harusnyaSuryaputra wrote: Sun Mar 10, 2024 5:13CvT nya harus electronically controlled mbah.linschneider wrote: Sat Mar 09, 2024 15:13 wah diskusinya mulai keliatan akademis nih. tinggal tambah populasi uda siap section khusus ev![]()
sekedar sharing aja, 10 taun lalu saat kuliah di negeri panda ane pake motlis utk kendaraan harian. needless to say teknologinya primitif sangat dibanding ev2 skr tp bagi puluhan mpe ratusan juta mahasiswa dan kurir makan disana sdh cukup mumpuni. gr2 bokap oe org usil dia iseng pesen 1 unit custom dgn gearbox cvt dan batre lifepo4, satu2nya motlis yg pake litium dan ga single ratio seprovinsi taun itu. secara teori dgn adanya rasio gigi variabel harusnya lebih efisien, tarikan awal lebih jambak, top speed lebih tinggi dan bisa lebih hemat, tapi praktisnya tdk efektif. saat awal nyoba di pabrik emg enak tapi lama kelamaan dia ngga mau oper ke rasio tinggi, jadi top speed stuck di sekitar 50 kmh aja. sebabnya ngga ada yg tau, klo menurut oe mgkn penyaluran torsi drivetrain yg "tidak konstan" bikin cvtnya bingung karena notabene rute ane tdk halus dan full tanjakan krn sekolah didaerah gunung dan kadang2 motor ane bisa masuk high gear di jalan downhill yg panjang.
setelah 1,5 taun pake motornya dicolong sesaat sebelom imlek (musim paling rawan copet). next motor oe beli baru tanpa gearbox tp dinamo dan baterai yg lebih gede yg oe pake sampe lulus, dan menurut oe itu lebih efektif. memang ada alesan knp motlis pasaran massal disana tdk pake girbok, dikarenakan tdk efektif dr harga dan pemakaiannya. tp itu dekade lalu ya, mgkn skr sdh lbh terdevelop dan efektif apalagi kata om surya porshe uda pake gearbox cuman masih eksklusif dan mahal utk skr
tks sharingnya omBibieight wrote: Sat Mar 09, 2024 11:44
Graph Total 04.jpg
Itu grafiknya, cruising yak, pas pertamakali bawa I5 liwat tol transjawa, kebetulan cipali kosong (saya ternyata ngebut yak![]()
![]()
), balapan ama another I5, takut gak kebagian colokan di km 207A
![]()
![]()
...
Nah di grafik itu speed warna ungu, power warna ijo (dua2nya di kiri ya).
Naik turun ijo itu dari regen-nya, jadi meskipun akselerasi, kalo gak bejek pol tp push&glide ada regen masuk dikit2. Perkara suhu, diajak galak2an max 33C ya, ndak mbledug, panasnya kalo pake UFC....
Ntar biar akurat sy coba lagi deh, soalnya tadi sy coba 0-100 di tol Pulogebang, eee lupa nyalain OBD![]()
![]()
![]()
![]()
Kudu tuning and equipped TCM CVT nya.
Jd rasio gearnya diatur scr elektronis, based on speed dan beban kerja motor listrik.
Lbh rumit parameter programmingnya.
Jd bukan based on torque+powah spt CVT di skutik.![]()
emg salahnya disitu cvtnya pake ala skutik punya dan ga bisa (ato ga ada yg bisa) tuning tcu disana saat itu
