Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Krigger
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Daily Vehicle: L15zf - HRV E 2018

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Krigger »

marmut wrote: Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.



Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg



oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.

pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :



20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg



harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.

untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :



20240403_225805.jpg



tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab



20240403_225913.jpg



tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.

keterangan tambahan :

sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
Merk estepe bukan mbah? Hehehe
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
abedgg
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Mar 16, 2024 12:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by abedgg »

redrover wrote: Thu Apr 04, 2024 6:00
abedgg wrote: Thu Apr 04, 2024 2:04 Sekedar Info…..
Shop n drive ada promo PFG beli 3 gratis 1
Start tgl 4 april sampe tgl 21
Promo Mudik.

Disarankan bawa filter oli sendiri kalo gak mau pake aspira karna snd di tempat gw oil filter dia cuma ada yg aspira.

*bukan orang SnD*
Om, jika bawa filter oli sendiri, apakah ada tambahan biaya charge?

pernah pengalaman kena tambahan biaya charge di spbu shell jika bawa filter oli sendiri.

Pasti nya kena om, tapi coba tanya aja atau ngmg sama montir nya aja.. selipin 20-25rb… wkkwkwkkwk
abedgg
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Mar 16, 2024 12:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by abedgg »

marmut wrote: Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.



Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg



oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.

pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :



20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg



harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.

untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :



20240403_225805.jpg



tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab



20240403_225913.jpg



tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.

keterangan tambahan :

sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
Om oli apa nih, kok fluid brand nya unknown… spill dong
BronanTheBrobarian
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 Mazda 2

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by BronanTheBrobarian »

marmut wrote: Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.



Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg



oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.

pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :



20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg



harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.

untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :



20240403_225805.jpg



tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab



20240403_225913.jpg



tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.

keterangan tambahan :

sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
Spill olinya dong mbah, menarik kyknya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by marmut »

Slipkopling wrote: Thu Apr 04, 2024 9:04

Bisikin dong mbah (ane gak punya wa nya mbah) :big_childish: ,

pengen juga punya daleman kinclong gitu mbah :mky_03:
abedgg wrote: Thu Apr 04, 2024 13:26

Om oli apa nih, kok fluid brand nya unknown… spill dong


merk yg sudah nempel di kepala sejak saya kecil di awal tahun 80an.
kalo disebut, trus ada yg ikutan beli abis itu (katanya) dapet palsu, nanti jadi rame. males.

kalo mesin mau bersih, ga harus merk tertentu. beli oli asli dan baru, pakai se normal mungkin dan ikuti jadwal ganti oli yg wajar. jangan pelit, jangan boros.

:beer:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1787
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Thu Apr 04, 2024 10:39
sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 10:23
iwing wrote: Thu Apr 04, 2024 10:21

di toko tempat saya beli motul htech, juga jual motul mugen ms-a. cuma itu utk mobil sport/high rpm karena hths nya cukup tinggi. kayaknya klo oli2 seperti itu, gak cocok utk mobil yg punya catalytic converter. cmiiw

sebelum beli motul htech saya hampir ambil mugen ms-a itu. cuma karena pertimbangan catalytic converter, gak jadi
Hthsnya emang brapa mbah untuk yang 5w30nya?
Biasanya kalo hths tinggi gpp kok untuk mobil yang ada catalytic converter.

Edit: btw ternyata api SL , kok berani claim anti lspi ya
Screenshot_20240404-172539_Chrome.jpg
API SL ini berarti zinc / zddp tinggi banget gak dikasih batas tertentu.

tapi anti lspi sebetulnya gak kontra dgn anti wear kali ya?

jadi mau zinc setinggi apapun, ya anti LSPI juga kerja sendiri.
gak saling mengcounter dan punya jobdesc masing2
Bahasa resmi API SL, blm ada klausul anti lspi.
tapi mungkin narasi dr motul:
- Zinc tinggi, tapi tetap anti LSPI
- Kontranya sama Catalyc Conv aja

jadi ya bodo amat sama sertifikasi API2an.
toh udah passing juga :big_biglaugh:
Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana :big_biglaugh: . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.

"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung :big_think:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sh00t »

marmut wrote: Thu Apr 04, 2024 15:09
Slipkopling wrote: Thu Apr 04, 2024 9:04

Bisikin dong mbah (ane gak punya wa nya mbah) :big_childish: ,

pengen juga punya daleman kinclong gitu mbah :mky_03:
abedgg wrote: Thu Apr 04, 2024 13:26

Om oli apa nih, kok fluid brand nya unknown… spill dong


merk yg sudah nempel di kepala sejak saya kecil di awal tahun 80an.
kalo disebut, trus ada yg ikutan beli abis itu (katanya) dapet palsu, nanti jadi rame. males.

kalo mesin mau bersih, ga harus merk tertentu. beli oli asli dan baru, pakai se normal mungkin dan ikuti jadwal ganti oli yg wajar. jangan pelit, jangan boros.

:beer:
Kalau oli asli dan bekas gimana om? Kan masih bisa diperes menjadi -16 untuk pemakai selanjutnya. :big_weee: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by daimler »

marmut wrote: Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.



Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg



oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.

pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :



20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg



harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.

untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :



20240403_225805.jpg



tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab



20240403_225913.jpg



tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.

keterangan tambahan :

sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
wah bisikin brand olinya boleh nih mbah, apa lewat PM aja? :big_peace:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Spies »

Krigger wrote: Thu Apr 04, 2024 10:53
marmut wrote: Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.



Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg



oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.

pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :



20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg



harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.

untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :



20240403_225805.jpg



tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab



20240403_225913.jpg



tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.

keterangan tambahan :

sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
Merk estepe bukan mbah? Hehehe
Hasil test lab nya lumayan bagus yah :weekk:

Bisa jadi pilihan nih selain merk2 mainstream wkwk
Slipkopling
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Mar 19, 2024 16:24
Location: --
Daily Vehicle: k3ve

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Slipkopling »

marmut wrote: Thu Apr 04, 2024 15:09
Slipkopling wrote: Thu Apr 04, 2024 9:04

Bisikin dong mbah (ane gak punya wa nya mbah) :big_childish: ,

pengen juga punya daleman kinclong gitu mbah :mky_03:
abedgg wrote: Thu Apr 04, 2024 13:26

Om oli apa nih, kok fluid brand nya unknown… spill dong


merk yg sudah nempel di kepala sejak saya kecil di awal tahun 80an.
kalo disebut, trus ada yg ikutan beli abis itu (katanya) dapet palsu, nanti jadi rame. males.

kalo mesin mau bersih, ga harus merk tertentu. beli oli asli dan baru, pakai se normal mungkin dan ikuti jadwal ganti oli yg wajar. jangan pelit, jangan boros.

:beer:
Syap :big_exellent:
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Supersedan »

sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 10:23
iwing wrote: Thu Apr 04, 2024 10:21
sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 8:58 Btw baru nyadar pas nonton youtube , si merek M*tul ada oli mugen ada yang pernah pake gak?
di toko tempat saya beli motul htech, juga jual motul mugen ms-a. cuma itu utk mobil sport/high rpm karena hths nya cukup tinggi. kayaknya klo oli2 seperti itu, gak cocok utk mobil yg punya catalytic converter. cmiiw

sebelum beli motul htech saya hampir ambil mugen ms-a itu. cuma karena pertimbangan catalytic converter, gak jadi
Hthsnya emang brapa mbah untuk yang 5w30nya?
Biasanya kalo hths tinggi gpp kok untuk mobil yang ada catalytic converter.

Edit: btw ternyata api SL , kok berani claim anti lspi ya
Screenshot_20240404-172539_Chrome.jpg
Oli mugen motul itu sekarang ada yg api sp, yg sl itu udah lama bener beredarnya.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 21:28
Suryaputra wrote: Thu Apr 04, 2024 10:39
sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 10:23

Hthsnya emang brapa mbah untuk yang 5w30nya?
Biasanya kalo hths tinggi gpp kok untuk mobil yang ada catalytic converter.

Edit: btw ternyata api SL , kok berani claim anti lspi ya
Screenshot_20240404-172539_Chrome.jpg
API SL ini berarti zinc / zddp tinggi banget gak dikasih batas tertentu.

tapi anti lspi sebetulnya gak kontra dgn anti wear kali ya?

jadi mau zinc setinggi apapun, ya anti LSPI juga kerja sendiri.
gak saling mengcounter dan punya jobdesc masing2
Bahasa resmi API SL, blm ada klausul anti lspi.
tapi mungkin narasi dr motul:
- Zinc tinggi, tapi tetap anti LSPI
- Kontranya sama Catalyc Conv aja

jadi ya bodo amat sama sertifikasi API2an.
toh udah passing juga :big_biglaugh:
Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana :big_biglaugh: . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.

"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung :big_think:
Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.

Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 21:28
Suryaputra wrote: Thu Apr 04, 2024 10:39
sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 10:23

Hthsnya emang brapa mbah untuk yang 5w30nya?
Biasanya kalo hths tinggi gpp kok untuk mobil yang ada catalytic converter.

Edit: btw ternyata api SL , kok berani claim anti lspi ya
Screenshot_20240404-172539_Chrome.jpg
API SL ini berarti zinc / zddp tinggi banget gak dikasih batas tertentu.

tapi anti lspi sebetulnya gak kontra dgn anti wear kali ya?

jadi mau zinc setinggi apapun, ya anti LSPI juga kerja sendiri.
gak saling mengcounter dan punya jobdesc masing2
Bahasa resmi API SL, blm ada klausul anti lspi.
tapi mungkin narasi dr motul:
- Zinc tinggi, tapi tetap anti LSPI
- Kontranya sama Catalyc Conv aja

jadi ya bodo amat sama sertifikasi API2an.
toh udah passing juga :big_biglaugh:
Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana :big_biglaugh: . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.

"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung :big_think:
Ditanggung sendiri :big_biglaugh:

Itu mbah
A*soil signature kan gak ada approval sertifikasi apapun...

Mengaku sepihak aja
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Thu Apr 04, 2024 7:54
7rb km udah sip dan max mbah untuk penggunaan tsb

- Wear metal low
- Cm kok ada FD dikit yaa? cuma 1.5%... diremap/ atau timing gak pas krn RON 90?
- visco stabil buat w20 @V100, gak turun di bawah 8
ASLI, FRESH & OKE juga nih oli

lanjutkan mbah.

btw.. merk dan tipenya apa mbah olinya?
bole dispill buat warga sini :big_biglaugh:


mesin standar gaada rubahan apapun kecuali mulut airbox.

merk? :mky_03:

kalo ngikutin postingan aing pasti tau.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

RezPrat wrote: Fri Apr 05, 2024 2:33
sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 21:28
Suryaputra wrote: Thu Apr 04, 2024 10:39
API SL ini berarti zinc / zddp tinggi banget gak dikasih batas tertentu.

tapi anti lspi sebetulnya gak kontra dgn anti wear kali ya?

jadi mau zinc setinggi apapun, ya anti LSPI juga kerja sendiri.
gak saling mengcounter dan punya jobdesc masing2
Bahasa resmi API SL, blm ada klausul anti lspi.
tapi mungkin narasi dr motul:
- Zinc tinggi, tapi tetap anti LSPI
- Kontranya sama Catalyc Conv aja

jadi ya bodo amat sama sertifikasi API2an.
toh udah passing juga :big_biglaugh:
Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana :big_biglaugh: . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.

"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung :big_think:
Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.

Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwk
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iwing wrote: Fri Apr 05, 2024 3:55
RezPrat wrote: Fri Apr 05, 2024 2:33
sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 21:28

Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana :big_biglaugh: . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.

"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung :big_think:
Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.

Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwk
Gegara narasi "green" :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Omnibus »

iwing wrote: Fri Apr 05, 2024 3:55
RezPrat wrote: Fri Apr 05, 2024 2:33
sahabatq8 wrote: Thu Apr 04, 2024 21:28

Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana :big_biglaugh: . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.

"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung :big_think:
Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.

Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwk
krn dulu belom lazim mesin cc kecil diturboin. cuma ada daisu charade turbo dan fiat uno turbo. lspi terjadinya di mesin spt itu. jd ruang bakar kecil tp tekanan silinder tinggi.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Fri Apr 05, 2024 5:56
iwing wrote: Fri Apr 05, 2024 3:55
RezPrat wrote: Fri Apr 05, 2024 2:33

Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.

Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwk
krn dulu belom lazim mesin cc kecil diturboin. cuma ada daisu charade turbo dan fiat uno turbo. lspi terjadinya di mesin spt itu. jd ruang bakar kecil tp tekanan silinder tinggi.
gak habis pikir itu efwan
CC 1600 + hybrid, tapi boost sebesar itu
bisa result 700 HP plus plus :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nicogeol
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Mon Sep 11, 2017 9:48
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by nicogeol »

Halo Om semuanya,

Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.

UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
wondhhh
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest 2008 and CX5 2016 Touring

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by wondhhh »

Halo om-om semua
Saya mau nanya mengenai oli untuk mobil saya CX5 2.5 2016, saat ini odo menunjukan 123.[cencored] km. Saat ini saya menggunakan PTT Evotec 0w-20 (non eco) yang saya ganti di 119.[cencored] km pada Januari 2024. Saya berencana untuk mengganti oli di 127.[cencored] km dan menggantinya di Toda atau Cakra motor (yang dekat dari rumah).

Saya membaca-baca dari seraya motor dan beberapa referensi dan mendapatkan beberapa pilihan untuk oli yang akan saya gunakan (budget saya <200rb/liter). Rencana saya ingin pakai 7-8.[cencored] km OCI

0W20
- stay di PTT Evotec 0w20 (so far ga ada keluhan tarikan masih aman getaran juga masih oke, tapi nanti bakal saya liat lagi pas sudah mendekati OCI)
- Motul H-Tech 0w20
- Idemitsu 0w20 (karena setau saya MGO menggunakan Idemitsu)
- TQ 9000 (harga lumayan miring, tapi saya baca beberapa oli ini termasuk oli yang berbuih, saya gatau akan berefek gimana ke mesin saya)
- Eneos SN 0w20 (harganya miring, untuk oli ini saya rencana di 6.[cencored] km interval ganti olinya)
- PTT Evotec eco (saya baca2 di thread seraya termasuk oke untuk oli eco, apakah oke di mesin 2500cc? interval 6.xxxkm)

5W30
- Liqui Moly Top Tec 5w30
- Liqui Moly Special Tec 5w30
- Q8 Special G Long Life Dexos 2
- Motul Specific 913D
- Mobil 1 5w30 Triple ACtion
- Total INEO

Kondisi mobil saat ini pada odo 119.[cencored] km tune up, bersihin katalitik, fuel pump clean, new fuel filter dan baru ganti coolant wurth. Untuk busi saya pakai Denso IXEH22TT. Bensin 95% Pertamax/BP92 (mana yang paling murah) 5% > Ron 95. Untuk rute yang saya pakai Bintaro-Depok 3-4 kali weekly 70% tol sisa non-tol dan juga 2-3 didalam interval ganti oli ke Jawa Tengah dengan kondisi mendaki dan turun gunung (daerah dieng) dengan load 2 orang dewasa dan bagasi full sampai baris kedua. Gaya bekendara saya stay di lowest rpm sebisa mungkin (<2000 RPM), paling sesekali mentokin sampe 3500 rpm buat nyalip. Kira-kira dari pilihan oli saya tersebut yang paling oke dengan kriteria saya yang mana ya? dan kalau ada oli yang menurut om-om lebih cocok dengan kriteria saya apa yaa? Terima kasih om-om semua. Maaf jika kepanjangan
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1139
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

nicogeol wrote: Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,

Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.


UOA Oli Baru 26 Sep.JPG


UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
pakai filter udara original kan yah? kok Si nya tinggi yah?
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by mkamil »

t105erd wrote: Fri Apr 05, 2024 7:54
nicogeol wrote: Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,

Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.


UOA Oli Baru 26 Sep.JPG


UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
pakai filter udara original kan yah? kok Si nya tinggi yah?
kalau baca2 artikel bisa dari assembly sealant, pada mobil baru biasanya tinggi tetapi setelah beberapa kali ganti oli harusnya menurun. CMIIW
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

nicogeol wrote: Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,

Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.


UOA Oli Baru 26 Sep.JPG


UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Thanks for sharing :big_exellent:
Durasi 6-7rb km max, jgn lebih mbah.

Coba bandingin sm oli lain, yg harganya sekelas.

Personal concern saya terhadap Shell Ultra tsb,
- Wear Al dan Cu nya jauh di atas rata" sampling test warga sini (padahal dah jauh lewat endreyen dan gak pakai aditif kuras oli kan)
- TBN juga dah kritis

Jujurly saya agak sanksi sama kualitas oli ini (berat di nama jadi sugesti), tp let see klo sm oli lain gmn?
Last edited by Suryaputra on Fri Apr 05, 2024 9:39, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Chr1stm1 »

nicogeol wrote: Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,

Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.


UOA Oli Baru 26 Sep.JPG


UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Kalo liat UOA terakhir, better pakai 7500km aja.
Ini shell ultra sp 0w20 kan? Bukan shell citu atau shell 0w20 versi bpjs?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: Fri Apr 05, 2024 9:26
nicogeol wrote: Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,

Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.


UOA Oli Baru 26 Sep.JPG


UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Kalo liat UOA terakhir, better pakai 7500km aja.
Ini shell ultra sp 0w20 kan? Bukan shell citu atau shell 0w20 versi bpjs?
Klo dr beres hyundai biasanya sih Ultra yaa
hahahah

Ultra aja gtu
apalagi bpjs nya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri