha udah jelas khan, emisi yang menjadi polutan.
Jumlah kendaraan tambah banyak karena kebutuhan.
Di luar negeri, kebutuhan akan kendaraan bisa tertekan sendiri karena
angkutan umum yang memadai,tetapi merekapun menerapkan rendah emisi karena
sudah punya pikiran "act locally, think globally"
Di negeri kita, kebutuhan kendaraan tidak bisa tertekan, salah satunya
ya angkutan umum yang .. ya gitu deh :P Sementara prasarana itu baru mulai ditata,
ledakan jmlh kendaraan dipagari dng bagaimana kendaraan tidak berpolusi tinggi.
nichol wrote:mending persulit kepemilikan sim n kendaraan bermotor.
Bukan maksud mendiskriminasi, sekarang ini duit 100 rebong aja dah bisa dp motor,
duit 200 rebong dah bisa nembak sim, cepet lagi gak perlu tes2an.
1 orang rata2 punya satu kendaraan. Di lingkungan gw ada 1 keluarga yg isinya 4 orang cowo,
tiap cowo punya 1 motor. 1 keluarga aja dah jadi polutan, apalagi ribuan keluarga di jakarta?
Yeah, ini memang kenyataan. IMHO agen finansialnya (kreditur) aja yang
dikaji lagi, kayaknya terlalu gampang ngasih kredit
, nyatanya banyak yg macet,
jadi banyak bgt khan motor tarikan/jabalan.
Waktu blm ada "DP murah", motor ngga terlalu meledak pertumbuhannya, karena
benar-benar tersaring mana yang sanggup mencicil mana yang tidak.

nichol wrote:ya kalo bicarain masalah emisi, dari awal juga pemerintah dah salah langkah.
bukan nerapin peraturan euro 2, batesin dulu populasi kendaraan lebih dulu.
Ayo share dng kita2 bro, negeri2 mana yang membatasi populasi kendaraan?

nichol wrote:Gw juga gak setuju2 amat kalo dibilang teknologi injeksi menekan polusi...
Teorinya sih keliatannya begitu, dgn pembakaran yg sempurna, bla bla bla....
yg namanya bakar2an, dah pasti ada residunya, itu juga polusi.
memangnya seberapa signifikan sih perbedaan tingkat polusinya? ato sudah ada tes
pengukuran antara emisi kendaraan karbu vs injeksi?
katakanlah supra lama vs supra injeksi...
Udah ada bro di OTOplus edisi 25 (covernya motor kuning), buruan beli sblm abis :)
Saran gw jgn langsung lihat tabel hasil emisinya, baca juga artikel yg diatasnya.
nichol wrote:sebandingkah pengurangan polusi tsb thd jumlah populasi kendaraan?
gw pribadi statistiknya gak tau. Tapi will you "act locally, think globally"
or will you not?
nichol wrote:bagi gw produk kelas bebek injeksi ini cuma produk buang2 duit...
jgn spanning ya bro, gw cuma utarain opini aja, hehe...
so menurut gw langkah selanjutnya stlh membatasi populasi kendaraan,
segera perbaiki bensin pertamina yg murahan itu mutunya (non timbal n non oplosan),
terus baru keluarin peraturan pendukung seperti wajib pake knalpot catalytic,
melarang produksi oli non-smokeless, dll...baru deh govn speak euro2.
Krn bagi gue, peraturan euro itu disini harusnya bukan merupakan suatu 'peraturan',
tapi suatu standar acuan saja. Belum pantas euro 2 disebut aturan n bukan merupakan
suatu aturan menurut gw...So, mari kita nikmati saja showtime dr honda ini..hehe...
Jadi mnurut bro nichol, step-stepnya:
1. batasi jmlh kendaraan
2. perbaiki mutu bbm pertamina
3. wajib catalytic conv , smokeless oil
4. berlaku euro-II

utk no.1 gw udah beropini diatas tadi.
utk no.2 s/d 4, kayaknya kalau 2&3 udah bisa dicapai, ada kemungkinan euro-2 kelihatan
gak penting.
Sekarang kenapa euro-2 dipentingkan?
i'd like to be proven wrong ..but..think again, kalau Euro-2 diberlakukan,
dengan begitu otomatis bisa mendongkrak poin 1 s/d 3 khan,..tul gak?
Malu juga sih, negeri kita euro-2 aja belum..
malu sama india yg th94 aja jumlah kendaraan 2Tak nya hampir 2.5x lipat indonesia (lihat attachment),
bahkan China udah euro-2 dari 2004 dan 2008 mau euro-3
http://www.chinadaily.com.cn/english/do ... 346332.htm

Harapan gw walaupun euro-2 diberlakukan, jangan sampai 2tak yang sudah ada
(dibeli/diproduksi) dilarang, ya dikasih pengecualian lah emisinya, standar lokal gitu.
Satu lagi, utk muffler, baik 4T juga 2T, gak usah pakai yg bising di jalanan umum,
kalau di sirkuit balap sih monggo wae..

Gw perlu ingatkan lagi, disini gw bicaranya umum, ngga ada membela salah
satu produk atau merk.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

sekarang berpulang pada diri sendiri dah.....

ninin udah lulus uji emisi dengan catalyc converternya plus teknologi super kipssnya tp tetep aja pemiliknya ngeganti knalpotnya yg tanpa catalys...

konon katanya 4 tak hasil pembakaran yg bocor alias olie masuk ke ruang bakar lebih berbahaya dari asep 2tak.... tp tetep aja pemilik motor 4tak berasep malas menservice motornya
id
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
Location: Bandung

Post by id »

aduh kalo motor 2tak di indo disetop sekarang2, gw naek motor apa dong yah ? 250cc 4silinder segarisnya dah siap produksi blom? :wink:
...
User avatar
wedewe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Wed Oct 12, 2005 5:58

Post by wedewe »

gimana kalo bus aja yang dilarang??
asepnya itu 1000x lebih serem dari vespa butut yang ga dirawat..
wah pasti banyak yang protes yah? tapi kenapa uji emisi yang paling digembar gemborkan cuma buat motor? mobil2 adem ayem aja tuh. padahal kalau mau jujur, penyebab macet kan malah mobil, penyebab macet juga mobil.
teorinya motor cuma 200cc lah yang paling gede.
nah mobil? ada yang 15 kali lipatnya.
prasaan kalo mikir goblog2an, makan banyak tokainya banyak juga kan?? hehhehehe
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

id wrote:aduh kalo motor 2tak di indo disetop sekarang2, gw naek motor apa dong yah ? 250cc 4silinder segarisnya dah siap produksi blom? :wink:
iya tuh, kalo ada duitnya sih, mo produksi 5000 cc 4 tak juga ok2 aja...kasian sekali bagi yg gak punya duit tapi rindu speed dan kesimple-an seperti 2 tak....mudah2an aja harga 250 cc tsb sangat terjangkau, malah kalo bisa lebih murah dr 2 tak 150 cc macam ninja, lebih bagus. Kalo mahal mah, sama aja bodong, mending cari yg murah tp mampu 'ngasepin' yg laen..hehe..itulah yg gw maksud jual teknologi. cc makin gede kan makin mahal, padahal untuk dpt performa 'asik' di jalan, gak perlu mahal kan, 2 tak 150 cc dah cukup cepet, hehe. Apakah ada artinya 250 cc 4 tak 25 jt keatas dibandingkan 150 cc 2 tak 20 jt kebawah? Kalo untuk performa sih, gw masih ragu2 (moga2 ninja 250 cc gak begitu)...kalo cuma ngejer keren2an mah, beli aja astrea prima, bawa ke laksa, dandanin ala cbr 600cc..bisa koq, hehe.


untuk emisi 2 tak, n rencana mo ngapus 2 tak (isu doang), gak akan adil rasanya kalo tidak dibandingkan dgn jumlah populasi kendaraan yg ada. Ok lha kalo 2 tak masih mudah ditemui di jalan. Tapi kalo kita hitung jumlah populasi keseluruhan, 2 tak paling cuma menyumbang 30 persen total populasi. Masih lebih banyak bebek honda, belum dihitung mobil, bus, angkot, dll. Ya dr 10 kendaraan di jalan berarti paling banyak 3 kendaraan 2 tak. Jadi kalo mo dibikin bebas emisi, pro rata lha...jadi kalo ada yg musuhin 2 tak n bermaksud memberangus, gw yg akan maju n nantang di sentul, hehehehehe....

mo netepin euro 2? terserah deh, toh walau kita protes juga, gak akan bisa ngerubah keputusan pemerintah. Demo bbm aja gak digubris, apalagi kita di forum yg kecil ini....

krn gw pake 2 tak, ya gw akan bela kepentingan 2 tak. Kalo gw punya 4 tak, gw akan bela juga kepentingan 4 tak, so wajar2 aja kalo ada yg punya 2 tak bakal ngamuk2 kalo dibilang 2 tak mo diberangus, hehe...gak ada tuh yg bisa sikap bener2 netral walau keliatannya netral tapi tetep hati kecilnya berat sebelah. Mana ada bayi yg netek di 2 puting sekaligus?

gw sendiri sih pribadi gak keberatan kalo motor gw diuji, wong dirawat koq, oli pake yg bebas asep, rajin bersihin blok. Yg gw kasihan n prihatin adlh wong2 cilik yg mentok gak bisa plihara motor. Makanya kalo ditanya apakah euro 2 baik / tepat diterapkan sekarang? hati kecil sih berkata lebih baik jangan dulu, perbaiki ekonomi dulu yg bener, kalo rata2 dah pada mampu beli motor 4 tak yg performanya ok, yg sebanding dgn kekuatan 2 tak, ya udah terapin. Skrg cuma bisa mesem2 kecut...ape kate lu (pemerintah) deh...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

nichol wrote:iya tuh, kalo ada duitnya sih, mo produksi 5000 cc 4tak juga ok2 aja...
kasian sekali bagi yg gak punya duit tapi rindu speed dan kesimple-an seperti 2 tak....
mudah2an aja harga 250 cc tsb sangat terjangkau, malah kalo bisa lebih murah
dr 2 tak 150 cc macam ninja, lebih bagus.
Kalo mahal mah, sama aja bodong, mending cari yg murah tp mampu 'ngasepin' yg laen..hehe..
itulah yg gw maksud jual teknologi. cc makin gede kan makin mahal,
padahal untuk dpt performa 'asik' di jalan, gak perlu mahal kan, 2 tak 150 cc dah cukup cepet, hehe.
Apakah ada artinya 250 cc 4 tak 25 jt keatas dibandingkan 150 cc 2 tak 20 jt kebawah?
Kalo untuk performa sih, gw masih ragu2 (moga2 ninja 250 cc gak begitu)...
kalo cuma ngejer keren2an mah, beli aja astrea prima, bawa ke laksa,
dandanin ala cbr 600cc..bisa koq, hehe.
250cc 4tak lebih murah dprd 150cc 2tak karena ngga bisa ngasepin?
That'd be ridiculous bro. Dari material yg dibutuhkan saja khan lebih banyak.
Sekarang bandingin yg mirip, Satria 120 dengan F1ZR, harganya gak jauh khan.
Ninja R dan RR aja yg sama2 150cc juga beda harga khan, jadi diperhitungkan tuh
material yang dibutuhkan dan fitur2 yg terpasang.
About peforma.. peforma asik sih gimana setelannya.
Di thread bro nichol yg lain khan bilang Ninja-R sekitar 25km/lt.
150cc..hmm.. ambil aja megapro, 160cc khan? deket. Dah gitu mesin ini disetel kohar(korek harian)
aja, kalau perlu supaya jadi 25km/lt spt ninja-R. Masa sih powernya gak asik utk di jalan.

Visi pabrikan dunia sptnya pd udah "rendah emisi", dan sayangnya 2tak yg diproduksi tdk
sinergi dng visi tsb.
Mengapa pabrikan gak bikin motor (misalnya)100-150cc 2T yg high-end supaya low-emission?
Gw yakin jawabannya: Mahal :(
SuperKIPS, dia sebetulnya berefek mengurangi emisi lho di low-RPM, katupnya khan menutup,
jadi supaya campuran bensin+udara yg baru dtg ngga banyak yg terbawa keluar.
However mengakali exhaust port saja blm jadi solusi tepat karena masih ada banyak
bensin+udara yg tdk terbakar dan terbuang pada desain 2tak standar.
Ninja+SuperKIPS skrg berapa harganya, dan bisa dibayangkan brp harga motor 2T Cc setara
yg lebih high-end ...? :e-think:
Kemudian masih ada 2 kendala utk 2T (so far yg gue concern): mileage dan fuel-consumption.
Harga xtra mahal, relatively low mileage (dibanding 4T) dan lebih haus akan bbm,
menjadikan motor ini kurang ekonomis. Mungkin pabrikan melihatnya not good for their future
karena kebanyakan konsumen akan melihatnya not good for daily use. Dari sejak bbm naik2an,
kecenderungan konsumen yaitu motor yang irit bbm, irit biaya perawatan.
Unfortunately syarat2 itu lebih mudah dan murah dipenuhi oleh basis 4T.

Kalau lihat reply bro diatas, maka yg dibandingkan:
- 150cc 2T 20jt-an, peforma asik, hi-emission, 25km/lt
- 250cc 4T >25jt-an, peforma asik, low-emission, >25km/lt
Jd bayar 250cc 4T lebih mahal daripada 150cc 2T utk:
lebih hemat bbm (saves some money)
lebih rendah emisi (saves earth)
Gw pernah post di thread sini
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 8&start=20
peforma masing2 mesin bisa asik utk kondisi jalan dan beban tertentu.
Bagi yg perlu peforma xtra?kohar bisa jadi pilihan.
Walaupun gitu, tetep emisi 4T lebih bersih daripada 2T.
nichol wrote:krn gw pake 2 tak, ya gw akan bela kepentingan 2 tak. Kalo gw punya 4 tak,
gw akan bela juga kepentingan 4 tak, so wajar2 aja kalo ada yg punya 2 tak bakal ngamuk2
kalo dibilang 2 tak mo diberangus, hehe...gak ada tuh yg bisa sikap bener2 netral
walau keliatannya netral tapi tetep hati kecilnya berat sebelah. Mana ada bayi yg netek
di 2 puting sekaligus?
Masalahnya sekarang ini bro nichol VS pabrikan dunia :)
dan ada saatnya pindah dari satu puting ke puting lainnya khan :lol:
nichol wrote:gw sendiri sih pribadi gak keberatan kalo motor gw diuji, wong dirawat koq,
oli pake yg bebas asep,rajin bersihin blok. Yg gw kasihan n prihatin adlh wong2
cilik yg mentok gak bisa plihara motor.
Itu mah dasar aja wong cilik tapi pemalesan.
Di luar kota besar kayaknya masih banyak 'wong cilik' yang pakai 2T terawat.
di Jawa Tengah bulan2 oktober kemaren, masih umum/banyak banget lho
Yamaha Alfa /IIR
Yamaha Autolube (wow!)
Suzuki Crystal,
Suzuki Family(wow)
yg jarang Vespa malah..
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Ngubek2 archive, setelah baca ini
gw baru tahu ada "temen baru" utk SuperKIPS. Sori, bulan Juni lalu blm
sesering skrg ke SM.

Sedikit search, nemu ini,
gue quote yaa :
Langkah mengembangkan mesin 2-tak ramah lingkungan dilakukan pula pabrikan Jepang, seperti Kawasaki dan Yamaha. Kawasaki yang terkenal dengan model sport Ninja-nya mengembangkan empat teknologi, yaitu Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System). Sistem ini mekanisme katupnya mengontrol gas buang pada exhaust port. Saat putaran mesin rendah, campuran sisa pembakaran pada mesin 2-tak konvensional dibuang begitu saja, sedangkan pada Ninja RR dapat dicegah keluar.

Teknologi kedua adalah HSAS (High-Performance Secondary Air System), yaitu dengan menambah udara bersih yang disuntikkan ke ruang bakar. Hasilnya adalah percepatan reaksi oksidasi dan membentuk sisa pembakaran yang padat oksigen. Sistem catalytic converter juga dikembangkan Kawasaki dengan nama two stage catalyst. Teknologi ini akan mengubah gas CO dan HC menjadi CO2 dan air yang tidak beracun.

Untuk mengurangi asap, dikembangkan teknologi Super Electrofusion Cylinder. Fungsinya menahan oli pelumas untuk keluar secara berlebihan dari silinder. Ini bisa terjadi karena pada silinder dipasang semacam pori-pori. Hasilnya Kawasaki pun mengakui siap bertarung di teknologi standar emisi Euro-2
Melihat prinsip kerja HSAS, ini mirip dengan yg diterapkan mesin Vespa ET-2(vespa ini lulus euro-2)
Bedanya di RR berkarburator, kalau vespaET-2 injeksi mekanik bertekanan tinggi.

Asumsi NinjaRR dng HSAS+knalpot baru, dpt memenuhi syarat euro-2,
yg jadi bikin penasaran bagaimana dengan:
1. Suzuki punya tdk spt RIS&KIS nya kawasaki?
2. Yamaha punya YEIS yg spt KIS, bagaimana dng yg spt RIS?

Dipikir2, Satria 120 dan F1ZR (atau penerus keduanya) kok tidak diupgrade
dng teknologi2 itu, (termasuk yg spt SuperKIPS dan HSAS ini) ?
Toh konsepnya sudah jelas, spt SuperKIPS dari kawasaki ,
Powervalve dari honda , tinggal desain dari masing2 suzuki & yamaha.
Yg penting euro-2 khan..
Pabrikan memang aneh :mad:
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

waduh, terus terang gw lg bingung mo reply bagian mana., panjang juga...cumauntuk mempersingkat, gw sangat2 mengidolakan ninja rr yg menurut gw high end di 2 tak indo. Bg gw motor ini sudah sangat menjawab tantangan polusi. ya sbg pemilik ninja sih, gw ato bro2 ninjaer sebenernya gak usah takut ato histeris kalo disuruh uji emisi, jalanin aja. Yg pasti pompa oli jgn terlalu boros, standar2 aja. Knalpot pake yg standar.

untuk masalah modif mesin 250 cc 4 tak biar punya performa sebandel 2 tak 150 cc, gw gak memungkiri bisa aja dibuat. Cuma gua rasa cuma orang yg kebanyakan duit aja yg mo lakuin. Ya bisa dibayangin kan berapa yg harus dia keluarkan?
belum lagi resiko mesin rusak yg tinggi. maklum lah..Orang Jepang seumur hidupnya makan ikan mentah, bisa pinter, cape2 itung sebegitu detailnya merancang mesin motor; di-acak kadut sama kita2 yg setiap hari makan nasi. Lagian kalo dah diuek2 begitu, dah pasti gak bakal dijamin bisa lolos uji emisi, exhaustnya pasti besar pula.
ya, simple2 aja lha, kalo mo cepet langsung aja beli 2 tak 150 cc, macem ninja gak sampe 20 juta jg dah dapet, gak perlu rubah2 sana sini makan biaya, emisi dah low (ninja gitu lho...). wise kah misalnya beli 4 tak 250 cc 22 juta, keluarin biaya rombak mesin jutaan, belom lagi gak jamin lolos emisi...Kalo ada yg lebih bagus, ngapain beli yg lebih mahal (kira2 gitu ya jingle iklannya, hehe..gw lupa...)
lagian di jalan padat macem jakarta, punya king 14 jutaan juga dah enak banget koq, murah meriah n bisa ngasepin rata2 4 tak lain...

sori ya bro kalo terlalu pendek, abis yg gw tangkep dr reply panjangnya intisarinya ya seperti yg gw reply ini...
Just Call Me Nichol !!!
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

duh pembicaraan kelas berat pusing ah...

pokoknya saya rekomendasikan 2t no asep tuh oklah, polutan suara tuh ga usa pikirin,lagian 4t knalpot brisik juga ga jamin polutanya...
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

hehe..memang postingan bro yoyoyo berat dan punya bobot tersendiri, gw aja rada bingung bro mo reply dr mana...hehe...bener tuh yg bro sangit bilang, selama 2 tak yg dipake itu beres perawatannya, gw rasa gak jadi masalah dan gak jadi beban pikiran (kayak jingle film kera sakti sun go kong)...Gw harap juga publik gak beropini kalo 2 tak lagi dimusuhi krn biangnya polusi..yg seharusnya dimusuhi itu adlh biker 2 tak yg jorok, bus2 patas 'penyampah' asep, bajaj yg pake oli bekas, dll...
Just Call Me Nichol !!!
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

Katanya tahun 2006 nanti semua motor wajib KIR tiap tahun. duit lagi, duit lagi.. :(
User avatar
yab
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
Location: Capital City Of Indo

Post by yab »

salah bro anak singkong, yang bener tuh ladang korupsi lagi ladang korupsi lagi....
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

nichol wrote:sori ya bro kalo terlalu pendek, abis yg gw tangkep dr reply panjangnya
intisarinya ya seperti yg gw reply ini...
Ngga terlalu pendek kok. Disini barulah jelas poin reply bro nichol.

Sayang bro nichol mungkin kelewat ketika baca reply gw,
disitu udah gw utarakan, peforma 4tak 250cc bisa bandel utk medannya,
demikian juga peforma 2tak 150cc terasa bandel utk medannya.
Ini seperti halnya mobil sedan dengan jip diesel, masing2 menang utk medannya.
Jadi bukan bahwa 4tak 250cc harus dikorek dulu utk setara 2tak 150cc.
Klo bro nichol suka karakter 2tak, ok2 aja gak ada yg larang, tapi
4tak ngga bisa dipandang sebelah mata lho :)
Are you motorbike lover or 2T lover? If you're motorbike lover, you'll live long,
else you'll be swallowed by the earth. World's trend isn't going to 2T
(judging from facts we gather these days)
Dan sekedar info, Ninja-R jari2 diatas 20jt(gres) , Ninja-R VR diatas 22jt(gres).

Gw juga suka 2tak, motor pertama gw juga 2tak (Suzuki Crystal Tune),
yg gue sayangkan pabrikan suzuki&yamaha kok spt ngga meyempurnakan produknya
dng fitur rendah emisi seperti pada kawasaki ninjaRR ?
At least mereka masih bisa jualan, selama euro-2 masih bisa dipenuhi,
dan masih banyaklah orang2 yang beli, yakin gw, kawasaki aja masih bisa jual ninjaRR tuh :)
nichol wrote:seharusnya dimusuhi itu adlh biker 2 tak yg jorok, bus2 patas 'penyampah' asep,
bajaj yg pake oli bekas, dll...
Stuju bgt bro, jgn lupa, angkot2 dan mobil2 yang tetep jalan walau ngebul
(ring sekher nya udah kena).
orang_sangit wrote:pokoknya saya rekomendasikan 2t no asep tuh oklah,
polutan suara tuh ga usa pikirin,lagian 4t knalpot brisik juga ga jamin polutanya...
pokoke gw gak suka yg brisik2 di jalan, baik itu 4T maupun 2T.
Lebih keren mana: brisik atau tentrem tapi khuenceeengg.. ? ;)
It's about how fast , not how loud.
Lomba 'SPL' mah di sirkuit aja, atau sentul, hehe
anak_singkong wrote:Katanya tahun 2006 nanti semua motor wajib KIR tiap tahun.
duit lagi, duit lagi..
walaah.. :(
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

gw dapat artikel koran ini dari google
http://www.pikiran-rakyat.co.id/cetak/2 ... 5/0207.htm

gw kutip nih
Untuk mewujudkan program langit biru pada 2008, aturan mengenai pelarangan kendaraan dua tak (bensin campur) harus segera diupayakan. Sebab, pencemaran yang ditimbulkan oleh kendaraan seperti itu, jauh lebih tinggi dibandingkan kendaraan lain.
Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengendali Lingkungan Hidup (BPLH), Dedy Mulya, ketika ditemui di kantornya, Selasa (24/1).
Upaya pelarangan kendaraan dua tak, menurut Dedy, harus segera diupayakan karena kualitas udara Kota Bandung yang semakin memburuk. Dari hasil pengukuran kualitas udara 3 tahun terakhir, di beberapa wilayah Kota Bandung menunjukkan kadar timbal, karbondioksida, dan partikel pencemar lainnya, sudah berada di atas ambang batas.
Hasil pemantauan kadar timbal atau Pb, menurut Dedy, dengan nilai ambang batas 150, tertinggi berada di Terminal Ledeng, dengan nilai di atas 300. Menyusul kawasan Alun-alun dan Terminal Leuwipanjang dengan nilai antara 150-200.
Bahaya kadar timbal yang sudah terakumulasi dalam darah, rambut, atau organ lainnya, menurut Dedy, akan menurunkan kecerdasan pada anak.
Karena itulah, menurut Dedy, BPLH akan melakukan kerjasama dengan Dinas Perhubungan mengenai larangan kendaraan dua tak dan bekerja sama juga dengan bengkel untuk uji emisi kendaraan.
Bapak satu ini kenapa ya?
kok gara2 pengukuran tertinggi di terminal, yg notabene 'penduduknya' adalah bus2 dan angkot2, malah motor 2 tak yang disorot?
Berapa sih jumlah motor 2tak yg ada di daerah2 tsb? memangnya dominan? apalagi utk zaman sekarang..
trus ada kerjasama2 dng instansi .. weh .. bawaannya jadi curiga "UUD" nih(ujung2nya duid) ..

Any opinion?
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

itukan bandung mana peduli gw. lagian emang angkot2 bandung juga sama aja gak tau dirinya kayak jakarta, blom lg geng2 motor gak tau dirinya makin banyak, apusin 2tak dulu aja dibandung. jakarta paling blakang aja hehehe

kalo jakarta baru agak2 peduli soalnya berencana beli NSR, tp kalo gni jadinya harus mikir 4x, mikir keuangan,kegunaan,izin2 bull***t,orang2an sawahnya dll
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

wedewe wrote:tapi kenapa uji emisi yang paling digembar gemborkan cuma buat motor? mobil2 adem ayem aja tuh. padahal kalau mau jujur, penyebab macet kan malah mobil, penyebab macet juga mobil.
teorinya motor cuma 200cc lah yang paling gede.
nah mobil? ada yang 15 kali lipatnya.
prasaan kalo mikir goblog2an, makan banyak tokainya banyak juga kan?? hehhehehe
Bukannya di Jakarta, mobil harus uji emisi dulu sebelum perpanjang STNK? Lalu jalanan sengaja dibuat macet dengan adanya Busway? Three in one yang diperluas, pembatasan umur kendaraan dll....
:e-naughty:
User avatar
wedewe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Wed Oct 12, 2005 5:58

Post by wedewe »

ngomongin macet mah kagak ada abis2nya. penyebabnya juga berderet2, dari kendaraannya sendiri, kualitas supirnya, mental, sarana dan prasarana, kepentingan...bla bla bla, kaga ada yang salah dan mau disalahkan. kita perbaiki aja diri kita sendiri dulu, dari pada nyalah nyalahin.
soal emisi, mau 2 tak, 4 tak, kalau masih pakai bahan bakar mengandung timbal, ya sama aja. kita biasain aja pakai bensing tanpa timbal. mahal? emang. tapi itu emang resiko. ga mampu? ya terimalah kondisi hehehehe. sama aja kan dengan nyuruh orang beli kendaraan (dlm hal ini roda 2) yang punya katalis di pantatnya. sejauh ini sapa sih yang kuat beli ninja, yamaha tiara, or 125Z? masih banyak lho orang yang cuma bisa beli alpha 2R second, gimana mau ngomongin soal emisi gas buang.
mau ga mau, kita harus nerima kalau orang indonesia (kita, termasuk saya) masih belum mampu untuk bicara soal emisi, standar euro lah, bla bla bla.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

as i said brfore..pemerintah terlalu dini kalo ngomongin mo ikutin euro II...ibaratnya dah 'keluar' dulu sebelum bercinta...ED alias Injeksi Dini, eh, salah..Ejakulasi Dini....gitu...benerin dulu dong infrastrukturnya...lengkapi dulu apa yg jadi penghalang, jgn bisanya cuma mempersulit masyarakat doang..macam ini (sori kalo oot) ; mengapa Listrik naek mlulu bayarnya? katanya sih krn demand>supply, PLN kurang kucuran dana..lho, koq rakyat yg disusahin? gampang koq...korupsi milyaran di PLN dulu yg dihajar, gimana tuh kasus pembelian generator yg 200 milyar itu? demikian juga dgn pertamina, kemana tuh kasus penimbunan dan penyelundupan bbm terakhir kemaren (gw lupa lagi kilang apa itu namanya...)

demikian halnya dgn busway dan euro II yg sebenernya pincang dan menyusahkan orang...

Kalau di bisnis ada istilah ERP kalo mo ada ubahan dalam systemnya..tampaknya pemerintah kudu kuliah dulu yg bener..susah sih, ijasah aja banyak yg palsu, hehehe...

kayaknya semua orang salah pilih presiden :p
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

Yg penting gw cinta motor 2 tak dan RGR, F1ZR, Satria 120R gw...

Peduli amat sama peraturan pemerintah.
Yg penting nikmati aja dulu enaknya motor 2 tak.
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

satria 120 R wadoh!! oli nya pake apa bro?..saya paling sengsara kalo jalan dibelakang satria, asepnya gak nahan....dan motor2 tersebut diatas mayoritas milik masyarakat,asepnya juga tebal akibat mereka pake oli 2T yg murah.....kalo gak bisa nyalip mending saya ngalah ato minggir deh...........mata pedes nafas sesak....,kadang serasa jadi nyamuk yg sedang diasepin sama petugas pengasapan demam berdarah.........,gak adil bro mereka bisa bikin nafas saya sesak sementara motor saya bebas asap...lha 4 tak...btw obrolan soal asap bis yg hitam dipinggirkan dulu...bis itu gampang disalip tapi satria 120 r di depan gimana cara saya nyalip nya yah?....terpaksa minggir dulu....
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

GW CINTA MOTOR 2TAK UTK NINJA,satria(clan2nya) AJA

sisanya mati aja apalagi KING bedebah motornya penjahat,jambret,copet dll hehehe
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Yongis_CD wrote:satria 120 R wadoh!! oli nya pake apa bro?..saya paling sengsara kalo jalan dibelakang satria, asepnya gak nahan....dan motor2 tersebut diatas mayoritas milik masyarakat,asepnya juga tebal akibat mereka pake oli 2T yg murah.....kalo gak bisa nyalip mending saya ngalah ato minggir deh...........mata pedes nafas sesak....,kadang serasa jadi nyamuk yg sedang diasepin sama petugas pengasapan demam berdarah.........,gak adil bro mereka bisa bikin nafas saya sesak sementara motor saya bebas asap...lha 4 tak...btw obrolan soal asap bis yg hitam dipinggirkan dulu...bis itu gampang disalip tapi satria 120 r di depan gimana cara saya nyalip nya yah?....terpaksa minggir dulu....
satria 120 memang terkenal boros oli bro/sis??? Mungkin itulah mengapa satria yg dikeluhkan bro berasap lantaran oli sampingnya boros..gw punya temen isi oli samping bt satria-nya seminggu sekali..gila, boros nian...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

orang_sangit wrote:GW CINTA MOTOR 2TAK UTK NINJA,satria(clan2nya) AJA

sisanya mati aja apalagi KING bedebah motornya penjahat,jambret,copet dll hehehe
hehe..rasial banget bro, hehe....
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

Yongis_CD wrote:satria 120 R wadoh!! oli nya pake apa bro?..saya paling sengsara kalo jalan dibelakang satria, asepnya gak nahan....dan motor2 tersebut diatas mayoritas milik masyarakat,asepnya juga tebal akibat mereka pake oli 2T yg murah.....kalo gak bisa nyalip mending saya ngalah ato minggir deh...........mata pedes nafas sesak....,kadang serasa jadi nyamuk yg sedang diasepin sama petugas pengasapan demam berdarah.........,gak adil bro mereka bisa bikin nafas saya sesak sementara motor saya bebas asap...lha 4 tak...btw obrolan soal asap bis yg hitam dipinggirkan dulu...bis itu gampang disalip tapi satria 120 r di depan gimana cara saya nyalip nya yah?....terpaksa minggir dulu....
Pake Esso 2T, asap ada, tapi dikit sih.
Gw heran, rata2 Satria 120R emang banyak asap knalpot-nya.
Mgkn karena saluran oli samping-nya yg ampe 2 lobang di blok silinder :D

Kalo F1ZR kan oli sampingnya disemprot ke karbu.
Satria 120R langsung ke blok silinder.
Makanya orang2 bilang kalo mesin Satria 120R lebih awet.
Tapi oli samping juga jauh lebih boros :twisted:
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

orang_sangit wrote:GW CINTA MOTOR 2TAK UTK NINJA,satria(clan2nya) AJA

sisanya mati aja apalagi KING bedebah motornya penjahat,jambret,copet dll hehehe
oke..bikin percobaan berani gak, saya yakin anda gak mau dan gak berani.......kita tukeran motor, anda bawa jupiter saya saya bawa satria anda tapi anda HARUS dibelakang saya terus, jangan menghindar,jangan pake masker, helm ketutup boleh lah.,...gimana rasanya menghirup asapnya....enak yah?.... :lol: :lol: :lol: :lol:


mesin satria awet ...hmm itulah...mekanik2 senior kita yg biasa nanganin 2 tak emang dari jaman dulu biasa bikin boros setelan oli 2t nya, jadi bukan satriapun asal diborosin ,mesin dijamin awet, tapi yaitu deh jadi mengganggu orang lain dibelakangnya...........