Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
walid_007 wrote: Fri Oct 27, 2023 8:06
suatu hari bakal yakin merk cungkwo ini bakal jdi pemandangan umum mobil di jalann
tunggu saja saat nnt udah molai dipake mobil dinas. dan saat merk jepang udah males garap mobil buat emrg market
klo dilihat dijalan toh mobil jepangan yang ada (2021 up) uda makin banyak bukan global prod.
klo lihat yg global prod udah molai sejarang merk eropa
sad but true
terus pada nyadar gak sih usia rata-rata pemakaian mobil orang itu nambah? dulu kalo udah ngomong keluar model baru, model lamanya nggak lama afkir dari jalanan.
sekarang misal HRV baru, HRV lama, innova lama, ya masih aja keliaran.
untuk japs udah keliatan kan, all new CR-V pindah akte CBU itu udah pertanda. masalahnya kepindahan akte CBU ini dampaknya gede. pemerintah sendiri belakangan bener-bener menekan keran impor untuk mobil.
artinya unit makin susah = suplai sudah nggak akan sebanyak dulu = harga naiknya akan makin gila = peredaran juga nggak akan sebesar dulu.
seperti all new civic yang nggak se-kacang goreng civic FC waktu pertama kali keluar.
yang akan di CKD jelas emerging market focused yang artinya mobil dengan standar perakitan tidak setinggi versi global market untuk kompetitif. sisanya produk china termasuk electric vehicle.
ane sendiri dengan kondisi fleet di garasi yang rata-rata masih sangat layak pake, agak enggan mikir untuk upgrade ke model baru. nambah banyak uangnya tp kepuasannya nyaris sama.
walid_007 wrote: Fri Oct 27, 2023 8:06
suatu hari bakal yakin merk cungkwo ini bakal jdi pemandangan umum mobil di jalann
tunggu saja saat nnt udah molai dipake mobil dinas. dan saat merk jepang udah males garap mobil buat emrg market
klo dilihat dijalan toh mobil jepangan yang ada (2021 up) uda makin banyak bukan global prod.
klo lihat yg global prod udah molai sejarang merk eropa
sad but true
terus pada nyadar gak sih usia rata-rata pemakaian mobil orang itu nambah? dulu kalo udah ngomong keluar model baru, model lamanya nggak lama afkir dari jalanan.
sekarang misal HRV baru, HRV lama, innova lama, ya masih aja keliaran.
untuk japs udah keliatan kan, all new CR-V pindah akte CBU itu udah pertanda. masalahnya kepindahan akte CBU ini dampaknya gede. pemerintah sendiri belakangan bener-bener menekan keran impor untuk mobil.
artinya unit makin susah = suplai sudah nggak akan sebanyak dulu = harga naiknya akan makin gila = peredaran juga nggak akan sebesar dulu.
seperti all new civic yang nggak se-kacang goreng civic FC waktu pertama kali keluar.
yang akan di CKD jelas emerging market focused yang artinya mobil dengan standar perakitan tidak setinggi versi global market untuk kompetitif. sisanya produk china termasuk electric vehicle.
ane sendiri dengan kondisi fleet di garasi yang rata-rata masih sangat layak pake, agak enggan mikir untuk upgrade ke model baru. nambah banyak uangnya tp kepuasannya nyaris sama.
kalo inova bandingannya susah diomong om.. soalnya zenix kan skrg emang bensin doang. banyak orang ya jelas masih milih diesel dgn cheat Rp. 6.800 nya. blm lagi faktor rwd vs fwd dan ladder vs monocoque
tapi emang bener, usia pakai mobil makin panjang. jelas faktor utama nya ya itu.. kenaikan harga mobil new gen nya nggak kejangkau banget sama kebanyakan orang. mau ganti mobil baru dgn price bracket yang sama, yg ada kebanyakan ya jadinya turun kelas. turun kelas nya bukan semata gengsi aja ya, tapi kita bicara sesimpel seperti contoh kualitas berkendara, dan space cabin. orang pasti mikir 2x nih kalo semua2 downgrade.
weits gak bisa dong kalo upgrade ke model baru tapi kepuasan nyaris sama..... coba aja om, upgrade crv nya ke crv hybrid pastiiiii puasnya bedaa
KSG88 wrote: Mon Oct 30, 2023 1:32
Dulu org cicil mobil 3 tahunan. Sekarang yg kaum middle up 4 tahun, yg middle low cicilan 5 - 8 tahun. Makanya tambah panjang.
Sejak awal thn 2023, malah bisa kasih DP 0%
sesuai aturan dr Bank BI
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe wrote: Mon Oct 30, 2023 0:31
kalo inova bandingannya susah diomong om.. soalnya zenix kan skrg emang bensin doang. banyak orang ya jelas masih milih diesel dgn cheat Rp. 6.800 nya. blm lagi faktor rwd vs fwd dan ladder vs monocoque
tapi emang bener, usia pakai mobil makin panjang. jelas faktor utama nya ya itu.. kenaikan harga mobil new gen nya nggak kejangkau banget sama kebanyakan orang. mau ganti mobil baru dgn price bracket yang sama, yg ada kebanyakan ya jadinya turun kelas. turun kelas nya bukan semata gengsi aja ya, tapi kita bicara sesimpel seperti contoh kualitas berkendara, dan space cabin. orang pasti mikir 2x nih kalo semua2 downgrade.
weits gak bisa dong kalo upgrade ke model baru tapi kepuasan nyaris sama..... coba aja om, upgrade crv nya ke crv hybrid pastiiiii puasnya bedaa
bahkan ampe gen GNKI nya masih bertengger di atas nopekgotiau yang taon akhir2. ane paling inget rate sewa mobil jaman ribon sama inova GNKI juga dibedain. sekarang aja kayaknya jeniks dibedain lagi edun nih rental2 ampe punya rate sewa buat mobil yang sama beda beda semua.
wah masutnya gini mbah, dengan harga 2 kali lipet tapi puasnya ngga ampe 2 kali lipet. ya mungkin nambah sekitar 20% karena lebih luxury experiencenya nambah tapi udah test drive mau yang turbo mau hybrid sebenernya ane tetep blom merasakan urgensi buat upgrade ciarpi gen lama ane krn semua upgradenya bisa ditambah dengan ke bengkel variasi hibrit juga tetep dilematis karena potensi upgrade nya ngga sebesar turbo. dan kalo ambil turbo rada mikir ngapain juga yah roughly the same car
padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.
dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
iamwewe wrote: Mon Oct 30, 2023 0:31
kalo inova bandingannya susah diomong om.. soalnya zenix kan skrg emang bensin doang. banyak orang ya jelas masih milih diesel dgn cheat Rp. 6.800 nya. blm lagi faktor rwd vs fwd dan ladder vs monocoque
tapi emang bener, usia pakai mobil makin panjang. jelas faktor utama nya ya itu.. kenaikan harga mobil new gen nya nggak kejangkau banget sama kebanyakan orang. mau ganti mobil baru dgn price bracket yang sama, yg ada kebanyakan ya jadinya turun kelas. turun kelas nya bukan semata gengsi aja ya, tapi kita bicara sesimpel seperti contoh kualitas berkendara, dan space cabin. orang pasti mikir 2x nih kalo semua2 downgrade.
weits gak bisa dong kalo upgrade ke model baru tapi kepuasan nyaris sama..... coba aja om, upgrade crv nya ke crv hybrid pastiiiii puasnya bedaa
...
padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.
dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.
balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif
iamwewe wrote: Mon Oct 30, 2023 0:31
kalo inova bandingannya susah diomong om.. soalnya zenix kan skrg emang bensin doang. banyak orang ya jelas masih milih diesel dgn cheat Rp. 6.800 nya. blm lagi faktor rwd vs fwd dan ladder vs monocoque
tapi emang bener, usia pakai mobil makin panjang. jelas faktor utama nya ya itu.. kenaikan harga mobil new gen nya nggak kejangkau banget sama kebanyakan orang. mau ganti mobil baru dgn price bracket yang sama, yg ada kebanyakan ya jadinya turun kelas. turun kelas nya bukan semata gengsi aja ya, tapi kita bicara sesimpel seperti contoh kualitas berkendara, dan space cabin. orang pasti mikir 2x nih kalo semua2 downgrade.
weits gak bisa dong kalo upgrade ke model baru tapi kepuasan nyaris sama..... coba aja om, upgrade crv nya ke crv hybrid pastiiiii puasnya bedaa
...
padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.
dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.
balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan
semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lexnic wrote: Mon Oct 30, 2023 3:03
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.
balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif
tapi kalo kaum mendang-mending bilangnya mopang suka ngecuan lebih karena liat mobil cungkwo murah, padahal emang di mana-mana fenomenanya mobil juga makin mahal. nggak cuma indo sampe amrik dan oz juga ngeluh harganya makin gila. kalaupun (masih) murah biasa model yang udah outdated macem CX-5.
betul mbah makanya ane rada hesitant buat peremajaan fleet di rumah... secara technicality naik 20-30% tapi harganya nambah semobil. yang di rumah masih enak juga. ya udah di keep dulu aja deh mobil perang ga perlu sering ganti, kalopun ganti2 mending main jerman seken aja lebih puass
model tajem tajemnya omoda emang bikin kagok sih, ane kemarin parkir modal kamera sama spion aja gak liat belakang blass wkwkwkwk
Suryaputra wrote: Mon Oct 30, 2023 3:50
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan
semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain
betul om, maaf kelupaan faktor2 lainnya
ChZ wrote: Mon Oct 30, 2023 3:55
tapi kalo kaum mendang-mending bilangnya mopang suka ngecuan lebih karena liat mobil cungkwo murah, padahal emang di mana-mana fenomenanya mobil juga makin mahal. nggak cuma indo sampe amrik dan oz juga ngeluh harganya makin gila. kalaupun (masih) murah biasa model yang udah outdated macem CX-5.
betul mbah makanya ane rada hesitant buat peremajaan fleet di rumah... secara technicality naik 20-30% tapi harganya nambah semobil. yang di rumah masih enak juga. ya udah di keep dulu aja deh mobil perang ga perlu sering ganti, kalopun ganti2 mending main jerman seken aja lebih puass
model tajem tajemnya omoda emang bikin kagok sih, ane kemarin parkir modal kamera sama spion aja gak liat belakang blass wkwkwkwk
saya yakin klo misal CX-5 ganti model, harganya jdi gk "ngotak" utk standar orang kita jga ahahaha
sama satu lg, biar peace of mind, kita orang slalu pakein asuransi all risk utk mobil2 di rmh. mnding bayar premi mahalan dikit tapi pikiran tenang, dripada gk ada asuransi sama skali. apalagi jalanan skrg makin sadis, gk motor gk mobil sami mawon ngawurnya
yg lucu, saking gk pedenya buat masukin si omoda ke parkiran, saya smpe belain ganti sudut masuk ke spot parkirnya. awalnya masuk dri kanan, saya ganti jdi masuk dri kiri hahaha
Suryaputra wrote: Mon Oct 30, 2023 3:50
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan
semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain
masalahnya emang business model orang nippon yang OCDnya keterlaluan itu emang biaya gede. versus business model orang cungkwo yang ngutamain kuantitas dan menekan cost serendah mungkin. ngga ada tuh kaizen kaizen an.
dan supaya kompetitif, akhirnya nippon punya product musti "turun standard" jg biar kompetitif ya kurang kurangin apa yg bisa dikurangin. makanya yang upclass/global makin mahal.
yg low end - emerging market... kualitasnya makin edan....
lexnic wrote: Mon Oct 30, 2023 5:06
saya yakin klo misal CX-5 ganti model, harganya jdi gk "ngotak" utk standar orang kita jga ahahaha
sama satu lg, biar peace of mind, kita orang slalu pakein asuransi all risk utk mobil2 di rmh. mnding bayar premi mahalan dikit tapi pikiran tenang, dripada gk ada asuransi sama skali. apalagi jalanan skrg makin sadis, gk motor gk mobil sami mawon ngawurnya
yg lucu, saking gk pedenya buat masukin si omoda ke parkiran, saya smpe belain ganti sudut masuk ke spot parkirnya. awalnya masuk dri kanan, saya ganti jdi masuk dri kiri hahaha
penggantian CX-5 udah ada : CX-60 itu lebih edan lagi. secara qty ga mungkin sebanyak RAV4/CRV, trimming interior lebih mevvah, RWD platform. kalaupun 2.5L nya masuk ga yakin ane om lebih murah dari ciarpi. paling deket deket semilyar. aktenya CBU nippon pula.
iya, motor motor makin edan sih. liat bengkel body repair rasanya ngga pernah kosong wakakkakaka.
bahkan ampe gen GNKI nya masih bertengger di atas nopekgotiau yang taon akhir2. ane paling inget rate sewa mobil jaman ribon sama inova GNKI juga dibedain. sekarang aja kayaknya jeniks dibedain lagi edun nih rental2 ampe punya rate sewa buat mobil yang sama beda beda semua.
wah masutnya gini mbah, dengan harga 2 kali lipet tapi puasnya ngga ampe 2 kali lipet. ya mungkin nambah sekitar 20% karena lebih luxury experiencenya nambah tapi udah test drive mau yang turbo mau hybrid sebenernya ane tetep blom merasakan urgensi buat upgrade ciarpi gen lama ane krn semua upgradenya bisa ditambah dengan ke bengkel variasi hibrit juga tetep dilematis karena potensi upgrade nya ngga sebesar turbo. dan kalo ambil turbo rada mikir ngapain juga yah roughly the same car
padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.
dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
hooh2 paham lah om.. niatnya mah emang cuma ngomporin aja kali aja upgrade ke crv hybrid wkkwwk
padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.
dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.
balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan
semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain
Kalo prediksi gini ginian H tegak lah ahlinya. Liat donk perang lum meletus, dollar lum 16rebu siarvi uda 800. Emang jago penasehat nya.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.
balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan
semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain
Kalo prediksi gini ginian H tegak lah ahlinya. Liat donk perang lum meletus, dollar lum 16rebu siarvi uda 800. Emang jago penasehat nya.
Nah that's why si VV udah gak bisa main harga murah lagi, dia mulai mikirin ke sana.
terlihat kan harganya udah gak sekompetitif dulu, karena suntikan dana dari negaranya juga udah lbh ketat, dan gmn caranya biar itu income statement di baris paling bawah bisa positif.
*ada kawan org dalam finance di sana
jadi itu Chery, Neta, dkk... itu masih honeymoon
ujung2nya prinsip bisnis kan sustainability
gak ada satupun investor yg bisnisnya mau rugi
jadi mumpung masih relatif murah dibanding kompetitor, klo budget ada, dan pengen, gaskeun
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
padahal dengan keluarin uang 2 kali lebih banyak (not include depreciation) ekspektasinya mobilnya harus 2 kali lebih enak... kalo ane yah. ya minimal 50% lebih enak aja udah acceptable.
dulu kalo ganti dari gen RM ke RW itu ngga sampe 2 kali lipet uangnya. makanya ane merasa RW non facelift itu worth sekali. dari 2013 harganya 400-an, RW top model di 2018 cuma 500-an kecil. pdhl ane ambilnya yang base model dengan equipment sama dgn RM top trim di 2013.
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.
balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan
semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain
Inflasi ada 2 jenis :
- Demand pull inflation
- Cost push inflation
Nahhh di otomotif ini cost push inflasi, ongkos produksi meningkat secara demand mah tetap aja lesu
ini karena efek inflasi kali yah mbah? apalagi belakangan ini USD makin menguat trus rupiah makin loyo, entah gmana ini harga BBM bulan november besok. dgn kondisi kyk skrg, mnding saya pake terus mobil yg ada di rmh slama kondisinya msh bagus & enak dipake. uangnya dipake utk maintenance yg lbh baik. paling klo ada rejeki lebih, bru mikir buat beli baru.
balik ke omoda 5, saya pernah coba test drive tapi entah knapa posisi nyetirnya klo pas ngeliat ke blkg bener2 gk enak. IMO blind spot di sisi kiri blkg gede bgt, kombinasi dri kaca blkg kecil & pilar C yg trlalu tebel. mau ngandelin kamera 360 nya jga kagok, gara2 sensornya trlalu sensitif
Inflasi + Foreign Currency + Market Cap + Harga BBM rising + Regulasi lingkungan jadi butuh R&D lbh besar + Suku bunga naik + Kondisi ekonomi global + Product Cost improvement, dan hal lain yg berhubungan
semua dihitung, supaya skala ekonomi bisnisnya tetap sustain
Inflasi ada 2 jenis :
- Demand pull inflation
- Cost push inflation
Nahhh di otomotif ini cost push inflasi, ongkos produksi meningkat secara demand mah tetap aja lesu
iya karena multipliernya besar juga yah
POV customer: "ah cuma nambah kasih aja bonus Rp 500rb, bisa dapat X"
POV pedagang: "iya Rp 500rb x produk 10rb unit setahun = hemat Rp 5M setahun"
bisa buat bayar payroll banyak orang
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ChZ wrote: Mon Oct 30, 2023 3:55
tapi kalo kaum mendang-mending bilangnya mopang suka ngecuan lebih karena liat mobil cungkwo murah, padahal emang di mana-mana fenomenanya mobil juga makin mahal. nggak cuma indo sampe amrik dan oz juga ngeluh harganya makin gila. kalaupun (masih) murah biasa model yang udah outdated macem CX-5.
ga semua mopang um, cuma toyota honda doang yg dikomplen
aplg tuh yg suka bandingin "di negara A segini kok di indo mahal bgt"
padahal urusan mahal murah itu relatif sama negara tsb
mazda 3 di amrik yg 2.5 turbo aja lewat 500jt dibilang kemahalan, disini 530 dibilang worth
tar argumen selanjutnya " tapi kan disana mahal umr tinggi "
ngomongin kenaikan harga gausa jauh" ke amrik dll, liat ozzies aja. itu masda" ud naek jauh bener harganya. sekali naek bisa 20-30jt. lebi sadis
Suryaputra wrote: Tue Oct 31, 2023 11:01
Emg dr dulu mepet tiguan kan
Malah skrg tiguan lbh mahal dikit
Seinget saya taun 2018 waktu kantor ada pengadaan CRV bisa dapet tipe prestige dibawah 500 setelah nego, di tahun yang sama Tiguan kalo enggak salah di angka 600 gede.
Tadi siang kebetulan abis survey dari H tegak dan H miring untuk pengadaan tahun depan, agak kaget juga liat CRV tipe terendah udah 700+
Saya akuin interiornya memang banyak improve, dan dari segi peredaman juga mendingan lah dibanding generasi sebelumnya.
Kursi belakang khas CRV, saya kira dimensi makin melar kursi baris ke 3 bakal lebih proper
Suryaputra wrote: Tue Oct 31, 2023 11:01
Emg dr dulu mepet tiguan kan
Malah skrg tiguan lbh mahal dikit
Seinget saya taun 2018 waktu kantor ada pengadaan CRV bisa dapet tipe prestige dibawah 500 setelah nego, di tahun yang sama Tiguan kalo enggak salah di angka 600 gede.
Tadi siang kebetulan abis survey dari H tegak dan H miring untuk pengadaan tahun depan, agak kaget juga liat CRV tipe terendah udah 700+
Saya akuin interiornya memang banyak improve, dan dari segi peredaman juga mendingan lah dibanding generasi sebelumnya.
Kursi belakang khas CRV, saya kira dimensi makin melar kursi baris ke 3 bakal lebih proper
kayanya dimensi nya honda makin melar buat reinforced whole chassis nya juga mbah
sy lihat di IIHS safety test, Honda lineup 2022 ke atas, roof strengthnya agak lebay
klik aja di bagian Roof Strength
tapi buat Accord baru, blm keluar hasil roof strentghnya.
jadi paham kenapa harganya dah gak ngotak si Honda civic crv ini, karena safety std nya in numbers juga naik
Product Cost jadi ikut meroket juga, ditambah cost lain2
Civic FE
Satu platform HRV USDM dgn New CRV
Volvo XC40
Volvo XC90
Palisade / Teluride
Btw ini Trit Chery, tp bahasnya Honda
Last edited by Suryaputra on Wed Nov 01, 2023 3:11, edited 3 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
darrelund wrote: Tue Oct 31, 2023 12:59
ga semua mopang um, cuma toyota honda doang yg dikomplen
aplg tuh yg suka bandingin "di negara A segini kok di indo mahal bgt"
padahal urusan mahal murah itu relatif sama negara tsb
mazda 3 di amrik yg 2.5 turbo aja lewat 500jt dibilang kemahalan, disini 530 dibilang worth
tar argumen selanjutnya " tapi kan disana mahal umr tinggi "
ngomongin kenaikan harga gausa jauh" ke amrik dll, liat ozzies aja. itu masda" ud naek jauh bener harganya. sekali naek bisa 20-30jt. lebi sadis
ya lupa kali mazdut yang sekarang itu platformnya udah aging semua. ini kan dulu padahal fans mazda juga jelek jelekin ngondah di 2012 karena teknologinya udah 10 taun lebih semua. skrg mazda nya yang ketinggalan jaman. 6AT nya udah nggak istimewa lagi karena transmisi baru-baru honda jg udah ngalahin kemampuannya 6AT mazda.
mazda yang gen baru-baru ya nggak murah. CX-60 dah 1.2M penerusnya ceeks lima nih. mau masuk 2.5L juga sama aja pasti di atas 800.