2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

Mobil China hanya didesain untuk laku dijual,

Setidaknya itu yang ada di pikiran saya setelah mencoba mobil - mobil China yang existing. Utamanya tentu saja hampir semua produk Wuling. Meski harus diakui Wuling cukup percaya diri dengan selalu menawarkan test drive setiap kali produk barunya muncul. Terlalu banyak tech gimmick yang akan dimakan oleh orang yang nggak terlalu ngerti teknis mobil, tapi refinement nya nol. Bahkan kemarin saya coba Wuling Alvez saja masih berpikir kok ada yah di 2023 mobil seburuk ini.

Lalu di satu waktu muncullah Chery. Lebih tepatnya, Chery “comeback” dari jualan mobil “mainan” ke…. mobil beneran. Jangan tanya "loh kan masih ada MG", karena nggak ada dealer MG di kampung saya, dan saya nggak akan komentar kalau belum coba langsung.

Chery yang sekarang, setidaknya membuat saya “agak” melirik brand China. Mungkin asumsi saya salah, mungkin tidak semua brand China membuat mobilnya untuk laku dijual ke kaum mendang - mending. Karena kalau mau ngomong, Chery termasuk brand China yang bernyali. Spek mobilnya tidak main - main. Di awal perkenalannya saja sudah mengeluarkan Tiggo8 Pro yang bermesin 2 liter turbo. Edan! Dengan main di class CR-V Turbo dan Wuling Almaz tapi menawarkan mesin lebih besar. Ini merek China satu punya “biji” memang.

Harganya pun lebih edan lagi, 550 juta-an saja. Artinya kalau dari bhp per liter saja mobil ini sangat worth it dimiliki.

Tapi kali ini saya tidak mau bahas Tiggo8 Pro. Karena yang mau saya bahas adalah barang aneh lain. Yang bentuknya masih belom masuk selera saya tapi spec-wise agak kurangajar juga : Chery Omoda5.

Omoda5 pertama muncul sebagai compact crossover - ditawarkan dalam powertrain 1.5 Liter Turbo dan transmisi CVT. Harus diakui walau bentuknya sangat trypophobia inducing dan tidak indah secara estetik, ini mobil sukses menjadi backbone penjualan Chery karena kurang moncernya Tiggo7 Pro yang tak ubahnya Tiggo8 dipendekin. Harganya menarik, 300 juta-an saja.

Tidak cukup puas, Chery kembali menawarkan kita dengan sebuah Omoda 5 yang memiliki spesifikasi lebih sangar :

Omoda 5 GT.
IMG20231019123855.jpg
Mobil ini entah gimana diberi mesin 100cc lebih besar dengan tenaga 197 PS dan transmisi dual-clutch yang saya rasa model dry-clutch yang rentan kepanasan. Tapi ya set aside soal itu nanti lah akan terbukti waktu pemakaian. Lalu diberi suspensi multi-link belakang instead of torsion beam seperti di Omoda 5 reguler.

Jujur saja, melihat Omoda 5 GT saya agak dejavu dengan Volkswagen Golf TSI-GTI, dan melihat produk - produk Chery yang lain sepertinya Chery strive untuk menjadi Chinese Volkswagen dan menjadikan Volkswagen sebagai benchmark produk - produknya.

Lalu gayung bersambut di GIIAS Semarang, masuk ke booth Chery sales SPV langsung menawarkan untuk test drive. Percaya diri sekali si bapak SPV ini, dan harus saya akui marketing team Chery sangat bagus hospitalitynya. Poin plus sendiri untuk saya consider mobilnya di masa depan.

Ya sudah karena ditawarin kenapa nggak coba saja ya kan.

Inspired by Alien-Fish ?

Jujurnya karena saya tipikal yang liat mobil itu dari modelnya dulu, Omoda 5 dari dulu nggak pernah menarik buat saya. Pertama liat grillnya rasanya nge-trigger trypophobia. Kenapa sih bentuknya harus kayak gitu.
IMG20231019123905.jpg
Perbedaan dari Omoda5 RZ dan GT sebenernya logo Chery nya ilang diganti tulisan OMODA gede di di atas kap. Masalahnya sama - sama nggak enak diliat juga liat grill bolong bolong geli begitu.
IMG20231019123843.jpg
Dan sepertinya design Omoda5 ini terinspirasi ikan buntal yang mana depannya bulat tapi belakangnya tajem - tajem kayak sirip. Ditambah kalau RZ pakai aksen - aksen merah, GT pakai aksen orange. Yang sama - sama nggak nyambung lebih ke arah norak IMO.
IMG20231019125939.jpg
IMG20231019124225.jpg
Wheel arch nya berbanding ukuran velgnya juga kesannya kurang lebar. Ban nya ukuran 215/55/18 dan sangat keliatan cungkring. Ban yang digunakan adalah GitiComfort yang mana sebenarnya membuat saya agak bertanya tanya kok bukan pakai ban UHP ? Untuk mobil yang dirancang jadi performance version nya Omoda5.
IMG20231019123740.jpg
Identity Crisis ?

Interiornya hmmm… agak mixed feeling.

Sebenarnya secara model dan material saya nggak ada komplen karena untuk harga segini bahan nya cukup premium tentu saja dibanding pesaing se-negaranya : Wuling Almaz.
IMG20231019124505.jpg
IMG20231019124513.jpg
Masalahnya kokpit seperti ini cocok jika nafas mobilnya adalah grand tourer seperti Tiggo8, auranya relaxing. Nggak mencerminkan SUV kompak dengan 197 hp dan dual-clutch transmission. Oke kalo alasannya mau upmarket, tapi Volkswagen GTI MK7 bisa desain kabin yang lebih simple dengan material yang premium. Begitu pula BMW seri-3.

Desain dash ini juga punya problem dengan posisi nyetirnya yang tenggelam sekali. Mana pengaturan setirnya nggak bisa turun banget dan tidak bisa simetris ke badan. Kenapa Chery, anda kasih sport seat tapi setirnya nggak bisa rendah. Kalo saya harus nyetel duduk tinggi lalu apa pointnya sport seat di mobil ini?
IMG20231019125920.jpg
Good thing, sport seatnya diberi pendingin sehingga cocok di udara yang panasnya lagi ngajak berantem belakangan ini.

Jok baris kedua tentu saja kurang nyaman buat saya yang postur kakinya panjang. Agak gantung posisi duduknya.

Impressive Powertrain, but lacks the handling

Lalu ke pengendaraan….

Image

Mesin Omoda5 GT ini berkode SQRF4J16. Lebih mirip nomor mesin daripada kode mesin. 1.6 Liter Turbo GDI dengan tenaga 197 hp @ 5.500 RPM dan torsi 290 Nm dari 2.000 - 4.000 RPM. Dipadu 7-speed dual-clutch transmission.

Nggak seperti produk - produk China yang pernah saya coba sebelumnya, spek ini nggak cuma cantik di paper. Tapi juga di real world mobilnya memang kencang. Baru lurusan pertama saya gas santai aja udah 80. Shifting DSGnya cekatan dan nggak memberi kesan kasar ketika jalan santai. Powerband mesinnya juga padat, mirip mesin VW Golf GTI. Rata, walau untuk penyuka high-revving agak kurang tenaga atasnya.

Lalu kita coba kelok - kelok dengan mobil ini. Chassis mobil surprisingly cukup baik, suspensi belakang multilink memberi feel percaya diri ketika hajar tikungan. Sedikit mengingatkan dengan Civic saya. Walau tentu saja Civic jauh lebih percaya diri ketika ditekuk. Respon steer juga akurat, tidak terlalu banyak jeda ketika dipush. Harus diakui pengendalian mobil ini sangat jempolan. Mungkin paling enak di antara mobil under 500 juta lain. Ya lagi - lagi, siapa bilang suspensi belakang independent nggak penting?

Semua sepertinya perfect. Ini mobil murah. Pengendalian enak, powernya ada, transmisinya seamless. Nggak ada yang salah. Tapi entah saya yang berharap lebih atau memang ada beberapa sektor yang kurang fine-tuning, beberapa hal penting feels off buat saya.

Pertama setirnya walau akurat tapi feelingnya vague sekali. Keterlaluan ringannya terutama di kecepatan rendah. Mirip sekali dengan feel setir di Nissan Grand Livina. Saya nggak akan protes jika ini Omoda5 yang reguler atau bahkan Wuling. Masalahnya sama sekali nggak menggambarkan mobil dengan double-clutch gearbox dan 197PS. Pembeli mobil dengan spek begini hampir pasti berharap steering yang perfectly weighted, yang sayangnya bahkan di kecepatan tinggi pun saya nggak merasa mobil ini kasih feedback lebih.

Kedua sektor suspensi dan ban. Penggunaan ban GitiComfort dan tapak yang hanya 215, sidewall flex nya terasa sekali ketika menikung berakibat ke agak understeer mobilnya. Lalu suspension setting buat saya agak terlalu soft. Jadi walau mobilnya pede ditekuk tapi rasanya nggak lincah bawa mobil ini. Bawa Omoda5 itu rasanya seperti bawa mobil besar. Feelnya hampir mirip Mitsubishi yang sasisnya kaku tapi suspensinya kelewat empuk seperti Xforce yang baru saya coba sehari sebelumnya.

Ketiga saya nggak tau apakah transmisinya kepanasan atau memang gini karena sepulang dari test drive dan dibejek-bejek, kok rasanya transmisi jadi agak jerky berlebih di kecepatan rendah.

OK, lalu muncul pertanyaan besar di kepala : arti GT di mobil ini tuh apa ? Grand Tourer ? Jika mobil ini intended untuk perjalanan jauh, masalahnya duduk baris keduanya saja tidak nyaman. Tapi jika dibilang mau jadi “hot-crossover”, handlingnya lebih mirip mobil besar.

Ujungnya : bingung.

Rather Confusing but an OK car overall.

Nggak ada yang salah dari mobil ini… but it just feels not right either.

Buat saya Chery berusaha keras. Mungkin terlalu keras untuk meyakinkan orang bahwa ia bisa membuat Volkswagen GTI on a budget. Mereka memasukkan segala yang mereka bisa buat ke dalam bungkus Omoda5. Mewah iya, nyaman iya, tapi akhirnya jadi mobil yang membingungkan secara karakter. Karena kalau saya mau mobil tourer, ya saya akan beli Tiggo8 yang luas, atau ngapain habisin uang lebih jika Omoda5 RZ lebih nyaman dengan transmisi CVT.

Tapi saya nggak akan terlalu banyak protes soal mobil ini. Saya akan beri benefit of the doubt bagi merek yang baru berkembang ini.

450 juta on the road dengan segala package penjualan yang menarik. Saya rasa akan banyak yang beli. Minimal jadi primadona pameran massal karena datanya membuktikan demikian.

Omoda5 GT terkesan seperti produk yang half-baked, tapi buat saya Chery sudah on the di arah yang benar untuk membuktikan bahwa produk China bisa bagus dan nggak cuma didesain untuk laku banyak.

Tinggal tunggu waktu saja mereka nanti berani bajak engineer BMW M untuk fine-tuning sektor steering dan kaki-kaki.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3399
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by kendibocor »

Kalo laku makin banyak abege2 slonong boy pake nih mbl malem2 di tol. 200hp + 290Nm bukan figur kaleng2 sih.

Btw kok dikasihnya ban giti ya mbah, di video bchannel kok dptnya continental :big_think:

Yg kurang refine jg UI nya tuh mbah, banyak chinlish :big_biglaugh:

Masalah grill2 lobang2 itu bakalan lebih mending kalo full black kali ya, kalo putih gini kontras bener keliatannya.

Secara value sih oke banget ya mengingat yarcrot aja uda 450an jg n siti sedan 400jt :big_slap: ni mobil kalo laku haervi rs bisa panik jg uda penjualan ngos2an dihajar ini lg.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 21 Oct 2023, 14:22 Kalo laku makin banyak abege2 slonong boy pake nih mbl malem2 di tol. 200hp + 290Nm bukan figur kaleng2 sih.

Btw kok dikasihnya ban giti ya mbah, di video bchannel kok dptnya continental :big_think:

Yg kurang refine jg UI nya tuh mbah, banyak chinlish :big_biglaugh:

Masalah grill2 lobang2 itu bakalan lebih mending kalo full black kali ya, kalo putih gini kontras bener keliatannya.

Secara value sih oke banget ya mengingat yarcrot aja uda 450an jg n siti sedan 400jt :big_slap: ni mobil kalo laku haervi rs bisa panik jg uda penjualan ngos2an dihajar ini lg.
ya GTI on a budget emang :mky_03: ntahlah, sama kayak si guling alamak awalnya dapet conti abis itu GT savero kali yah. soalnya versi reguler trs tiggo7 tiggo8 jg dapetnya giti.

ohya? ga meratiin UI nya. lebih penasaran sama powertrain soalnya wkwkwk.

wkwkwk tp liatinnya tetep geli mbah. aturan bolongin honeycomb kayak mazda aja lah. masa haervi RS ga laku? blakangan sering loh liat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by rakyatwkwkland »

kendibocor wrote: 21 Oct 2023, 14:22
Btw kok dikasihnya ban giti ya mbah, di video bchannel kok dptnya continental :big_think:
Mungkin yg dpt kuntil itu khusus AWD kali mbah. Soalnya di bchannel yg dpt kuntil tuh yg AWD. Yg FWD juga sama2 dapet giti. Di media2 lain yg dpt kuntil jg yg AWD. Yg AWD kan juga size velg nya beda sendiri 19 inch. Kalo yg FWD 18 inch sama kaya yg tipe Z dan RZ.

Btw itu kuntil yg di tipe AWD ga kaleng2 yah. Dapetnya CPC pulak... Di atasnya lagi dari UC dan MC kan itu...
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by pendoli »

kendibocor wrote: 21 Oct 2023, 14:22 Kalo laku makin banyak abege2 slonong boy pake nih mbl malem2 di tol. 200hp + 290Nm bukan figur kaleng2 sih.
Stock pula belum dikorek 😆
Potensi ngebut banget si ini semoga pada invest di ban, rem, n suspensi yang oke
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by KSG88 »

Mobcin pokok nya secara mesin dan fitur memberikan lebih dengan harga dibawah merk jepang. Salut lah dengan cherry.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3399
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 21 Oct 2023, 15:01
kendibocor wrote: 21 Oct 2023, 14:22 Kalo laku makin banyak abege2 slonong boy pake nih mbl malem2 di tol. 200hp + 290Nm bukan figur kaleng2 sih.

Btw kok dikasihnya ban giti ya mbah, di video bchannel kok dptnya continental :big_think:

Yg kurang refine jg UI nya tuh mbah, banyak chinlish :big_biglaugh:

Masalah grill2 lobang2 itu bakalan lebih mending kalo full black kali ya, kalo putih gini kontras bener keliatannya.

Secara value sih oke banget ya mengingat yarcrot aja uda 450an jg n siti sedan 400jt :big_slap: ni mobil kalo laku haervi rs bisa panik jg uda penjualan ngos2an dihajar ini lg.
ya GTI on a budget emang :mky_03: ntahlah, sama kayak si guling alamak awalnya dapet conti abis itu GT savero kali yah. soalnya versi reguler trs tiggo7 tiggo8 jg dapetnya giti.

ohya? ga meratiin UI nya. lebih penasaran sama powertrain soalnya wkwkwk.

wkwkwk tp liatinnya tetep geli mbah. aturan bolongin honeycomb kayak mazda aja lah. masa haervi RS ga laku? blakangan sering loh liat.
Ntah mbah, ane tiap hari keluar hampir ga pernah liat haerpi rs, sama tuh ciarpih baru jg blm pernah liat di jalan. Ga jodoh kali yak :big_biglaugh:
rakyatwkwkland wrote: 21 Oct 2023, 15:13
kendibocor wrote: 21 Oct 2023, 14:22
Btw kok dikasihnya ban giti ya mbah, di video bchannel kok dptnya continental :big_think:
Mungkin yg dpt kuntil itu khusus AWD kali mbah. Soalnya di bchannel yg dpt kuntil tuh yg AWD. Yg FWD juga sama2 dapet giti. Di media2 lain yg dpt kuntil jg yg AWD. Yg AWD kan juga size velg nya beda sendiri 19 inch. Kalo yg FWD 18 inch sama kaya yg tipe Z dan RZ.

Btw itu kuntil yg di tipe AWD ga kaleng2 yah. Dapetnya CPC pulak... Di atasnya lagi dari UC dan MC kan itu...
Ooo yg di test si mbah chz yg fwd ya, pantesan. Ga perhatiin ane :big_biglaugh:
pendoli wrote: 21 Oct 2023, 15:59
kendibocor wrote: 21 Oct 2023, 14:22 Kalo laku makin banyak abege2 slonong boy pake nih mbl malem2 di tol. 200hp + 290Nm bukan figur kaleng2 sih.
Stock pula belum dikorek 😆
Potensi ngebut banget si ini semoga pada invest di ban, rem, n suspensi yang oke
Itu omoda 5 yg biasa uda tuned up sama rev dapet 200hp, 275 Nm om. Cuma cvtnya aja gerung2 ya. Dengernya ngilu pas kick down :big_biglaugh:

Yg omoda GT pake dct harusnya jauh lebih nikmat yak :big_love:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 21 Oct 2023, 17:47 Ntah mbah, ane tiap hari keluar hampir ga pernah liat haerpi rs, sama tuh ciarpih baru jg blm pernah liat di jalan. Ga jodoh kali yak :big_biglaugh:
Di jabodetabek emang pemandangan mobilnya lbh variatif mbah. Kalo dimari ciarpi hrv rs mah kacang goreng. Gw kmaren aja baru nemu 1 lg ciarpi turbo baru.

Ane aja bingung skrg kok banyak bgt RS wkwkwk. Ya diskon 30jeti sih tp tetep 500jt kurang dikit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by doge »

ChZ wrote: 21 Oct 2023, 19:58
kendibocor wrote: 21 Oct 2023, 17:47 Ntah mbah, ane tiap hari keluar hampir ga pernah liat haerpi rs, sama tuh ciarpih baru jg blm pernah liat di jalan. Ga jodoh kali yak :big_biglaugh:
Di jabodetabek emang pemandangan mobilnya lbh variatif mbah. Kalo dimari ciarpi hrv rs mah kacang goreng. Gw kmaren aja baru nemu 1 lg ciarpi turbo baru.

Ane aja bingung skrg kok banyak bgt RS wkwkwk. Ya diskon 30jeti sih tp tetep 500jt kurang dikit.
kelas mobil kinyis" gopetiaw ngepas pilihannya yg masih mentereng klo cmn pilihannya antara tyt sm h tegak (mindset mayoritas buyer) selain hrv sy aja g kepikiran lg
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

doge wrote: 21 Oct 2023, 20:20
kelas mobil kinyis" gopetiaw ngepas pilihannya yg masih mentereng klo cmn pilihannya antara tyt sm h tegak (mindset mayoritas buyer) selain hrv sy aja g kepikiran lg
Sama si mbah, tetep hati ini lebih sreg ke haervi rs...

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by r12qiSonH4ji »

ChZ wrote: 21 Oct 2023, 10:25 Mobil China hanya didesain untuk laku dijual,

Setidaknya itu yang ada di pikiran saya setelah mencoba mobil - mobil China yang existing. Utamanya tentu saja hampir semua produk Wuling. Meski harus diakui Wuling cukup percaya diri dengan selalu menawarkan test drive setiap kali produk barunya muncul. Terlalu banyak tech gimmick yang akan dimakan oleh orang yang nggak terlalu ngerti teknis mobil, tapi refinement nya nol. Bahkan kemarin saya coba Wuling Alvez saja masih berpikir kok ada yah di 2023 mobil seburuk ini.

Lalu di satu waktu muncullah Chery. Lebih tepatnya, Chery “comeback” dari jualan mobil “mainan” ke…. mobil beneran. Jangan tanya "loh kan masih ada MG", karena nggak ada dealer MG di kampung saya, dan saya nggak akan komentar kalau belum coba langsung.

Chery yang sekarang, setidaknya membuat saya “agak” melirik brand China. Mungkin asumsi saya salah, mungkin tidak semua brand China membuat mobilnya untuk laku dijual ke kaum mendang - mending. Karena kalau mau ngomong, Chery termasuk brand China yang bernyali. Spek mobilnya tidak main - main. Di awal perkenalannya saja sudah mengeluarkan Tiggo8 Pro yang bermesin 2 liter turbo. Edan! Dengan main di class CR-V Turbo dan Wuling Almaz tapi menawarkan mesin lebih besar. Ini merek China satu punya “biji” memang.

Harganya pun lebih edan lagi, 550 juta-an saja. Artinya kalau dari bhp per liter saja mobil ini sangat worth it dimiliki.

Tapi kali ini saya tidak mau bahas Tiggo8 Pro. Karena yang mau saya bahas adalah barang aneh lain. Yang bentuknya masih belom masuk selera saya tapi spec-wise agak kurangajar juga : Chery Omoda5.

Omoda5 pertama muncul sebagai compact crossover - ditawarkan dalam powertrain 1.5 Liter Turbo dan transmisi CVT. Harus diakui walau bentuknya sangat trypophobia inducing dan tidak indah secara estetik, ini mobil sukses menjadi backbone penjualan Chery karena kurang moncernya Tiggo7 Pro yang tak ubahnya Tiggo8 dipendekin. Harganya menarik, 300 juta-an saja.

Tidak cukup puas, Chery kembali menawarkan kita dengan sebuah Omoda 5 yang memiliki spesifikasi lebih sangar :

Omoda 5 GT.

IMG20231019123855.jpg

Mobil ini entah gimana diberi mesin 100cc lebih besar dengan tenaga 197 PS dan transmisi dual-clutch yang saya rasa model dry-clutch yang rentan kepanasan. Tapi ya set aside soal itu nanti lah akan terbukti waktu pemakaian. Lalu diberi suspensi multi-link belakang instead of torsion beam seperti di Omoda 5 reguler.

Jujur saja, melihat Omoda 5 GT saya agak dejavu dengan Volkswagen Golf TSI-GTI, dan melihat produk - produk Chery yang lain sepertinya Chery strive untuk menjadi Chinese Volkswagen dan menjadikan Volkswagen sebagai benchmark produk - produknya.

Lalu gayung bersambut di GIIAS Semarang, masuk ke booth Chery sales SPV langsung menawarkan untuk test drive. Percaya diri sekali si bapak SPV ini, dan harus saya akui marketing team Chery sangat bagus hospitalitynya. Poin plus sendiri untuk saya consider mobilnya di masa depan.

Ya sudah karena ditawarin kenapa nggak coba saja ya kan.

Inspired by Alien-Fish ?

Jujurnya karena saya tipikal yang liat mobil itu dari modelnya dulu, Omoda 5 dari dulu nggak pernah menarik buat saya. Pertama liat grillnya rasanya nge-trigger trypophobia. Kenapa sih bentuknya harus kayak gitu.

IMG20231019123905.jpg

Perbedaan dari Omoda5 RZ dan GT sebenernya logo Chery nya ilang diganti tulisan OMODA gede di di atas kap. Masalahnya sama - sama nggak enak diliat juga liat grill bolong bolong geli begitu.

IMG20231019123843.jpg

Dan sepertinya design Omoda5 ini terinspirasi ikan buntal yang mana depannya bulat tapi belakangnya tajem - tajem kayak sirip. Ditambah kalau RZ pakai aksen - aksen merah, GT pakai aksen orange. Yang sama - sama nggak nyambung lebih ke arah norak IMO.

IMG20231019125939.jpg

IMG20231019124225.jpg

Wheel arch nya berbanding ukuran velgnya juga kesannya kurang lebar. Ban nya ukuran 215/55/18 dan sangat keliatan cungkring. Ban yang digunakan adalah GitiComfort yang mana sebenarnya membuat saya agak bertanya tanya kok bukan pakai ban UHP ? Untuk mobil yang dirancang jadi performance version nya Omoda5.

IMG20231019123740.jpg

Identity Crisis ?

Interiornya hmmm… agak mixed feeling.

Sebenarnya secara model dan material saya nggak ada komplen karena untuk harga segini bahan nya cukup premium tentu saja dibanding pesaing se-negaranya : Wuling Almaz.

IMG20231019124505.jpg

IMG20231019124513.jpg

Masalahnya kokpit seperti ini cocok jika nafas mobilnya adalah grand tourer seperti Tiggo8, auranya relaxing. Nggak mencerminkan SUV kompak dengan 197 hp dan dual-clutch transmission. Oke kalo alasannya mau upmarket, tapi Volkswagen GTI MK7 bisa desain kabin yang lebih simple dengan material yang premium. Begitu pula BMW seri-3.

Desain dash ini juga punya problem dengan posisi nyetirnya yang tenggelam sekali. Mana pengaturan setirnya nggak bisa turun banget dan tidak bisa simetris ke badan. Kenapa Chery, anda kasih sport seat tapi setirnya nggak bisa rendah. Kalo saya harus nyetel duduk tinggi lalu apa pointnya sport seat di mobil ini?

IMG20231019125920.jpg

Good thing, sport seatnya diberi pendingin sehingga cocok di udara yang panasnya lagi ngajak berantem belakangan ini.

Jok baris kedua tentu saja kurang nyaman buat saya yang postur kakinya panjang. Agak gantung posisi duduknya.

Impressive Powertrain, but lacks the handling

Lalu ke pengendaraan….

Image

Mesin Omoda5 GT ini berkode SQRF4J16. Lebih mirip nomor mesin daripada kode mesin. 1.6 Liter Turbo GDI dengan tenaga 197 hp @ 5.500 RPM dan torsi 290 Nm dari 2.000 - 4.000 RPM. Dipadu 7-speed dual-clutch transmission.

Nggak seperti produk - produk China yang pernah saya coba sebelumnya, spek ini nggak cuma cantik di paper. Tapi juga di real world mobilnya memang kencang. Baru lurusan pertama saya gas santai aja udah 80. Shifting DSGnya cekatan dan nggak memberi kesan kasar ketika jalan santai. Powerband mesinnya juga padat, mirip mesin VW Golf GTI. Rata, walau untuk penyuka high-revving agak kurang tenaga atasnya.

Lalu kita coba kelok - kelok dengan mobil ini. Chassis mobil surprisingly cukup baik, suspensi belakang multilink memberi feel percaya diri ketika hajar tikungan. Sedikit mengingatkan dengan Civic saya. Walau tentu saja Civic jauh lebih percaya diri ketika ditekuk. Respon steer juga akurat, tidak terlalu banyak jeda ketika dipush. Harus diakui pengendalian mobil ini sangat jempolan. Mungkin paling enak di antara mobil under 500 juta lain. Ya lagi - lagi, siapa bilang suspensi belakang independent nggak penting?

Semua sepertinya perfect. Ini mobil murah. Pengendalian enak, powernya ada, transmisinya seamless. Nggak ada yang salah. Tapi entah saya yang berharap lebih atau memang ada beberapa sektor yang kurang fine-tuning, beberapa hal penting feels off buat saya.

Pertama setirnya walau akurat tapi feelingnya vague sekali. Keterlaluan ringannya terutama di kecepatan rendah. Mirip sekali dengan feel setir di Nissan Grand Livina. Saya nggak akan protes jika ini Omoda5 yang reguler atau bahkan Wuling. Masalahnya sama sekali nggak menggambarkan mobil dengan double-clutch gearbox dan 197PS. Pembeli mobil dengan spek begini hampir pasti berharap steering yang perfectly weighted, yang sayangnya bahkan di kecepatan tinggi pun saya nggak merasa mobil ini kasih feedback lebih.

Kedua sektor suspensi dan ban. Penggunaan ban GitiComfort dan tapak yang hanya 215, sidewall flex nya terasa sekali ketika menikung berakibat ke agak understeer mobilnya. Lalu suspension setting buat saya agak terlalu soft. Jadi walau mobilnya pede ditekuk tapi rasanya nggak lincah bawa mobil ini. Bawa Omoda5 itu rasanya seperti bawa mobil besar. Feelnya hampir mirip Mitsubishi yang sasisnya kaku tapi suspensinya kelewat empuk seperti Xforce yang baru saya coba sehari sebelumnya.

Ketiga saya nggak tau apakah transmisinya kepanasan atau memang gini karena sepulang dari test drive dan dibejek-bejek, kok rasanya transmisi jadi agak jerky berlebih di kecepatan rendah.

OK, lalu muncul pertanyaan besar di kepala : arti GT di mobil ini tuh apa ? Grand Tourer ? Jika mobil ini intended untuk perjalanan jauh, masalahnya duduk baris keduanya saja tidak nyaman. Tapi jika dibilang mau jadi “hot-crossover”, handlingnya lebih mirip mobil besar.

Ujungnya : bingung.

Rather Confusing but an OK car overall.

Nggak ada yang salah dari mobil ini… but it just feels not right either.

Buat saya Chery berusaha keras. Mungkin terlalu keras untuk meyakinkan orang bahwa ia bisa membuat Volkswagen GTI on a budget. Mereka memasukkan segala yang mereka bisa buat ke dalam bungkus Omoda5. Mewah iya, nyaman iya, tapi akhirnya jadi mobil yang membingungkan secara karakter. Karena kalau saya mau mobil tourer, ya saya akan beli Tiggo8 yang luas, atau ngapain habisin uang lebih jika Omoda5 RZ lebih nyaman dengan transmisi CVT.

Tapi saya nggak akan terlalu banyak protes soal mobil ini. Saya akan beri benefit of the doubt bagi merek yang baru berkembang ini.

450 juta on the road dengan segala package penjualan yang menarik. Saya rasa akan banyak yang beli. Minimal jadi primadona pameran massal karena datanya membuktikan demikian.

Omoda5 GT terkesan seperti produk yang half-baked, tapi buat saya Chery sudah on the di arah yang benar untuk membuktikan bahwa produk China bisa bagus dan nggak cuma didesain untuk laku banyak.

Tinggal tunggu waktu saja mereka nanti berani bajak engineer BMW M untuk fine-tuning sektor steering dan kaki-kaki.
Review keren dari om Chz
Buas jg ya tenaga omoda 5 gt ini

Oia untuk keentengan stir, bisa dicoba ubah steering mode ke sport (klo di tiggo 8) ini ngaruh, jadi lebih berat stirnya

:big_exellent:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

r12qiSonH4ji wrote: 22 Oct 2023, 09:18 Review keren dari om Chz
Buas jg ya tenaga omoda 5 gt ini

Oia untuk keentengan stir, bisa dicoba ubah steering mode ke sport (klo di tiggo 8) ini ngaruh, jadi lebih berat stirnya

:big_exellent:
Wih ada user tiggo8 komen :mky_02:

Nah tapi akhirnya jadi kayak mobil korea sekitar 10 thn yang lalu mbah. Setirnya baru berat kalo di sport. Kemarin lupa deh ane coba sport apa enggak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 495
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Jose »

Akhirnya Omoda spek Cetarrr ini bisa direview di SM, thanks bro Chz

Hampir emua mobcin yang pernah ane coba, almas, tiggo 8 pro & Omoda 5, diluar perbedaan spek dan karakter handling, ada sebuah feel yang mirip2 dan selalu ada yaitu : setir enteng & bantingan empuk. Sepertinya setup seperti ini adalah favorit orang2 mainland sana.

Yup, tinggal waktu yang membuktikan kapabilitas brand ini secara menyeluruh, karena rata2 ownernya saat ini kebanyakan baru servis pertama, belum ada yang bisa menjadi penilaian kualitas aftersales, kemudahan warranty, ekspansi jaringan dealership dll

Semoga aja mereka all out disini, biar makin rame persaingan
Increase speed = increase Risk
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by Pboyz97 »

nice review broo

mobil ini memang termasuk value for money secara desain & fiturnya menurut saya. memang aftersalesnya blm sekuat brand jepang di indo, semoga aja bisa berkembang sehingga bisa kompetitif di indo
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

Jose wrote: 22 Oct 2023, 19:24 Akhirnya Omoda spek Cetarrr ini bisa direview di SM, thanks bro Chz

Hampir emua mobcin yang pernah ane coba, almas, tiggo 8 pro & Omoda 5, diluar perbedaan spek dan karakter handling, ada sebuah feel yang mirip2 dan selalu ada yaitu : setir enteng & bantingan empuk. Sepertinya setup seperti ini adalah favorit orang2 mainland sana.

Yup, tinggal waktu yang membuktikan kapabilitas brand ini secara menyeluruh, karena rata2 ownernya saat ini kebanyakan baru servis pertama, belum ada yang bisa menjadi penilaian kualitas aftersales, kemudahan warranty, ekspansi jaringan dealership dll

Semoga aja mereka all out disini, biar makin rame persaingan
Bahkan driving pos aja sebenernya mirip antara Almaz dan Omoda : nggak bisa lurus simetris sama badan mirip setir angkot. Jd feel nyetirnya nggak bisa sedan-like. Kemarin coba Alvez ya sama. Bedanya powertrain Alvez jauh jauh jauh lebih ampas

Di omoda sport seat rendah tapi setir begitu, lebih aneh lagi driving posnya.

Secara keseluruhan emang packagenya paling menarik sih. Kegocek juga lama lama kalo brani hire engineer BMW M buat tuning suspensinya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by darrelund »

chery kerana gak dongkol, DCT di omoda & tiggo itu wet semua um. harusna lebi aman soal temp

5 GT 197hp berarti klo modip gitu bisa potensi 240-250hp tuh

sebenernya klo baca" artikel chinese punya, ni omoda emg didesain buat easy to drive. makanya semua serba assisted, termasuk stir ringan bantingan empuk

ni oe liat" secara setup dari um bilang, emg lebi condong ke (apa ya istilahnya) bahnstormer ? enjin power mayan oke + bantingan nyaman buat lewatin tol kosong yg bumpy?

btw body controlnya gimana um? mengingat omoda mayan empuk bantingannya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

darrelund wrote: 22 Oct 2023, 23:37 chery kerana gak dongkol, DCT di omoda & tiggo itu wet semua um. harusna lebi aman soal temp

5 GT 197hp berarti klo modip gitu bisa potensi 240-250hp tuh

sebenernya klo baca" artikel chinese punya, ni omoda emg didesain buat easy to drive. makanya semua serba assisted, termasuk stir ringan bantingan empuk

ni oe liat" secara setup dari um bilang, emg lebi condong ke (apa ya istilahnya) bahnstormer ? enjin power mayan oke + bantingan nyaman buat lewatin tol kosong yg bumpy?

btw body controlnya gimana um? mengingat omoda mayan empuk bantingannya
ooo wet yah? kalo wet si robust kok. VW tiguan ngga ada cerita rewel DSG kayak si golep. asal engineeringnya nggak konyol aja.

kalau liat karakter kurva mesinnya mungkin ya optimalnya segitu, ngga bisa dipush kayak honda 1.5T yang main top end. Honda 1.5T kalo dipush bisa 270-280 soalnya. 300 harus ganti internal civic Si.

iya sebenernya yang ane agak nggak masuk ya itu mbah. power besar, dual clutch, tapi kok karakternya lebih buat ngasepin turbodiesel di transjawa. buat kelok2 agak struggle understeery apalagi ini mobil feelnya berat. kayak bawa mobil besar kelas CR-V malahan. kayaknya feel agile dan safe nya lebih banyak dibantu sama electronic assistnya. beda ma waktu sikat2 CRV hybrid memang suspension tuningnya lebih mateng.

apa ane yang terlalu ekspektasinya ini kayak GTI yah. cuma kalo nggak gitu terus ngapain dibedain dong transmisi dan mesinnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by KSG88 »

Menarik ini, mesin kencang, suspensi independent, kopling ganda wet clucth, gimmick elektronik berlimpah.

Secara kertas lawan langsung sesama 2 baris corcross, cx30, cx5.

Liat penerimaan konsumen bbrapa bulan kedepan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

KSG88 wrote: 23 Oct 2023, 09:59 Menarik ini, mesin kencang, suspensi independent, kopling ganda wet clucth, gimmick elektronik berlimpah.

Secara kertas lawan langsung sesama 2 baris corcross, cx30, cx5.

Liat penerimaan konsumen bbrapa bulan kedepan.
agaknya penasaran apa omoda GT diterima pasar sebaik tipe RZ. apalagi model luar nyaris semua plek, tapi selisih harganya agak jauh.

mungkin qirui (bacanya chery, dan emang lebih enak sebutnya gini) masih meraba-raba konsumen omoda 5. soalnya di 400 up persaingan agak ketat. kalau 300 an paling lawannya ya entry level japs semua omoda RZ keliatan value sekali.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by r12qiSonH4ji »

ChZ wrote: 22 Oct 2023, 10:38

Wih ada user tiggo8 komen :mky_02:

Nah tapi akhirnya jadi kayak mobil korea sekitar 10 thn yang lalu mbah. Setirnya baru berat kalo di sport. Kemarin lupa deh ane coba sport apa enggak.
Iya memang Omoda ini mungkin target marketnya itu ke anak muda, jadinya dibikin setir ringan buat gadis2 yg lg parkir di mol :big_biglaugh:
di kalangan pengguna tiggo 7, Omoda ini seakan jadi musuh dalam selimut. Karena Omoda 5 ini mengambil kelas yg hampir sama dgn Tiggo 7
padahal harga Tiggo 7 lebih mahal sedikit dari omoda (tapi fitur lebih banyak Omoda dibanding Tiggo 7). jadi banyak pemilik Tiggo 7 agak nyesel karena ketika beli, Omoda belum launching :big_grin:

tapi Omoda 5 ini adalah volume maker Chery di Indonesia, karena desain paling "nyeleneh" dan paling berani dibanding Tiggo 7 & 8
apalah daya mobil ane yg Tiggo 8, klo dari jauh fascia depannya mirip banget sama Veloz :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3399
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by kendibocor »

r12qiSonH4ji wrote: 23 Oct 2023, 15:46
ChZ wrote: 22 Oct 2023, 10:38

Wih ada user tiggo8 komen :mky_02:

Nah tapi akhirnya jadi kayak mobil korea sekitar 10 thn yang lalu mbah. Setirnya baru berat kalo di sport. Kemarin lupa deh ane coba sport apa enggak.
Iya memang Omoda ini mungkin target marketnya itu ke anak muda, jadinya dibikin setir ringan buat gadis2 yg lg parkir di mol :big_biglaugh:
di kalangan pengguna tiggo 7, Omoda ini seakan jadi musuh dalam selimut. Karena Omoda 5 ini mengambil kelas yg hampir sama dgn Tiggo 7
padahal harga Tiggo 7 lebih mahal sedikit dari omoda (tapi fitur lebih banyak Omoda dibanding Tiggo 7). jadi banyak pemilik Tiggo 7 agak nyesel karena ketika beli, Omoda belum launching :big_grin:

tapi Omoda 5 ini adalah volume maker Chery di Indonesia, karena desain paling "nyeleneh" dan paling berani dibanding Tiggo 7 & 8
apalah daya mobil ane yg Tiggo 8, klo dari jauh fascia depannya mirip banget sama Veloz :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Tiggo 8 tp tampangnya ningrat loh om, kalo dari jauh vibesnya mirip2 X5, GLE segala :big_biglaugh:

Omoda ini emang pas sih maen di segmen basah crossover daily dengan rentang harga <500jt. Segmennya gila2an saingannya, kalo ga kasih sesuatu yg overspec daripada pesaing lain yg merknya uda established ya ga bakal dilirik.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 24 Oct 2023, 14:26
r12qiSonH4ji wrote: 23 Oct 2023, 15:46
Iya memang Omoda ini mungkin target marketnya itu ke anak muda, jadinya dibikin setir ringan buat gadis2 yg lg parkir di mol :big_biglaugh:
di kalangan pengguna tiggo 7, Omoda ini seakan jadi musuh dalam selimut. Karena Omoda 5 ini mengambil kelas yg hampir sama dgn Tiggo 7
padahal harga Tiggo 7 lebih mahal sedikit dari omoda (tapi fitur lebih banyak Omoda dibanding Tiggo 7). jadi banyak pemilik Tiggo 7 agak nyesel karena ketika beli, Omoda belum launching :big_grin:

tapi Omoda 5 ini adalah volume maker Chery di Indonesia, karena desain paling "nyeleneh" dan paling berani dibanding Tiggo 7 & 8
apalah daya mobil ane yg Tiggo 8, klo dari jauh fascia depannya mirip banget sama Veloz :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Tiggo 8 tp tampangnya ningrat loh om, kalo dari jauh vibesnya mirip2 X5, GLE segala :big_biglaugh:

Omoda ini emang pas sih maen di segmen basah crossover daily dengan rentang harga <500jt. Segmennya gila2an saingannya, kalo ga kasih sesuatu yg overspec daripada pesaing lain yg merknya uda established ya ga bakal dilirik.
overspec dan refined om powertrainnya. gak main asal tempel tp fine tuningnya nggak dikerjain macem saingannya yang udah established.

Tiggo8 vibesnya kayak audi audian atau si renault keleos... wakakkakak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by KielConstantine »

Sekitar minggu lalu, ketemu omoda 5 warna hitam… di daerah gading serpong


Bagian buritan Logo cherrynya di delete.. trus di pojok kiri bawah ditempelin emblem //RS Q8

Image

Kek bgitu… nyaris ketipu gw.. pas liat seksama kok kecil mobilnya sama knalpot gede ala Audi RS kg ada.

Sayang kagak kefoto aja :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by walid_007 »

suatu hari bakal yakin merk cungkwo ini bakal jdi pemandangan umum mobil di jalann

tunggu saja saat nnt udah molai dipake mobil dinas. dan saat merk jepang udah males garap mobil buat emrg market

klo dilihat dijalan toh mobil jepangan yang ada (2021 up) uda makin banyak bukan global prod.
klo lihat yg global prod udah molai sejarang merk eropa
sad but true
engine roaring!
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3399
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Omoda5 GT - Short Review

Post by kendibocor »

walid_007 wrote: 27 Oct 2023, 15:06 suatu hari bakal yakin merk cungkwo ini bakal jdi pemandangan umum mobil di jalann

tunggu saja saat nnt udah molai dipake mobil dinas. dan saat merk jepang udah males garap mobil buat emrg market

klo dilihat dijalan toh mobil jepangan yang ada (2021 up) uda makin banyak bukan global prod.
klo lihat yg global prod udah molai sejarang merk eropa
sad but true
Yg masih keliatan paling bener2 market leader di kelasnya masing2 om. Brio, zenix, hrv, alphard, palisade. Yg alternatifnya kayak duo agay, creta (ini masih mending), staria, CX9 paling baru liat 1 minggu sekali.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post