Tanya Engine Kawasaki Ninja
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sun Dec 18, 2005 11:48
- Location: Tangerang Selatan
Tanya Engine Kawasaki Ninja
Saya mau tanya soal mesin ninja.
1. Saya punya ninja tahun 1997, dengan blok mesin + piston berkode "C".
kemarin bunyi mesinnya udah kasar. saya ganti pistonnya dengan kode "C" lagi.
emang bunyi kasarnya berkurang, tapi sekitar 3 bulan kemudian, suara kasarnya ada lagi.
Apa saya harus ganti blok mesin?
ada gak piston yang lebih besar dikit dari piston kode "C" biar jarak antara dinding silinder dengan piston rapat lagi?
2. Trus kalo gas diturunin ada bunyi nguuuuuuuuuuung ... di mesinnya. itu kenapa ya?
Katanya sih karna gigi Primer. apa bener?
Saya takut salah. kalo saya ganti gigi primernya dan ternyata bunyi dengungannya gak hilang,
sayang dong uang utk beli gigi primernya (180rb an).
3. Trus di oli mesinnya itu ada cairan putih-putih bercampur dengan oli mesin.
saya udah 3 kali ganti oli mesin, tapi tetap aja cairan putih itu ada.
Katanya sih karna Oil Sealnya dah bocor. apa bener?
Thanx ya untuk bantuannya
Smith ...
1. Saya punya ninja tahun 1997, dengan blok mesin + piston berkode "C".
kemarin bunyi mesinnya udah kasar. saya ganti pistonnya dengan kode "C" lagi.
emang bunyi kasarnya berkurang, tapi sekitar 3 bulan kemudian, suara kasarnya ada lagi.
Apa saya harus ganti blok mesin?
ada gak piston yang lebih besar dikit dari piston kode "C" biar jarak antara dinding silinder dengan piston rapat lagi?
2. Trus kalo gas diturunin ada bunyi nguuuuuuuuuuung ... di mesinnya. itu kenapa ya?
Katanya sih karna gigi Primer. apa bener?
Saya takut salah. kalo saya ganti gigi primernya dan ternyata bunyi dengungannya gak hilang,
sayang dong uang utk beli gigi primernya (180rb an).
3. Trus di oli mesinnya itu ada cairan putih-putih bercampur dengan oli mesin.
saya udah 3 kali ganti oli mesin, tapi tetap aja cairan putih itu ada.
Katanya sih karna Oil Sealnya dah bocor. apa bener?
Thanx ya untuk bantuannya
Smith ...
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Dec 18, 2005 1:37
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
itu piston pas pake kode C ganti ama ringnya ga..? apa kasarnya sama dengan RX-king,...?
itu bisa saja dari gigi primer... klo infonya dari bengkel resmi ama yg bengkel biasa sama apa boleh buat bro, terpaksa ganti tuh primernya tapi sebaiknya ama sekundernya juga
itu bisa saja dari gigi primer... klo infonya dari bengkel resmi ama yg bengkel biasa sama apa boleh buat bro, terpaksa ganti tuh primernya tapi sebaiknya ama sekundernya juga
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
ketauan nih, pake motornya suka betot2...setau gue ya, piston c tuh dah paling mentok lho....bener kata archa, dah ganti berikut ring nya lom? kalo piston dah sampe c siap2 lha beli blok baru..murah koq, bekasnya paling 300 - 450 kalo situ hoki nkebetulan bisa milih yg bagus.
Just Call Me Nichol !!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
- Location: Capital City Of Indo
di cineng ada kok ampe g, gua dulu pake d, plus ganti ama ring nya juga biar afdol. trus kalo seal yang di dalam magnet kalo kena musti turun mesin, soalnya emang begitu dah desain sealnya ninja...emang merepotkan kalo udah rada cerewet motor....
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sun Dec 18, 2005 11:48
- Location: Tangerang Selatan
Buat Bro panca, Archapada, nichol & yab ... Thanks ya untuk bantuannya
kemarin tuh dah ganti piston berikut ringnnya. tapi ya gitu, kasar banget suaranya.
RX king kalah kali suaranya
kyaknya harus ganti blok deh BT!!!!
kalo di daerah Bandung, tempat jual blok mesin bekas dimana ya?
Bro Archapada ... kalo harga gigi sekunder, brapa duit?
Bro yab ... saya baru dengar tuh ada kode piston ninja ampe G.
yang ngeluarin kawasaki langsung atau perusahaan lain?
tapi di bandung yang ada cuma ampe C ...
pengen tuh nyobain yang D, E, F ato G. kali aja mantaf
kalo cineng dimana ya?
oya, saya pernah baca di motor plus tentang power booster
kalo gak salah, koil ama cdi ninja nyatu kan? sori kalo salah
trus, cara mengaplikasikan power boosternya gimana ya?
kira-kira ngaruh besar gak?
Btw, salam kenal nih buat semuanya
Smith
kemarin tuh dah ganti piston berikut ringnnya. tapi ya gitu, kasar banget suaranya.
RX king kalah kali suaranya
kyaknya harus ganti blok deh BT!!!!
kalo di daerah Bandung, tempat jual blok mesin bekas dimana ya?
Bro Archapada ... kalo harga gigi sekunder, brapa duit?
Bro yab ... saya baru dengar tuh ada kode piston ninja ampe G.
yang ngeluarin kawasaki langsung atau perusahaan lain?
tapi di bandung yang ada cuma ampe C ...
pengen tuh nyobain yang D, E, F ato G. kali aja mantaf
kalo cineng dimana ya?
oya, saya pernah baca di motor plus tentang power booster
kalo gak salah, koil ama cdi ninja nyatu kan? sori kalo salah
trus, cara mengaplikasikan power boosternya gimana ya?
kira-kira ngaruh besar gak?
Btw, salam kenal nih buat semuanya
Smith
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
- Location: Capital City Of Indo
cineng itu tokonya namanya harapan motor, di kebun jeruk 3. waktu di bilang ampe g gua juga rada kagak percaya, trus ampe di kasi liat baru deh manggut aja heuheuhee, waktu itu sih di kasih bukan pake dus kawasaki, tapi dari merk pembuat piston ternama juga lah, ya walaupun bukan asli kawasaki, siapa tau kuat sperti badak heuheuheuheee.....pisssss
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
betul bro, makanya gw juga sempet gak percaya masak sih kawak ada piston sampe g segala...gak taunya bukan produk resmi kawak ya, alias keluaran lain...kalo mo gampang cari cineng, cari aja nama toko harapan motor. Ada plang yamaha di depannya. terkenal koq...Kalo gak mo repot, tanya ke orang2 sekitar situ pasti pada tau deh, gw jamin (kecuali kalo yg ditanya sama2 pendatang baru)...cuma ati2, jgn sembarangan ngomong, takut ketemu calo malah bro bisa keluar duit ekstra, gak jarang ada yg diperes gara2 tanya barang, terus dicariin, terus dimintain duit jasa. Kalo suara kasar itu belom tentu blok nya masalah lho. Cek coba bloknya, buka blok (servis besar), raba/elus pake jari keadaan blok bagus ato ada yg dah kegerus/kemakan. Kalo dah gak mulus lagi, berarti memang minta ganti baru. Kalo mo cari yg bekas (maybe brg colongan, hehe)..cari di karang anyar, gak jauh dr kebon jeruk. bisa dapet velg asli ninja seharga 1 juta malah, hehe....
Just Call Me Nichol !!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01
buat bung smith
1. piston kode c udah paling mentok gak ada lagi yg lebih besar, kalo mau ganti blok sekalian aja sama bearing en tiang pemutar piston( gue lupa namanya, hehehe)
2. ninja gue juga ada bunyi gitu, lama2 ilang sendiri. ilangnya waktu gu ganti oli ke petronas synthium 10-30w, gue gak tau pasti apa karena pengaruh ganti oli
3. masuk aer tuh mesin, beli aja engine flush di ace hardware, campur ke oli gear box, lalu hidupkan mesin kira2 15 menit ( sebaiknya baca petunjuk pemakaiannya, tergantung merk sih ). trus ganti dgn oli baru
1. piston kode c udah paling mentok gak ada lagi yg lebih besar, kalo mau ganti blok sekalian aja sama bearing en tiang pemutar piston( gue lupa namanya, hehehe)
2. ninja gue juga ada bunyi gitu, lama2 ilang sendiri. ilangnya waktu gu ganti oli ke petronas synthium 10-30w, gue gak tau pasti apa karena pengaruh ganti oli
3. masuk aer tuh mesin, beli aja engine flush di ace hardware, campur ke oli gear box, lalu hidupkan mesin kira2 15 menit ( sebaiknya baca petunjuk pemakaiannya, tergantung merk sih ). trus ganti dgn oli baru
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sun Dec 18, 2005 11:48
- Location: Tangerang Selatan
ok deh ... thanx nih untuk masukannya
tapi cineng di jkt ya? aduuhhh, mana blank lagi ttng jkt. ajakin siapa ya
di jkt asik ya, semua pasti ada
klo gtu skrng saya harus turun mesin donk ya?
balancing kruk as, ganti seal pompa air, ganti oil seal
ganti blok, stang seher, pin piston, sekalian pistonnya,
ganti gigi primer, gigi skunder, paking, dll ...
kyaknya saya harus jual diri dulu ....
ada yang mau ikuuuuuutttt ...
Smith
tapi cineng di jkt ya? aduuhhh, mana blank lagi ttng jkt. ajakin siapa ya
di jkt asik ya, semua pasti ada
klo gtu skrng saya harus turun mesin donk ya?
balancing kruk as, ganti seal pompa air, ganti oil seal
ganti blok, stang seher, pin piston, sekalian pistonnya,
ganti gigi primer, gigi skunder, paking, dll ...
kyaknya saya harus jual diri dulu ....
ada yang mau ikuuuuuutttt ...
Smith
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
hahaha..kasian deh kamu..jual diri demi motor..hiks..hiks...
bro, kalo motor larinya masih enak, tenaga gak ngempos, Hajar aja bleh..! gak perlu keluar duit banyak2 bongkar mesin segala. Pake aja. Wajar kalo motor sering dibetot, terus suaranya jadi kasar. Logikanya aja, kalo sering dibetot kan berarti ada komponen2 yg 'dipaksa' dan diperlakukan kasar, jadi pasti ada perubahan entah itu celah antar komponen yg melebar, bagian mesin yg terkikis akibat penyesuaian thd beban kerja, dll. Selama tenaga masih ganas n gak ada masalah krusial yg timbul, hajar aja bleh!!!! Don't worry. Gw pernah denger ninja s yg suaranya bak guntur di siang hari, pas dicobain, bujubuneng, ninja rr korek aja lewat.
bro, kalo motor larinya masih enak, tenaga gak ngempos, Hajar aja bleh..! gak perlu keluar duit banyak2 bongkar mesin segala. Pake aja. Wajar kalo motor sering dibetot, terus suaranya jadi kasar. Logikanya aja, kalo sering dibetot kan berarti ada komponen2 yg 'dipaksa' dan diperlakukan kasar, jadi pasti ada perubahan entah itu celah antar komponen yg melebar, bagian mesin yg terkikis akibat penyesuaian thd beban kerja, dll. Selama tenaga masih ganas n gak ada masalah krusial yg timbul, hajar aja bleh!!!! Don't worry. Gw pernah denger ninja s yg suaranya bak guntur di siang hari, pas dicobain, bujubuneng, ninja rr korek aja lewat.
Just Call Me Nichol !!!