BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9681
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

I Think...
setelah membaca diskusi panjang x lebar x tinggi
dan menelaah istilah FoMo...

FoMo
- Dalam konteks ini memang paling pas jika dikaitkan dgn psikologis.
- karena FoMo ini sifatnya subjektif
- penyebabnya condong ke "kebutuhan psikologis"

Secara psikologis, terminologi FoMo ini adalah Takut akan kehilangan momen, dan sering dikaitkan dengan adanya kekurangan dalam kebutuhan psikologis.

Jika mengacu ke istilah FoMo ini, lbh pas jika dikaitkan dengan peristiwa sbb:
- takut kudet (kurang update)
- anxiety yang nongol karena sesuatu yang menarik dan "fun" sedang happening
- biasanya karena tren di medsos dan sesuatu hal
- cenderung gatel mau posting (sambil selfie / wefie) experience positif biar kekinian dan gaoll

Contoh konkrit:
- Tren kacamata frame bening
- Tren celana chino
- Tren Baju kurang bahan
- Tren healthy food
- Tren Coffee Shop
- Tren es krim dengan topping lebay
Overall adalah Tren yg sifatnya cepat dan biasanya terjadi "hanya" dalam rentang waktu 3 ~ 12 bulan

Jika... FoMo dikaitkan dengan:
- perubahan industri
- industri yg melibatkan skala masif
- berimpact pada hulu dalam jangka panjang,
ini belum tepat disebut FoMo sih.

Kasus EV, Hybrid dan ICE, di Asia ini lebih tepatnya disebut Market Shift(ing)
karena melibatkan "perubahan" infrastruktur Hulu - hilir dalam skala masif, karena ada demand.

Jadi, sebetulnya, industri otomotif ini sedang mengalami proses market shifting dari ICE adopter, terbelah ke BEV & Hibrit.

Just my opinion.
Last edited by Suryaputra on Fri Mar 08, 2024 7:38, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 6:09 Oooo jd tuh song sama qin uda 3 tahunan jualan dmi? Jd tambah aneh dong knp model2 baru ga keluar phev aja drpd ev. Kalo diterusin logika loe ya harusnya mending byd keluarin phev lah bwat model2 baru kayak atto segala drpd ev. Pasti lebih banyak lg tuh salesnya drpd cuman 3 jt saat ini doang. Gmn nih analisis loe?

Cara berpikirnya kalo loe jd byd gini ya:
Launching phev —> demand lebih tinggi drpd EV. Model selanjutnya gw iseng keluarin EV aja lah. Siapa tau pasar ga peduli tuh EV yg penting modelnya bagus? Eh trus hoki beneran EV salesnya lebih gede dr phev. Gitu? :big_weee:
namanya juga mobil agenda mau di cekokin dulu ke pasar tujuan utama kan gedein market BEV bukan hybrid :mky_03:

jualan EV itu target utamanya bukannya cuan tapi nguasain pasar buat ngabisin mobil2x bensin kalo gak mana ada di subsidi :big_biglaugh:

loe kalo aneh sama caranya BYD kek gitu gw lebih bingung lagi tuh sama pabrikan mainstream yang ud babak belur jualan EV ngototnya sampe segitunya :big_biglaugh:

ini contohnya
Here's the kicker about Ford's record EV sales: The company is still burning cash on each EV that rolls off its production line. In fact, Ford previously estimated its EV business unit, Model e, would lose roughly $4.5 billion in 2023.
https://www.fool.com/investing/2024/01/ ... 0in%202023.

loe mau cari ccontoh laennya banyak om googling aja GM juga sama :big_bored:

jgn pake logika corporate mau cari untung deh gak masuk itu :big_biglaugh:

gw aja bingung ini gw lagi tanya sama tembok aja gak dapet jawaban................ :ngacir:
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bpurna »

Dikit banyak pemerintah yg setir arahnya kemana, maka majority akan mulai ngikut. Kl dikasih kemudahan, subsidi, dll, ya lama2 orang akan tertarik dan mulai coba sih.

Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.

Lain cerita kalau ternyata bbrp thn lagi ev tiba2 batre pada rusak, no more support pemerintah, dan berbagai macam problem yg bikin ev tdk menarik… nah mgkn deh org langsung balik lg ke ice, tp itu kan masa depan yg msh belum diketahui dan belum tentu terjadi. Kita liatnya yg now aja depan mata adanya apa.

Ice mopang jg dari harga semakin gak menarik, ev china malah pada kasih diskon terus, ya lama2 org tertarik pindah lah. Prediksi saya akan ada hari dimana pemilik ice adalah orang2 kaya saja dan jadi mobil2 khusus macem supercar.

Kl dulu org pake ev diblgnya “wah org kaya tuh”, nanti yg pake ice yg akan di blg gitu.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

Bpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:48 Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.
ya jarang sekali soalnya masih nyimpen innova di garasi :big_bored: majority buyer EV kan masih nyimpen minimal sebiji mobil gede buat road trip :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bpurna »

ChZ wrote: Fri Mar 08, 2024 7:53
Bpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:48 Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.
ya jarang sekali soalnya masih nyimpen innova di garasi :big_bored: majority buyer EV kan masih nyimpen minimal sebiji mobil gede buat road trip :big_bored:
Yes setuju om, saya sendiri ada ice 3 baris juga. Tapi dipake hanya hari minggu saja kalo bawa sekeluarga.. senin-sabtu nganggur. Ya semoga sih ada ev 3 baris yg harga make sense lah.. kyk MG9 sama Byd Denza sangat menarik tuh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

Bpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:56
Yes setuju om, saya sendiri ada ice 3 baris juga. Tapi dipake hanya hari minggu saja kalo bawa sekeluarga.. senin-sabtu nganggur. Ya semoga sih ada ev 3 baris yg harga make sense lah.. kyk MG9 sama Byd Denza sangat menarik tuh
kalau ane sih males om road trip harus liatin range tiap saat kalo kalap ngegas dikit langsung drop :big_peace: udah hukum alam EV dikasih beban dan ngebut itu gak efisien :upss: ngarep EV gak ngedrop kalo dikasih beban itu sama kayak ngarep mesin sese besar di dalem kota irit pas macet kayak konstan 80 kph... itu udah fisikanya. mo kayak gt ya hybrid atau PHEV.

ada kawan punya ioniq5 jg banyakan diem wong kerjanya luar kota... pakenya X3 diesel :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bpurna »

[/quote]

kalau ane sih males om road trip harus liatin range tiap saat kalo kalap ngegas dikit langsung drop :big_peace:

ada kawan punya ioniq5 jg banyakan diem wong kerjanya luar kota... harian pakenya X3 diesel :upss:
[/quote]

Iya sayang yah pdhl ioniq range 400 plus kan lumayan jauh utk PP sekalipun. Tp memang kl keluar kota ga mau pusing enakan ice, bener2 ga ada worrynya. Ev masih harus ada sedikit di planning meskipun skrg transjawa udh mumpuni banget utk ev trip.

Harapannya one day ev itu bisa range 1000km plus, charge cukup 5 mnt gitu kan enak.. jgn di argue dulu ga mgkn lah blablabla.. saya tau butuh brp ratus KW chargernya dll, tp siapa tau bisa ada batre baru pake supercapacitor atau apa lah yg bs kedepannya hahahhaha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

Bpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 8:10 Harapannya one day ev itu bisa range 1000km plus, charge cukup 5 mnt gitu kan enak.. jgn di argue dulu ga mgkn lah blablabla.. saya tau butuh brp ratus KW chargernya dll, tp siapa tau bisa ada batre baru pake supercapacitor atau apa lah yg bs kedepannya hahahhaha
bisa ada....

ngisinya pake hydrogen tapi. udh masanya hydrogen itu mah

:mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by forzanetti »

ChZ wrote: Fri Mar 08, 2024 7:53
Bpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:48 Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.
ya jarang sekali soalnya masih nyimpen innova di garasi :big_bored: majority buyer EV kan masih nyimpen minimal sebiji mobil gede buat road trip :big_bored:
bener banget kalo di lingkungan saya. semua kenalan, saudara, atau temen saya yang pake EV itu minimal ada 1 atau 2 mobil ICE di garasi. EVnya cuma dipake dalem kota aja, kebanyakan anter jemput anak.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by timbermaniac123 »

Ngomong2 kabar terbaru isunya pengiriman baru di juni juli ya. Padahal ditunggu2 ada revoew user langsung disini
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 7:37
kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 6:09 Oooo jd tuh song sama qin uda 3 tahunan jualan dmi? Jd tambah aneh dong knp model2 baru ga keluar phev aja drpd ev. Kalo diterusin logika loe ya harusnya mending byd keluarin phev lah bwat model2 baru kayak atto segala drpd ev. Pasti lebih banyak lg tuh salesnya drpd cuman 3 jt saat ini doang. Gmn nih analisis loe?

Cara berpikirnya kalo loe jd byd gini ya:
Launching phev —> demand lebih tinggi drpd EV. Model selanjutnya gw iseng keluarin EV aja lah. Siapa tau pasar ga peduli tuh EV yg penting modelnya bagus? Eh trus hoki beneran EV salesnya lebih gede dr phev. Gitu? :big_weee:
namanya juga mobil agenda mau di cekokin dulu ke pasar tujuan utama kan gedein market BEV bukan hybrid :mky_03:

jualan EV itu target utamanya bukannya cuan tapi nguasain pasar buat ngabisin mobil2x bensin kalo gak mana ada di subsidi :big_biglaugh:

loe kalo aneh sama caranya BYD kek gitu gw lebih bingung lagi tuh sama pabrikan mainstream yang ud babak belur jualan EV ngototnya sampe segitunya :big_biglaugh:

ini contohnya
Here's the kicker about Ford's record EV sales: The company is still burning cash on each EV that rolls off its production line. In fact, Ford previously estimated its EV business unit, Model e, would lose roughly $4.5 billion in 2023.
https://www.fool.com/investing/2024/01/ ... 0in%202023.

loe mau cari ccontoh laennya banyak om googling aja GM juga sama :big_bored:

jgn pake logika corporate mau cari untung deh gak masuk itu :big_biglaugh:

gw aja bingung ini gw lagi tanya sama tembok aja gak dapet jawaban................ :ngacir:
Logika yg kita ngomongin td kan logika knp BYD lebih prefer majuin EV di model barunya drpd PHEV padahal menurut loe phev lebih laku. Kalo kita ngomongin BYD aja nih ye gawsa lagi2 kemana2, tuh revenue 2023 naek 86%. Jd logicnya masuk, dia utamain EV terbukti kok revenue naek pesat. Gimana target utamanya bukan cuan om kalo revenue naek :big_bored: kalo emang ambisinya sepicik itu cuman purely nyingkirin ICE, ya banting aja lg tuh harga jual impas, lebih banyak lg tuh penjualan. Logikanya masuk tuh gawsa cari2 ke tembok lg :big_biglaugh:

Masalah ford gm segala EV ga laku itu laen bahasan. Musti loe analisis lg kenapa gitu, sama aja kayak di 1 negara si ford bisa laku, di negara laen kagak. Pasti ada faktor2 pembeda. Sama aje kayak kenapa EV tesla ma BYD laku, pabrikan laen luntang lantung.

Yg lu ngomong agenda2 tuh agenda siapa om? Agenda 1 dunia? Kok ya eropa mau ke arah BEV jg kalo mereka raw material aja ga punya, trus katanya pd ga bisa ngejer BYD n tesla, kok masih maksain jalan terus di medan perang yg mereka kalah. Justru yg lebih gede gaungnya EV itu bukannya di eropa ya? Emang sebego itu apa uni eropa cekokin BEV kalo dari hulu ke hilirnya mereka ga menguasai :big_bored:
Ngapain eropa susah2 gambling di platform yg bener2 baru, wong di ICE aja mereka uda nyaman kok dan status equilibrium dengan mbl jepang uda tercapai berpuluh2 taon. Ini mo ganti medan perang malah resiko dihajar mobcin :big_bored:

Atau menurut loe ada konspirasi segelintir orng yg menguasain jalannya dunia ini? :mky_03: Kalo uda konspirasi2an susah deh :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9681
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 10:44
b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 7:37
kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 6:09 Oooo jd tuh song sama qin uda 3 tahunan jualan dmi? Jd tambah aneh dong knp model2 baru ga keluar phev aja drpd ev. Kalo diterusin logika loe ya harusnya mending byd keluarin phev lah bwat model2 baru kayak atto segala drpd ev. Pasti lebih banyak lg tuh salesnya drpd cuman 3 jt saat ini doang. Gmn nih analisis loe?

Cara berpikirnya kalo loe jd byd gini ya:
Launching phev —> demand lebih tinggi drpd EV. Model selanjutnya gw iseng keluarin EV aja lah. Siapa tau pasar ga peduli tuh EV yg penting modelnya bagus? Eh trus hoki beneran EV salesnya lebih gede dr phev. Gitu? :big_weee:
namanya juga mobil agenda mau di cekokin dulu ke pasar tujuan utama kan gedein market BEV bukan hybrid :mky_03:

jualan EV itu target utamanya bukannya cuan tapi nguasain pasar buat ngabisin mobil2x bensin kalo gak mana ada di subsidi :big_biglaugh:

loe kalo aneh sama caranya BYD kek gitu gw lebih bingung lagi tuh sama pabrikan mainstream yang ud babak belur jualan EV ngototnya sampe segitunya :big_biglaugh:

ini contohnya
Here's the kicker about Ford's record EV sales: The company is still burning cash on each EV that rolls off its production line. In fact, Ford previously estimated its EV business unit, Model e, would lose roughly $4.5 billion in 2023.
https://www.fool.com/investing/2024/01/ ... 0in%202023.

loe mau cari ccontoh laennya banyak om googling aja GM juga sama :big_bored:

jgn pake logika corporate mau cari untung deh gak masuk itu :big_biglaugh:

gw aja bingung ini gw lagi tanya sama tembok aja gak dapet jawaban................ :ngacir:
Logika yg kita ngomongin td kan logika knp BYD lebih prefer majuin EV di model barunya drpd PHEV padahal menurut loe phev lebih laku. Kalo kita ngomongin BYD aja nih ye gawsa lagi2 kemana2, tuh revenue 2023 naek 86%. Jd logicnya masuk, dia utamain EV terbukti kok revenue naek pesat. Gimana target utamanya bukan cuan om kalo revenue naek :big_bored: kalo emang ambisinya sepicik itu cuman purely nyingkirin ICE, ya banting aja lg tuh harga jual impas, lebih banyak lg tuh penjualan. Logikanya masuk tuh gawsa cari2 ke tembok lg :big_biglaugh:

Masalah ford gm segala EV ga laku itu laen bahasan. Musti loe analisis lg kenapa gitu, sama aja kayak di 1 negara si ford bisa laku, di negara laen kagak. Pasti ada faktor2 pembeda. Sama aje kayak kenapa EV tesla ma BYD laku, pabrikan laen luntang lantung.

Yg lu ngomong agenda2 tuh agenda siapa om? Agenda 1 dunia? Kok ya eropa mau ke arah BEV jg kalo mereka raw material aja ga punya, trus katanya pd ga bisa ngejer BYD n tesla, kok masih maksain jalan terus di medan perang yg mereka kalah. Justru yg lebih gede gaungnya EV itu bukannya di eropa ya? Emang sebego itu apa uni eropa cekokin BEV kalo dari hulu ke hilirnya mereka ga menguasai :big_bored:
Ngapain eropa susah2 gambling di platform yg bener2 baru, wong di ICE aja mereka uda nyaman kok dan status equilibrium dengan mbl jepang uda tercapai berpuluh2 taon. Ini mo ganti medan perang malah resiko dihajar mobcin :big_bored:

Atau menurut loe ada konspirasi segelintir orng yg menguasain jalannya dunia ini? :mky_03: Kalo uda konspirasi2an susah deh :big_biglaugh:
konspirasi n*w w*rld o*der ?

ya soalnya EV, adalah satu2nya yg bisa diremote dr jauh.
org yg mainstream dan jadi follower, dalam kontrol mereka :upss:

spt di film2 :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: Fri Mar 08, 2024 11:02
kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 10:44
b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 7:37

namanya juga mobil agenda mau di cekokin dulu ke pasar tujuan utama kan gedein market BEV bukan hybrid :mky_03:

jualan EV itu target utamanya bukannya cuan tapi nguasain pasar buat ngabisin mobil2x bensin kalo gak mana ada di subsidi :big_biglaugh:

loe kalo aneh sama caranya BYD kek gitu gw lebih bingung lagi tuh sama pabrikan mainstream yang ud babak belur jualan EV ngototnya sampe segitunya :big_biglaugh:

ini contohnya



https://www.fool.com/investing/2024/01/ ... 0in%202023.

loe mau cari ccontoh laennya banyak om googling aja GM juga sama :big_bored:

jgn pake logika corporate mau cari untung deh gak masuk itu :big_biglaugh:

gw aja bingung ini gw lagi tanya sama tembok aja gak dapet jawaban................ :ngacir:
Logika yg kita ngomongin td kan logika knp BYD lebih prefer majuin EV di model barunya drpd PHEV padahal menurut loe phev lebih laku. Kalo kita ngomongin BYD aja nih ye gawsa lagi2 kemana2, tuh revenue 2023 naek 86%. Jd logicnya masuk, dia utamain EV terbukti kok revenue naek pesat. Gimana target utamanya bukan cuan om kalo revenue naek :big_bored: kalo emang ambisinya sepicik itu cuman purely nyingkirin ICE, ya banting aja lg tuh harga jual impas, lebih banyak lg tuh penjualan. Logikanya masuk tuh gawsa cari2 ke tembok lg :big_biglaugh:

Masalah ford gm segala EV ga laku itu laen bahasan. Musti loe analisis lg kenapa gitu, sama aja kayak di 1 negara si ford bisa laku, di negara laen kagak. Pasti ada faktor2 pembeda. Sama aje kayak kenapa EV tesla ma BYD laku, pabrikan laen luntang lantung.

Yg lu ngomong agenda2 tuh agenda siapa om? Agenda 1 dunia? Kok ya eropa mau ke arah BEV jg kalo mereka raw material aja ga punya, trus katanya pd ga bisa ngejer BYD n tesla, kok masih maksain jalan terus di medan perang yg mereka kalah. Justru yg lebih gede gaungnya EV itu bukannya di eropa ya? Emang sebego itu apa uni eropa cekokin BEV kalo dari hulu ke hilirnya mereka ga menguasai :big_bored:
Ngapain eropa susah2 gambling di platform yg bener2 baru, wong di ICE aja mereka uda nyaman kok dan status equilibrium dengan mbl jepang uda tercapai berpuluh2 taon. Ini mo ganti medan perang malah resiko dihajar mobcin :big_bored:

Atau menurut loe ada konspirasi segelintir orng yg menguasain jalannya dunia ini? :mky_03: Kalo uda konspirasi2an susah deh :big_biglaugh:
konspirasi n*w w*rld o*der ?

ya soalnya EV, adalah satu2nya yg bisa diremote dr jauh.
org yg mainstream dan jadi follower, dalam kontrol mereka :upss:

spt di film2 :ngacir:
Kalo ane taunya NWO itu di wwf om, si hulk hogan :big_weee:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by timbermaniac123 »

Yang masih takut sama ev, nungguin ini aja :
https://oto.detik.com/detikoto/d-723215 ... al-mainnya

Kalau hybrid dapet potongan 10%. mayan tuh kaya yaris cross dari 440 jadi 400, trus disc bisa jadi 350-360. Misal beda 160 juta sama atto3, sisihin 60 juta buat batre, sisanya buat isi pertalite :big_slap:
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Haiqalesha »

Nyimak sambil makan gorengan, teh anget sama mie sedap soto plus kerupuk.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by KielConstantine »

timbermaniac123 wrote: Fri Mar 08, 2024 11:37 Yang masih takut sama ev, nungguin ini aja :
https://oto.detik.com/detikoto/d-723215 ... al-mainnya

Kalau hybrid dapet potongan 10%. mayan tuh kaya yaris cross dari 440 jadi 400, trus disc bisa jadi 350-360. Misal beda 160 juta sama atto3, sisihin 60 juta buat batre, sisanya buat isi pertalite :big_slap:
Ane mencium bau2 HR-V hybrid meluncur bebarengan sama momen diskon pemerintah :big_grin:

Skalian deh pabrikan europe release the beast, perbanyak varian turbo + hybrid . Macem X5 50e ; 545e.. C63 4 bangers turbo listrik :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by timbermaniac123 »

KielConstantine wrote: Fri Mar 08, 2024 13:50 Ane mencium bau2 HR-V hybrid meluncur bebarengan sama momen diskon pemerintah :big_grin:

Skalian deh pabrikan europe release the beast, perbanyak varian turbo + hybrid . Macem X5 50e ; 545e.. C63 4 bangers turbo listrik :big_weee:
Siapa tau honda juga sekalian ngelobby peraturan gage ke pemerintah. Ev bisa makin terpuruk. Tapi kayanya nda mungkin ya, bikin tambah macet yang ada itu sudirman.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 10:44
Logika yg kita ngomongin td kan logika knp BYD lebih prefer majuin EV di model barunya drpd PHEV padahal menurut loe phev lebih laku. Kalo kita ngomongin BYD aja nih ye gawsa lagi2 kemana2, tuh revenue 2023 naek 86%. Jd logicnya masuk, dia utamain EV terbukti kok revenue naek pesat. Gimana target utamanya bukan cuan om kalo revenue naek :big_bored: kalo emang ambisinya sepicik itu cuman purely nyingkirin ICE, ya banting aja lg tuh harga jual impas, lebih banyak lg tuh penjualan. Logikanya masuk tuh gawsa cari2 ke tembok lg :big_biglaugh:

Masalah ford gm segala EV ga laku itu laen bahasan. Musti loe analisis lg kenapa gitu, sama aja kayak di 1 negara si ford bisa laku, di negara laen kagak. Pasti ada faktor2 pembeda. Sama aje kayak kenapa EV tesla ma BYD laku, pabrikan laen luntang lantung.

Yg lu ngomong agenda2 tuh agenda siapa om? Agenda 1 dunia? Kok ya eropa mau ke arah BEV jg kalo mereka raw material aja ga punya, trus katanya pd ga bisa ngejer BYD n tesla, kok masih maksain jalan terus di medan perang yg mereka kalah. Justru yg lebih gede gaungnya EV itu bukannya di eropa ya? Emang sebego itu apa uni eropa cekokin BEV kalo dari hulu ke hilirnya mereka ga menguasai :big_bored:
Ngapain eropa susah2 gambling di platform yg bener2 baru, wong di ICE aja mereka uda nyaman kok dan status equilibrium dengan mbl jepang uda tercapai berpuluh2 taon. Ini mo ganti medan perang malah resiko dihajar mobcin :big_bored:

Atau menurut loe ada konspirasi segelintir orng yg menguasain jalannya dunia ini? :mky_03: Kalo uda konspirasi2an susah deh :big_biglaugh:
setau saya bukanya lagi gembar gembor baru nurunin harga lagi :big_think:

https://www.reuters.com/business/autos- ... 024-03-06/



ya kalo bisa cuan sambil nyingkirin mesin ice kenapa engak??? :big_think:

itu lagian cuan hasil subsidi apa pure emang dia bisa profit tanpa bantuan pemerintah??? :big_think:



agenda climate cultis om mereka ud kayak hama di amerika itu partai democrat dan ada juga di pbb

justru china sebenernya cuma ikut2xan mereka kagak peduli sama global warming mereka pake EV ini kesempatan buat ngancurin industri otomotif barat :big_biglaugh:

yah ngomongin agenda ya saya kasih penjelasan awalnya ya cased kek yang diomongin di video ini



bertaun2x kita di cuci otak bumi kita bermasalah bisa kiamat loe bayangin di barat taun 80an anak2x di cekokin ginian dan anak2x itu sekarang umurnya ud 30-40taonan :big_bored:

dulu saya juga pernah share list kiamat yang di endorse sama PBB sendiri dan semua meleset tujuannya emang buat nakut2xin :mky_03:

dan kenyataan ya kek di jelasin di video ini :big_biglaugh:



dan mereka suka nyalahin minyak kek nyalahin nuklir kek dijelasin disini makanya kenapa minyak makin mahal :big_biglaugh:



dan satu lagi

tipu2x paris climate agreement :big_biglaugh:



dan kalo loe peratiin video dia tentang climate change di kasih context semua ini penjelasannya niat banget kan sampe segininya makanya EV itu banyak bekingannya dari gov sampe cere2x di bawah ud kayak cult :big_biglaugh:

semua alesannya global warming :big_biglaugh:



ngapain eropa mau susah2x karena ya itu mereka maunya bersih tapi nyatanya gak segampang itu tapi mereka sendiri di teken sama aktifis lingkungan juga :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Fri Mar 08, 2024 13:50 Ane mencium bau2 HR-V hybrid meluncur bebarengan sama momen diskon pemerintah :big_grin:

Skalian deh pabrikan europe release the beast, perbanyak varian turbo + hybrid . Macem X5 50e ; 545e.. C63 4 bangers turbo listrik :big_weee:
2022 akhir pas belanja creta kata sales honda taon depan ini ud taon depan lebih 4 bulan belom nongol juga :big_biglaugh:
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by faizzz »

Mantap diskusinya, lumayan menggairahkan :big_exellent:

Saya berharap sewa mobil listrik bisa lebih terjangkau. Mau nyobain jangka waktu beberapa bulan aja, abis bosen balikin...



(Odong2 kayak Air EV engga saya anggep mobil :mky_03: )
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

faizzz wrote: Fri Mar 08, 2024 16:33 Mantap diskusinya, lumayan menggairahkan :big_exellent:

Saya berharap sewa mobil listrik bisa lebih terjangkau. Mau nyobain jangka waktu beberapa bulan aja, abis bosen balikin...



(Odong2 kayak Air EV engga saya anggep mobil :mky_03: )
bikin modelan kinto gtu kyknya ev lebi enak, bebas resiko aneh"

pakai bayar beres

sudah bosan & kontrak habis ya balikin

kinto jg pajak dibayarin, emergency assist, insurance, mobil pengganti ud kumplit
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Andhyka »

Sebenarnya adaptasi EV kendalanya lumayan banyak. Tidak semua bisa beli mobil EV walaupun menetap di kota, terutama mereka yang:

- Tinggal di apartemen, hampir gak ada yg menyediakan fasilitas SPKLU, mau nyetrum colokan biasa jg gak diperbolehkan
- Tinggal di perumahan elit yg listriknya bawah tanah spt C*******d. Tambah daya/pasang baru 7.700VA sih biayanya 8 juta (gratis sepaket dgn mobil EV) tapi developer minta 40 juta sebagai ganti rugi dan olor kabel dari gardu ke rumah
- Pelajar atau mahasiswa kost
- Pendatang kontrakan yg weekday kerja, weekend pulang luar kota

Kota Surabaya itu pendatangannya banyak banget. Tiap hari Jumat itu jalan mayjend-hr muhammad ramai mobil mau masuk tol mulai jam 4 sore s/d jam 8 malam.
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Andhyka »

ChZ wrote: Fri Mar 08, 2024 7:53
Bpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:48 Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.
ya jarang sekali soalnya masih nyimpen innova di garasi :big_bored: majority buyer EV kan masih nyimpen minimal sebiji mobil gede buat road trip :big_bored:
Bener ini, mobil EV itu dibeli rata2 bukan mobil pertama melainkan mobil kedua atau mobil ketiga. Pakai EV untuk luar kota kurang fun to drive sih, harus jaga kecepatan stabil di 90-100 (baterai% cepat turun jika kebut2an/kecepatan tinggi) dan terasa range anxiety-nya (apa bisa sampai tujuan atau terdampar di tengah jalan).
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

Andhyka wrote: Fri Mar 08, 2024 23:21 Sebenarnya adaptasi EV kendalanya lumayan banyak. Tidak semua bisa beli mobil EV walaupun menetap di kota, terutama mereka yang:

- Tinggal di apartemen, hampir gak ada yg menyediakan fasilitas SPKLU, mau nyetrum colokan biasa jg gak diperbolehkan
- Tinggal di perumahan elit yg listriknya bawah tanah spt C*******d. Tambah daya/pasang baru 7.700VA sih biayanya 8 juta (gratis sepaket dgn mobil EV) tapi developer minta 40 juta sebagai ganti rugi dan olor kabel dari gardu ke rumah
- Pelajar atau mahasiswa kost
- Pendatang kontrakan yg weekday kerja, weekend pulang luar kota

Kota Surabaya itu pendatangannya banyak banget. Tiap hari Jumat itu jalan mayjend-hr muhammad ramai mobil mau masuk tol mulai jam 4 sore s/d jam 8 malam.
Buset minta 40 jt om? Ga kira2. Itu cluster2an gitu ya om? Ga enaknya tinggal di cluster2 gitu ya 100% suka2 developer. Rumahku bukan rumahku :mky_03:
Waktu itu ada jg kan yg rame di medsos minta cabut batang pohon yg uda mati diminta belasan jt :big_weee:
Last edited by kendibocor on Sat Mar 09, 2024 0:56, edited 1 time in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Andhyka wrote: Fri Mar 08, 2024 23:21 Tidak semua bisa beli mobil EV walaupun menetap di kota
- Tinggal di perumahan elit yg listriknya bawah tanah spt C*******d. Tambah daya/pasang baru 7.700VA sih biayanya 8 juta (gratis sepaket dgn mobil EV) tapi developer minta 40 juta sebagai ganti rugi dan olor kabel dari gardu ke rumah
Apartement bisa dibicarakan ke manajemen nya, karena bagi hasil dengan penyedia harusnya tidak masalah.


Perumahan dengan kabel bawah tanah,
biaya yang ganti rugi dan ulur kabel dengan developer itu ditanggung oleh BYD (info sales, saya sudah bilang ini kan mahal, dia bilang itu dia justru kita tanggung),
hanya biaya pasang baru ke PLN yang ga ditanggung @ 850ribu (insentif untuk mobil listrik)

Memang tidak semua bisa beli EV walaupun menetap di kota, sama halnya tidak semua bisa beli mobil ICE juga kan.

Tapi yang reasonable buat manfaatin privilege dan insentif yang ada adalah warga jakarta,
bukan berarti warga daerah ga ada yang beli juga.