BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

Suryaputra wrote: Sun Mar 10, 2024 5:13
linschneider wrote: Sat Mar 09, 2024 15:13 wah diskusinya mulai keliatan akademis nih. tinggal tambah populasi uda siap section khusus ev :mky_02:

sekedar sharing aja, 10 taun lalu saat kuliah di negeri panda ane pake motlis utk kendaraan harian. needless to say teknologinya primitif sangat dibanding ev2 skr tp bagi puluhan mpe ratusan juta mahasiswa dan kurir makan disana sdh cukup mumpuni. gr2 bokap oe org usil dia iseng pesen 1 unit custom dgn gearbox cvt dan batre lifepo4, satu2nya motlis yg pake litium dan ga single ratio seprovinsi taun itu. secara teori dgn adanya rasio gigi variabel harusnya lebih efisien, tarikan awal lebih jambak, top speed lebih tinggi dan bisa lebih hemat, tapi praktisnya tdk efektif. saat awal nyoba di pabrik emg enak tapi lama kelamaan dia ngga mau oper ke rasio tinggi, jadi top speed stuck di sekitar 50 kmh aja. sebabnya ngga ada yg tau, klo menurut oe mgkn penyaluran torsi drivetrain yg "tidak konstan" bikin cvtnya bingung karena notabene rute ane tdk halus dan full tanjakan krn sekolah didaerah gunung dan kadang2 motor ane bisa masuk high gear di jalan downhill yg panjang.

setelah 1,5 taun pake motornya dicolong sesaat sebelom imlek (musim paling rawan copet). next motor oe beli baru tanpa gearbox tp dinamo dan baterai yg lebih gede yg oe pake sampe lulus, dan menurut oe itu lebih efektif. memang ada alesan knp motlis pasaran massal disana tdk pake girbok, dikarenakan tdk efektif dr harga dan pemakaiannya. tp itu dekade lalu ya, mgkn skr sdh lbh terdevelop dan efektif apalagi kata om surya porshe uda pake gearbox cuman masih eksklusif dan mahal utk skr

Bibieight wrote: Sat Mar 09, 2024 11:44

Graph Total 04.jpg

Itu grafiknya, cruising yak, pas pertamakali bawa I5 liwat tol transjawa, kebetulan cipali kosong (saya ternyata ngebut yak :big_childish: :big_childish: :big_childish: ), balapan ama another I5, takut gak kebagian colokan di km 207A :big_slap: :big_slap: :big_slap: ...

Nah di grafik itu speed warna ungu, power warna ijo (dua2nya di kiri ya).
Naik turun ijo itu dari regen-nya, jadi meskipun akselerasi, kalo gak bejek pol tp push&glide ada regen masuk dikit2. Perkara suhu, diajak galak2an max 33C ya, ndak mbledug, panasnya kalo pake UFC....

Ntar biar akurat sy coba lagi deh, soalnya tadi sy coba 0-100 di tol Pulogebang, eee lupa nyalain OBD :big_peace: :big_peace: :big_peace:
tks sharingnya om :big_exellent:
CvT nya harus electronically controlled mbah.
Kudu tuning and equipped TCM CVT nya.

Jd rasio gearnya diatur scr elektronis, based on speed dan beban kerja motor listrik.
Lbh rumit parameter programmingnya.
Jd bukan based on torque+powah spt CVT di skutik. :mky_03:
harusnya

emg salahnya disitu cvtnya pake ala skutik punya dan ga bisa (ato ga ada yg bisa) tuning tcu disana saat itu :wkkk:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Sat Mar 09, 2024 13:11 taunya 3.8 sec.
figur angka lebi seksi utk di review drpd ngurusin printilan elektronik gitu

anyway

di nikkei xtech ud review teardown biyadi seal, sapa tau yg ada akses bisa ngulik

buat mobil" ev lain juga ud ada

https://xtech.nikkei.com/atcl/nxt/column/18/02462/
https://project.nikkeibp.co.jp/mirai/byd_seal/all/
Image
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: Sat Mar 09, 2024 22:10

TUH ada yang nangis gara2x mobilnya harganya jeblok :mky_07:

gpp katanya cuma satu orang gak ada statistik :mky_03:
Mgkn kedepannya bgitu om. Who knows sihh

Skarang kan kita (indo market) masih honeymoon banget


Lagian penyerapan EV di indo pasarnya kebanyakan kelas middle sampe upper (yg nett yearly income start from Rp 500jt++) yg gw liat tu. Contohnya di daerah ane sihh komplek2 rumah cluster macem bsd-gs-alam sutera emang mulai menjamur ada mobil ev parkir satu di garasi sambil di charge.

Trus pasti ada back up daily drive combustion cars macem kijangs; crv lawas; hrv; duo diesel arrogan

Tp ya populasinya di sekitar sana aja. Masyarakat kelas middle to lower (yg jelas populasinya jauhhh lebih banyak dari yg ane contohin diatas). Ya teteup aj motoran, lcgc, lmpv, dan l l l laennya

Kalo sampe jeblok ancur ancuran, kelas middle-up (mayoritas users) paling cuman ngelus dada aja lahhh. Ga sampe hartanya abis smua anggep aj guna sewa pakai tu ev cars

Kaum kelas mid-low ya nontonin doang di youtube sambil rebahan ngopi + rokok jadi entertainment :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bibieight »

darrelund wrote: Sun Mar 10, 2024 7:10
Bibieight wrote: Sat Mar 09, 2024 13:11 taunya 3.8 sec.
figur angka lebi seksi utk di review drpd ngurusin printilan elektronik gitu

anyway

di nikkei xtech ud review teardown biyadi seal, sapa tau yg ada akses bisa ngulik

buat mobil" ev lain juga ud ada

https://xtech.nikkei.com/atcl/nxt/column/18/02462/
https://project.nikkeibp.co.jp/mirai/byd_seal/all/
Image
Makasiii oom, lsg dibaca, nah ada 2 yg buat sy menarik :

Pertama yang ini : https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp
Sama kayak Atto, mati satu sel mati satu pack, kalo diseri semua 172 cell x 3.2V (ini LiFePO4 kan, kalo NMC 3.7V) dapet 550an lah, udah bisa dianggep arsitektur 800V kecil lah. Terus kalo bener kayak Atto berarti CMU-nya satu papan panjang, mati satu kayaknya ganti pack juga. Ini kalo rusak dikiiiiiiit aja, 100% ndak bisa diperbaiki kayaknya, harus ganti baru, terus rombengannya-pun agak susah reusable-nya, buat PV misalnya, bongkarnya ribet. Dari segi repairability masih menang Youngdie sih….

Berikutnya yang : https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp
Kalo mbah gugel bener nerjemahinnya, pendinginan baterenya langsung freon (I5 freonnya ndinginin air, baru airnya ndinginin batere) :big_think: :big_think: :big_think: , cooling plate yg isi freon itu ada dibawah, nah kalo ketemu temen saya yang batu segede helem itu tebak ndiri akhir critanya. Terus cooling plate isi air sama cooling plate isi freon pasti beda spek, ini seglundung batere bakal kena berapa ya asuransi :big_think: :big_think: :big_think: Nah yang saya heran, udah repot2 begini koq masih di peg di 150 kW fast DC-nya….. semoga aja si ini mbah gugel salah nerjemahin

Lanjut : https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp
Dan ini :
https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp ,
ini juga lem biru, motor, DC-DC converter sama BMS jadi satu. Ini satu jebol harus turun satu modul kayaknya, nahas lagi kalo ndak bisa dilepas ndiri2 :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: . Youngdie dipisah ndiri2, ICCU di taruh di belakang, BMS di battery pack, yg nempel di motor cuma controllernya….

Overall, pendapat saya pribadi si kalo liat gaya engineering kayak gini si bener si Nippon masih santuy dan ndak kuatir2 banget ama BYD (jadi inget gaya engineering Citroen, sering ribet dibikin ndiri :big_peace: :big_peace: :big_peace: ), malah dari sisi engineering lebih sensible si Youngdie, kalo BYD kayak pabrik HP dikasih roda, kalo Youngdie kan masih pabrik mobil…. Jadi penasaran, kemaren di IIMS itu dijual pake leasing apa sama asuransi apa ya :big_think: :big_think: :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »




:big_bored: :big_bored:
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Pak kamu boleh bikin thread khusus anti EV nya, sekalian dipropose ke admin buat jadi pin thread di paling atas dan paling kelihatan di sini.
daripada repot2 tiap pagi posting 1 link, kepencar2, biar enak nonton nya jadi 1thread.
:big_deal:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Achien wrote: Mon Mar 11, 2024 1:08 Pak kamu boleh bikin thread khusus anti EV nya, sekalian dipropose ke admin buat jadi pin thread di paling atas dan paling kelihatan di sini.
daripada repot2 tiap pagi posting 1 link, kepencar2, biar enak nonton nya jadi 1thread.
:big_deal:
gak perlu pak paling gampang gak usah di tanggepin :big_deal:
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

b0ku wrote: Mon Mar 11, 2024 2:39
Achien wrote: Mon Mar 11, 2024 1:08 Pak kamu boleh bikin thread khusus anti EV nya, sekalian dipropose ke admin buat jadi pin thread di paling atas dan paling kelihatan di sini.
daripada repot2 tiap pagi posting 1 link, kepencar2, biar enak nonton nya jadi 1thread.
:big_deal:
gak perlu pak paling gampang gak usah di tanggepin :big_deal:
Karena anda tendensius sekali, dengan share video2 tsb.
Saya hanya memberi saran saja.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Achien wrote: Mon Mar 11, 2024 2:47
Karena anda tendensius sekali, dengan share video2 tsb.
Saya hanya memberi saran saja.
berita baru pak share aja :mky_03:

karena kalo baru lebih update infonya :big_okay:

kalo mau emang tujuan saya ngacak2x saya banyak om bahannya dan kebanyakan source resmi semua :mky_03:
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

Bibieight wrote: Sun Mar 10, 2024 8:31
darrelund wrote: Sun Mar 10, 2024 7:10
Bibieight wrote: Sat Mar 09, 2024 13:11 taunya 3.8 sec.
figur angka lebi seksi utk di review drpd ngurusin printilan elektronik gitu

anyway

di nikkei xtech ud review teardown biyadi seal, sapa tau yg ada akses bisa ngulik

buat mobil" ev lain juga ud ada

https://xtech.nikkei.com/atcl/nxt/column/18/02462/
https://project.nikkeibp.co.jp/mirai/byd_seal/all/
Image
Makasiii oom, lsg dibaca, nah ada 2 yg buat sy menarik :

Pertama yang ini : https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp
Sama kayak Atto, mati satu sel mati satu pack, kalo diseri semua 172 cell x 3.2V (ini LiFePO4 kan, kalo NMC 3.7V) dapet 550an lah, udah bisa dianggep arsitektur 800V kecil lah. Terus kalo bener kayak Atto berarti CMU-nya satu papan panjang, mati satu kayaknya ganti pack juga. Ini kalo rusak dikiiiiiiit aja, 100% ndak bisa diperbaiki kayaknya, harus ganti baru, terus rombengannya-pun agak susah reusable-nya, buat PV misalnya, bongkarnya ribet. Dari segi repairability masih menang Youngdie sih….

Berikutnya yang : https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp
Kalo mbah gugel bener nerjemahinnya, pendinginan baterenya langsung freon (I5 freonnya ndinginin air, baru airnya ndinginin batere) :big_think: :big_think: :big_think: , cooling plate yg isi freon itu ada dibawah, nah kalo ketemu temen saya yang batu segede helem itu tebak ndiri akhir critanya. Terus cooling plate isi air sama cooling plate isi freon pasti beda spek, ini seglundung batere bakal kena berapa ya asuransi :big_think: :big_think: :big_think: Nah yang saya heran, udah repot2 begini koq masih di peg di 150 kW fast DC-nya….. semoga aja si ini mbah gugel salah nerjemahin

Lanjut : https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp
Dan ini :
https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp ,
ini juga lem biru, motor, DC-DC converter sama BMS jadi satu. Ini satu jebol harus turun satu modul kayaknya, nahas lagi kalo ndak bisa dilepas ndiri2 :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: . Youngdie dipisah ndiri2, ICCU di taruh di belakang, BMS di battery pack, yg nempel di motor cuma controllernya….

Overall, pendapat saya pribadi si kalo liat gaya engineering kayak gini si bener si Nippon masih santuy dan ndak kuatir2 banget ama BYD (jadi inget gaya engineering Citroen, sering ribet dibikin ndiri :big_peace: :big_peace: :big_peace: ), malah dari sisi engineering lebih sensible si Youngdie, kalo BYD kayak pabrik HP dikasih roda, kalo Youngdie kan masih pabrik mobil…. Jadi penasaran, kemaren di IIMS itu dijual pake leasing apa sama asuransi apa ya :big_think: :big_think: :big_think:
jadi bisnis model byd ada rusak ganti baru segelondong, dan by design cenderung dibuat not aftermarket friendly ya :big_dunno:

artinya saat bateray uda capai end of life cycle musti inden stok pabrik. klo lifecycle pendek (1 dekade bawah), itungan pasti mahal. klo panjang (berdekade2) kemungkinan ada baterai murah spt sodium, solid state ato entah, tp platformnya yg uda ilang. :big_slap:
b0ku wrote: Sun Mar 10, 2024 21:46


:big_bored: :big_bored:
utk konteks nickel mining, data dr mbah gugel mengatakan bahwa

https://natural-resources.canada.ca/our ... l%20(8%25).

.. 65% digunakan untuk stainless steel. utk komponen baterai 15%, dan baterai utk ev/hybrid sekian persen dr 15% itu dan tentunya utk baterai2 ev or hybrid yg mengandung nickel sj.

jd sekiranya "agak" misleading kalo menyalahkan hybrid/ev berbaterai nikel (sekian persen dr sekian persen yg jg sekian persen) sebagai sebab utama kerusakan lingkungan.

bila ada obligasi moral utk lingkungan bisa beli ev non-nickel aja :mky_04:
Last edited by linschneider on Mon Mar 11, 2024 3:34, edited 1 time in total.
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

b0ku wrote: Mon Mar 11, 2024 2:59
Achien wrote: Mon Mar 11, 2024 2:47
Karena anda tendensius sekali, dengan share video2 tsb.
Saya hanya memberi saran saja.
berita baru pak share aja :mky_03:

karena kalo baru lebih update infonya :big_okay:

kalo mau emang tujuan saya ngacak2x saya banyak om bahannya dan kebanyakan source resmi semua :mky_03:
cek dan riset ulang semua om, ati2 propaganda piece :mky_04:

klo uda bener, dikompilasi dan sebaiknya bikin trit ndiri aja :mky_04:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Zaxis »

Judul nya byd launching,tapi isi nya sampah semua

Paling bener yah buat thread sendiri anti-ev
Jadi yg mau brain washing bisa dapet info update

Kalo begini kan orang mau dpt update byd susah korek2 sampah dulu
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by timbermaniac123 »

Zaxis wrote: Mon Mar 11, 2024 3:31 Kalo begini kan orang mau dpt update byd susah korek2 sampah dulu
Sabar om, bvatch pertama byd baru turun ke user aja sekitar juni - juli. Menurut saya si debat begini bagus, kalau ga lama lama kaya komunitas wuling awal2. Kontra dikit langsung dihujat habis2an.... Yang penting user sini tau duluan plus minus sebelum mutusin beli ev
Last edited by timbermaniac123 on Mon Mar 11, 2024 3:48, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

linschneider wrote: Mon Mar 11, 2024 3:13
utk konteks nickel mining, data dr mbah gugel mengatakan bahwa

https://natural-resources.canada.ca/our ... l%20(8%25).

.. 65% digunakan untuk stainless steel. utk komponen baterai 15%, dan baterai utk ev/hybrid sekian persen dr 15% itu dan tentunya utk baterai2 ev or hybrid yg mengandung nickel sj.

jd sekiranya "agak" misleading kalo menyalahkan hybrid/ev berbaterai nikel (sekian persen dr sekian persen yg jg sekian persen) sebagai sebab utama kerusakan lingkungan.

bila ada obligasi moral utk lingkungan bisa beli ev non-nickel aja :mky_04:
NAH Belinya byd deh :upss:

cuma nikel cuma salah satunya aja om masih ada cobalt sama lithium juga jgn lupa material2x buat charging stasion dan wiring :big_bored:

produk ini sangat tergantung sama materi tambang

ngomongin nikel kenapa selalu gembar gembornya mobil listrik juga ud sering denger kek gini, kek baru2x ini ada ngomong secara statistik banyakan mobil gas yang kebakar tapi pada ribut di china bawa ev naek ferry aja susah setengah mati kalo produk mereka aman kenapa regulator malah takutnya sama EV sampe bikin aturan kek gitu dan sampe sekarang aja belom ada yang jawab :big_bored:
Last edited by b0ku on Mon Mar 11, 2024 4:53, edited 3 times in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

linschneider wrote: Mon Mar 11, 2024 3:30
cek dan riset ulang semua om, ati2 propaganda piece :mky_04:

klo uda bener, dikompilasi dan sebaiknya bikin trit ndiri aja :mky_04:
justru porpaganda kenceng dari pro ev soalnya sponsornya PBB, democrat capter amrik belom ngomongin china sama EU :mky_03:
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Kalo mau tanpa campur politik saya ga tau bisa tinggal di mana?
Hutan sudah ada yang punya semua.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Achien wrote: Mon Mar 11, 2024 4:30 Kalo mau tanpa campur politik saya ga tau bisa tinggal di mana?
Hutan sudah ada yang punya semua.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bibieight »

Daripada rame politik konstipasi global yg kita gak bisa ngapa2in, kalo memang udah dipaksa pake EV gimana lagi, nih talit mau dibatasin kan : https://www.google.com/amp/s/oto.detik. ... h-beli/amp, mau pindah hutan udah ada yg punya, pindah ke Scandi disana EV semua :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Maka dari itu kita balik ke BYD aja yak. Kayaknya dah up to date motor controllernya, udah SiC :
https://www.researchgate.net/figure/Typ ... _349635318
Terus berhubung produk Tiongkok, Aliexpress-nya pun ada :
https://www.aliexpress.us/item/32568059 ... pt=glo2usa
Kurang lebih USD 3600-an,

Yang I5 : https://www.wholesalehyundaiparts.com/p ... 1XNN4.html , harganya USD 471, tambah ICCU :https://www.wholesalehyundaiparts.com/p ... 1XAA0.html kena USD 2427. Pengalaman bikin betul pack, harga bengkel resmi di Indonesia lebih mahal 10-15% lah....
Kesimpulan sementara, diluar batere banyak komponen yg secara harga ndak beda jauh, tinggal desain filosofi, model bisa ngeteng (I5) atau sepaket (BYD)....

Naah, untungnya beli produk global kan bisa ngikut NTSB, spt Ioniq 5 ini yg di US bermasalah ICCU-nya sampe direcall NTSB, jd gara2 software ada bakat current overload, mati, ndak kedeteksi sampe aki 12V-nya mati. Nah yg di US P/N buntut A, untungnya yg di Indonesia buntut B. Nah kita kurang paham seberapa ketat NTSB Tiongkok, asumsi saya si ketat ya, satu dua sama US, tinggal cari beritanya disana gimana caranya sih :big_think: :big_think: :big_think:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

Bibieight wrote: Mon Mar 11, 2024 6:50 Daripada rame politik konstipasi global yg kita gak bisa ngapa2in, kalo memang udah dipaksa pake EV gimana lagi, nih talit mau dibatasin kan : https://www.google.com/amp/s/oto.detik. ... h-beli/amp, mau pindah hutan udah ada yg punya, pindah ke Scandi disana EV semua :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Maka dari itu kita balik ke BYD aja yak. Kayaknya dah up to date motor controllernya, udah SiC :
https://www.researchgate.net/figure/Typ ... _349635318
Terus berhubung produk Tiongkok, Aliexpress-nya pun ada :
https://www.aliexpress.us/item/32568059 ... pt=glo2usa
Kurang lebih USD 3600-an,

Yang I5 : https://www.wholesalehyundaiparts.com/p ... 1XNN4.html , harganya USD 471, tambah ICCU :https://www.wholesalehyundaiparts.com/p ... 1XAA0.html kena USD 2427. Pengalaman bikin betul pack, harga bengkel resmi di Indonesia lebih mahal 10-15% lah....
Kesimpulan sementara, diluar batere banyak komponen yg secara harga ndak beda jauh, tinggal desain filosofi, model bisa ngeteng (I5) atau sepaket (BYD)....

Naah, untungnya beli produk global kan bisa ngikut NTSB, spt Ioniq 5 ini yg di US bermasalah ICCU-nya sampe direcall NTSB, jd gara2 software ada bakat current overload, mati, ndak kedeteksi sampe aki 12V-nya mati. Nah yg di US P/N buntut A, untungnya yg di Indonesia buntut B. Nah kita kurang paham seberapa ketat NTSB Tiongkok, asumsi saya si ketat ya, satu dua sama US, tinggal cari beritanya disana gimana caranya sih :big_think: :big_think: :big_think:
Om bibie, pernah analisis batere wuling or MG ga yah? Ane lupa. Boleh jg tuh om dianalisis bwat insight kita2.

Btw, mudah2an jkt sepian dikit kalo pertalite jd dibatesin :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by timbermaniac123 »

Oh iya, rumornya byd mau potong harga battery up to 50% ya ? Kalau bener harga batre sampe 50% bisa bisa harga batrenya mirip harga batre hybrid toyota. Lebih worth langsung ke ev ya
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Technology makin hari harusnya makin murah,
Tapi biasanya di wakandah ya pasti telat urusan seperti itu.

Coba check instagram byd indonesia.
Sudah mulai ada beberapa complaint blum ada kejelasan unit yang sudah dp sebelum reveal harga (Januari dp, promise delivery feb-maret).
Ada yg nulis sebenarnya memang semua delivery unit June-July,
Trus kenapa bisa ada janji febuari-maret-april.
Ada juga yang nulis kalo ini semua Juni karena kesepakatan ataupun dokumen belum clear.
Apapun itu terkesan bahwa ada yang oleh dealer tidak bisa dijawab.
Apakah ini pertanda buruk nya manajemen byd indonesia?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

Achien wrote: Mon Mar 11, 2024 15:00 Technology makin hari harusnya makin murah,
Tapi biasanya di wakandah ya pasti telat urusan seperti itu.

Coba check instagram byd indonesia.
Sudah mulai ada beberapa complaint blum ada kejelasan unit yang sudah dp sebelum reveal harga (Januari dp, promise delivery feb-maret).
Ada yg nulis sebenarnya memang semua delivery unit June-July,
Trus kenapa bisa ada janji febuari-maret-april.
Ada juga yang nulis kalo ini semua Juni karena kesepakatan ataupun dokumen belum clear.
Apapun itu terkesan bahwa ada yang oleh dealer tidak bisa dijawab.
Apakah ini pertanda buruk nya manajemen byd indonesia?
buruk ato engga nya kita liat nanti saja um

maklum baru juwalan ya pasti ngaco, market baru jg buat mereka

cuma klo sampai bbrp tahun kdepan masi kacau ya.......
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Sun Mar 10, 2024 8:31
Berikutnya yang : https://xtech-nikkei-com.translate.goog ... r_pto=wapp
Kalo mbah gugel bener nerjemahinnya, pendinginan baterenya langsung freon (I5 freonnya ndinginin air, baru airnya ndinginin batere) :big_think: :big_think: :big_think: , cooling plate yg isi freon itu ada dibawah, nah kalo ketemu temen saya yang batu segede helem itu tebak ndiri akhir critanya. Terus cooling plate isi air sama cooling plate isi freon pasti beda spek, ini seglundung batere bakal kena berapa ya asuransi :big_think: :big_think: :big_think: Nah yang saya heran, udah repot2 begini koq masih di peg di 150 kW fast DC-nya….. semoga aja si ini mbah gugel salah nerjemahin
ucettt pke nona valve ud kek uler tu sistem coolant

klo bener freon doank berarti emg limitasi 150kW itu di cooling system um, khan mesti dijaga strict itu temp klo 200-300kW mah

dan makanya jg limiter 180kmh

sekelas taycan aja abis gaspol aja ttp keok di DC FC, kipas ud kek jet darat, batt temp 50C, throttle ke 150kW :big_biglaugh:



klo kata web chinese seh bener dia pke pure freon coolingnya https://chejiahao.m.autohome.com.cn/info/10576707

bonus:

https://www.pff.de/wcf/attachment/98806 ... ation-pdf/
Last edited by darrelund on Mon Mar 11, 2024 16:16, edited 1 time in total.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by timbermaniac123 »

Byd sebenernya kan udah dapet insentif dari pemerintah juga, tapi mereka belum mau turunin harga. Harga standart range belum entah kenapa belum mau dilaunching, apa semua tunggu penjualan melempem dulu ?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

timbermaniac123 wrote: Mon Mar 11, 2024 16:10 Byd sebenernya kan udah dapet insentif dari pemerintah juga, tapi mereka belum mau turunin harga. Harga standart range belum entah kenapa belum mau dilaunching, apa semua tunggu penjualan melempem dulu ?
keknya seh, branding aja um, sengaja lgsg yg performance biar kecipta branding "ngebut"

atau ya mungkin tunggu insentif pemerintah, supaya lebi murah

mungkin jg setelah itung"an, harga SR & P ga beda jauh, jadi ya sekalian aja