Tanya Engine Kawasaki Ninja

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Smith
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Dec 18, 2005 11:48
Location: Tangerang Selatan

Tanya Engine Kawasaki Ninja

Post by Smith »

Saya mau tanya soal mesin ninja.

1. Saya punya ninja tahun 1997, dengan blok mesin + piston berkode "C".
kemarin bunyi mesinnya udah kasar. saya ganti pistonnya dengan kode "C" lagi.
emang bunyi kasarnya berkurang, tapi sekitar 3 bulan kemudian, suara kasarnya ada lagi.
Apa saya harus ganti blok mesin?
ada gak piston yang lebih besar dikit dari piston kode "C" biar jarak antara dinding silinder dengan piston rapat lagi?

2. Trus kalo gas diturunin ada bunyi nguuuuuuuuuuung ... di mesinnya. itu kenapa ya?
Katanya sih karna gigi Primer. apa bener?
Saya takut salah. kalo saya ganti gigi primernya dan ternyata bunyi dengungannya gak hilang,
sayang dong uang utk beli gigi primernya (180rb an). :P

3. Trus di oli mesinnya itu ada cairan putih-putih bercampur dengan oli mesin.
saya udah 3 kali ganti oli mesin, tapi tetap aja cairan putih itu ada.
Katanya sih karna Oil Sealnya dah bocor. apa bener?

Thanx ya untuk bantuannya

Smith ...
panca
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Dec 18, 2005 1:37

Post by panca »

Kalo soal yg no3 gw rasa oli mesinnya kecampur sama aer (bisa radiator atau yg lain). Sealnya ada yg bocor, kalo enggak cek poros water pump-nya, sentris apa enggak...CMIIW
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

itu piston pas pake kode C ganti ama ringnya ga..? apa kasarnya sama dengan RX-king,...?
itu bisa saja dari gigi primer... klo infonya dari bengkel resmi ama yg bengkel biasa sama apa boleh buat bro, terpaksa ganti tuh primernya tapi sebaiknya ama sekundernya juga
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

ketauan nih, pake motornya suka betot2...setau gue ya, piston c tuh dah paling mentok lho....bener kata archa, dah ganti berikut ring nya lom? kalo piston dah sampe c siap2 lha beli blok baru..murah koq, bekasnya paling 300 - 450 kalo situ hoki nkebetulan bisa milih yg bagus.
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
yab
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
Location: Capital City Of Indo

Post by yab »

di cineng ada kok ampe g, gua dulu pake d, plus ganti ama ring nya juga biar afdol. trus kalo seal yang di dalam magnet kalo kena musti turun mesin, soalnya emang begitu dah desain sealnya ninja...emang merepotkan kalo udah rada cerewet motor....
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............
Smith
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Dec 18, 2005 11:48
Location: Tangerang Selatan

Post by Smith »

Buat Bro panca, Archapada, nichol & yab ... Thanks ya untuk bantuannya

kemarin tuh dah ganti piston berikut ringnnya. tapi ya gitu, kasar banget suaranya.
RX king kalah kali suaranya :)
kyaknya harus ganti blok deh :cry: BT!!!!
kalo di daerah Bandung, tempat jual blok mesin bekas dimana ya?

Bro Archapada ... kalo harga gigi sekunder, brapa duit?

Bro yab ... saya baru dengar tuh ada kode piston ninja ampe G.
yang ngeluarin kawasaki langsung atau perusahaan lain?
tapi di bandung yang ada cuma ampe C ...
pengen tuh nyobain yang D, E, F ato G. kali aja mantaf :D
kalo cineng dimana ya?

oya, saya pernah baca di motor plus tentang power booster
kalo gak salah, koil ama cdi ninja nyatu kan? sori kalo salah :?
trus, cara mengaplikasikan power boosternya gimana ya?
kira-kira ngaruh besar gak?

Btw, salam kenal nih buat semuanya :)


Smith
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

wah kalo sekunder aku kurang tahu,... coba tanya ama dealer terdekat utk ndapetin infonya,... tapi rasanya primer sekunder gak terlalu berasa,... tapi takutnya nihh maap ya nebak2 aja as kruknya nggak balance...
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
User avatar
yab
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
Location: Capital City Of Indo

Post by yab »

cineng itu tokonya namanya harapan motor, di kebun jeruk 3. waktu di bilang ampe g gua juga rada kagak percaya, trus ampe di kasi liat baru deh manggut aja heuheuhee, waktu itu sih di kasih bukan pake dus kawasaki, tapi dari merk pembuat piston ternama juga lah, ya walaupun bukan asli kawasaki, siapa tau kuat sperti badak heuheuheuheee.....pisssss
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

betul bro, makanya gw juga sempet gak percaya masak sih kawak ada piston sampe g segala...gak taunya bukan produk resmi kawak ya, alias keluaran lain...kalo mo gampang cari cineng, cari aja nama toko harapan motor. Ada plang yamaha di depannya. terkenal koq...Kalo gak mo repot, tanya ke orang2 sekitar situ pasti pada tau deh, gw jamin (kecuali kalo yg ditanya sama2 pendatang baru)...cuma ati2, jgn sembarangan ngomong, takut ketemu calo malah bro bisa keluar duit ekstra, gak jarang ada yg diperes gara2 tanya barang, terus dicariin, terus dimintain duit jasa. Kalo suara kasar itu belom tentu blok nya masalah lho. Cek coba bloknya, buka blok (servis besar), raba/elus pake jari keadaan blok bagus ato ada yg dah kegerus/kemakan. Kalo dah gak mulus lagi, berarti memang minta ganti baru. Kalo mo cari yg bekas (maybe brg colongan, hehe)..cari di karang anyar, gak jauh dr kebon jeruk. bisa dapet velg asli ninja seharga 1 juta malah, hehe....
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
jimmylay87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01

Post by jimmylay87 »

buat bung smith

1. piston kode c udah paling mentok gak ada lagi yg lebih besar, kalo mau ganti blok sekalian aja sama bearing en tiang pemutar piston( gue lupa namanya, hehehe)

2. ninja gue juga ada bunyi gitu, lama2 ilang sendiri. ilangnya waktu gu ganti oli ke petronas synthium 10-30w, gue gak tau pasti apa karena pengaruh ganti oli :roll:

3. masuk aer tuh mesin, beli aja engine flush di ace hardware, campur ke oli gear box, lalu hidupkan mesin kira2 15 menit ( sebaiknya baca petunjuk pemakaiannya, tergantung merk sih ). trus ganti dgn oli baru :D :D :D
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

1. Iya itu dah paling mentok.....
2. coba di cek laher kruk as nya, karena suaranya mirip banget kayak gitu ngung-ngung en timbul suara macam seher kena.
3. Jelas nih kecampur air, mungkin dari seal pompa airnya.
Smith
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Dec 18, 2005 11:48
Location: Tangerang Selatan

Post by Smith »

ok deh ... thanx nih untuk masukannya
tapi cineng di jkt ya? aduuhhh, mana blank lagi ttng jkt. ajakin siapa ya :)
di jkt asik ya, semua pasti ada :D

klo gtu skrng saya harus turun mesin donk ya?
balancing kruk as, ganti seal pompa air, ganti oil seal
ganti blok, stang seher, pin piston, sekalian pistonnya,
ganti gigi primer, gigi skunder, paking, dll ... :x :cry: :mad:

kyaknya saya harus jual diri dulu .... :evil: :evil: :evil:
ada yang mau ikuuuuuutttt ... :twisted: :twisted:


Smith
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

hahaha..kasian deh kamu..jual diri demi motor..hiks..hiks...
bro, kalo motor larinya masih enak, tenaga gak ngempos, Hajar aja bleh..! gak perlu keluar duit banyak2 bongkar mesin segala. Pake aja. Wajar kalo motor sering dibetot, terus suaranya jadi kasar. Logikanya aja, kalo sering dibetot kan berarti ada komponen2 yg 'dipaksa' dan diperlakukan kasar, jadi pasti ada perubahan entah itu celah antar komponen yg melebar, bagian mesin yg terkikis akibat penyesuaian thd beban kerja, dll. Selama tenaga masih ganas n gak ada masalah krusial yg timbul, hajar aja bleh!!!! Don't worry. Gw pernah denger ninja s yg suaranya bak guntur di siang hari, pas dicobain, bujubuneng, ninja rr korek aja lewat.
Just Call Me Nichol !!!