Kemaren lusa bini ngeluh makin hari makin gelo aja ni macetnya ibukota. Sejak balik liburan seminggu lalu, dia asal plg kerja FC di MID sukses dapet cuman max 1:6

Akhirnya muncul lah narasi beli moblis aja. Ini mentah banget sih blm tentu beli jg sebab blm ada genap 2 tahun baru beli 2 mbl baru. Kalo pun beli mbl lg pasti salah satu mbl di garasi bakalan jd korban.
Td pas keluar iseng2 melipir ke showroom wolenk, eh ternyata ada unit TD si binguo. Yaudah cus ga pake lama kita TD si binguo.
Sori fotonya agak miring2

Exterior:
Bentuk sih ga senyeleneh air EV yg waktu awal2 keluar pasti orng2 mikir mblnya aman apa nggak. Si binguo ini lebih proper modelnya seperti mbl lain kebanyakan. Sekilas beberapa orng bilang mirip vw beetle tapi setelah liat sendiri ga ada mirip2nya. Design terlalu feminim bwat kaum adam, tp mungkin ciwik2 bakalan suka karena emang imut2 sih ditambah pilihan warnanya ga ada yg ga ngejreng. Pilihan warnanya cuman ada 3, warna milk tea (coklat2 gitu), hijau, sama biru.
Interior: Positifnya: oke lah interior dibungkus faux leather yg cukup empuk. Bangku didudukinnya enak, posisi row 2 jg nyaman dan ga sempit. Cuman sepertinya paha agak ngegantung kalo duduk di belakang bwat orng yg tingginya >170cm. Bagasi kayanya muat 2 koper sedang, atau 2 koper gede kalo bangku row 2 dilipet. Pattern joknya lumayan bagus, kesan retro2nya dapet dengan garis2 vertical.
Doortrim mayoritas hard plastic kecuali daerah sekitaran arm rest. Kalo diliat di gbr, pokoknya yg warna coklat itu semua soft touch deh.
Negatifnya: ga sreg sama kombinasi warnanya, hitam, coklat, putih. Terutama putih di dashboard yg terkesan ga nyambung. Akan jauh lebih elegan kalo list putihnya itu diganti piano black. Katanya kalo yg warna exteriornya biru, interiornya hitam. Mungkin better kali drpd warna nabrak2 keramean kaya gini.
Minus kedua, surprisingly mbl ginian tempat naro barang2 minimal. Cuman ada 2 tempat botol ditengah, sama kantong di doortrim yg ga gede2 aman juga. Padahal mbl daily ginian biasanya jadi rumah kedua yg bakalan banyak barang2 ditaro disini. Di console tengahnya jg ga ada arm rest bwat naro tangan sama sekali. Gear shifter jg sama kaya model air EV puter2an gitu agak kagok kalo awal2 pake tp setelah 2-3x mindah2in uda biasa sih.
Driving impression:
Mobil dibawanya berasa cukup solid, stir ga keentengan banget kaya mobil2 jaman sekarang. Masih enteng sih sebenernya tp gak kopong blas gitu lah. Kebetulan td ane TD lg macet banget, nyuri2 dari posisi diem trus gas sih torsi lumayan kerasa ya. Impresinya model2 kaya puteran bawah fortie gitu lah yg emang enteng. Top speed 120kmpj sahaja ga bisa lebih. Bwat stop n go harusnya enak sih dengan torsi yg lumayan gini.
Ngomongin kenyamanan saya compare dengan CX30 di rumah aja yg biasa ane bawa. Kalo dibandingin sama CX30 sebenernya kenyamanan si binguo ga lebih inferior. Kaki2 kalo jalanan rusak dan bergelombang bisa ngeredam dengan baik, ga "rame" model kaya si H tegak. Kenyamanan sebenernya mirip2, mungkin karena CX30 ga bisa dibilang mbl nyaman jg kali ya. Rebound suspensi jg ga lebay lewat poldur sampe goyang2. Overall kerasa sih ni mbl cukup solid. Sayang ga masuk tol sehingga ga ngerasain sasisnya gimana.
Misc: nah ini yg penting. Ane gatau salesnya bener apa nggak. Td salesnya ngmng ternyata lifetime warrantynya itu dinamo penggerak dan komponen penggerak lain, bukan battery cell nya. Battery cell nya tetep cuman 8 thn. Entah ni mana yg bener tp kalo liat di website wuling sih ada tulisan power battery yg masuk dlm lifetime warranty. Ini yg mungkin harus diperjelas lg kalo mo beli.
Infonya harus diperjelas lg.
Si sales jg bilang si woleng ga bs ngecharge si spklu ya? Repot jg kalo emang harus keluar kota ya. Tp brp kali liat di fb ada wuling airev yg bisa dibawa ke luar kota.
Trus yg agak aneh jg si sales bilang yg bisa fast charge (tipe acdc) ngecharge 0-100% cuman 35 mnt? Kok gw skeptis ya masa secepet itu.
Verdict:
1. Ni mobil cocok bwat orng commuter dalam kota yg takut pake air EV diseruduk sama lederprem di tol. Senggaknya dari bodynya yg "proper" kaya mbl biasa lebih tenang lah bawanya di tol
2. Cocok bwat mobil kedua atau ketiga, dirumah harus sudah ada mbl tempur keluar kota.
3. Cocok sama orng yg ga mikirin resale value. Ni mbl kalo dipake 5-6 thn kayanya dijual 1/2 harga pun blm tentu ada yg mau deh, secara orng2 pasti takutnya sama komponen baterenya yg paling mahal pasti pd mikir sudah degradasi dengan cukup signifikan. Just buy and pake sampe rongsok, apalagi kalo warrantynya ternyata bener include battery cell.
Trim to buy: yg 333km acdc kayanya paling worth the money. Harga 326jt, 333km udah cukup bwat commute dlm kota. Kalo yg 400km harganya uda deket sama MG4EV, mending MG sekalian.
Next mo nyoba MG ma BYD atto 3/dolphin, abis nyoba 3 merk ini mungkin ane baru diskusi lg ma bini apakah worthed beli EV, sebab kita beli EV bukan sok2an go green tp bwat menghemat pengeluaran. Blm tau jg mbl mana di rumah bakalan jd korban. Mo jual CX30 masih terlalu muda, ruginya banyak. Stargejer sama mudanya tp ini emang uda ga kepake sih, cuman kalo jual stargezer nambahnya banyak bisa 100jt lebih lg. Mazda 2 ade ane ga bakalan mau jual kecuali dituker guling ma mazda 3 yg dia mau

