
Baru ngangkut mobil lama tahun 2015an Toyota Rush A/T
Pas ane angkut service recordnya di beres sampai tahun 2020an
Setelah itu mungkin ganti pemiliknya,
Pas ane angkut nggak ada masalah yg gimana-gimana, kecuali rembes di oli karter mesin
Singkat cerita, ane bawa ke carfix, alhamdulilah si oli sekarang gak rembes2 lagi, bocornya di pipa deket oli karter mesin, ane kira seal karternya yg udah usang
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Ane geret itu mobil ke carfix buat benerin rembes sama tune up, karena oli mesin udah kotor jadinya di gurah tu, terus oli matic kata SA carfix masih bisa buat 10k km lagi, ane belum ngerti 10k km berapa lama itu, maklum masih belajar

Nah gara2 nunggu balik nama sama mutasi luar daerah, sekitar 1 mingguan, mobilnya cuma ane panasin, gak dibawa kemana-mana, ane takut ditangkep soalnya stnk belum jadi
Eh setelah itu pas ane nyalain, pindah gigi dari P ke R, atau dari N ke R, atau dari D ke R
ada bunyi dulu, 'uiiiiiitttt' sekitar 3 detik, baru lah mobil mundur,
dan pas mundur ane kaget, berasa nyentak gitu sedikit, pas mesin masih 2-3 menit nyala
ane bawa jalan-jalan keliling komplek buat nyoba mastiin, dan kalau mesin udah panas, nyentak pindah ke gigi R berasa parah, ampe kayak goyang
tapi pindah antar gigi lainnya nggak ada masalah, tetep responsive, cuma pindah ke gigi R aja, ada suara uiiiiiiittttttt, terus nyentak ngagetin

suhu-suhu di sini bisa minta tolong diramal, kira2 yang perlu diperbaiki apanya ya?
ane udah coba googling sini googling sana
1. katanya gara2 rembes oli matic, oli jadi berkurang, bisa buat jedug mundur, atau oli matic udah kotor, soalnya data service los dar 2020an, ane tau dari carfix, ini oli matic gak usah di flush, tunggu 10k km lagi katanya
2. katanya dari sikring buat pindah ke gigi mundur?
3. kata (istri ane) ane kurang smooth ganti gigi, pas di bawa ke puncak kan nanjak tuh, ganti gigi ke D 3 L S grasak grusuk
4. apa seal di dalem maticnya udah harus diganti?
5. apa maticnya yang udah kena? sekitar 1.5 bulan semenjak ane angkut, maticnya baik2 aja gak ngagetin
cara ane parkir, depan rumah ane agak nanjak sikit, pas ane parkir, selalu pindah ke gigi N dulu, tarik tuas rem tangan sama injek rem kaki, lepasin rem kaki, kalau udah berasa 'ngek sikit' baru pindah ke P
kira-kira dari suhu2 yang sudah berpengalaman ane musti ganti apa ya, dan kira2 perbaikannya berapa
kalau penyebabnya dari nomor 1, bisa nggak kalau kita ke bengkel cuma tambah oli, nggak full ganti 3-4 liter, sama nggak flushing
terima kasih suhu2 mohon petunjuk buat newbie ini
