bener. sejak CP-CR malah agak cepet bosen modelnya. CP tu menarik karena 1-1nya yang ada versi 3.5liter
2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 255
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
Setuju sih, ini urusan selera. Yang FL memang cakep bgt. Kalau yang FE, rasanya kurang fotogenic, di foto jelek tp pas liat asli lumayan. Tampilan speedonya yg futuristik on top of mesin Vtec barunya fix bikin galauSuryaputra wrote: ↑Tue Dec 12, 2023 2:29Subjektif sih emang.Jenson wrote: ↑Mon Dec 11, 2023 17:55Hmm ada benarnya keknya gen Ahond sekarang banyak refinement chassis. Kemarin ini mampir cobain Civic FE, behhh mantapp. Jujur awal liat tampangnya ga sreg karena jelek, tp pas dicoba enak poollChZ wrote: ↑Sat Dec 09, 2023 2:58
sebenernya kalau liat post atas2 om @Suryaputra yang ngomongin roof strength... itu justifying quality buat honda skrg yang mahal. mahalnya di chassis engineering improvement...
tapi ya itu... jadi sulit di pricing CRV 800 juta dan accord 950 juta. dijual ke masyarakat kita ya nggak ngejual. lebih ngejual gadgets dan sunroof.
cuma camry hybrid 950 juta-an juga jadi ya memang segitu kali harganya. murah kenaikannya berbanding harganya CR-V.
tapi new accord dari modelnya saja sudah nggak menarik imo yah. plain banget.
Klo sy lebih suka FE model luarnya.
Betul2 mature, dan clean look aja.
Apalagi FL aduhh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
boleh bilang failed gak sih ini 3.5nya accord? ini bicara di indo ya. soalnya di era ini, jauhhhhh lebih banyak 3.5Q dijalanan dibanding 3.5nya accord. ini jangan ngomong banyak dipake pejabat ya, yg pejabat kan 2.4v pasti pakenya
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
3.5 liter accord nge flopnya lebih mahal cukup jauh dari camry dulu om dengan kelengkapan equipment yang trondolan abisss mangkanya nggak laku.
padahal lucu tuh accord CP3 indo, dapet pelk modulo OEMnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
tapi accord dari dulu selalu set harga di atas camry gk sih? emang selisih jauh banget om?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1429
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
3.500 cc nya Accord saat itu terpaut jauh harganya lebih mahal, apa karena sasisnya yg lebih kokoh atau teknologi mesinnya yang lebih canggih dari Camry Q saat itu ya om? ga ingat saya.
ya mungkin relatif mirip dg kondisi CRV Gen 6 saat ini, mahalnya karena sasis yang extraordinary di luar nurul khan.
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
kalau itu sih jelas om sasis toyota dari dulu selalu kureng dibanding honda.AbdulHakim wrote: ↑Wed Dec 13, 2023 1:44 3.500 cc nya Accord saat itu terpaut jauh harganya lebih mahal, apa karena sasisnya yg lebih kokoh atau teknologi mesinnya yang lebih canggih dari Camry Q saat itu ya om? ga ingat saya.
ya mungkin relatif mirip dg kondisi CRV Gen 6 saat ini, mahalnya karena sasis yang extraordinary di luar nurul khan.
trs honda J35 juga pake VCM.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9775
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1429
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
btw, belum ada threadnya untuk CR-V RS Hybrid ya?
kmrn liat postingan ig nya ber.kendara mengenai test berkendara CR-V Hybrid, ternyata fuel cons nya "hanya" 17 km/l untuk jarak tempuh 850km, berarti mereka ngisi bbm 50 liter.
rute di jawa yg asumsi saya toll to toll (Jkt ke JaTim), not impressive siy hybridnya aHond.
betul, mereka gak klaim bahwa mesin hybridnya irit banget, tapi come on.. 17 km/l di toll? please englightened me guys, siapa tau ada yg bisa ngasih sudut pandang beda, thanks a lot
kmrn liat postingan ig nya ber.kendara mengenai test berkendara CR-V Hybrid, ternyata fuel cons nya "hanya" 17 km/l untuk jarak tempuh 850km, berarti mereka ngisi bbm 50 liter.
rute di jawa yg asumsi saya toll to toll (Jkt ke JaTim), not impressive siy hybridnya aHond.
betul, mereka gak klaim bahwa mesin hybridnya irit banget, tapi come on.. 17 km/l di toll? please englightened me guys, siapa tau ada yg bisa ngasih sudut pandang beda, thanks a lot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
iya nih, kalo di liat dari media2 lain kayanya emang si crv ini nggak yg fokus2 banget di keiritian. lebih irit dari mesin biasa, ya udh pasti, tapi kalo dibilang nilai jual hybrid dia di irit2an ya nggak juga. kayanya masih lbh banyak claim zenix 2.0 hybrid 21km/liter ya. eh, tapi kan si crv bisa isi pertalite wkwkwkwAbdulHakim wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 1:22 btw, belum ada threadnya untuk CR-V RS Hybrid ya?
kmrn liat postingan ig nya ber.kendara mengenai test berkendara CR-V Hybrid, ternyata fuel cons nya "hanya" 17 km/l untuk jarak tempuh 850km, berarti mereka ngisi bbm 50 liter.
rute di jawa yg asumsi saya toll to toll (Jkt ke JaTim), not impressive siy hybridnya aHond.
betul, mereka gak klaim bahwa mesin hybridnya irit banget, tapi come on.. 17 km/l di toll? please englightened me guys, siapa tau ada yg bisa ngasih sudut pandang beda, thanks a lot
mgkn yg di fokusin ya di rasa berkendara dan tenaganya yg lbh enak kali ya. gk tau juga sih, blm pernah coba juga
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1429
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
jangan lupa, hybrid comes with battery, di situ buyer seolah harus menanggung biaya di depan (biaya penggantian battery di kemudian hari).iamwewe wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 1:31iya nih, kalo di liat dari media2 lain kayanya emang si crv ini nggak yg fokus2 banget di keiritian. lebih irit dari mesin biasa, ya udh pasti, tapi kalo dibilang nilai jual hybrid dia di irit2an ya nggak juga. kayanya masih lbh banyak claim zenix 2.0 hybrid 21km/liter ya. eh, tapi kan si crv bisa isi pertalite wkwkwkwAbdulHakim wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 1:22 btw, belum ada threadnya untuk CR-V RS Hybrid ya?
kmrn liat postingan ig nya ber.kendara mengenai test berkendara CR-V Hybrid, ternyata fuel cons nya "hanya" 17 km/l untuk jarak tempuh 850km, berarti mereka ngisi bbm 50 liter.
rute di jawa yg asumsi saya toll to toll (Jkt ke JaTim), not impressive siy hybridnya aHond.
betul, mereka gak klaim bahwa mesin hybridnya irit banget, tapi come on.. 17 km/l di toll? please englightened me guys, siapa tau ada yg bisa ngasih sudut pandang beda, thanks a lot
mgkn yg di fokusin ya di rasa berkendara dan tenaganya yg lbh enak kali ya. gk tau juga sih, blm pernah coba juga
untungnya, hehe.. masih ada untung kalo orang kita, untungnya varian 1.5liter turbo masih dipertahankan bagi yang ga mau dipusingkan dengan batere.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
betul, tapi kalo dipikir dapet tambahan tenaga dari batre, pengalaman lbh jarang mampir ke pom bensin, masih nutup sih.AbdulHakim wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 1:56
jangan lupa, hybrid comes with battery, di situ buyer seolah harus menanggung biaya di depan (biaya penggantian battery di kemudian hari).
untungnya, hehe.. masih ada untung kalo orang kita, untungnya varian 1.5liter turbo masih dipertahankan bagi yang ga mau dipusingkan dengan batere.
*bonus isi pertalite
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 350
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
Wih.. itu rute nya bagaimana om? Kok bisa separah itu fuel cons nya?
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
makanya bener kata om jeremy sebenernya hybrid itu percuma kalo kakinya pedal to the metal enak beli yang turbo oprek ampe 260hp iritnya sama soalnya tarikan jadi enteng lari 130 aja effortless top speed jg lebih tinggi kalo kalap puas 200 kmh di jarak pendek gampang diraih
masalahnya ane ogah ngapain siksa diri di tol cuma jalan maksimal 120 demi irit bisa fantastis. ud cobain di kicks cuma dapet 13 kml di lukot kalo mau 20 ke atas harus siksa diri males banget
itu CRV ngibrit ane ngerasain emang kalo bawa di sport ngacirrrr bener tapi yakin gak bakal hemat konsumsinya... kan bener
zenix aja kalo luar kota 11-12 sama reborn kok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
Iya Om...ChZ wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:31
makanya bener kata om jeremy sebenernya hybrid itu percuma kalo kakinya pedal to the metal enak beli yang turbo oprek ampe 260hp iritnya sama soalnya tarikan jadi enteng lari 130 aja effortless top speed jg lebih tinggi kalo kalap puas 200 kmh di jarak pendek gampang diraih
masalahnya ane ogah ngapain siksa diri di tol cuma jalan maksimal 120 demi irit bisa fantastis. ud cobain di kicks cuma dapet 13 kml di lukot kalo mau 20 ke atas harus siksa diri males banget
itu CRV ngibrit ane ngerasain emang kalo bawa di sport ngacirrrr bener tapi yakin gak bakal hemat konsumsinya... kan bener
zenix aja kalo luar kota 11-12 sama reborn kok.
Kayaknya memang untuk urusan hybrid Toyota lebih juara dibandingkan Honda, tapi saya akuin CRV ini hybrid yang masih enak disetir dibanding kompetitornya
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
emang kayaknya hybrid nya H itu tetep fokus ke experience yah... soalnya E:HEV emang lebih ngejer urusan efficiency powertrain daripada konsumsi bahan bakar. jd power besar tapi ya iritnya paling 10% lebih irit doang dari tipe 1.5 turbo.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9775
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
yah mereka tau siapa marketnya masing2.faizzz wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 4:58Iya Om...ChZ wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:31
makanya bener kata om jeremy sebenernya hybrid itu percuma kalo kakinya pedal to the metal enak beli yang turbo oprek ampe 260hp iritnya sama soalnya tarikan jadi enteng lari 130 aja effortless top speed jg lebih tinggi kalo kalap puas 200 kmh di jarak pendek gampang diraih
masalahnya ane ogah ngapain siksa diri di tol cuma jalan maksimal 120 demi irit bisa fantastis. ud cobain di kicks cuma dapet 13 kml di lukot kalo mau 20 ke atas harus siksa diri males banget
itu CRV ngibrit ane ngerasain emang kalo bawa di sport ngacirrrr bener tapi yakin gak bakal hemat konsumsinya... kan bener
zenix aja kalo luar kota 11-12 sama reborn kok.
Kayaknya memang untuk urusan hybrid Toyota lebih juara dibandingkan Honda, tapi saya akuin CRV ini hybrid yang masih enak disetir dibanding kompetitornya
klo sama2 jualan nya irit... dmn unique selling pointnya kan?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
nahhh.. om, crv gen ini 1.5T nya ada improvement kah di mesin ato transmisi? ato mgkn vtecnya? kalo yg civic kan ada improvement ya.ChZ wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:31makanya bener kata om jeremy sebenernya hybrid itu percuma kalo kakinya pedal to the metal enak beli yang turbo oprek ampe 260hp iritnya sama soalnya tarikan jadi enteng lari 130 aja effortless top speed jg lebih tinggi kalo kalap puas 200 kmh di jarak pendek gampang diraih
masalahnya ane ogah ngapain siksa diri di tol cuma jalan maksimal 120 demi irit bisa fantastis. ud cobain di kicks cuma dapet 13 kml di lukot kalo mau 20 ke atas harus siksa diri males banget
itu CRV ngibrit ane ngerasain emang kalo bawa di sport ngacirrrr bener tapi yakin gak bakal hemat konsumsinya... kan bener
zenix aja kalo luar kota 11-12 sama reborn kok.
kuat gitu dioprek 260hp dgn internal standar?
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
kalo dugaan ane mungkin penyempurnaan di desain turbonya. soalnya kalo liat kode mesin sama plek ampe buntutnya ma CRV 1.5t lama. turbo sudah spool up di 1700 yg lama 2000 rpm yg mana bikin mesin kayak orang bangun tidur dikasih espresso triple shot... yang baru lbh smooth jalannya.
kuat om, banyak yg udah coba. internal CRV emang didesain lbh robust dari civic modal ganti intercooler sama nambah CVT cooler nggak terlalu nyiksa kok on spec CVTnya kuat dihajar sampe 330Nm itu dapetnya emang 250-260hp.
300 hp kuat tapi kayaknya harus ganti stang dan kuatin CVT
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
jih bisa pilih kasih gitu.......ChZ wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 5:26kalo dugaan ane mungkin penyempurnaan di desain turbonya. soalnya kalo liat kode mesin sama plek ampe buntutnya ma CRV 1.5t lama. turbo sudah spool up di 1700 yg lama 2000 rpm yg mana bikin mesin kayak orang bangun tidur dikasih espresso triple shot... yang baru lbh smooth jalannya.
kuat om, banyak yg udah coba. internal CRV emang didesain lbh robust dari civic modal ganti intercooler sama nambah CVT cooler nggak terlalu nyiksa kok on spec CVTnya kuat dihajar sampe 330Nm itu dapetnya emang 250-260hp.
300 hp kuat tapi kayaknya harus ganti stang dan kuatin CVT
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
krn beban lebih berat = butuh tolerance lebih besar biar durable. jd part pun lbh robust.
orang2 maen civic turbo yang udah gila gilaan pada ganti part pake punya CRV. turbonya rata rata ganti punya CRV atau dicustom dikit biar gak laggy
CRV dan accord dapet rate power sama komponennya hampir hampir mirip
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive
salah beli dong kalo gitu, harusnya accord turbo yaChZ wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 8:02krn beban lebih berat = butuh tolerance lebih besar biar durable. jd part pun lbh robust.
orang2 maen civic turbo yang udah gila gilaan pada ganti part pake punya CRV. turbonya rata rata ganti punya CRV atau dicustom dikit biar gak laggy
CRV dan accord dapet rate power sama komponennya hampir hampir mirip