2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

walid_007 wrote: 27 Oct 2023, 15:06 suatu hari bakal yakin merk cungkwo ini bakal jdi pemandangan umum mobil di jalann

tunggu saja saat nnt udah molai dipake mobil dinas. dan saat merk jepang udah males garap mobil buat emrg market

klo dilihat dijalan toh mobil jepangan yang ada (2021 up) uda makin banyak bukan global prod.
klo lihat yg global prod udah molai sejarang merk eropa
sad but true
terus pada nyadar gak sih usia rata-rata pemakaian mobil orang itu nambah? dulu kalo udah ngomong keluar model baru, model lamanya nggak lama afkir dari jalanan.

sekarang misal HRV baru, HRV lama, innova lama, ya masih aja keliaran.

untuk japs udah keliatan kan, all new CR-V pindah akte CBU itu udah pertanda. masalahnya kepindahan akte CBU ini dampaknya gede. pemerintah sendiri belakangan bener-bener menekan keran impor untuk mobil.

artinya unit makin susah = suplai sudah nggak akan sebanyak dulu = harga naiknya akan makin gila = peredaran juga nggak akan sebesar dulu.

seperti all new civic yang nggak se-kacang goreng civic FC waktu pertama kali keluar.

yang akan di CKD jelas emerging market focused yang artinya mobil dengan standar perakitan tidak setinggi versi global market untuk kompetitif. sisanya produk china termasuk electric vehicle.

ane sendiri dengan kondisi fleet di garasi yang rata-rata masih sangat layak pake, agak enggan mikir untuk upgrade ke model baru. nambah banyak uangnya tp kepuasannya nyaris sama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 28 Oct 2023, 09:57
walid_007 wrote: 27 Oct 2023, 15:06 suatu hari bakal yakin merk cungkwo ini bakal jdi pemandangan umum mobil di jalann

tunggu saja saat nnt udah molai dipake mobil dinas. dan saat merk jepang udah males garap mobil buat emrg market

klo dilihat dijalan toh mobil jepangan yang ada (2021 up) uda makin banyak bukan global prod.
klo lihat yg global prod udah molai sejarang merk eropa
sad but true
terus pada nyadar gak sih usia rata-rata pemakaian mobil orang itu nambah? dulu kalo udah ngomong keluar model baru, model lamanya nggak lama afkir dari jalanan.

sekarang misal HRV baru, HRV lama, innova lama, ya masih aja keliaran.

untuk japs udah keliatan kan, all new CR-V pindah akte CBU itu udah pertanda. masalahnya kepindahan akte CBU ini dampaknya gede. pemerintah sendiri belakangan bener-bener menekan keran impor untuk mobil.

artinya unit makin susah = suplai sudah nggak akan sebanyak dulu = harga naiknya akan makin gila = peredaran juga nggak akan sebesar dulu.

seperti all new civic yang nggak se-kacang goreng civic FC waktu pertama kali keluar.

yang akan di CKD jelas emerging market focused yang artinya mobil dengan standar perakitan tidak setinggi versi global market untuk kompetitif. sisanya produk china termasuk electric vehicle.

ane sendiri dengan kondisi fleet di garasi yang rata-rata masih sangat layak pake, agak enggan mikir untuk upgrade ke model baru. nambah banyak uangnya tp kepuasannya nyaris sama.
kalo inova bandingannya susah diomong om.. soalnya zenix kan skrg emang bensin doang. banyak orang ya jelas masih milih diesel dgn cheat Rp. 6.800 nya. blm lagi faktor rwd vs fwd dan ladder vs monocoque

tapi emang bener, usia pakai mobil makin panjang. jelas faktor utama nya ya itu.. kenaikan harga mobil new gen nya nggak kejangkau banget sama kebanyakan orang. mau ganti mobil baru dgn price bracket yang sama, yg ada kebanyakan ya jadinya turun kelas. turun kelas nya bukan semata gengsi aja ya, tapi kita bicara sesimpel seperti contoh kualitas berkendara, dan space cabin. orang pasti mikir 2x nih kalo semua2 downgrade.

weits gak bisa dong kalo upgrade ke model baru tapi kepuasan nyaris sama..... coba aja om, upgrade crv nya ke crv hybrid pastiiiii puasnya bedaa :big_love:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by KSG88 »

Dulu org cicil mobil 3 tahunan. Sekarang yg kaum middle up 4 tahun, yg middle low cicilan 5 - 8 tahun. Makanya tambah panjang.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Suryaputra »

KSG88 wrote: 30 Oct 2023, 08:32 Dulu org cicil mobil 3 tahunan. Sekarang yg kaum middle up 4 tahun, yg middle low cicilan 5 - 8 tahun. Makanya tambah panjang.
Sejak awal thn 2023, malah bisa kasih DP 0%
sesuai aturan dr Bank BI :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 30 Oct 2023, 07:31 kalo inova bandingannya susah diomong om.. soalnya zenix kan skrg emang bensin doang. banyak orang ya jelas masih milih diesel dgn cheat Rp. 6.800 nya. blm lagi faktor rwd vs fwd dan ladder vs monocoque

tapi emang bener, usia pakai mobil makin panjang. jelas faktor utama nya ya itu.. kenaikan harga mobil new gen nya nggak kejangkau banget sama kebanyakan orang. mau ganti mobil baru dgn price bracket yang sama, yg ada kebanyakan ya jadinya turun kelas. turun kelas nya bukan semata gengsi aja ya, tapi kita bicara sesimpel seperti contoh kualitas berkendara, dan space cabin. orang pasti mikir 2x nih kalo semua2 downgrade.

weits gak bisa dong kalo upgrade ke model baru tapi kepuasan nyaris sama..... coba aja om, upgrade crv nya ke crv hybrid pastiiiii puasnya bedaa :big_love:
bahkan ampe gen GNKI nya masih bertengger di atas nopekgotiau yang taon akhir2. ane paling inget rate sewa mobil jaman ribon sama inova GNKI juga dibedain. sekarang aja kayaknya jeniks dibedain lagi :mky_07: edun nih rental2 ampe punya rate sewa buat mobil yang sama beda beda semua.

wah masutnya gini mbah, dengan harga 2 kali lipet tapi puasnya ngga ampe 2 kali lipet. ya mungkin nambah sekitar 20% karena lebih luxury experiencenya nambah tapi udah test drive mau yang turbo mau hybrid sebenernya ane tetep blom merasakan urgensi buat upgrade ciarpi gen lama ane krn semua upgradenya bisa ditambah dengan ke bengkel variasi :ungg: hibrit juga tetep dilematis karena potensi upgrade nya ngga sebesar turbo. dan kalo ambil turbo rada mikir ngapain juga yah roughly the same car :big_bored:

padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.

dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by lexnic »

ChZ wrote: 30 Oct 2023, 09:36
iamwewe wrote: 30 Oct 2023, 07:31 kalo inova bandingannya susah diomong om.. soalnya zenix kan skrg emang bensin doang. banyak orang ya jelas masih milih diesel dgn cheat Rp. 6.800 nya. blm lagi faktor rwd vs fwd dan ladder vs monocoque

tapi emang bener, usia pakai mobil makin panjang. jelas faktor utama nya ya itu.. kenaikan harga mobil new gen nya nggak kejangkau banget sama kebanyakan orang. mau ganti mobil baru dgn price bracket yang sama, yg ada kebanyakan ya jadinya turun kelas. turun kelas nya bukan semata gengsi aja ya, tapi kita bicara sesimpel seperti contoh kualitas berkendara, dan space cabin. orang pasti mikir 2x nih kalo semua2 downgrade.

weits gak bisa dong kalo upgrade ke model baru tapi kepuasan nyaris sama..... coba aja om, upgrade crv nya ke crv hybrid pastiiiii puasnya bedaa :big_love:
...

padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.

dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.

balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Suryaputra »

lexnic wrote: 30 Oct 2023, 10:03
ChZ wrote: 30 Oct 2023, 09:36
iamwewe wrote: 30 Oct 2023, 07:31 kalo inova bandingannya susah diomong om.. soalnya zenix kan skrg emang bensin doang. banyak orang ya jelas masih milih diesel dgn cheat Rp. 6.800 nya. blm lagi faktor rwd vs fwd dan ladder vs monocoque

tapi emang bener, usia pakai mobil makin panjang. jelas faktor utama nya ya itu.. kenaikan harga mobil new gen nya nggak kejangkau banget sama kebanyakan orang. mau ganti mobil baru dgn price bracket yang sama, yg ada kebanyakan ya jadinya turun kelas. turun kelas nya bukan semata gengsi aja ya, tapi kita bicara sesimpel seperti contoh kualitas berkendara, dan space cabin. orang pasti mikir 2x nih kalo semua2 downgrade.

weits gak bisa dong kalo upgrade ke model baru tapi kepuasan nyaris sama..... coba aja om, upgrade crv nya ke crv hybrid pastiiiii puasnya bedaa :big_love:
...

padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.

dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.

balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif :mky_01:

Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan


semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

lexnic wrote: 30 Oct 2023, 10:03
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.

balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif :mky_01:
tapi kalo kaum mendang-mending bilangnya mopang suka ngecuan lebih karena liat mobil cungkwo murah, padahal emang di mana-mana fenomenanya mobil juga makin mahal. nggak cuma indo sampe amrik dan oz juga ngeluh harganya makin gila. kalaupun (masih) murah biasa model yang udah outdated macem CX-5.

betul mbah makanya ane rada hesitant buat peremajaan fleet di rumah... secara technicality naik 20-30% tapi harganya nambah semobil. yang di rumah masih enak juga. ya udah di keep dulu aja deh :mky_03: mobil perang ga perlu sering ganti, kalopun ganti2 mending main jerman seken aja lebih puass

model tajem tajemnya omoda emang bikin kagok sih, ane kemarin parkir modal kamera sama spion aja gak liat belakang blass wkwkwkwk
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by lexnic »

Suryaputra wrote: 30 Oct 2023, 10:50
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan


semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain :big_peace:
betul om, maaf kelupaan faktor2 lainnya :big_peace:
ChZ wrote: 30 Oct 2023, 10:55 tapi kalo kaum mendang-mending bilangnya mopang suka ngecuan lebih karena liat mobil cungkwo murah, padahal emang di mana-mana fenomenanya mobil juga makin mahal. nggak cuma indo sampe amrik dan oz juga ngeluh harganya makin gila. kalaupun (masih) murah biasa model yang udah outdated macem CX-5.

betul mbah makanya ane rada hesitant buat peremajaan fleet di rumah... secara technicality naik 20-30% tapi harganya nambah semobil. yang di rumah masih enak juga. ya udah di keep dulu aja deh :mky_03: mobil perang ga perlu sering ganti, kalopun ganti2 mending main jerman seken aja lebih puass

model tajem tajemnya omoda emang bikin kagok sih, ane kemarin parkir modal kamera sama spion aja gak liat belakang blass wkwkwkwk
saya yakin klo misal CX-5 ganti model, harganya jdi gk "ngotak" utk standar orang kita jga ahahaha :big_biglaugh:

sama satu lg, biar peace of mind, kita orang slalu pakein asuransi all risk utk mobil2 di rmh. mnding bayar premi mahalan dikit tapi pikiran tenang, dripada gk ada asuransi sama skali. apalagi jalanan skrg makin sadis, gk motor gk mobil sami mawon ngawurnya :big_grin:

yg lucu, saking gk pedenya buat masukin si omoda ke parkiran, saya smpe belain ganti sudut masuk ke spot parkirnya. awalnya masuk dri kanan, saya ganti jdi masuk dri kiri hahaha :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 30 Oct 2023, 10:50
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan


semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain :big_peace:
masalahnya emang business model orang nippon yang OCDnya keterlaluan itu emang biaya gede. versus business model orang cungkwo yang ngutamain kuantitas dan menekan cost serendah mungkin. ngga ada tuh kaizen kaizen an.

dan supaya kompetitif, akhirnya nippon punya product musti "turun standard" jg biar kompetitif :ungg: ya kurang kurangin apa yg bisa dikurangin. makanya yang upclass/global makin mahal.

yg low end - emerging market... kualitasnya makin edan....
lexnic wrote: 30 Oct 2023, 12:06
saya yakin klo misal CX-5 ganti model, harganya jdi gk "ngotak" utk standar orang kita jga ahahaha :big_biglaugh:

sama satu lg, biar peace of mind, kita orang slalu pakein asuransi all risk utk mobil2 di rmh. mnding bayar premi mahalan dikit tapi pikiran tenang, dripada gk ada asuransi sama skali. apalagi jalanan skrg makin sadis, gk motor gk mobil sami mawon ngawurnya :big_grin:

yg lucu, saking gk pedenya buat masukin si omoda ke parkiran, saya smpe belain ganti sudut masuk ke spot parkirnya. awalnya masuk dri kanan, saya ganti jdi masuk dri kiri hahaha :big_biglaugh:
penggantian CX-5 udah ada : CX-60 itu lebih edan lagi. secara qty ga mungkin sebanyak RAV4/CRV, trimming interior lebih mevvah, RWD platform. kalaupun 2.5L nya masuk ga yakin ane om lebih murah dari ciarpi. paling deket deket semilyar. aktenya CBU nippon pula.

iya, motor motor makin edan sih. liat bengkel body repair rasanya ngga pernah kosong wakakkakaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Suryaputra »

Noh tiguan TSI 1.4L aja dah nyentuh 850jt :upss:

https://www.blibli.com/p/volkswagen-tig ... 4904-00016

NIK 2022 baru dapat 600 an
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 30 Oct 2023, 09:36

bahkan ampe gen GNKI nya masih bertengger di atas nopekgotiau yang taon akhir2. ane paling inget rate sewa mobil jaman ribon sama inova GNKI juga dibedain. sekarang aja kayaknya jeniks dibedain lagi :mky_07: edun nih rental2 ampe punya rate sewa buat mobil yang sama beda beda semua.

wah masutnya gini mbah, dengan harga 2 kali lipet tapi puasnya ngga ampe 2 kali lipet. ya mungkin nambah sekitar 20% karena lebih luxury experiencenya nambah tapi udah test drive mau yang turbo mau hybrid sebenernya ane tetep blom merasakan urgensi buat upgrade ciarpi gen lama ane krn semua upgradenya bisa ditambah dengan ke bengkel variasi :ungg: hibrit juga tetep dilematis karena potensi upgrade nya ngga sebesar turbo. dan kalo ambil turbo rada mikir ngapain juga yah roughly the same car :big_bored:

padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.

dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
hooh2 paham lah om.. niatnya mah emang cuma ngomporin aja kali aja upgrade ke crv hybrid wkkwwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 30 Oct 2023, 14:42
hooh2 paham lah om.. niatnya mah emang cuma ngomporin aja kali aja upgrade ke crv hybrid wkkwwk
:mky_03: kalo sekenannya tinggal gopean bisa lah dipikirkan. wakakkakaka
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by KSG88 »


Suryaputra wrote:
lexnic wrote: 30 Oct 2023, 10:03
ChZ wrote: 30 Oct 2023, 09:36 ...

padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.

dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.

balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif :mky_01:

Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan


semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain :big_peace:
Kalo prediksi gini ginian H tegak lah ahlinya. Liat donk perang lum meletus, dollar lum 16rebu siarvi uda 800. Emang jago penasehat nya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Suryaputra »

KSG88 wrote: 30 Oct 2023, 16:28
Suryaputra wrote:
lexnic wrote: 30 Oct 2023, 10:03

ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.

balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif :mky_01:

Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan


semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain :big_peace:
Kalo prediksi gini ginian H tegak lah ahlinya. Liat donk perang lum meletus, dollar lum 16rebu siarvi uda 800. Emang jago penasehat nya.
Nah that's why si VV udah gak bisa main harga murah lagi, dia mulai mikirin ke sana.

terlihat kan harganya udah gak sekompetitif dulu, karena suntikan dana dari negaranya juga udah lbh ketat, dan gmn caranya biar itu income statement di baris paling bawah bisa positif.

*ada kawan org dalam finance di sana

jadi itu Chery, Neta, dkk... itu masih honeymoon
ujung2nya prinsip bisnis kan sustainability 💸💸
gak ada satupun investor yg bisnisnya mau rugi

jadi mumpung masih relatif murah dibanding kompetitor, klo budget ada, dan pengen, gaskeun :big_peace: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

KSG88 wrote: 30 Oct 2023, 16:28
Kalo prediksi gini ginian H tegak lah ahlinya. Liat donk perang lum meletus, dollar lum 16rebu siarvi uda 800. Emang jago penasehat nya.
polanya emang selalu gitu kan.

H tegak naikin harga --- dihujat duluan kemahalan --- besok2 lainnya ikut naikin malah jadi lebih mahal :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: 30 Oct 2023, 10:50
lexnic wrote: 30 Oct 2023, 10:03
ChZ wrote: 30 Oct 2023, 09:36

...

padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.

dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.

balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif :mky_01:

Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan


semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain :big_peace:
Inflasi ada 2 jenis :
- Demand pull inflation
- Cost push inflation
Nahhh di otomotif ini cost push inflasi, ongkos produksi meningkat secara demand mah tetap aja lesu :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: 31 Oct 2023, 10:34
Suryaputra wrote: 30 Oct 2023, 10:50
lexnic wrote: 30 Oct 2023, 10:03

ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.

balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif :mky_01:

Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan


semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain :big_peace:
Inflasi ada 2 jenis :
- Demand pull inflation
- Cost push inflation
Nahhh di otomotif ini cost push inflasi, ongkos produksi meningkat secara demand mah tetap aja lesu :big_biglaugh:
iya karena multipliernya besar juga yah :big_biglaugh:

POV customer: "ah cuma nambah kasih aja bonus Rp 500rb, bisa dapat X"

POV pedagang: "iya Rp 500rb x produk 10rb unit setahun = hemat Rp 5M setahun"


bisa buat bayar payroll banyak orang :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2519
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 31 Oct 2023, 10:01
KSG88 wrote: 30 Oct 2023, 16:28
Kalo prediksi gini ginian H tegak lah ahlinya. Liat donk perang lum meletus, dollar lum 16rebu siarvi uda 800. Emang jago penasehat nya.
polanya emang selalu gitu kan.

H tegak naikin harga --- dihujat duluan kemahalan --- besok2 lainnya ikut naikin malah jadi lebih mahal :ngacir:
Bisa diliat dari produk lakunya (back bone) ha pe emm


Next target iz HR-V hybrid …
Kita liat mau pasang harga brapa nehh si ngondahh

Kalo tiba2 pasang release price di 700jt, brarti kg lama lagi bakal meletus perang dunia ke - 3 :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by faizzz »

Honda CRV ini mau main di niche market atau gimana, harganya udah mepet Tiguan
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Suryaputra »

faizzz wrote: 31 Oct 2023, 17:29 Honda CRV ini mau main di niche market atau gimana, harganya udah mepet Tiguan
Emg dr dulu mepet tiguan kan
Malah skrg tiguan lbh mahal dikit :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by darrelund »

ChZ wrote: 30 Oct 2023, 10:55
tapi kalo kaum mendang-mending bilangnya mopang suka ngecuan lebih karena liat mobil cungkwo murah, padahal emang di mana-mana fenomenanya mobil juga makin mahal. nggak cuma indo sampe amrik dan oz juga ngeluh harganya makin gila. kalaupun (masih) murah biasa model yang udah outdated macem CX-5.
ga semua mopang um, cuma toyota honda doang yg dikomplen :big_biglaugh:

aplg tuh yg suka bandingin "di negara A segini kok di indo mahal bgt"

padahal urusan mahal murah itu relatif sama negara tsb

mazda 3 di amrik yg 2.5 turbo aja lewat 500jt dibilang kemahalan, disini 530 dibilang worth :big_biglaugh:

tar argumen selanjutnya " tapi kan disana mahal umr tinggi "

ngomongin kenaikan harga gausa jauh" ke amrik dll, liat ozzies aja. itu masda" ud naek jauh bener harganya. sekali naek bisa 20-30jt. lebi sadis
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by faizzz »

Suryaputra wrote: 31 Oct 2023, 18:01
Emg dr dulu mepet tiguan kan
Malah skrg tiguan lbh mahal dikit :mky_03:
Seinget saya taun 2018 waktu kantor ada pengadaan CRV bisa dapet tipe prestige dibawah 500 setelah nego, di tahun yang sama Tiguan kalo enggak salah di angka 600 gede.
Tadi siang kebetulan abis survey dari H tegak dan H miring untuk pengadaan tahun depan, agak kaget juga liat CRV tipe terendah udah 700+
Saya akuin interiornya memang banyak improve, dan dari segi peredaman juga mendingan lah dibanding generasi sebelumnya.

Image
Kursi belakang khas CRV, saya kira dimensi makin melar kursi baris ke 3 bakal lebih proper
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Suryaputra »

faizzz wrote: 01 Nov 2023, 00:24
Suryaputra wrote: 31 Oct 2023, 18:01
Emg dr dulu mepet tiguan kan
Malah skrg tiguan lbh mahal dikit :mky_03:
Seinget saya taun 2018 waktu kantor ada pengadaan CRV bisa dapet tipe prestige dibawah 500 setelah nego, di tahun yang sama Tiguan kalo enggak salah di angka 600 gede.
Tadi siang kebetulan abis survey dari H tegak dan H miring untuk pengadaan tahun depan, agak kaget juga liat CRV tipe terendah udah 700+
Saya akuin interiornya memang banyak improve, dan dari segi peredaman juga mendingan lah dibanding generasi sebelumnya.

Kursi belakang khas CRV, saya kira dimensi makin melar kursi baris ke 3 bakal lebih proper
kayanya dimensi nya honda makin melar buat reinforced whole chassis nya juga mbah

sy lihat di IIHS safety test, Honda lineup 2022 ke atas, roof strengthnya agak lebay
klik aja di bagian Roof Strength :upss:

tapi buat Accord baru, blm keluar hasil roof strentghnya.
jadi paham kenapa harganya dah gak ngotak si Honda civic crv ini, karena safety std nya in numbers juga naik
Product Cost jadi ikut meroket juga, ditambah cost lain2 :big_biglaugh:

Civic FE
Image

Satu platform HRV USDM dgn New CRV
Image


Volvo XC40
Image


Volvo XC90
Image


Palisade / Teluride
Image



Btw ini Trit Chery, tp bahasnya Honda :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on 01 Nov 2023, 10:11, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

darrelund wrote: 31 Oct 2023, 19:59
ga semua mopang um, cuma toyota honda doang yg dikomplen :big_biglaugh:

aplg tuh yg suka bandingin "di negara A segini kok di indo mahal bgt"

padahal urusan mahal murah itu relatif sama negara tsb

mazda 3 di amrik yg 2.5 turbo aja lewat 500jt dibilang kemahalan, disini 530 dibilang worth :big_biglaugh:

tar argumen selanjutnya " tapi kan disana mahal umr tinggi "

ngomongin kenaikan harga gausa jauh" ke amrik dll, liat ozzies aja. itu masda" ud naek jauh bener harganya. sekali naek bisa 20-30jt. lebi sadis
ya lupa kali mazdut yang sekarang itu platformnya udah aging semua. ini kan dulu padahal fans mazda juga jelek jelekin ngondah di 2012 karena teknologinya udah 10 taun lebih semua. skrg mazda nya yang ketinggalan jaman. 6AT nya udah nggak istimewa lagi karena transmisi baru-baru honda jg udah ngalahin kemampuannya 6AT mazda.

mazda yang gen baru-baru ya nggak murah. CX-60 dah 1.2M penerusnya ceeks lima nih. mau masuk 2.5L juga sama aja pasti di atas 800.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post