Background
Mobil ini merupakan akhir dari thread viewtopic.php?t=32433, dimana saya mencari pengganti CRV turbo pres 2019 saya yg bisa diliat di viewtopic.php?t=29114 & innova reborn g diesel at 2018 yg bisa diliat di viewtopic.php?t=31509&start=50. Dan kami putuskan untuk melipat kedua mobil tersebut menjadi 1 unit mobil saja yaitu AN Voxy 90 2023 yg sudah digunakan sejak bulan Mei lalu. Hingga akhirnya, lexus RX kami yg bisa diliat di viewtopic.php?t=31740 laku terjual & memutuskan buat cari penggantinya . Pilihannya ada di ANF TRD / ANPS Dakar 2017 - 2020. Hingga setelah pencarian beberapa waktu, didapatkan lah ANPS Dakar 2018 dari sebuah showroom di jakarta . Mengapa beli di showroom ? Karena memang keadaan cukup urgent which is kami perlu mobil buat gangen + buat pendaming voxy juga yg memang tarikan agak kurang & gc ceper sehingga mau dijadikan mobil buat dalkot saja, sedangkan buat lukot , kami mencari lagi 1 mobil ladder diesel yg memang bisa diandalkan , apalagi pengalaman kami dengan ANKI & ANF cukup memuaskan + saya sendiri juga blm bisa move on sepenuhnya dari diesel


History
2009 - 2011
pajero sport meluncur pertama kali di indonesia untuk menghadapi fortuner & everest. diluncurkan dengan varian gls & exceed
2011 akhir - 2014
pajero sport mendapat varian tambahan yaitu dakar, dengan tenaga yg lebih besar & lebih lengkap fiturnya + menjadikan dakar menjadi varian pajero sport paling tinggi yg dijual di indonesia diatas glx, gls & exceed dengan pilihan penggerak 4x2 & 4x4
2014- 2016
pajero sport mendapatkan facelift. perbedaan ada di interior & stoplamp. variannya tetep sama yaitu gls , exceed & dakar + ada format 4x2 & 4x4 jg
2016 - 2017
ANPS resmi meluncur di indonesia. perubahannya jauh sekali dibanding pendahulunya dimana pajero sport resmi berganti generasi dengan banyak improvment di segala sisi mulai dari exterior, interior, kaki2 hingga mesin. variannya dilengkapi dengan gls, exceed & dakar. dengan format penggerak 4x2 & 4x4. perubahan paling kentara ada di transmisinya yg sudah menjadi 8 speed otomatis dari yg sblmnya hanya 5 speed saja
2017 - 2020
ANPS mendapat improvement dengan interior black piano + varian dakar ultimate yg lebih komplit fitur safetynya yakni 7 airbag cm bedanya yg ultimate gaada sunroof tp dapet tv plafon, yg dakar biasa ada sunroofnya tp gadapet tv plafon
2021 - sekarang
ANPS akhirnya melakukan FL. ubahan yg paling terlihat ada di velg, headlamp & stoplamp + speedonya yg udh jadi digital dari yg sblmnya analog
Exterior




terlihat gagah & keren. jauh lebih modern dibanding pendahulunya, apalagi kalo pake spoiler belakang, keliatan simpel & elegant. apalagi warna hitam, keliatan tambah gagah
Interior & fitur





keliatan paling cakep dikelasnya secara desain, jauh improve dibanding gen sblmnya. untuk fitur, mobil ini udh dilengkapi dengan start stop engine & keyless entry, sunroof, tombol audio disetir , paddle shift & untuk fitur safety udh dilengkapi dengan dual airbag, abs & ebd
Driving feel


paling enak dikelasnya kalo urusan tarikan, driving feel & handling. dibanding anf & anki yg udh pernah saya punya sblmnya, anps ini paling enak di aspek 3 itu. perpindahaan giginya terasa cukup sigap & smooth. selain itu. road noise & interior qualitynya jg cukup baik. nyetir di tol 180 kpj berasa effortless bgt & gampang dapetnya. walaupun minusnya row 2 berasa agak keras & nggak nyaman compare to anki & anf & agak sedikit limbung walaupun udh mendingan jauh dibanding OPS menurut saya
kesimpulan
mobil ini cocok buat kalian yg ingin mencari SUV yg gagah, tahunnya nggak terlalu tua, irit, lega, perawatan murah, tarikan enak, part banyak dan gampang, part modif jg banyak, aftersales terjamin, bisa make oli & bbm apa aja, rv nya ga jatoh2 amat, enak disetir, mau dibawa kemana aja ayo karena gc tinggi, rute mayoritas lukot + sering lewat tol, tanjakkan, turunan / jalan rusak, sering duduk didepan or nyetir sendiri + pengen suv 7 seater diesel dengan sunroof di range harga 350-450 jtan. compared to new cars nowdays yg harga segitu dapetnya kijang tipe terendah non hybrid or crossover 1.500 cc. saya rasa mobil ini adalah salah 1 pilihan yg sangat worth untuk kalian pertimbangkan selain ANKI reborn & ANF di range harga segitu dalam kondisi 2nd
plus
- desain exterior & inteiror
- fitur
- transmisi 8 speed
- driving feel
- tarikan
- handling
- interior quality
- road noise
- aftersales
- durability
- konsumsi bbm
- akomodasi & kepraktisan
- rv nya nggak jatoh2 amat
minus
- agak limbung di kecepatan tinggi
- bantingan suspensi agak keras dikelasnya
- gak practical buat dalkot
- desain speedometer biasa aja
- kualitas audio bawaan agak kurang
kondisi awal
















Plus
- exterior interior mulus & full original
- bebas tabrak & bebas banjir
- km 78rb asli record
- buku2 lengkap (buku servie & buku manual)
- pajak panjang sampe 06 24 & plat putih baru sampe 06 28
- ban masih tebal2 semua
- sunroof masih berfungsi normal
- elektrikal sehat no malfunction
- kaki2 senyap
- mesin halus no ngobos
- ac dingin
- matic sehat & responsif
Minus
- kisi ac belakang bagian tengah row 2 & 3 sebelah kiri patah dalemnya
- drl lampu depan sebelah kiri mati
- baret2 pemakaian
rencana bakal saya jadiin mobil semi dagangan aja ,alias pake2 jual, laku sukur, gak laku ya pake lagi hehehe. kecuali ada yg mau 44x mungkin bakal saya pertimbangkan untuk melepas mobil ini & apakah ini bakal jadi mobekas terakhir saya? hmm, we'll see
sekian review saya kali ini, mohon maaf kalau ada kesalahan. i hope you will enjoy my review, thank you