Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02
Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Halo Om,
saya perlu pencerahan mengenai kapan sebuah mesin mobil itu perlu dilakukan overhoul. Berdasarkan browsing di Google rata-rata bilang di 150.000km.
Pertanyaan saya :
1. Bila dirawat dengan baik dan dipergunakan secara normal (bukan disiksa), apakah sebuah mesin mobil yang pemakaiannya telah mencapai 150.000km tetap harus overhaul walaupun tidak ada tanda-tanda umum seperti mengeluarkan asap putih atau pengurangan tenaga yang signifikan?
2. Saya sering lihat di platform jual beli ada mobil yang sudah mencapai 170.000km sampai 200.000km apa itu artinya mobil tersebut sudah melakukan overhaul atau memang memiliki daya tahan lebih dari 150.000km? Memang paling betul tanya ke penjualnya sih, tapi tidak semua mau jawab jujur dan pernah overhaul/turun mesin itu konotasinya jelek di dunia otomotif, padahal kan tidak selalu juga apabila dikerjakan dengan baik dan benar, mesin jadi fresh kembali.
Thanks in advance.
saya perlu pencerahan mengenai kapan sebuah mesin mobil itu perlu dilakukan overhoul. Berdasarkan browsing di Google rata-rata bilang di 150.000km.
Pertanyaan saya :
1. Bila dirawat dengan baik dan dipergunakan secara normal (bukan disiksa), apakah sebuah mesin mobil yang pemakaiannya telah mencapai 150.000km tetap harus overhaul walaupun tidak ada tanda-tanda umum seperti mengeluarkan asap putih atau pengurangan tenaga yang signifikan?
2. Saya sering lihat di platform jual beli ada mobil yang sudah mencapai 170.000km sampai 200.000km apa itu artinya mobil tersebut sudah melakukan overhaul atau memang memiliki daya tahan lebih dari 150.000km? Memang paling betul tanya ke penjualnya sih, tapi tidak semua mau jawab jujur dan pernah overhaul/turun mesin itu konotasinya jelek di dunia otomotif, padahal kan tidak selalu juga apabila dikerjakan dengan baik dan benar, mesin jadi fresh kembali.
Thanks in advance.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Coba browsing ulang pak.. dari sumber yg lbh terpercaya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Sumber dari mana itu
Sy sekarang megang mbl km diatas 150rb ada 2, 200rb ada 1, diatas 125rb ada 2, semuanya blm ada yg turun mesin, turun setengah aja ga ada haha
Tiati jg sama bengkel2 nakal cari cuan harom wkwk
Sy sekarang megang mbl km diatas 150rb ada 2, 200rb ada 1, diatas 125rb ada 2, semuanya blm ada yg turun mesin, turun setengah aja ga ada haha
Tiati jg sama bengkel2 nakal cari cuan harom wkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
sy ada xenia matik taun 2014 km dah 180rb ga pernah overhaul, masih aman tuh
kemarin coba bawa 160 masih sanggup
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Pengalaman sih ya pake bbrp mobil ini
Suzuki ertiga pake sampe 160rban km, kebanjiran 2x hampir sedashboard
Daihatsu taruna 225rb km
Panther 500rb++ km
blm ada tanda2 perlu overhaul dan ngga di overhaul, aman2 aja, mgkn (dan pasti) ada penurunan performa, tp bs dipake normal
Jd bingung jg 150rb hrs di OH dasarnya apaan ya
Suzuki ertiga pake sampe 160rban km, kebanjiran 2x hampir sedashboard
Daihatsu taruna 225rb km
Panther 500rb++ km
blm ada tanda2 perlu overhaul dan ngga di overhaul, aman2 aja, mgkn (dan pasti) ada penurunan performa, tp bs dipake normal
Jd bingung jg 150rb hrs di OH dasarnya apaan ya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 829
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Mobil baru gak pernah ganti oli sejak keluar dealer pas kilometernya mencapai 35.000 akan butuh overhaul. Atau mobil baru saat 1.000 km pertama ganti oli palsu, waktu kilometer 1500 butuh overhaul.R32GTR wrote: Thu Feb 08, 2024 12:43 Halo Om,
saya perlu pencerahan mengenai kapan sebuah mesin mobil itu perlu dilakukan overhoul. Berdasarkan browsing di Google rata-rata bilang di 150.000km.
Pertanyaan saya :
1. Bila dirawat dengan baik dan dipergunakan secara normal (bukan disiksa), apakah sebuah mesin mobil yang pemakaiannya telah mencapai 150.000km tetap harus overhaul walaupun tidak ada tanda-tanda umum seperti mengeluarkan asap putih atau pengurangan tenaga yang signifikan?
2. Saya sering lihat di platform jual beli ada mobil yang sudah mencapai 170.000km sampai 200.000km apa itu artinya mobil tersebut sudah melakukan overhaul atau memang memiliki daya tahan lebih dari 150.000km? Memang paling betul tanya ke penjualnya sih, tapi tidak semua mau jawab jujur dan pernah overhaul/turun mesin itu konotasinya jelek di dunia otomotif, padahal kan tidak selalu juga apabila dikerjakan dengan baik dan benar, mesin jadi fresh kembali.
Thanks in advance.
Mobilnya para senior SM biarpun kilometer diatas 200.000 km tidak perlu overhaul karena pada rajin ganti oli per 5.000 km gak peduli merk yg penting asli.
Jadi kapan perlu overhaul ? Simpulkan sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 97
- Joined: Fri Jun 24, 2011 6:40
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
No.1 tidak perlu. Tergantung kondisi mobilR32GTR wrote: Thu Feb 08, 2024 12:43 Halo Om,
saya perlu pencerahan mengenai kapan sebuah mesin mobil itu perlu dilakukan overhoul. Berdasarkan browsing di Google rata-rata bilang di 150.000km.
Pertanyaan saya :
1. Bila dirawat dengan baik dan dipergunakan secara normal (bukan disiksa), apakah sebuah mesin mobil yang pemakaiannya telah mencapai 150.000km tetap harus overhaul walaupun tidak ada tanda-tanda umum seperti mengeluarkan asap putih atau pengurangan tenaga yang signifikan?
2. Saya sering lihat di platform jual beli ada mobil yang sudah mencapai 170.000km sampai 200.000km apa itu artinya mobil tersebut sudah melakukan overhaul atau memang memiliki daya tahan lebih dari 150.000km? Memang paling betul tanya ke penjualnya sih, tapi tidak semua mau jawab jujur dan pernah overhaul/turun mesin itu konotasinya jelek di dunia otomotif, padahal kan tidak selalu juga apabila dikerjakan dengan baik dan benar, mesin jadi fresh kembali.
Thanks in advance.
No.2 belum tentu, tergantung kondisi mobil
Overhaul itu bukan ganti oli om yang wajib dilakukan sekian km. Overhaul dilakukan kalau ada gejala saja.
Kenapa overhaul itu konotasinya jelek, itu karena bukan hal yg rutin dan biasanya mobil yg di overhaul itu ada masalah di pemeliharaannya.
Mobil rental kantor pernah sampe 250ribu km tapi blm overhaul dan baik2 saja engine nya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
kalau rusak metal metalnya.
kalau fanbelt atau timing belt putus.
kena oli palsu
overheat dipaksa jalan
atau desainnya jelek dari sononya.
atau interval servis emang ngaco dari pabrikan
ya pasti turun mesin.
utk konteks sekarang mobil hampir ngga perlu turun mesin jika ngga ada failure. factory machining udah semakin presisi, oli full synthetic juga sudah murah. rate of failure sudah sangat kecil dan manual adjustment itu hampir nggak ada. utk daily use itu loadnya nggak sebesar dipacu terus di lintasan balap
kalo mesin balap ya tiap kelar balapan turun mesin.
kalau fanbelt atau timing belt putus.
kena oli palsu
overheat dipaksa jalan
atau desainnya jelek dari sononya.
atau interval servis emang ngaco dari pabrikan
ya pasti turun mesin.
utk konteks sekarang mobil hampir ngga perlu turun mesin jika ngga ada failure. factory machining udah semakin presisi, oli full synthetic juga sudah murah. rate of failure sudah sangat kecil dan manual adjustment itu hampir nggak ada. utk daily use itu loadnya nggak sebesar dipacu terus di lintasan balap

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Kalo di mesin bensin...selama ga makan oli
Kalo di mesin diesel.. selama ngobosnya masih bisa ditoleransi...hajar bleh
Cmiiw viosnya taxi BB setau sy >300rb km tanpa overhaul
Kalo di mesin diesel.. selama ngobosnya masih bisa ditoleransi...hajar bleh
Cmiiw viosnya taxi BB setau sy >300rb km tanpa overhaul
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
150 rebu turun mesin mah itu ajaran asemreges ama atep proyek senen itu
kl prawatan bener mah, 150 rebu malah baru klaar inrijden namanya
kl prawatan bener mah, 150 rebu malah baru klaar inrijden namanya
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Kalau odo sdh di atas 300.000 Km, belum turun mesin biasanya akselerasi & F/C berkurang aja, gak masalah, masih bisa dipakai normal.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Biasanya sih transmisi yg kalah duluan apalagi kalau cvt salah desain kyk punya Nissin wkwkwk
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
kalo ring piston bochor bochor karena you2x pada dengerin bengkel resmi yang cepu10rb km itu oli keburu lengket bisa biking ring bocor
kalo mesin overheat karena termo mampet radiator bochor bochor atau visco loyo atau waterpump rusak
sisanya karena umur komponen karet pada aus tapi biasanya bisa 20thn km 400rb pun masih gelinding2x aja makannya mobil kek gini mau di tuker sama listrik mana level.......!!!!
kalo mesin overheat karena termo mampet radiator bochor bochor atau visco loyo atau waterpump rusak
sisanya karena umur komponen karet pada aus tapi biasanya bisa 20thn km 400rb pun masih gelinding2x aja makannya mobil kek gini mau di tuker sama listrik mana level.......!!!!

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
150rb km maksudnya kalau timingchain diganti kali bukan turun mesin
Seal2 gasket kalau ada bocor mulai ganti
Seal2 gasket kalau ada bocor mulai ganti
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
O/H (overhaul) sifatnya OC (on condition) bukan PMS (preventive maintenance schedule) jd ga ada batasan misal 150rb km hrs o/h.
pms = rusak ga rusak diganti dlm batasan km/waktu. contohnya: oli, coolant, aki, ban, wiper blade, filters, dll
oc = diganti/diservis ketika rusak
contohnya: balljoint, tierod, cv axle, internal mesin, dsb.
meski dlm prakteknya banyak yg overlapping jg kaya aki, wiper jd oc. trus cv axle malah jd pms (ganti grease).
pms = rusak ga rusak diganti dlm batasan km/waktu. contohnya: oli, coolant, aki, ban, wiper blade, filters, dll
oc = diganti/diservis ketika rusak
contohnya: balljoint, tierod, cv axle, internal mesin, dsb.
meski dlm prakteknya banyak yg overlapping jg kaya aki, wiper jd oc. trus cv axle malah jd pms (ganti grease).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
jadi inget pernah baca
ada hyundai di pakai 1 jt mil dalam 5 thn, ngak ada proses overhaul juga
https://www.caranddriver.com/news/a2564 ... ion-miles/
ada hyundai di pakai 1 jt mil dalam 5 thn, ngak ada proses overhaul juga
https://www.caranddriver.com/news/a2564 ... ion-miles/
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
boil gw udah 330.000KM, cuma ganti gasket di bagian penutup kepala silinder. Sektor kaki ama mesin, malah abis lebih banyak di sektor kaki.ChZ wrote: Fri Feb 09, 2024 7:00 kalau rusak metal metalnya.
kalau fanbelt atau timing belt putus.
kena oli palsu
overheat dipaksa jalan
atau desainnya jelek dari sononya.
atau interval servis emang ngaco dari pabrikan
ya pasti turun mesin.
utk konteks sekarang mobil hampir ngga perlu turun mesin jika ngga ada failure. factory machining udah semakin presisi, oli full synthetic juga sudah murah. rate of failure sudah sangat kecil dan manual adjustment itu hampir nggak ada. utk daily use itu loadnya nggak sebesar dipacu terus di lintasan balapkalo mesin balap ya tiap kelar balapan turun mesin.

perawatan seadanya kecuali lendir-lendir ya harus sitimewa, wong nyawa mesin itu kan ada di lendirnya

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Terima kasih untuk om2 semua yang sudah memberikan pencerahan. Tujuan bertanya soal ini karena saya sedang tertarik untuk punya mobil hobi yang kilometernya rata-rata gondrong semua. Setelah baca semua penjelasan2nya, it's a relief! Jadi makin semangat buat memelihara si calon mobil hobi. Sekali lagi terima kasih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
150 rb km turun mesin?
monggo ane taro di sini ya
monggo ane taro di sini ya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Beat Karbu
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Setau saya banyak om mobil yang kmnya udah gondrong >150km bisa bertahan tanpa turun mesin. Di amrik setau saya banyak banget mobil yang disiksa sama ratusan miles dan masih oke mesinnya. Saya sendiri di keluarga saat ini pake 2 mobil yang notabene km gondrong bagi orang indo. Ford everest 2008 saat ini km 323 sudah pernah turun mesin di km 290an, itupun karena overheat terus menerus dan waktu itu hanya mobil satu2nya jadi mau gamau selama 3 bulan dipakai. Dan menurut saya masih oke buat mesin yang dipaksa 3 bulan keadaan overheat dan sesekali harus minggir (blok ori hanya ganti internal kec piston dan head). Satu lagi CX-5 km 130, mesin masih oke masih sanggup jalan ratusan km tampa berhenti, disiksa macet jakarta masih oke.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
mobil saya jazz idsi dari baru skrng udah 270rb km engga makan oli sama sekali, kalaupun ada hampir tidak terlihat ketika tap oli, ganti oli di 5000km selalu, dari awal pake oli buntut 30 sesuai buku manual, nolak kalau disuru 10w-40 soalnya honda berat pake oli 40 keatas. sejak 2015 pakai fastron 10w-30 dengab pemikiran dulu pertamina develop oli nya dengab kualitas bensin indonesia yang high sulfur.
bensin masih konsisten di 1:12 dalam kota, 1:17 luar kota pake ac, bensin pertamax dr dulu, dibejek masih bisa 160an selalu,
CVT original engga ada getar atau suara aneh, dari baru tiap ganti honda CVTF di 20rb km.
masalah cuma muncul di km 200rb an mulai rembes oli nya tapi belum netes
kayaknya belum perlu OH sih, semoga mesinya masih sehat terus
yg rusak2 malah printilan macem power window lagi macet
, kaki2 tiap 2 taun ganti uda kyk pajak 
bensin masih konsisten di 1:12 dalam kota, 1:17 luar kota pake ac, bensin pertamax dr dulu, dibejek masih bisa 160an selalu,
CVT original engga ada getar atau suara aneh, dari baru tiap ganti honda CVTF di 20rb km.
masalah cuma muncul di km 200rb an mulai rembes oli nya tapi belum netes
kayaknya belum perlu OH sih, semoga mesinya masih sehat terus
yg rusak2 malah printilan macem power window lagi macet
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Oct 04, 2022 7:50
- Location: jakarta
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
ada namanya life time engine, bisa dibrowse2, bisa brapa km
oh iya bahkan kalau dibalap, sejak ring seher terpasang, dihitung.
misal ring seher brapa jam, seher brapa jam (gk itung kilo)
mungkin yang paling ideal, 150rb km ganti ring seher biar lbih padet lagi,
ini terjadi dimotor, km 50rb ganti ring, motor lebih enak dan padet lagi,mobil?
jangankan ring seher, kampas kopling manual 150rb km belum tentu diganti
kendala nya, dimobil
ongkos jasa, dan hasil dibongkar, ngeri gk memuaskan
oh iya bahkan kalau dibalap, sejak ring seher terpasang, dihitung.
misal ring seher brapa jam, seher brapa jam (gk itung kilo)
mungkin yang paling ideal, 150rb km ganti ring seher biar lbih padet lagi,
ini terjadi dimotor, km 50rb ganti ring, motor lebih enak dan padet lagi,mobil?
jangankan ring seher, kampas kopling manual 150rb km belum tentu diganti
kendala nya, dimobil
ongkos jasa, dan hasil dibongkar, ngeri gk memuaskan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 829
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Pertanyaan Soal Kapan Mesin Harus Overhaul/Turun Mesin?
Saya pernah punya spd motor GL max 1993. Sampai saya jual tahun 2015 mesin masih orisinil, tidak pernah turun mesin. Sktr tahun 97 keluar asap putih tipis dari knalpot, semua bengkel katakan harus turun mesin, bubut silinder oversize 0.25 ganti seher. Akhirnya saya ngotot bilang, ganti ring seher orisinilnya saja tanpa kolter oversize. Bengkelnya masih ngotot percuma nanti ngebul lagi asapnya. Saya jg ngotot lagi, gpp saya yg tanggung resikonya. Setelah ganti ring seher orisinil asap hilang sampai saya jual 2015 itu masih aman tdk berasap. Oli selalu pakai mesran prima XP 20w50 agnti tiap 2000 km