Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Jan 03, 2024 3:16 dlm hal ini memang as*ra sebagai tukang jait ya tugasnya cuma ngikutin instruksi dari pusat. hal spt ini harus penduduknya yang rame-rame balikin mobilnya ke dealer/pabrik minta kompensasi ganti rugi sebesar 3x harga mobilnya. sama kayak dieselgate VW yang pada rame rame balikin atau buang mobilnya.

masalahnya di sini ngga mungkin terjadi, idih gile aje beli mobil nyicil ampe jual kutang, skrg suruh balikin.

YLKI nya lemah, konsumennya juga yang standar keamanan minimalnya aja pake R2 rangka berkarat dikasih mobil death trap aja udah berasa aman banget.


yaah influenzanya aja malah ngomongin fitar fitur gak ada nyinggung soal struktur sedikit pun padahal saya banyak liat crash test gagal itu airbag malah ngehindari muka orangnya karena strukturnya gagal :big_bored:

carilah mobil yang fitur safetynya banyak tapi strukturnya kayak kaleng rombeng gak masalah gitu??? :mky_07:

kurnia di kasih 10 airbag juga bisa cuma yakin saya kalo nabrak parah tetep modar semua isinya :big_biglaugh:

apalagi mobil canggih kek ladder frame mau canggih kek apapun tetep aja model strukturnya ud death trap, supirnya yang kudu aware sama hati2x :big_bored:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by FR6 »

Shyn16 wrote: Wed Jan 03, 2024 1:44
ini kunci nya...
mayoritas penduduk disini kalau beli mobil yang penting ada AC dan tidak kehujanan...

prinsip demand & supply... selalu akan muncul "bajaj" ber AC yang dijual ke pasar :big_okay:
saya malah sempet mikir, pasti kedepannya akan ada mobil lebih murah yg cuma muat 4 orang & kelasnya di bawah Agya-Ayla. Agya-Ayla dibikin seakan2 naik kelas seperti Jazz-Yaris 10 tahun lalu..
artinya akan muncul bajaj ber-AC baru wkwkw
ChZ wrote: Wed Jan 03, 2024 3:16
dlm hal ini memang as*ra sebagai tukang jait ya tugasnya cuma ngikutin instruksi dari pusat. hal spt ini harus penduduknya yang rame-rame balikin mobilnya ke dealer/pabrik minta kompensasi ganti rugi sebesar 3x harga mobilnya. sama kayak dieselgate VW yang pada rame rame balikin atau buang mobilnya.

masalahnya di sini ngga mungkin terjadi, idih gile aje beli mobil nyicil ampe jual kutang, skrg suruh balikin.

YLKI nya lemah, konsumennya juga yang standar keamanan minimalnya aja pake R2 rangka berkarat dikasih mobil death trap aja udah berasa aman banget.
iya, tukang jait & jual aja mereka..
harusnya caleg2 gesit nih, cocok buat cari muka & bikin ide regulasi buat kasus baru & panas kaya gini :big_grin: :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Jan 03, 2024 3:30 yaah influenzanya aja malah ngomongin fitar fitur gak ada nyinggung soal struktur sedikit pun padahal saya banyak liat crash test gagal itu airbag malah ngehindari muka orangnya karena strukturnya gagal :big_bored:

carilah mobil yang fitur safetynya banyak tapi strukturnya kayak kaleng rombeng gak masalah gitu??? :mky_07:

kurnia di kasih 10 airbag juga bisa cuma yakin saya kalo nabrak parah tetep modar semua isinya :big_biglaugh:

apalagi mobil canggih kek ladder frame mau canggih kek apapun tetep aja model strukturnya ud death trap, supirnya yang kudu aware sama hati2x :big_bored:
halah si pak gub... :big_bored:

mobil china dari zaman geely dulu juga airbag ada banyak tapi kaga ad keluar hasil crash test. :big_bored: makanya indo mah marketnya banget pokoknya pasang aja airbag udah dianggap "safe" ditambah kasih aja plat setebal tank. di sini aja banyak contohnya yg masi menyembah plat tebel tapi struktur letoy.

struktur jelek nanti tabrakan tinggal salahin user. ngga akan ada yang ngecek juga.
FR6 wrote: Wed Jan 03, 2024 4:01 iya, tukang jait & jual aja mereka..
harusnya caleg2 gesit nih, cocok buat cari muka & bikin ide regulasi buat kasus baru & panas kaya gini :big_grin: :big_grin:
iya, gak ada gitu caleg yang mau merjuangin UU regulasi keamanan mobil? tapi risikonya tidur nanti gak tenang sih diterror mulu begitu video viral ngomongin kasus ini nyampe ke telinga as*ra :mky_07: jelek2 dituntut pencemaran nama baik :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Jan 03, 2024 4:25 halah si pak gub... :big_bored:

mobil china dari zaman geely dulu juga airbag ada banyak tapi kaga ad keluar hasil crash test. :big_bored: makanya indo mah marketnya banget pokoknya pasang aja airbag udah dianggap "safe" ditambah kasih aja plat setebal tank. di sini aja banyak contohnya yg masi menyembah plat tebel tapi struktur letoy.

struktur jelek nanti tabrakan tinggal salahin user. ngga akan ada yang ngecek juga.
INI dia celah yang lagi di pake mitsu dan suksess chasis letoy mesin letoy tapi kasih fitur banyak, body tebel, interior mewah sama interior gede terus tinggal cost down kasih per empuk biar kesannya mobilnya nyaman dan solid kek mobil mewah terus GC di bikin setinggi2xnya biar orang berasa aman kalo amit2x kudu terobos banjir :mky_03:

kemaren liat Xforce lewat speed bump berkali2x amit2x deh itu goyangannya parah banget gak jauh di belakang ada trax jauh bener keliatan suspensi trax lebih bagus buat handlingnya :mky_03:
Shyn16
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Shyn16 »

FR6 wrote: Wed Jan 03, 2024 4:01 saya malah sempet mikir, pasti kedepannya akan ada mobil lebih murah yg cuma muat 4 orang & kelasnya di bawah Agya-Ayla. Agya-Ayla dibikin seakan2 naik kelas seperti Jazz-Yaris 10 tahun lalu..
artinya akan muncul bajaj ber-AC baru wkwkw
sudah pasti ini... mungkin belum 10 tahun, 3-5 tahun lagi juga sudah ada...
mengulang teknik LCGC, saat ini mulai dibuat "naik kelas" harganya...
pasti akan muncul lagi "bajaj" dari group A***A selaku "pembuat kebijakan" *eh :big_slap:

jadi inget statement yang pernah keluar dari seorang "pejabat", segmentasi "bajaj" ini untuk masyarakat menengah ke bawah....
seakan - akan digiring untuk "segera" beli mobil...
padahal kebutuhan lain masih banyak yang belum tercukupi, malah di support bisa cicil sampai 8 tahun sekarang... :big_deal:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Jan 03, 2024 4:44
INI dia celah yang lagi di pake mitsu dan suksess chasis letoy mesin letoy tapi kasih fitur banyak, body tebel, interior mewah sama interior gede terus tinggal cost down kasih per empuk biar kesannya mobilnya nyaman dan solid kek mobil mewah terus GC di bikin setinggi2xnya biar orang berasa aman kalo amit2x kudu terobos banjir :mky_03:

kemaren liat Xforce lewat speed bump berkali2x amit2x deh itu goyangannya parah banget gak jauh di belakang ada trax jauh bener keliatan suspensi trax lebih bagus buat handlingnya :mky_03:
mechanical tinggal recycle kan. dulu brandingnya xpander next generation MPV liat speknya next generation paan, matic purba gini. iritnya jg karena jarak antar giginya jauh2 gitu.

sejak Lan Evo dibunuh ini brand makin kasian ... apalagi sejak share platform sama nissan. kasian bener mitsu dari jualan sedan balap jadi jualan third rate econoboxes.
Shyn16 wrote: Wed Jan 03, 2024 7:34
FR6 wrote: Wed Jan 03, 2024 4:01 saya malah sempet mikir, pasti kedepannya akan ada mobil lebih murah yg cuma muat 4 orang & kelasnya di bawah Agya-Ayla. Agya-Ayla dibikin seakan2 naik kelas seperti Jazz-Yaris 10 tahun lalu..
artinya akan muncul bajaj ber-AC baru wkwkw
sudah pasti ini... mungkin belum 10 tahun, 3-5 tahun lagi juga sudah ada...
mengulang teknik LCGC, saat ini mulai dibuat "naik kelas" harganya...
pasti akan muncul lagi "bajaj" dari group A***A selaku "pembuat kebijakan" *eh :big_slap:

jadi inget statement yang pernah keluar dari seorang "pejabat", segmentasi "bajaj" ini untuk masyarakat menengah ke bawah....
seakan - akan digiring untuk "segera" beli mobil...
padahal kebutuhan lain masih banyak yang belum tercukupi, malah di support bisa cicil sampai 8 tahun sekarang... :big_deal:
di indo fokusnya adalah jualan mobil sebanyak banyaknya, krn govt udah tersandera kepentingan kapitalis otomotif bertaun2 jadi terima terima aja dikasih mobil bawah standar. prinsipalnya juga butuh jualan mobil gitu, easy cash grab krn nggak perlu lewatin regulasi berjilid2. partnership aja sama bank bank yang mau kasih DP minim cicilan ringan ampe kiamat.

bukan tata kota dibagusin biar nggak dependent ke mobil pribadi, caranya malah orang disuruh beli mobil. tentu saja kita tau siapa yang bermain di mobil listrik murah yang standarnya bahkan udah lebih buruk dari LCGC. :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

Shyn16 wrote: Wed Jan 03, 2024 7:34
FR6 wrote: Wed Jan 03, 2024 4:01 saya malah sempet mikir, pasti kedepannya akan ada mobil lebih murah yg cuma muat 4 orang & kelasnya di bawah Agya-Ayla. Agya-Ayla dibikin seakan2 naik kelas seperti Jazz-Yaris 10 tahun lalu..
artinya akan muncul bajaj ber-AC baru wkwkw
sudah pasti ini... mungkin belum 10 tahun, 3-5 tahun lagi juga sudah ada...
mengulang teknik LCGC, saat ini mulai dibuat "naik kelas" harganya...
pasti akan muncul lagi "bajaj" dari group A***A selaku "pembuat kebijakan" *eh :big_slap:

jadi inget statement yang pernah keluar dari seorang "pejabat", segmentasi "bajaj" ini untuk masyarakat menengah ke bawah....
seakan - akan digiring untuk "segera" beli mobil...
padahal kebutuhan lain masih banyak yang belum tercukupi, malah di support bisa cicil sampai 8 tahun sekarang... :big_deal:
Bayangin dlu aja BQnya kaya apa sblm keluar, jadi nanti keluar beneran ga ngelus dada :upss:
ChZ wrote: Wed Jan 03, 2024 7:38
bukan tata kota dibagusin biar nggak dependent ke mobil pribadi, caranya malah orang disuruh beli mobil. tentu saja kita tau siapa yang bermain di mobil listrik murah yang standarnya bahkan udah lebih buruk dari LCGC. :mky_03:
Malahan konon di negara wakandah ada yg janjiin gratisin bbm kalo kepilih mbah, setelah di bully kiri kanan dan matematikanya ga masuk baru direvisi :big_weee:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1657
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by darrelund »

Shyn16 wrote: Wed Jan 03, 2024 7:34
FR6 wrote: Wed Jan 03, 2024 4:01 saya malah sempet mikir, pasti kedepannya akan ada mobil lebih murah yg cuma muat 4 orang & kelasnya di bawah Agya-Ayla. Agya-Ayla dibikin seakan2 naik kelas seperti Jazz-Yaris 10 tahun lalu..
artinya akan muncul bajaj ber-AC baru wkwkw
sudah pasti ini... mungkin belum 10 tahun, 3-5 tahun lagi juga sudah ada...
mengulang teknik LCGC, saat ini mulai dibuat "naik kelas" harganya...
pasti akan muncul lagi "bajaj" dari group A***A selaku "pembuat kebijakan" *eh :big_slap:

jadi inget statement yang pernah keluar dari seorang "pejabat", segmentasi "bajaj" ini untuk masyarakat menengah ke bawah....
seakan - akan digiring untuk "segera" beli mobil...
padahal kebutuhan lain masih banyak yang belum tercukupi, malah di support bisa cicil sampai 8 tahun sekarang... :big_deal:
pasti ada yg lebih murah ntar

cuma liat aja tar bentuknya gmn

klo tar kyk mobil flintstone seh ga heran :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

Kalo kei car macem di jepang diproduksi dan dimasukin kesini bakalan brp ya harganya? Mesinnya kan kecil2 tuh cuman max 660cc. Harusnya bisa murah asal jgn bikin asal2an dan safetynya dikurang2in. Bakalan jd peti mati berjalan lg kalo disunat2 lg.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1657
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Wed Jan 03, 2024 13:18 Kalo kei car macem di jepang diproduksi dan dimasukin kesini bakalan brp ya harganya? Mesinnya kan kecil2 tuh cuman max 660cc. Harusnya bisa murah asal jgn bikin asal2an dan safetynya dikurang2in. Bakalan jd peti mati berjalan lg kalo disunat2 lg.
di jp sendiri harga cem nbox-n one mirip jazz base-mid trim / raize

jadi harusnya dimari ya 250-300 um :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Wed Jan 03, 2024 14:13
kendibocor wrote: Wed Jan 03, 2024 13:18 Kalo kei car macem di jepang diproduksi dan dimasukin kesini bakalan brp ya harganya? Mesinnya kan kecil2 tuh cuman max 660cc. Harusnya bisa murah asal jgn bikin asal2an dan safetynya dikurang2in. Bakalan jd peti mati berjalan lg kalo disunat2 lg.
di jp sendiri harga cem nbox-n one mirip jazz base-mid trim / raize

jadi harusnya dimari ya 250-300 um :big_biglaugh:
Sama aja dong ya :big_weee:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1657
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Wed Jan 03, 2024 14:23
Sama aja dong ya :big_weee:
ya emang um :big_biglaugh:

harga mobil kei gtu sebenernya sama aja

cuma beda di ownership cost apa cem pajak, insurance rate etc

ujungnya mah emg paling bener ya naikin buying power, cuma ya syulit
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

Ane baru baca, ternyata produksi lokalnya tetep jalan tp ekspornya berenti? :big_biglaugh:
Artinya simpulin sendiri :big_weee:

2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Jan 03, 2024 8:56 Malahan konon di negara wakandah ada yg janjiin gratisin bbm kalo kepilih mbah, setelah di bully kiri kanan dan matematikanya ga masuk baru direvisi :big_weee:
Di podkes om botak ngelesnya "ah namanya jg marketing" buset dah. Kbanyakan blunder.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Jan 03, 2024 16:53 Ane baru baca, ternyata produksi lokalnya tetep jalan tp ekspornya berenti? :big_biglaugh:
Artinya simpulin sendiri :big_weee:

Ud semacem rahasia umum produk defect selalu dibuang kemari. Saking gitunya grenmek spek export yg defect lalu dijual ke lokal aja standarnya lebih bagus...

Itu aja ternyata pabrikannya masih nipu :big_bored:

Btw kalo mau mereka mandek aturan kesadaran kolektifnya hrs kebentuk dulu.... Yang mana itu lama pake BGT. Mungkin kalo gen z udah dewasa nanti baru deh kesadaran kolektif ma hal2 begini terbentuk. Udah cukup makmur dan kaya informasi buat mikirin etik berbisnis. Biar bisa tuh kita berani balikin mobil dan usut rame rame minta ganti rugi.

Kalo gen ortu ortunya ya susah, paling dianggep cuma usaha lawan buat black campaign apalagi klo ada hubungan dekat ma petinggi as*ra. Makanya kapitalis2 gede berlindung di balik ketek penguasa yg bisa lindungi rahasianya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Thu Jan 04, 2024 0:03
kendibocor wrote: Wed Jan 03, 2024 16:53 Ane baru baca, ternyata produksi lokalnya tetep jalan tp ekspornya berenti? :big_biglaugh:
Artinya simpulin sendiri :big_weee:

Ud semacem rahasia umum produk defect selalu dibuang kemari. Saking gitunya grenmek spek export yg defect lalu dijual ke lokal aja standarnya lebih bagus...

Itu aja ternyata pabrikannya masih nipu :big_bored:

Btw kalo mau mereka mandek aturan kesadaran kolektifnya hrs kebentuk dulu.... Yang mana itu lama pake BGT. Mungkin kalo gen z udah dewasa nanti baru deh kesadaran kolektif ma hal2 begini terbentuk. Udah cukup makmur dan kaya informasi buat mikirin etik berbisnis. Biar bisa tuh kita berani balikin mobil dan usut rame rame minta ganti rugi.

Kalo gen ortu ortunya ya susah, paling dianggep cuma usaha lawan buat black campaign apalagi klo ada hubungan dekat ma petinggi as*ra. Makanya kapitalis2 gede berlindung di balik ketek penguasa yg bisa lindungi rahasianya.
"Kami sudah memastikan kepada prinsipal bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan," kata Corporate Planning and Communication Director ADM Sri Agung.

Ya bener sih, acuan keselamatan dan kualitas kan ditentukan dari regulasi. Di Indo emang ada regulasi keselamatan yg detail? Aturan wajib NCAP minimal berapa? Wajib punya airbag berapa? Wajib ada alarm seatbelt? DILARANG PASANG PROJIE JEJER SETENGAH LUSIN YANG LEBIH TERANG DARI MATAHARI DAN/ATAU CUT OFF SEMBARANGAN?

Ga salah lah produksi lokal tetap lanjut untuk pasar domestik, kalo ga bisa ekspor itu kan MASALAH negara tujuan ekspor nya, bukan masalah pabrik di sini :big_weee:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Thu Jan 04, 2024 1:41
"Kami sudah memastikan kepada prinsipal bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan," kata Corporate Planning and Communication Director ADM Sri Agung.

Ya bener sih, acuan keselamatan dan kualitas kan ditentukan dari regulasi. Di Indo emang ada regulasi keselamatan yg detail? Aturan wajib NCAP minimal berapa? Wajib punya airbag berapa? Wajib ada alarm seatbelt? DILARANG PASANG PROJIE JEJER SETENGAH LUSIN YANG LEBIH TERANG DARI MATAHARI DAN/ATAU CUT OFF SEMBARANGAN?

Ga salah lah produksi lokal tetap lanjut untuk pasar domestik, kalo ga bisa ekspor itu kan MASALAH negara tujuan ekspor nya, bukan masalah pabrik di sini :big_weee:
sebenernya unitnya gak ada masalah om yang masalah mereka curangnya itu ngakalin prosedur jd test yang di kerjain di mereka datanya jadi kagak valid semua makannya gak layak dijual sebelom di test lagi dengan prosedur yang bener......... :big_bored:

jadi paperworksnya aja yang kagak bener unitnya harusnya kagak ada masalah kalo dari omongan gubenur mah :big_biglaugh:

dan kalo indo you knows lah gak salah kok disini karena gak ada std jadi emang masih layak jual :mky_07:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Thu Jan 04, 2024 0:03
Ud semacem rahasia umum produk defect selalu dibuang kemari. Saking gitunya grenmek spek export yg defect lalu dijual ke lokal aja standarnya lebih bagus...

Itu aja ternyata pabrikannya masih nipu :big_bored:

Btw kalo mau mereka mandek aturan kesadaran kolektifnya hrs kebentuk dulu.... Yang mana itu lama pake BGT. Mungkin kalo gen z udah dewasa nanti baru deh kesadaran kolektif ma hal2 begini terbentuk. Udah cukup makmur dan kaya informasi buat mikirin etik berbisnis. Biar bisa tuh kita berani balikin mobil dan usut rame rame minta ganti rugi.

Kalo gen ortu ortunya ya susah, paling dianggep cuma usaha lawan buat black campaign apalagi klo ada hubungan dekat ma petinggi as*ra. Makanya kapitalis2 gede berlindung di balik ketek penguasa yg bisa lindungi rahasianya.
Yg pasti ga akan bisa lawan korporat besar kalo di wakanda. Maksimal yg bisa dilakuin ya jgn dibeli barangnya. Tp masyaralat wakanda kurang sadis cancel culturenya, kalo di tiongkok ada isu dikit (apalagi berhubungan dengan nasionalisme) habis lah itu semua.
peterming77 wrote: Thu Jan 04, 2024 1:41
"Kami sudah memastikan kepada prinsipal bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan," kata Corporate Planning and Communication Director ADM Sri Agung.

Ya bener sih, acuan keselamatan dan kualitas kan ditentukan dari regulasi. Di Indo emang ada regulasi keselamatan yg detail? Aturan wajib NCAP minimal berapa? Wajib punya airbag berapa? Wajib ada alarm seatbelt? DILARANG PASANG PROJIE JEJER SETENGAH LUSIN YANG LEBIH TERANG DARI MATAHARI DAN/ATAU CUT OFF SEMBARANGAN?

Ga salah lah produksi lokal tetap lanjut untuk pasar domestik, kalo ga bisa ekspor itu kan MASALAH negara tujuan ekspor nya, bukan masalah pabrik di sini :big_weee:
Ini ibarat kata ada anak sekolah bloon ga lulus di sekolah yg bagus, tp kalo di sekolah yg jelek bisa lulus. Bukan masalah anaknya tp masalah standar sekolahnya, anaknya mah sama aja tetep bloon :big_biglaugh:
b0ku wrote: Thu Jan 04, 2024 1:43
sebenernya unitnya gak ada masalah om yang masalah mereka curangnya itu ngakalin prosedur jd test yang di kerjain di mereka datanya jadi kagak valid semua makannya gak layak dijual sebelom di test lagi dengan prosedur yang bener......... :big_bored:

jadi paperworksnya aja yang kagak bener unitnya harusnya kagak ada masalah kalo dari omongan gubenur mah :big_biglaugh:

dan kalo indo you knows lah gak salah kok disini karena gak ada std jadi emang masih layak jual :mky_07:
Gw baru ntn brp menit om, bukannya kalo ga salah dia blg airbag segala ga nyambung ke ecu ya? Tp pake macem timer gitu? Selebihnya blm ntn sih.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Suryaputra »

Ya udah gak usah beli produk toyota or daihatsu under 400jt.
Beres.

Klo buyer berkurang, kan mereka mikir sendiri.

Skrg kan istilahnya mereka bisa jumawa "anda tidak punya pilihan lain" :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by peterming77 »

b0ku wrote: Thu Jan 04, 2024 1:43
peterming77 wrote: Thu Jan 04, 2024 1:41
"Kami sudah memastikan kepada prinsipal bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan," kata Corporate Planning and Communication Director ADM Sri Agung.

Ya bener sih, acuan keselamatan dan kualitas kan ditentukan dari regulasi. Di Indo emang ada regulasi keselamatan yg detail? Aturan wajib NCAP minimal berapa? Wajib punya airbag berapa? Wajib ada alarm seatbelt? DILARANG PASANG PROJIE JEJER SETENGAH LUSIN YANG LEBIH TERANG DARI MATAHARI DAN/ATAU CUT OFF SEMBARANGAN?

Ga salah lah produksi lokal tetap lanjut untuk pasar domestik, kalo ga bisa ekspor itu kan MASALAH negara tujuan ekspor nya, bukan masalah pabrik di sini :big_weee:
sebenernya unitnya gak ada masalah om yang masalah mereka curangnya itu ngakalin prosedur jd test yang di kerjain di mereka datanya jadi kagak valid semua makannya gak layak dijual sebelom di test lagi dengan prosedur yang bener......... :big_bored:

jadi paperworksnya aja yang kagak bener unitnya harusnya kagak ada masalah kalo dari omongan gubenur mah :big_biglaugh:

dan kalo indo you knows lah gak salah kok disini karena gak ada std jadi emang masih layak jual :mky_07:
Disini baru merasa bersyukur beli HRV yg masih platform global dan standar keamanan yg juga global :ungg:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by peterming77 »

Suryaputra wrote: Thu Jan 04, 2024 2:13 Ya udah gak usah beli produk toyota or daihatsu under 400jt.
Beres.

Klo buyer berkurang, kan mereka mikir sendiri.

Skrg kan istilahnya mereka bisa jumawa "anda tidak punya pilihan lain" :mky_03:
Susah lah oom, selama Espresso aja masih best seller ya Toyota - Daihatsu murah juga akan masih laku.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Thu Jan 04, 2024 1:56
Yg pasti ga akan bisa lawan korporat besar kalo di wakanda. Maksimal yg bisa dilakuin ya jgn dibeli barangnya. Tp masyaralat wakanda kurang sadis cancel culturenya, kalo di tiongkok ada isu dikit (apalagi berhubungan dengan nasionalisme) habis lah itu semua.
intinya klo pilihan presiden masih gampang dikadalin BLT dan subsidi emang kemiskinan dan kebodohan itu dipiara biar kaga bisa ngelawan status quo om :upss: krn rakyatnya masih susah. mo ngelawan kok kelangsungan hidup terancam gimana anak istri. cicilan blom lunas masa dibalikin ke pabriknya gegara idealisme yang pasti harganya mahal ampe gontok2an di meja ijo.

wong pembeli fortuner aja dibilang cuma edukasi gimana yg pembeli dayatcu :mky_07:

klo di luar beli mobil macem beli kacang, peer pressure ke pabrikan jelas tinggi buat cancel unitnya beredar. honda civic FB bentuknya jelek aja bisa rame rame diprotes terus taun depan keluar facelift lampu belakang :mky_07: apalagi urusan lebih berat macem lingkungan. dimari ngomongin lingkungan ujungnya disuruh beli mobil krn proyek pamarentah . jaka sembung bawa golok :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Thu Jan 04, 2024 2:27
Disini baru merasa bersyukur beli HRV yg masih platform global dan standar keamanan yg juga global :ungg:
tuh kan dimari koar koar sasis sasis sasis melulu ada gunanya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Thu Jan 04, 2024 2:37
peterming77 wrote: Thu Jan 04, 2024 2:27
Disini baru merasa bersyukur beli HRV yg masih platform global dan standar keamanan yg juga global :ungg:
tuh kan dimari koar koar sasis sasis sasis melulu ada gunanya :mky_03:
di sini sasis berguna.

di luar forum?
mayoritas 99 koma sekian persen user, yg penting FITUR :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Thu Jan 04, 2024 2:50
di sini sasis berguna.

di luar forum?
mayoritas 99 koma sekian persen user, yg penting FITUR :big_weee:
gakpapa...

udah fitrahnya SM jadi forum otomotif yang anti mainsetrim dan bahas teknikal.

di luar sibuk ngomongin fitar fitur di sini kita ngomong sasis engineering dll. lebih afdol :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7