BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
I Think...
setelah membaca diskusi panjang x lebar x tinggi
dan menelaah istilah FoMo...
FoMo
- Dalam konteks ini memang paling pas jika dikaitkan dgn psikologis.
- karena FoMo ini sifatnya subjektif
- penyebabnya condong ke "kebutuhan psikologis"
Secara psikologis, terminologi FoMo ini adalah Takut akan kehilangan momen, dan sering dikaitkan dengan adanya kekurangan dalam kebutuhan psikologis.
Jika mengacu ke istilah FoMo ini, lbh pas jika dikaitkan dengan peristiwa sbb:
- takut kudet (kurang update)
- anxiety yang nongol karena sesuatu yang menarik dan "fun" sedang happening
- biasanya karena tren di medsos dan sesuatu hal
- cenderung gatel mau posting (sambil selfie / wefie) experience positif biar kekinian dan gaoll
Contoh konkrit:
- Tren kacamata frame bening
- Tren celana chino
- Tren Baju kurang bahan
- Tren healthy food
- Tren Coffee Shop
- Tren es krim dengan topping lebay
Overall adalah Tren yg sifatnya cepat dan biasanya terjadi "hanya" dalam rentang waktu 3 ~ 12 bulan
Jika... FoMo dikaitkan dengan:
- perubahan industri
- industri yg melibatkan skala masif
- berimpact pada hulu dalam jangka panjang,
ini belum tepat disebut FoMo sih.
Kasus EV, Hybrid dan ICE, di Asia ini lebih tepatnya disebut Market Shift(ing)
karena melibatkan "perubahan" infrastruktur Hulu - hilir dalam skala masif, karena ada demand.
Jadi, sebetulnya, industri otomotif ini sedang mengalami proses market shifting dari ICE adopter, terbelah ke BEV & Hibrit.
Just my opinion.
setelah membaca diskusi panjang x lebar x tinggi
dan menelaah istilah FoMo...
FoMo
- Dalam konteks ini memang paling pas jika dikaitkan dgn psikologis.
- karena FoMo ini sifatnya subjektif
- penyebabnya condong ke "kebutuhan psikologis"
Secara psikologis, terminologi FoMo ini adalah Takut akan kehilangan momen, dan sering dikaitkan dengan adanya kekurangan dalam kebutuhan psikologis.
Jika mengacu ke istilah FoMo ini, lbh pas jika dikaitkan dengan peristiwa sbb:
- takut kudet (kurang update)
- anxiety yang nongol karena sesuatu yang menarik dan "fun" sedang happening
- biasanya karena tren di medsos dan sesuatu hal
- cenderung gatel mau posting (sambil selfie / wefie) experience positif biar kekinian dan gaoll
Contoh konkrit:
- Tren kacamata frame bening
- Tren celana chino
- Tren Baju kurang bahan
- Tren healthy food
- Tren Coffee Shop
- Tren es krim dengan topping lebay
Overall adalah Tren yg sifatnya cepat dan biasanya terjadi "hanya" dalam rentang waktu 3 ~ 12 bulan
Jika... FoMo dikaitkan dengan:
- perubahan industri
- industri yg melibatkan skala masif
- berimpact pada hulu dalam jangka panjang,
ini belum tepat disebut FoMo sih.
Kasus EV, Hybrid dan ICE, di Asia ini lebih tepatnya disebut Market Shift(ing)
karena melibatkan "perubahan" infrastruktur Hulu - hilir dalam skala masif, karena ada demand.
Jadi, sebetulnya, industri otomotif ini sedang mengalami proses market shifting dari ICE adopter, terbelah ke BEV & Hibrit.
Just my opinion.
Last edited by Suryaputra on Fri Mar 08, 2024 7:38, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
namanya juga mobil agenda mau di cekokin dulu ke pasar tujuan utama kan gedein market BEV bukan hybridkendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 6:09 Oooo jd tuh song sama qin uda 3 tahunan jualan dmi? Jd tambah aneh dong knp model2 baru ga keluar phev aja drpd ev. Kalo diterusin logika loe ya harusnya mending byd keluarin phev lah bwat model2 baru kayak atto segala drpd ev. Pasti lebih banyak lg tuh salesnya drpd cuman 3 jt saat ini doang. Gmn nih analisis loe?
Cara berpikirnya kalo loe jd byd gini ya:
Launching phev —> demand lebih tinggi drpd EV. Model selanjutnya gw iseng keluarin EV aja lah. Siapa tau pasar ga peduli tuh EV yg penting modelnya bagus? Eh trus hoki beneran EV salesnya lebih gede dr phev. Gitu?![]()

jualan EV itu target utamanya bukannya cuan tapi nguasain pasar buat ngabisin mobil2x bensin kalo gak mana ada di subsidi

loe kalo aneh sama caranya BYD kek gitu gw lebih bingung lagi tuh sama pabrikan mainstream yang ud babak belur jualan EV ngototnya sampe segitunya

ini contohnya
https://www.fool.com/investing/2024/01/ ... 0in%202023.Here's the kicker about Ford's record EV sales: The company is still burning cash on each EV that rolls off its production line. In fact, Ford previously estimated its EV business unit, Model e, would lose roughly $4.5 billion in 2023.
loe mau cari ccontoh laennya banyak om googling aja GM juga sama

jgn pake logika corporate mau cari untung deh gak masuk itu

gw aja bingung ini gw lagi tanya sama tembok aja gak dapet jawaban................

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
- Location: Indonesia
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Dikit banyak pemerintah yg setir arahnya kemana, maka majority akan mulai ngikut. Kl dikasih kemudahan, subsidi, dll, ya lama2 orang akan tertarik dan mulai coba sih.
Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.
Lain cerita kalau ternyata bbrp thn lagi ev tiba2 batre pada rusak, no more support pemerintah, dan berbagai macam problem yg bikin ev tdk menarik… nah mgkn deh org langsung balik lg ke ice, tp itu kan masa depan yg msh belum diketahui dan belum tentu terjadi. Kita liatnya yg now aja depan mata adanya apa.
Ice mopang jg dari harga semakin gak menarik, ev china malah pada kasih diskon terus, ya lama2 org tertarik pindah lah. Prediksi saya akan ada hari dimana pemilik ice adalah orang2 kaya saja dan jadi mobil2 khusus macem supercar.
Kl dulu org pake ev diblgnya “wah org kaya tuh”, nanti yg pake ice yg akan di blg gitu.
Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.
Lain cerita kalau ternyata bbrp thn lagi ev tiba2 batre pada rusak, no more support pemerintah, dan berbagai macam problem yg bikin ev tdk menarik… nah mgkn deh org langsung balik lg ke ice, tp itu kan masa depan yg msh belum diketahui dan belum tentu terjadi. Kita liatnya yg now aja depan mata adanya apa.
Ice mopang jg dari harga semakin gak menarik, ev china malah pada kasih diskon terus, ya lama2 org tertarik pindah lah. Prediksi saya akan ada hari dimana pemilik ice adalah orang2 kaya saja dan jadi mobil2 khusus macem supercar.
Kl dulu org pake ev diblgnya “wah org kaya tuh”, nanti yg pake ice yg akan di blg gitu.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
ya jarang sekali soalnya masih nyimpen innova di garasiBpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:48 Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
- Location: Indonesia
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Yes setuju om, saya sendiri ada ice 3 baris juga. Tapi dipake hanya hari minggu saja kalo bawa sekeluarga.. senin-sabtu nganggur. Ya semoga sih ada ev 3 baris yg harga make sense lah.. kyk MG9 sama Byd Denza sangat menarik tuhChZ wrote: Fri Mar 08, 2024 7:53ya jarang sekali soalnya masih nyimpen innova di garasiBpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:48 Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.
majority buyer EV kan masih nyimpen minimal sebiji mobil gede buat road trip
![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
kalau ane sih males om road trip harus liatin range tiap saat kalo kalap ngegas dikit langsung dropBpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:56
Yes setuju om, saya sendiri ada ice 3 baris juga. Tapi dipake hanya hari minggu saja kalo bawa sekeluarga.. senin-sabtu nganggur. Ya semoga sih ada ev 3 baris yg harga make sense lah.. kyk MG9 sama Byd Denza sangat menarik tuh


ada kawan punya ioniq5 jg banyakan diem wong kerjanya luar kota... pakenya X3 diesel

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
- Location: Indonesia
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
[/quote]
kalau ane sih males om road trip harus liatin range tiap saat kalo kalap ngegas dikit langsung drop
ada kawan punya ioniq5 jg banyakan diem wong kerjanya luar kota... harian pakenya X3 diesel
[/quote]
Iya sayang yah pdhl ioniq range 400 plus kan lumayan jauh utk PP sekalipun. Tp memang kl keluar kota ga mau pusing enakan ice, bener2 ga ada worrynya. Ev masih harus ada sedikit di planning meskipun skrg transjawa udh mumpuni banget utk ev trip.
Harapannya one day ev itu bisa range 1000km plus, charge cukup 5 mnt gitu kan enak.. jgn di argue dulu ga mgkn lah blablabla.. saya tau butuh brp ratus KW chargernya dll, tp siapa tau bisa ada batre baru pake supercapacitor atau apa lah yg bs kedepannya hahahhaha
kalau ane sih males om road trip harus liatin range tiap saat kalo kalap ngegas dikit langsung drop

ada kawan punya ioniq5 jg banyakan diem wong kerjanya luar kota... harian pakenya X3 diesel

[/quote]
Iya sayang yah pdhl ioniq range 400 plus kan lumayan jauh utk PP sekalipun. Tp memang kl keluar kota ga mau pusing enakan ice, bener2 ga ada worrynya. Ev masih harus ada sedikit di planning meskipun skrg transjawa udh mumpuni banget utk ev trip.
Harapannya one day ev itu bisa range 1000km plus, charge cukup 5 mnt gitu kan enak.. jgn di argue dulu ga mgkn lah blablabla.. saya tau butuh brp ratus KW chargernya dll, tp siapa tau bisa ada batre baru pake supercapacitor atau apa lah yg bs kedepannya hahahhaha
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
bisa ada....Bpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 8:10 Harapannya one day ev itu bisa range 1000km plus, charge cukup 5 mnt gitu kan enak.. jgn di argue dulu ga mgkn lah blablabla.. saya tau butuh brp ratus KW chargernya dll, tp siapa tau bisa ada batre baru pake supercapacitor atau apa lah yg bs kedepannya hahahhaha
ngisinya pake hydrogen tapi. udh masanya hydrogen itu mah

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
bener banget kalo di lingkungan saya. semua kenalan, saudara, atau temen saya yang pake EV itu minimal ada 1 atau 2 mobil ICE di garasi. EVnya cuma dipake dalem kota aja, kebanyakan anter jemput anak.ChZ wrote: Fri Mar 08, 2024 7:53ya jarang sekali soalnya masih nyimpen innova di garasiBpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:48 Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.
majority buyer EV kan masih nyimpen minimal sebiji mobil gede buat road trip
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Ngomong2 kabar terbaru isunya pengiriman baru di juni juli ya. Padahal ditunggu2 ada revoew user langsung disini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Logika yg kita ngomongin td kan logika knp BYD lebih prefer majuin EV di model barunya drpd PHEV padahal menurut loe phev lebih laku. Kalo kita ngomongin BYD aja nih ye gawsa lagi2 kemana2, tuh revenue 2023 naek 86%. Jd logicnya masuk, dia utamain EV terbukti kok revenue naek pesat. Gimana target utamanya bukan cuan om kalo revenue naekb0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 7:37namanya juga mobil agenda mau di cekokin dulu ke pasar tujuan utama kan gedein market BEV bukan hybridkendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 6:09 Oooo jd tuh song sama qin uda 3 tahunan jualan dmi? Jd tambah aneh dong knp model2 baru ga keluar phev aja drpd ev. Kalo diterusin logika loe ya harusnya mending byd keluarin phev lah bwat model2 baru kayak atto segala drpd ev. Pasti lebih banyak lg tuh salesnya drpd cuman 3 jt saat ini doang. Gmn nih analisis loe?
Cara berpikirnya kalo loe jd byd gini ya:
Launching phev —> demand lebih tinggi drpd EV. Model selanjutnya gw iseng keluarin EV aja lah. Siapa tau pasar ga peduli tuh EV yg penting modelnya bagus? Eh trus hoki beneran EV salesnya lebih gede dr phev. Gitu?![]()
![]()
jualan EV itu target utamanya bukannya cuan tapi nguasain pasar buat ngabisin mobil2x bensin kalo gak mana ada di subsidi![]()
loe kalo aneh sama caranya BYD kek gitu gw lebih bingung lagi tuh sama pabrikan mainstream yang ud babak belur jualan EV ngototnya sampe segitunya![]()
ini contohnya
https://www.fool.com/investing/2024/01/ ... 0in%202023.Here's the kicker about Ford's record EV sales: The company is still burning cash on each EV that rolls off its production line. In fact, Ford previously estimated its EV business unit, Model e, would lose roughly $4.5 billion in 2023.
loe mau cari ccontoh laennya banyak om googling aja GM juga sama
jgn pake logika corporate mau cari untung deh gak masuk itu
gw aja bingung ini gw lagi tanya sama tembok aja gak dapet jawaban................![]()


Masalah ford gm segala EV ga laku itu laen bahasan. Musti loe analisis lg kenapa gitu, sama aja kayak di 1 negara si ford bisa laku, di negara laen kagak. Pasti ada faktor2 pembeda. Sama aje kayak kenapa EV tesla ma BYD laku, pabrikan laen luntang lantung.
Yg lu ngomong agenda2 tuh agenda siapa om? Agenda 1 dunia? Kok ya eropa mau ke arah BEV jg kalo mereka raw material aja ga punya, trus katanya pd ga bisa ngejer BYD n tesla, kok masih maksain jalan terus di medan perang yg mereka kalah. Justru yg lebih gede gaungnya EV itu bukannya di eropa ya? Emang sebego itu apa uni eropa cekokin BEV kalo dari hulu ke hilirnya mereka ga menguasai

Ngapain eropa susah2 gambling di platform yg bener2 baru, wong di ICE aja mereka uda nyaman kok dan status equilibrium dengan mbl jepang uda tercapai berpuluh2 taon. Ini mo ganti medan perang malah resiko dihajar mobcin

Atau menurut loe ada konspirasi segelintir orng yg menguasain jalannya dunia ini?


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
konspirasi n*w w*rld o*der ?kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 10:44Logika yg kita ngomongin td kan logika knp BYD lebih prefer majuin EV di model barunya drpd PHEV padahal menurut loe phev lebih laku. Kalo kita ngomongin BYD aja nih ye gawsa lagi2 kemana2, tuh revenue 2023 naek 86%. Jd logicnya masuk, dia utamain EV terbukti kok revenue naek pesat. Gimana target utamanya bukan cuan om kalo revenue naekb0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 7:37namanya juga mobil agenda mau di cekokin dulu ke pasar tujuan utama kan gedein market BEV bukan hybridkendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 6:09 Oooo jd tuh song sama qin uda 3 tahunan jualan dmi? Jd tambah aneh dong knp model2 baru ga keluar phev aja drpd ev. Kalo diterusin logika loe ya harusnya mending byd keluarin phev lah bwat model2 baru kayak atto segala drpd ev. Pasti lebih banyak lg tuh salesnya drpd cuman 3 jt saat ini doang. Gmn nih analisis loe?
Cara berpikirnya kalo loe jd byd gini ya:
Launching phev —> demand lebih tinggi drpd EV. Model selanjutnya gw iseng keluarin EV aja lah. Siapa tau pasar ga peduli tuh EV yg penting modelnya bagus? Eh trus hoki beneran EV salesnya lebih gede dr phev. Gitu?![]()
![]()
jualan EV itu target utamanya bukannya cuan tapi nguasain pasar buat ngabisin mobil2x bensin kalo gak mana ada di subsidi![]()
loe kalo aneh sama caranya BYD kek gitu gw lebih bingung lagi tuh sama pabrikan mainstream yang ud babak belur jualan EV ngototnya sampe segitunya![]()
ini contohnya
https://www.fool.com/investing/2024/01/ ... 0in%202023.Here's the kicker about Ford's record EV sales: The company is still burning cash on each EV that rolls off its production line. In fact, Ford previously estimated its EV business unit, Model e, would lose roughly $4.5 billion in 2023.
loe mau cari ccontoh laennya banyak om googling aja GM juga sama
jgn pake logika corporate mau cari untung deh gak masuk itu
gw aja bingung ini gw lagi tanya sama tembok aja gak dapet jawaban................![]()
kalo emang ambisinya sepicik itu cuman purely nyingkirin ICE, ya banting aja lg tuh harga jual impas, lebih banyak lg tuh penjualan. Logikanya masuk tuh gawsa cari2 ke tembok lg
![]()
Masalah ford gm segala EV ga laku itu laen bahasan. Musti loe analisis lg kenapa gitu, sama aja kayak di 1 negara si ford bisa laku, di negara laen kagak. Pasti ada faktor2 pembeda. Sama aje kayak kenapa EV tesla ma BYD laku, pabrikan laen luntang lantung.
Yg lu ngomong agenda2 tuh agenda siapa om? Agenda 1 dunia? Kok ya eropa mau ke arah BEV jg kalo mereka raw material aja ga punya, trus katanya pd ga bisa ngejer BYD n tesla, kok masih maksain jalan terus di medan perang yg mereka kalah. Justru yg lebih gede gaungnya EV itu bukannya di eropa ya? Emang sebego itu apa uni eropa cekokin BEV kalo dari hulu ke hilirnya mereka ga menguasai
Ngapain eropa susah2 gambling di platform yg bener2 baru, wong di ICE aja mereka uda nyaman kok dan status equilibrium dengan mbl jepang uda tercapai berpuluh2 taon. Ini mo ganti medan perang malah resiko dihajar mobcin
Atau menurut loe ada konspirasi segelintir orng yg menguasain jalannya dunia ini?Kalo uda konspirasi2an susah deh
![]()
ya soalnya EV, adalah satu2nya yg bisa diremote dr jauh.
org yg mainstream dan jadi follower, dalam kontrol mereka

spt di film2

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Kalo ane taunya NWO itu di wwf om, si hulk hoganSuryaputra wrote: Fri Mar 08, 2024 11:02konspirasi n*w w*rld o*der ?kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 10:44Logika yg kita ngomongin td kan logika knp BYD lebih prefer majuin EV di model barunya drpd PHEV padahal menurut loe phev lebih laku. Kalo kita ngomongin BYD aja nih ye gawsa lagi2 kemana2, tuh revenue 2023 naek 86%. Jd logicnya masuk, dia utamain EV terbukti kok revenue naek pesat. Gimana target utamanya bukan cuan om kalo revenue naekb0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 7:37
namanya juga mobil agenda mau di cekokin dulu ke pasar tujuan utama kan gedein market BEV bukan hybrid![]()
jualan EV itu target utamanya bukannya cuan tapi nguasain pasar buat ngabisin mobil2x bensin kalo gak mana ada di subsidi![]()
loe kalo aneh sama caranya BYD kek gitu gw lebih bingung lagi tuh sama pabrikan mainstream yang ud babak belur jualan EV ngototnya sampe segitunya![]()
ini contohnya
https://www.fool.com/investing/2024/01/ ... 0in%202023.
loe mau cari ccontoh laennya banyak om googling aja GM juga sama
jgn pake logika corporate mau cari untung deh gak masuk itu
gw aja bingung ini gw lagi tanya sama tembok aja gak dapet jawaban................![]()
kalo emang ambisinya sepicik itu cuman purely nyingkirin ICE, ya banting aja lg tuh harga jual impas, lebih banyak lg tuh penjualan. Logikanya masuk tuh gawsa cari2 ke tembok lg
![]()
Masalah ford gm segala EV ga laku itu laen bahasan. Musti loe analisis lg kenapa gitu, sama aja kayak di 1 negara si ford bisa laku, di negara laen kagak. Pasti ada faktor2 pembeda. Sama aje kayak kenapa EV tesla ma BYD laku, pabrikan laen luntang lantung.
Yg lu ngomong agenda2 tuh agenda siapa om? Agenda 1 dunia? Kok ya eropa mau ke arah BEV jg kalo mereka raw material aja ga punya, trus katanya pd ga bisa ngejer BYD n tesla, kok masih maksain jalan terus di medan perang yg mereka kalah. Justru yg lebih gede gaungnya EV itu bukannya di eropa ya? Emang sebego itu apa uni eropa cekokin BEV kalo dari hulu ke hilirnya mereka ga menguasai
Ngapain eropa susah2 gambling di platform yg bener2 baru, wong di ICE aja mereka uda nyaman kok dan status equilibrium dengan mbl jepang uda tercapai berpuluh2 taon. Ini mo ganti medan perang malah resiko dihajar mobcin
Atau menurut loe ada konspirasi segelintir orng yg menguasain jalannya dunia ini?Kalo uda konspirasi2an susah deh
![]()
ya soalnya EV, adalah satu2nya yg bisa diremote dr jauh.
org yg mainstream dan jadi follower, dalam kontrol mereka![]()
spt di film2![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Yang masih takut sama ev, nungguin ini aja :
https://oto.detik.com/detikoto/d-723215 ... al-mainnya
Kalau hybrid dapet potongan 10%. mayan tuh kaya yaris cross dari 440 jadi 400, trus disc bisa jadi 350-360. Misal beda 160 juta sama atto3, sisihin 60 juta buat batre, sisanya buat isi pertalite
https://oto.detik.com/detikoto/d-723215 ... al-mainnya
Kalau hybrid dapet potongan 10%. mayan tuh kaya yaris cross dari 440 jadi 400, trus disc bisa jadi 350-360. Misal beda 160 juta sama atto3, sisihin 60 juta buat batre, sisanya buat isi pertalite

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Nyimak sambil makan gorengan, teh anget sama mie sedap soto plus kerupuk.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Ane mencium bau2 HR-V hybrid meluncur bebarengan sama momen diskon pemerintahtimbermaniac123 wrote: Fri Mar 08, 2024 11:37 Yang masih takut sama ev, nungguin ini aja :
https://oto.detik.com/detikoto/d-723215 ... al-mainnya
Kalau hybrid dapet potongan 10%. mayan tuh kaya yaris cross dari 440 jadi 400, trus disc bisa jadi 350-360. Misal beda 160 juta sama atto3, sisihin 60 juta buat batre, sisanya buat isi pertalite![]()

Skalian deh pabrikan europe release the beast, perbanyak varian turbo + hybrid . Macem X5 50e ; 545e.. C63 4 bangers turbo listrik

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Siapa tau honda juga sekalian ngelobby peraturan gage ke pemerintah. Ev bisa makin terpuruk. Tapi kayanya nda mungkin ya, bikin tambah macet yang ada itu sudirman.KielConstantine wrote: Fri Mar 08, 2024 13:50 Ane mencium bau2 HR-V hybrid meluncur bebarengan sama momen diskon pemerintah
Skalian deh pabrikan europe release the beast, perbanyak varian turbo + hybrid . Macem X5 50e ; 545e.. C63 4 bangers turbo listrik![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
setau saya bukanya lagi gembar gembor baru nurunin harga lagikendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 10:44
Logika yg kita ngomongin td kan logika knp BYD lebih prefer majuin EV di model barunya drpd PHEV padahal menurut loe phev lebih laku. Kalo kita ngomongin BYD aja nih ye gawsa lagi2 kemana2, tuh revenue 2023 naek 86%. Jd logicnya masuk, dia utamain EV terbukti kok revenue naek pesat. Gimana target utamanya bukan cuan om kalo revenue naekkalo emang ambisinya sepicik itu cuman purely nyingkirin ICE, ya banting aja lg tuh harga jual impas, lebih banyak lg tuh penjualan. Logikanya masuk tuh gawsa cari2 ke tembok lg
![]()
Masalah ford gm segala EV ga laku itu laen bahasan. Musti loe analisis lg kenapa gitu, sama aja kayak di 1 negara si ford bisa laku, di negara laen kagak. Pasti ada faktor2 pembeda. Sama aje kayak kenapa EV tesla ma BYD laku, pabrikan laen luntang lantung.
Yg lu ngomong agenda2 tuh agenda siapa om? Agenda 1 dunia? Kok ya eropa mau ke arah BEV jg kalo mereka raw material aja ga punya, trus katanya pd ga bisa ngejer BYD n tesla, kok masih maksain jalan terus di medan perang yg mereka kalah. Justru yg lebih gede gaungnya EV itu bukannya di eropa ya? Emang sebego itu apa uni eropa cekokin BEV kalo dari hulu ke hilirnya mereka ga menguasai
Ngapain eropa susah2 gambling di platform yg bener2 baru, wong di ICE aja mereka uda nyaman kok dan status equilibrium dengan mbl jepang uda tercapai berpuluh2 taon. Ini mo ganti medan perang malah resiko dihajar mobcin
Atau menurut loe ada konspirasi segelintir orng yg menguasain jalannya dunia ini?Kalo uda konspirasi2an susah deh
![]()

https://www.reuters.com/business/autos- ... 024-03-06/
ya kalo bisa cuan sambil nyingkirin mesin ice kenapa engak???

itu lagian cuan hasil subsidi apa pure emang dia bisa profit tanpa bantuan pemerintah???

agenda climate cultis om mereka ud kayak hama di amerika itu partai democrat dan ada juga di pbb
justru china sebenernya cuma ikut2xan mereka kagak peduli sama global warming mereka pake EV ini kesempatan buat ngancurin industri otomotif barat

yah ngomongin agenda ya saya kasih penjelasan awalnya ya cased kek yang diomongin di video ini
bertaun2x kita di cuci otak bumi kita bermasalah bisa kiamat loe bayangin di barat taun 80an anak2x di cekokin ginian dan anak2x itu sekarang umurnya ud 30-40taonan

dulu saya juga pernah share list kiamat yang di endorse sama PBB sendiri dan semua meleset tujuannya emang buat nakut2xin

dan kenyataan ya kek di jelasin di video ini

dan mereka suka nyalahin minyak kek nyalahin nuklir kek dijelasin disini makanya kenapa minyak makin mahal

dan satu lagi
tipu2x paris climate agreement

dan kalo loe peratiin video dia tentang climate change di kasih context semua ini penjelasannya niat banget kan sampe segininya makanya EV itu banyak bekingannya dari gov sampe cere2x di bawah ud kayak cult

semua alesannya global warming

ngapain eropa mau susah2x karena ya itu mereka maunya bersih tapi nyatanya gak segampang itu tapi mereka sendiri di teken sama aktifis lingkungan juga

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
2022 akhir pas belanja creta kata sales honda taon depan ini ud taon depan lebih 4 bulan belom nongol jugaKielConstantine wrote: Fri Mar 08, 2024 13:50 Ane mencium bau2 HR-V hybrid meluncur bebarengan sama momen diskon pemerintah
Skalian deh pabrikan europe release the beast, perbanyak varian turbo + hybrid . Macem X5 50e ; 545e.. C63 4 bangers turbo listrik![]()

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Mantap diskusinya, lumayan menggairahkan
Saya berharap sewa mobil listrik bisa lebih terjangkau. Mau nyobain jangka waktu beberapa bulan aja, abis bosen balikin...
(Odong2 kayak Air EV engga saya anggep mobil
)

Saya berharap sewa mobil listrik bisa lebih terjangkau. Mau nyobain jangka waktu beberapa bulan aja, abis bosen balikin...
(Odong2 kayak Air EV engga saya anggep mobil

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
bikin modelan kinto gtu kyknya ev lebi enak, bebas resiko aneh"faizzz wrote: Fri Mar 08, 2024 16:33 Mantap diskusinya, lumayan menggairahkan![]()
Saya berharap sewa mobil listrik bisa lebih terjangkau. Mau nyobain jangka waktu beberapa bulan aja, abis bosen balikin...
(Odong2 kayak Air EV engga saya anggep mobil)
pakai bayar beres
sudah bosan & kontrak habis ya balikin
kinto jg pajak dibayarin, emergency assist, insurance, mobil pengganti ud kumplit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Sebenarnya adaptasi EV kendalanya lumayan banyak. Tidak semua bisa beli mobil EV walaupun menetap di kota, terutama mereka yang:
- Tinggal di apartemen, hampir gak ada yg menyediakan fasilitas SPKLU, mau nyetrum colokan biasa jg gak diperbolehkan
- Tinggal di perumahan elit yg listriknya bawah tanah spt C*******d. Tambah daya/pasang baru 7.700VA sih biayanya 8 juta (gratis sepaket dgn mobil EV) tapi developer minta 40 juta sebagai ganti rugi dan olor kabel dari gardu ke rumah
- Pelajar atau mahasiswa kost
- Pendatang kontrakan yg weekday kerja, weekend pulang luar kota
Kota Surabaya itu pendatangannya banyak banget. Tiap hari Jumat itu jalan mayjend-hr muhammad ramai mobil mau masuk tol mulai jam 4 sore s/d jam 8 malam.
- Tinggal di apartemen, hampir gak ada yg menyediakan fasilitas SPKLU, mau nyetrum colokan biasa jg gak diperbolehkan
- Tinggal di perumahan elit yg listriknya bawah tanah spt C*******d. Tambah daya/pasang baru 7.700VA sih biayanya 8 juta (gratis sepaket dgn mobil EV) tapi developer minta 40 juta sebagai ganti rugi dan olor kabel dari gardu ke rumah
- Pelajar atau mahasiswa kost
- Pendatang kontrakan yg weekday kerja, weekend pulang luar kota
Kota Surabaya itu pendatangannya banyak banget. Tiap hari Jumat itu jalan mayjend-hr muhammad ramai mobil mau masuk tol mulai jam 4 sore s/d jam 8 malam.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Bener ini, mobil EV itu dibeli rata2 bukan mobil pertama melainkan mobil kedua atau mobil ketiga. Pakai EV untuk luar kota kurang fun to drive sih, harus jaga kecepatan stabil di 90-100 (baterai% cepat turun jika kebut2an/kecepatan tinggi) dan terasa range anxiety-nya (apa bisa sampai tujuan atau terdampar di tengah jalan).ChZ wrote: Fri Mar 08, 2024 7:53ya jarang sekali soalnya masih nyimpen innova di garasiBpurna wrote: Fri Mar 08, 2024 7:48 Kita liat saja lah brp banyak orang yg sdh pake ev, eh ternyata ga suka dan malah mau balik ke ice lagi, rasanya akan jarang sekali. Utk saya sendiri sejak pake ev sih puas banget, gak sempurna memang tapi cukup utk promosiin ev kemana2 (saudara, teman2) dan ga rencana balik ke ice lagi.majority buyer EV kan masih nyimpen minimal sebiji mobil gede buat road trip
![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Buset minta 40 jt om? Ga kira2. Itu cluster2an gitu ya om? Ga enaknya tinggal di cluster2 gitu ya 100% suka2 developer. Rumahku bukan rumahkuAndhyka wrote: Fri Mar 08, 2024 23:21 Sebenarnya adaptasi EV kendalanya lumayan banyak. Tidak semua bisa beli mobil EV walaupun menetap di kota, terutama mereka yang:
- Tinggal di apartemen, hampir gak ada yg menyediakan fasilitas SPKLU, mau nyetrum colokan biasa jg gak diperbolehkan
- Tinggal di perumahan elit yg listriknya bawah tanah spt C*******d. Tambah daya/pasang baru 7.700VA sih biayanya 8 juta (gratis sepaket dgn mobil EV) tapi developer minta 40 juta sebagai ganti rugi dan olor kabel dari gardu ke rumah
- Pelajar atau mahasiswa kost
- Pendatang kontrakan yg weekday kerja, weekend pulang luar kota
Kota Surabaya itu pendatangannya banyak banget. Tiap hari Jumat itu jalan mayjend-hr muhammad ramai mobil mau masuk tol mulai jam 4 sore s/d jam 8 malam.

Waktu itu ada jg kan yg rame di medsos minta cabut batang pohon yg uda mati diminta belasan jt

Last edited by kendibocor on Sat Mar 09, 2024 0:56, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
- Location: KB
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Apartement bisa dibicarakan ke manajemen nya, karena bagi hasil dengan penyedia harusnya tidak masalah.Andhyka wrote: Fri Mar 08, 2024 23:21 Tidak semua bisa beli mobil EV walaupun menetap di kota
- Tinggal di perumahan elit yg listriknya bawah tanah spt C*******d. Tambah daya/pasang baru 7.700VA sih biayanya 8 juta (gratis sepaket dgn mobil EV) tapi developer minta 40 juta sebagai ganti rugi dan olor kabel dari gardu ke rumah
Perumahan dengan kabel bawah tanah,
biaya yang ganti rugi dan ulur kabel dengan developer itu ditanggung oleh BYD (info sales, saya sudah bilang ini kan mahal, dia bilang itu dia justru kita tanggung),
hanya biaya pasang baru ke PLN yang ga ditanggung @ 850ribu (insentif untuk mobil listrik)
Memang tidak semua bisa beli EV walaupun menetap di kota, sama halnya tidak semua bisa beli mobil ICE juga kan.
Tapi yang reasonable buat manfaatin privilege dan insentif yang ada adalah warga jakarta,
bukan berarti warga daerah ga ada yang beli juga.