Merk estepe bukan mbah? Hehehemarmut wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.
Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg
oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.
pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :
20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg
harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.
untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :
20240403_225805.jpg
tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab
20240403_225913.jpg
tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.
keterangan tambahan :
sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sat Mar 16, 2024 12:09
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sat Mar 16, 2024 12:09
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Om oli apa nih, kok fluid brand nya unknown… spill dongmarmut wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.
Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg
oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.
pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :
20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg
harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.
untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :
20240403_225805.jpg
tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab
20240403_225913.jpg
tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.
keterangan tambahan :
sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2012 Mazda 2
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Spill olinya dong mbah, menarik kyknyamarmut wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.
Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg
oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.
pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :
20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg
harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.
untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :
20240403_225805.jpg
tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab
20240403_225913.jpg
tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.
keterangan tambahan :
sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Slipkopling wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 9:04
Bisikin dong mbah (ane gak punya wa nya mbah) ,
pengen juga punya daleman kinclong gitu mbah
merk yg sudah nempel di kepala sejak saya kecil di awal tahun 80an.
kalo disebut, trus ada yg ikutan beli abis itu (katanya) dapet palsu, nanti jadi rame. males.
kalo mesin mau bersih, ga harus merk tertentu. beli oli asli dan baru, pakai se normal mungkin dan ikuti jadwal ganti oli yg wajar. jangan pelit, jangan boros.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.Suryaputra wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:39API SL ini berarti zinc / zddp tinggi banget gak dikasih batas tertentu.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:23Hthsnya emang brapa mbah untuk yang 5w30nya?iwing wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:21
di toko tempat saya beli motul htech, juga jual motul mugen ms-a. cuma itu utk mobil sport/high rpm karena hths nya cukup tinggi. kayaknya klo oli2 seperti itu, gak cocok utk mobil yg punya catalytic converter. cmiiw
sebelum beli motul htech saya hampir ambil mugen ms-a itu. cuma karena pertimbangan catalytic converter, gak jadi
Biasanya kalo hths tinggi gpp kok untuk mobil yang ada catalytic converter.
Edit: btw ternyata api SL , kok berani claim anti lspi ya
Screenshot_20240404-172539_Chrome.jpg
tapi anti lspi sebetulnya gak kontra dgn anti wear kali ya?
jadi mau zinc setinggi apapun, ya anti LSPI juga kerja sendiri.
gak saling mengcounter dan punya jobdesc masing2
Bahasa resmi API SL, blm ada klausul anti lspi.
tapi mungkin narasi dr motul:
- Zinc tinggi, tapi tetap anti LSPI
- Kontranya sama Catalyc Conv aja
jadi ya bodo amat sama sertifikasi API2an.
toh udah passing juga
"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- SM Moderator
- Posts: 1304
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Kalau oli asli dan bekas gimana om? Kan masih bisa diperes menjadi -16 untuk pemakai selanjutnya.marmut wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 15:09Slipkopling wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 9:04
Bisikin dong mbah (ane gak punya wa nya mbah) ,
pengen juga punya daleman kinclong gitu mbah
merk yg sudah nempel di kepala sejak saya kecil di awal tahun 80an.
kalo disebut, trus ada yg ikutan beli abis itu (katanya) dapet palsu, nanti jadi rame. males.
kalo mesin mau bersih, ga harus merk tertentu. beli oli asli dan baru, pakai se normal mungkin dan ikuti jadwal ganti oli yg wajar. jangan pelit, jangan boros.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
wah bisikin brand olinya boleh nih mbah, apa lewat PM aja?marmut wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.
Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg
oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.
pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :
20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg
harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.
untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :
20240403_225805.jpg
tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab
20240403_225913.jpg
tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.
keterangan tambahan :
sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Hasil test lab nya lumayan bagus yahKrigger wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:53Merk estepe bukan mbah? Hehehemarmut wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 7:23 daripada kelamaan nunggu org gaje, mending bacain ini aja saya minta tolong diterjemahkan artinya buat yg ngerti dan mau menerjemahkan.
Screenshot_20240404_095149_Drive.jpg
Screenshot_20240404_095226_Drive.jpg
oli mesin merk anu (yg kepo sila watsap langsung).
viskositas 0w20.
durasi pemakaian 4 bulan kurang bbrp hari.
jarak tempuh hampir 8rb km (7932 km tepatnya).
gaya berkendara moderat (bbrp kali gaspol sebatas wajar org waras).
hampir tidak pernah kena macet dan jarang sekali jadi genset.
bahan bakar 98% pakai ron 90.
pakai oli ini sudah beberapa kali, seringnya ganti di 6rb km atau maksimal 7rb km. kali ini pengen tau gmn hasilnya kalo dipakai lewat dari 7rb km.
sempet ngintip dari lubang pengisian oli, hasilnya spt ini :
20240402_134811.jpg
20240403_230041.jpg
harga oli yg saya beli di angka 95rb per botol blm termasuk ongkir, tapi di toko lain banyak yg lebih murah mulai dari 75rb s/d 80ribuan per botol.
untuk tes UOA saya pilih paket HP427 seharga :
20240403_225805.jpg
tanggal 2 april lalu sekitar pukul 14an wib saya serahkan ke lab
20240403_225913.jpg
tadi pagi sekitar pukul 10an wib sudah terima hasilnya lewat e-mail.
keterangan tambahan :
sampel oli harus sudah dites oleh pihak lab maksimal 7 (tujuh) hari terhitung dari hari diambilnya sampel.
makin cepat makin baik.
Bisa jadi pilihan nih selain merk2 mainstream wkwk
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Mar 19, 2024 16:24
- Location: --
- Daily Vehicle: k3ve
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Syapmarmut wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 15:09Slipkopling wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 9:04
Bisikin dong mbah (ane gak punya wa nya mbah) ,
pengen juga punya daleman kinclong gitu mbah
merk yg sudah nempel di kepala sejak saya kecil di awal tahun 80an.
kalo disebut, trus ada yg ikutan beli abis itu (katanya) dapet palsu, nanti jadi rame. males.
kalo mesin mau bersih, ga harus merk tertentu. beli oli asli dan baru, pakai se normal mungkin dan ikuti jadwal ganti oli yg wajar. jangan pelit, jangan boros.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Oli mugen motul itu sekarang ada yg api sp, yg sl itu udah lama bener beredarnya.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:23Hthsnya emang brapa mbah untuk yang 5w30nya?iwing wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:21di toko tempat saya beli motul htech, juga jual motul mugen ms-a. cuma itu utk mobil sport/high rpm karena hths nya cukup tinggi. kayaknya klo oli2 seperti itu, gak cocok utk mobil yg punya catalytic converter. cmiiw
sebelum beli motul htech saya hampir ambil mugen ms-a itu. cuma karena pertimbangan catalytic converter, gak jadi
Biasanya kalo hths tinggi gpp kok untuk mobil yang ada catalytic converter.
Edit: btw ternyata api SL , kok berani claim anti lspi ya
Screenshot_20240404-172539_Chrome.jpg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 541
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 21:28Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.Suryaputra wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:39API SL ini berarti zinc / zddp tinggi banget gak dikasih batas tertentu.
tapi anti lspi sebetulnya gak kontra dgn anti wear kali ya?
jadi mau zinc setinggi apapun, ya anti LSPI juga kerja sendiri.
gak saling mengcounter dan punya jobdesc masing2
Bahasa resmi API SL, blm ada klausul anti lspi.
tapi mungkin narasi dr motul:
- Zinc tinggi, tapi tetap anti LSPI
- Kontranya sama Catalyc Conv aja
jadi ya bodo amat sama sertifikasi API2an.
toh udah passing juga
"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung
Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Ditanggung sendirisahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 21:28Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.Suryaputra wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:39API SL ini berarti zinc / zddp tinggi banget gak dikasih batas tertentu.
tapi anti lspi sebetulnya gak kontra dgn anti wear kali ya?
jadi mau zinc setinggi apapun, ya anti LSPI juga kerja sendiri.
gak saling mengcounter dan punya jobdesc masing2
Bahasa resmi API SL, blm ada klausul anti lspi.
tapi mungkin narasi dr motul:
- Zinc tinggi, tapi tetap anti LSPI
- Kontranya sama Catalyc Conv aja
jadi ya bodo amat sama sertifikasi API2an.
toh udah passing juga
"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung
Itu mbah
A*soil signature kan gak ada approval sertifikasi apapun...
Mengaku sepihak aja
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Suryaputra wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 7:54
7rb km udah sip dan max mbah untuk penggunaan tsb
- Wear metal low
- Cm kok ada FD dikit yaa? cuma 1.5%... diremap/ atau timing gak pas krn RON 90?
- visco stabil buat w20 @V100, gak turun di bawah 8
ASLI, FRESH & OKE juga nih oli
lanjutkan mbah.
btw.. merk dan tipenya apa mbah olinya?
bole dispill buat warga sini
mesin standar gaada rubahan apapun kecuali mulut airbox.
merk?
kalo ngikutin postingan aing pasti tau.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwkRezPrat wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 2:33Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 21:28Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.Suryaputra wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 10:39
API SL ini berarti zinc / zddp tinggi banget gak dikasih batas tertentu.
tapi anti lspi sebetulnya gak kontra dgn anti wear kali ya?
jadi mau zinc setinggi apapun, ya anti LSPI juga kerja sendiri.
gak saling mengcounter dan punya jobdesc masing2
Bahasa resmi API SL, blm ada klausul anti lspi.
tapi mungkin narasi dr motul:
- Zinc tinggi, tapi tetap anti LSPI
- Kontranya sama Catalyc Conv aja
jadi ya bodo amat sama sertifikasi API2an.
toh udah passing juga
"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung
Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Gegara narasi "green"iwing wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 3:55bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwkRezPrat wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 2:33Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 21:28
Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.
"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung
Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11581
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
krn dulu belom lazim mesin cc kecil diturboin. cuma ada daisu charade turbo dan fiat uno turbo. lspi terjadinya di mesin spt itu. jd ruang bakar kecil tp tekanan silinder tinggi.iwing wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 3:55bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwkRezPrat wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 2:33Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 04, 2024 21:28
Zddp emang bisa ngurangin LSPI tapi kalo calciumnya tinggi gak tau deh menangan mana . Kalo di liat oli ini tbnnya jg tinggi soalnya.
"Bodo amat sama sertifikasi API2an"
Masalahnya kalo lets say kita punya civic turbo dikasih itu jebol, siapa yang mau nanggung
Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
gak habis pikir itu efwanOmnibus wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 5:56krn dulu belom lazim mesin cc kecil diturboin. cuma ada daisu charade turbo dan fiat uno turbo. lspi terjadinya di mesin spt itu. jd ruang bakar kecil tp tekanan silinder tinggi.iwing wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 3:55bener emang ambigu soal lspi. jaman dulu waktu oli masih api sj atau sl, jarang denger soal lspi (malah gak pernah denger kayaknya). padahal api service sj/sl kan seringnya high saps atau segalanya tinggi lah karena 'mengutamakan' proteksi mesin. kemudian jaman api sn/sn plus dan turbo, kok tiba2 ada istilah lspi ya..?? mungkin dulu jalan saya kurang jauh wkwkkwkRezPrat wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 2:33
Sependek yg ane baca ya, lspi itu sebenarnya belum begitu jelas penyebab utamanya, cuma salah satunya "di curigai" ada oli droplet yg masuk ke atas piston dan memicu mega detonation (lspi), selain itu ada faktor besar lain yg jg "dicurigai" yaitu soot, carbon yg membara sebelum spark, low quality fuel bahkan extream low ambient temperature.
Malah jarang d bahas apakah kandungan kalsium d oli kah yg menyebabkan nya....teori terkini skrg malah gak ada bukti bahwa calcium dlm oli main culpritnya. As long as oil droplet masuk k atas piston... potential menimbulkan lspi regardless kandungan kalsium nya. Justru Valvoline malah mengatakan klo buat mencegah lspi d rekomendasikan oli yg bisa memberikan "cool,lubricate, clean" buat cegah lspi. Ane liatnya oli2 yg bisa mencegah lspi justru oli2 yg mirip sama oli2 diesel, terutama d cleaning faktor nya. Dan 2nd rekomendasi nya suruh pake octane yg tinggi.
CC 1600 + hybrid, tapi boost sebesar itu
bisa result 700 HP plus plus
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Mon Sep 11, 2017 9:48
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Beat Karbu
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Halo om-om semua
Saya mau nanya mengenai oli untuk mobil saya CX5 2.5 2016, saat ini odo menunjukan 123.[cencored] km. Saat ini saya menggunakan PTT Evotec 0w-20 (non eco) yang saya ganti di 119.[cencored] km pada Januari 2024. Saya berencana untuk mengganti oli di 127.[cencored] km dan menggantinya di Toda atau Cakra motor (yang dekat dari rumah).
Saya membaca-baca dari seraya motor dan beberapa referensi dan mendapatkan beberapa pilihan untuk oli yang akan saya gunakan (budget saya <200rb/liter). Rencana saya ingin pakai 7-8.[cencored] km OCI
0W20
- stay di PTT Evotec 0w20 (so far ga ada keluhan tarikan masih aman getaran juga masih oke, tapi nanti bakal saya liat lagi pas sudah mendekati OCI)
- Motul H-Tech 0w20
- Idemitsu 0w20 (karena setau saya MGO menggunakan Idemitsu)
- TQ 9000 (harga lumayan miring, tapi saya baca beberapa oli ini termasuk oli yang berbuih, saya gatau akan berefek gimana ke mesin saya)
- Eneos SN 0w20 (harganya miring, untuk oli ini saya rencana di 6.[cencored] km interval ganti olinya)
- PTT Evotec eco (saya baca2 di thread seraya termasuk oke untuk oli eco, apakah oke di mesin 2500cc? interval 6.xxxkm)
5W30
- Liqui Moly Top Tec 5w30
- Liqui Moly Special Tec 5w30
- Q8 Special G Long Life Dexos 2
- Motul Specific 913D
- Mobil 1 5w30 Triple ACtion
- Total INEO
Kondisi mobil saat ini pada odo 119.[cencored] km tune up, bersihin katalitik, fuel pump clean, new fuel filter dan baru ganti coolant wurth. Untuk busi saya pakai Denso IXEH22TT. Bensin 95% Pertamax/BP92 (mana yang paling murah) 5% > Ron 95. Untuk rute yang saya pakai Bintaro-Depok 3-4 kali weekly 70% tol sisa non-tol dan juga 2-3 didalam interval ganti oli ke Jawa Tengah dengan kondisi mendaki dan turun gunung (daerah dieng) dengan load 2 orang dewasa dan bagasi full sampai baris kedua. Gaya bekendara saya stay di lowest rpm sebisa mungkin (<2000 RPM), paling sesekali mentokin sampe 3500 rpm buat nyalip. Kira-kira dari pilihan oli saya tersebut yang paling oke dengan kriteria saya yang mana ya? dan kalau ada oli yang menurut om-om lebih cocok dengan kriteria saya apa yaa? Terima kasih om-om semua. Maaf jika kepanjangan
Saya mau nanya mengenai oli untuk mobil saya CX5 2.5 2016, saat ini odo menunjukan 123.[cencored] km. Saat ini saya menggunakan PTT Evotec 0w-20 (non eco) yang saya ganti di 119.[cencored] km pada Januari 2024. Saya berencana untuk mengganti oli di 127.[cencored] km dan menggantinya di Toda atau Cakra motor (yang dekat dari rumah).
Saya membaca-baca dari seraya motor dan beberapa referensi dan mendapatkan beberapa pilihan untuk oli yang akan saya gunakan (budget saya <200rb/liter). Rencana saya ingin pakai 7-8.[cencored] km OCI
0W20
- stay di PTT Evotec 0w20 (so far ga ada keluhan tarikan masih aman getaran juga masih oke, tapi nanti bakal saya liat lagi pas sudah mendekati OCI)
- Motul H-Tech 0w20
- Idemitsu 0w20 (karena setau saya MGO menggunakan Idemitsu)
- TQ 9000 (harga lumayan miring, tapi saya baca beberapa oli ini termasuk oli yang berbuih, saya gatau akan berefek gimana ke mesin saya)
- Eneos SN 0w20 (harganya miring, untuk oli ini saya rencana di 6.[cencored] km interval ganti olinya)
- PTT Evotec eco (saya baca2 di thread seraya termasuk oke untuk oli eco, apakah oke di mesin 2500cc? interval 6.xxxkm)
5W30
- Liqui Moly Top Tec 5w30
- Liqui Moly Special Tec 5w30
- Q8 Special G Long Life Dexos 2
- Motul Specific 913D
- Mobil 1 5w30 Triple ACtion
- Total INEO
Kondisi mobil saat ini pada odo 119.[cencored] km tune up, bersihin katalitik, fuel pump clean, new fuel filter dan baru ganti coolant wurth. Untuk busi saya pakai Denso IXEH22TT. Bensin 95% Pertamax/BP92 (mana yang paling murah) 5% > Ron 95. Untuk rute yang saya pakai Bintaro-Depok 3-4 kali weekly 70% tol sisa non-tol dan juga 2-3 didalam interval ganti oli ke Jawa Tengah dengan kondisi mendaki dan turun gunung (daerah dieng) dengan load 2 orang dewasa dan bagasi full sampai baris kedua. Gaya bekendara saya stay di lowest rpm sebisa mungkin (<2000 RPM), paling sesekali mentokin sampe 3500 rpm buat nyalip. Kira-kira dari pilihan oli saya tersebut yang paling oke dengan kriteria saya yang mana ya? dan kalau ada oli yang menurut om-om lebih cocok dengan kriteria saya apa yaa? Terima kasih om-om semua. Maaf jika kepanjangan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
pakai filter udara original kan yah? kok Si nya tinggi yah?nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
kalau baca2 artikel bisa dari assembly sealant, pada mobil baru biasanya tinggi tetapi setelah beberapa kali ganti oli harusnya menurun. CMIIWt105erd wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 7:54pakai filter udara original kan yah? kok Si nya tinggi yah?nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Thanks for sharingnicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Durasi 6-7rb km max, jgn lebih mbah.
Coba bandingin sm oli lain, yg harganya sekelas.
Personal concern saya terhadap Shell Ultra tsb,
- Wear Al dan Cu nya jauh di atas rata" sampling test warga sini (padahal dah jauh lewat endreyen dan gak pakai aditif kuras oli kan)
- TBN juga dah kritis
Jujurly saya agak sanksi sama kualitas oli ini (berat di nama jadi sugesti), tp let see klo sm oli lain gmn?
Last edited by Suryaputra on Fri Apr 05, 2024 9:39, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Kalo liat UOA terakhir, better pakai 7500km aja.nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Ini shell ultra sp 0w20 kan? Bukan shell citu atau shell 0w20 versi bpjs?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Klo dr beres hyundai biasanya sih Ultra yaaChr1stm1 wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 9:26Kalo liat UOA terakhir, better pakai 7500km aja.nicogeol wrote: ↑Fri Apr 05, 2024 6:49 Halo Om semuanya,
Saya mau update UOA Shell Helix Ultra di Santa Fe bensin. Odometer mobil saat pengambilan sampel oli bekas sekitar 22 ribu km dengan usia pemakaian oli sekitar 8200-an km / 6 bulan. Ini adalah ganti oli yang kedua, dimana pergantian oli yang pertama di 13.750 km dengan hasil UOA yang menurut Om-om semua terbilang mengenaskan. Saya lampirkan dua hasil UOA, yang pertama adalah oli baru yang digunakan ketika pergantian oli pertama dan UOA setelah oli tersebut digunakan 8200-an km. Mohon tanggapan dan masukan dari Om-om semuanya terhadap hasil UOA tersebut.
UOA Oli Baru 26 Sep.JPG
UOA Oli Bekas 8 Maret 2024.JPG
Ini shell ultra sp 0w20 kan? Bukan shell citu atau shell 0w20 versi bpjs?
hahahah
Ultra aja gtu
apalagi bpjs nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri