2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by ChZ »

Tampanman wrote: 11 Aug 2023, 10:27 Btw mesin 1500 nya honda yang sekarang kenapa jadi lelet om?, ga kyak yang jamannya jazz dulu?
ngejar irit om :mky_03:

throttle respon dihalusin
final drive CVTnya dibikin lbh lebar
timing atasnya gak dimainin biar bisa mimik pertalite. pan requirementnya ron90 aja.

3 hal ini di remap beres :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 671
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by peterming77 »

Tats wrote: 10 Aug 2023, 17:31 Kalau lka nya gimana ya si yarcross ini?
Pengalaman pakai adas2an cuma yang pake radar di palisade enak banget acc dan lka nya smooth dan reliable
Kalau yarcross ini sy liat di review sepertinya kurang bagus ya? Confirmed kah?
Acc bisa diandalkan dan smooth kah?
Soalnya sy rencana mau pakai yarcross lintas cipali dan lumayan byk pakai lka dan acc
Untuk kenyamanan dan kekedapan kabin masih lebih enak dibanding cx3 kah si yarcross ini?

Oiya untuk komparasi sy pake trax n cx3 sepertinya mau tuker trax sm yarcross hybrid
Why oh why Gan? Krn Trax udah umur + cari yg lebih irit + cari fitur yg lebih komplit ya?
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 671
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by peterming77 »

ChZ wrote: 11 Aug 2023, 10:38
Tampanman wrote: 11 Aug 2023, 10:27 Btw mesin 1500 nya honda yang sekarang kenapa jadi lelet om?, ga kyak yang jamannya jazz dulu?
ngejar irit om :mky_03:

throttle respon dihalusin
final drive CVTnya dibikin lbh lebar
timing atasnya gak dimainin biar bisa mimik pertalite. pan requirementnya ron90 aja.

3 hal ini di remap beres :mky_03:
Setuju, dan sudah membuktikan sendiri :big_peace:
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 356
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Tats »

peterming77 wrote: 11 Aug 2023, 10:53 Why oh why Gan? Krn Trax udah umur + cari yg lebih irit + cari fitur yg lebih komplit ya?
Trax udah menemani sy sejak 2016 tp skr agak jarang pakai om km masih 60rban
Dipikir2 pengen coba punya hybrid sekalian pake buat dinas luar kota aja deh om supaya lebih berguna aja
Syarat ada lka dan acc yg oke aja om soalnya sy udh mulai terbiasa pakai, cost buat supir berkurang juga soalnya sy mulai nyetir sendiri ke proyek semenjak ada lka dan acc hehe
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W220

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by sherryandkez »

Chr1stm1 wrote: 08 Aug 2023, 16:32 thanks reviewnya Om,
Sebenarnya saya juga lagi galau pribadi antara Yarcross G bensin di 364jt ( disc 10 jt ) vs HRV SE ( Nett 387 jt )
Liat langsung selera exterior lebih ke Yarcross, interior lebih ke HRV
kalo yaris cross bensin kayaknya ga ada untungnya beli om, mending HRV lebih enak meski agak mahal sikit
Jupiemx99 wrote: 08 Aug 2023, 17:17 Mantap reviewnya... :big_exellent:
thanku omm
farizfsa wrote: 08 Aug 2023, 18:09 Haha keren om, banyak bgt mbl hybrid nya manteppp
bukan punya saya ini :mky_03:
AbdulHakim wrote: 08 Aug 2023, 19:25 Review yang jujur, berbobot dan netral :big_exellent:
Sempat kecewa karena YarCross yg jelas2 “adek”nya CorCross kok fiturnya lebih komplit, tapi setelah produknya sudah dicobain banyak orang, ga jadi kecewa :big_biglaugh: karena harga ga boong, CorCross yg produk global dg sasis TNGA-C, produk CBU Thai is on another level :big_grin:
sasis gak akan boong om, apalagi TNGA-C bukan B
Suryaputra wrote: 08 Aug 2023, 19:54
sherryandkez wrote: 08 Aug 2023, 16:03 Prolog...
Congratsss
Hibrid termurah dan terkencang emang YarCross ini

Bukan hibrit lucu2an, dan jagonya lah toyota klo hibrid

Apalagi klo sering ngukur jalan, quite worth :big_exellent:


Chr1stm1 wrote: 08 Aug 2023, 16:32 thanks reviewnya Om,
Sebenarnya saya juga lagi galau pribadi antara Yarcross G bensin di 364jt ( disc 10 jt ) vs HRV SE ( Nett 387 jt )
Liat langsung selera exterior lebih ke Yarcross, interior lebih ke HRV
Jika kita sbg customer, dijamin >90% waktu kita, lbh sering lihat bagian dalam / interior nya.

Dan interiornya HRV best di kelas 1.5L mbl jepang dan kroya lainnya (saat ini)

Kecuali W dan C ya :big_peace:
tapi lucunya, uda dikasih murah sama toyota tetep gak inden lama kayak zenix :ungg: emg nama kijang ngaruh bener
Gtx1070 wrote: 08 Aug 2023, 19:57 Congrats atas mobil barunya om :big_okay:
bukan mobil saya om :upss:
rakyatwkwkland wrote: 08 Aug 2023, 20:58 Yaris cross ini pakai DNGA-B bukan? Platform yg sama dgn avxen-veloz (CMIIW)

Kalau platformnya sama, katakan saya mau beli yg versi non-hybrid aja, apakah rasa naikannya berbeda jika dibandingkan dgn avxen series? Barangkali part suspensinya ada beda gitu...
betul DNGA-B

rasa naiknya beda? yaa beda2 dikit lah, lebih stiff ini. part suspensinya jelas beda, kode sasisnya aja beda NYC sama W
fl4b1e wrote: 08 Aug 2023, 21:00 wuihh.. mantap reviewnya Om!
lugas dan berbobot.

ya paling ngga, yang saya suka Toyota milih RI tuk bikin neh YarCross. Soalnya saya sudah khawatir pas Vios baru yg masuk CBU Thai.. sebenernya, wajar aja Yaris Cross ini dinamai Vios Cross.. tapi secara Vios dan Yaris berbagi chasis yg sama dulu, ya wajarlah dinamai Yaris zcross.

waah.. berarti bener tuk Lithium ya baterenya dan bukan Ni-mh kayak di Zenix ya? padahal secara kapasitas lebih gede Zenix lho, meski secara bobot kalau ga salah batere lithium ini hanya 20kg (vs Zenix yang 40kg). Dan kalau konsumsi bbm 1:20+ sih itu beneran menarik tuh warga perkotaan yg avg speednya 15km/h kayak saya..

Tuk interior, setuju Om, meski flimsy, ya saya mensyukuri joknya yg gede dan supportif..

btw, bener aom milleagenya dah 15ribu km? dalam waktu 2 bulan gt? wwwkwkk..
Lithium om, lebih enak sih rasanya. tapi gak tau ya long term.

interiornya sangat flimsy om, 15rb km dah ada aja yang copot
1269577_0.jpg
trebla88 wrote: 08 Aug 2023, 21:13 Menarik
Menarik

Drpd nissan kicks
utk brand yoyota lebih menjual ini

Cuma tetep blm rela pake mobil yg gendong batere gede saat ini
Milih na/turbo aja dulu saat ini :big_okay:
kicks ke laut aja om ahaha mending ini kemana2
kendibocor wrote: 08 Aug 2023, 23:09 Setuju banget kalo nih mbl terutama yg hybrid cocok banget jd workhorse yg daily mileagenya tinggi. Katakanlah yg biasa commute dari kota satelit (bekasi, tgr, bintaro, dsb) ke pusat jkt. FC 1:20-30 terlalu menggoda biarpun mblnya medioker. Kalo kaya gitu mending sekalian beli trim hybrid terendah aja kali yah
justru mobil ini emang jualannya ya hybrid, tipe bensin kayaknya pemanis aja. beda sama innova yang tipe bensin masih ada buat fleet sasaran utamanya.
Pboyz97 wrote: 08 Aug 2023, 23:11 nice review om, mobil ini sempet jadi kandidat selain hrv buat pengganti brio saya & akhirnya saya milih AN HRV SE. sudah td keduanya. entah knp mobil ini yg bisa dibanggain cuma hybridnya aja, sm konsumsi bbm nya yg irit buat dalkot. sisanya persis kaya yg om bilang , medioker semua, bantingan ngga empuk empuk amat, masih lebih empuk creta & vitara. driving feel jg biasa aja, malah kek mobil 200 jt dibanding 400 jt. saya berani bilang 90% mirip bgt sm duo raize rocky, cm lebih empuk dikit doang wkwkwk. masih ada cx3 & hrv yg jauh lebih fun to drive dari ini. tarikan bawah jg bengek parah & dibawa di atas 100 kpj pantatnya lari kanan kiri, kebetulan unit yg saya test tipe GR non hybrid . cocok kalo pemakaian santai + cruising dalam kota aja or perlu gc tinggi & akomodasi lumayan hehehe
kayaknya jauh deh om kalo sama raize rocky, secara platformnya aja beda DNGA-A sama DNGA-B. medioker sih emang iya, tapi kalo dibilang kaya mobil 200jt rasanya jauh.
ChZ wrote: 08 Aug 2023, 23:22 Ributnya soal DNGA karena berbarengan rilisnya dgn skandal crash test yg melibatkan DNGA. Sentimennya langsung negatif.

Ya wajar aja jadi pertanyaan. Apalagi kualitas buatan seadanya gitu, lawannya HRV pula yang global model.

Kalo ane sih paten. HRV aja :ngacir: apalagi yg nonturbo ngobatin leletnya gampang :mky_03:
kayaknya gak soal crash test deh, di sini yang tau masalah crash test juga gak banyak. rata2 ya ngehujat karena sangkanya DNGA=LCGC aja. di luar sih heboh karena mereka concern safety utamanya JDM. di sini mana peduli, orang stargazer crashtestnya jelek aja ga heboh.

kualitas buatan mah bukan seadanya lagi, ya udah lah :big_weee:

KielConstantine wrote: 09 Aug 2023, 00:47 Nice & good review om veyvez

Kmaren sempet nontonin bbrp riviu nih mobil di youtube. Emang banyak yg puji2 hybridnya seh, bisa irit banget gitu.

Kadang yg irit2 gini bisa goyahin iman jg walaupun naekan; build quality dll medioker abis khas toyota yg jago bikin appliances not a car :big_biglaugh:

Cuman tetep kalo pilih sesama 1.5 n/a ya ane teteup hr-v sehh. Kcuali mo rasain hybrid baru ini yarcot boleh lah di pertimbangkeun

Eh tp hrv kabarnya mau phase out varian 1.5 turbo; ganti hybrid jg… kita liat dah gimana nanti head-2-head kedepannya :upss:
emang bener ini appliance buat A ke B aja, dibawa spirited driving hambar

bisa ga beli bensin 2 bulan kali :big_weee:
Jenson wrote: 09 Aug 2023, 01:09
KielConstantine wrote: 09 Aug 2023, 00:47 Nice & good review om veyvez

Kmaren sempet nontonin bbrp riviu nih mobil di youtube. Emang banyak yg puji2 hybridnya seh, bisa irit banget gitu.

Kadang yg irit2 gini bisa goyahin iman jg walaupun naekan; build quality dll medioker abis khas toyota yg jago bikin appliances not a car :big_biglaugh:

Cuman tetep kalo pilih sesama 1.5 n/a ya ane teteup hr-v sehh. Kcuali mo rasain hybrid baru ini yarcot boleh lah di pertimbangkeun

Eh tp hrv kabarnya mau phase out varian 1.5 turbo; ganti hybrid jg… kita liat dah gimana nanti head-2-head kedepannya :upss:
Kalao harganya masi positioning RS skrg sih kurang seru om duelnya. Ane mimpi disiang bolong ahond kesurupan trus bantimg harga produk setrum jadi HRV E HEV d 480an, CRV Hev d 650an. Auto laris manis harusnya buat gebuk balik kompetitor :big_grin:
CRV aja 900, HRV ehev paling 600an

kacau HPM ahahaha
peterming77 wrote: 09 Aug 2023, 09:01 Wah, akhirnya keluar review nya, keren :big_exellent: btw itu 15rb km ga sampe 3 bulan dibawa kemana aja??? :big_peace: Bro Krez kayaknya pecinta hybrid juga kan? Seingat saya pernah review/testi Toyota dan Lexus semuanya yg HEV

Kalo pengamatan saya YarCross ini bisa luar biasa irit krn selain batre lithium baru, bodi lebih enteng dari Zenix apalagi Lexus, jadi motor listriknya waktu narik awal ga terlalu butuh bantuan mesin bensinnya + pas cruising juga jarang butuh bantuan mesin bensin.

Jujur kalo bawa mobil hybrid yg seru kalo habis jalan2 ke dataran tinggi, pas baliknya berlomba irit2an sama diri sendiri. Pernah bawa dari Batu turun itu mesin bensin ga nyala sama sekali sampe di ujung perempatan underpass Bentoel, sampe lepas Pandaan itu juga mesin bensin masih jarang nyala krn tetap turunan terus konturnya.
jiah si om ga percaya, dikasi toyota pas baru launching aja udah 5rb km :big_biglaugh:
1271907.jpg
Ibet wrote: 10 Aug 2023, 09:27 Thank you om @sherryandkez untuk reviewnya ..

Ahh mobil ini, saya sempet beberapa hari pake untuk jalan sana - sini ..

Formula mesin Avanza + hybrid Toyota YarCross global + batre rakitan lokal sukses bikin harga mobil ini menarik ..
Walau dihujat soal DNGA, tapi ya it is the cheapest 'strong' Hybrid yg ada di Indo DM today .. Apalagi logonya Toyota wkwk

Benar impresi nya om TS, untuk bantingan masih berasa "murah" .. memang selling point mobil ini ada di gadgetry dan yak, hybrid systemnya.
Nyaman, tapi getaran masih enakan si HR-V. Noise ban masih masuk sih, namun lebih kerasa HR-V. Bantingan HR-V lebih unggul, buat jalan jauh mantap lah.

Pengalaman, dalam kota sekitar 2 jam 50 menit perjalanan, total distance 45 km masih dapet 1:25 something, very good!
Tapi untuk highway driving fuel cons nya mirip - mirip mesin 1500cc, sekitar 1:22-23 lah, jakarta - bandung - jakarta via cisumdawu super lancar.

Oh ya, driving dalem kotanya buat saya sih cukupan ya, bigger than WR-V,

Buat sizenya yg ada di 4310 x 1770 x 1615, wheelbase di 2620, interiornya berasa sempit.
Interiornya lebih lega HR-V, including magic seatnya jadi lebih fleksibel buat bawa barang.

In conclusion, for me atleast, belilah mobil ini untuk Hybridnya, seri bawahnya yg non-hybrid jadi keliatan kemahalan ..
dengan duit 350 jutaan, ada baiknya pertimbangkan Grand Vitara / HR-V sih .. apalagi saya yakin kubu HR-V / GV bentar lagi banting diskon wkwk
hybridnya beda om sama yaris cross global

emang yang gasoline kayaknya buat "pilihan" aja hahaha
farizfsa wrote: 10 Aug 2023, 09:35
peterming77 wrote: 09 Aug 2023, 09:01 Wah, akhirnya keluar review nya, keren :big_exellent: btw itu 15rb km ga sampe 3 bulan dibawa kemana aja??? :big_peace: Bro Krez kayaknya pecinta hybrid juga kan? Seingat saya pernah review/testi Toyota dan Lexus semuanya yg HEV

Kalo pengamatan saya YarCross ini bisa luar biasa irit krn selain batre lithium baru, bodi lebih enteng dari Zenix apalagi Lexus, jadi motor listriknya waktu narik awal ga terlalu butuh bantuan mesin bensinnya + pas cruising juga jarang butuh bantuan mesin bensin.

Jujur kalo bawa mobil hybrid yg seru kalo habis jalan2 ke dataran tinggi, pas baliknya berlomba irit2an sama diri sendiri. Pernah bawa dari Batu turun itu mesin bensin ga nyala sama sekali sampe di ujung perempatan underpass Bentoel, sampe lepas Pandaan itu juga mesin bensin masih jarang nyala krn tetap turunan terus konturnya.
bandung - jakarta turunan pake lexus es300h kmrn saya hampir 1 liter 29km :big_biglaugh:
sampe jakarta tp ujung nya cuma 1:22 karena di mbz kebutz 120-150 full mesin bensin nyala
yuk om kalahin ane rasuna-giias 1:40 :big_biglaugh: pake lexus juga
Tats wrote: 10 Aug 2023, 17:31 Kalau lka nya gimana ya si yarcross ini?
Pengalaman pakai adas2an cuma yang pake radar di palisade enak banget acc dan lka nya smooth dan reliable
Kalau yarcross ini sy liat di review sepertinya kurang bagus ya? Confirmed kah?
Acc bisa diandalkan dan smooth kah?
Soalnya sy rencana mau pakai yarcross lintas cipali dan lumayan byk pakai lka dan acc
Untuk kenyamanan dan kekedapan kabin masih lebih enak dibanding cx3 kah si yarcross ini?

Oiya untuk komparasi sy pake trax n cx3 sepertinya mau tuker trax sm yarcross hybrid
LKA nya enakan zenix yang pake radar juga om, maybe gak ngaruh ya karena radar kan buat jarak. tapi bisa jadi software dan stereo cameranya yaris cross juga beda sama zenix yang fullset stereo+radar.

kalo cuma tol mah aman sulaiman om, ga akan bermasalah. yang kadang dia telat baca kalo junction tol nikung atau marka warnanya udah samar2

trax ke yaris cross sih tuker aja om, peace of mind drpd pelihara merek yang udah caw
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2713
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by farizfsa »

sherryandkez wrote: 11 Aug 2023, 14:02 yuk om kalahin ane rasuna-giias 1:40 :big_biglaugh: pake lexus juga
wadu sulit challenge nya , ane dr mangdu-sudirman aja cuma dpt 1:22, mau diatas 1:30 aja gmn caranya ya hahahaha gile
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by ChZ »

sherryandkez wrote: 11 Aug 2023, 14:02
kayaknya gak soal crash test deh, di sini yang tau masalah crash test juga gak banyak. rata2 ya ngehujat karena sangkanya DNGA=LCGC aja. di luar sih heboh karena mereka concern safety utamanya JDM. di sini mana peduli, orang stargazer crashtestnya jelek aja ga heboh.

kualitas buatan mah bukan seadanya lagi, ya udah lah :big_weee:
ya setidaknya di forum ini lumayan concerning soal crash testnya sih.

gw juga sejak muncul skandal itu rada males sih sama yg berbau DNGA haha
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 468
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by FR6 »

Sasisnya gmn Om?
Solid mana sama HRV atau Xpander deh?
Ogut nyobain DNGA-A, surprisingly solid!
Agree soal BQ interior, ada yg superior bgt, ada yg flimsy.
aneh ya gak merata.
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by the-mantal »

rakyatwkwkland wrote: 09 Aug 2023, 14:50
Waduh, kalo rocky mah beda platform atuh. Yg nubie tau yah bukannya rocky raize itu DNGA-A yah sama kaya agya ayla baru? Yang jelas kalo rocky raize dibandingin sama avxen mah jauhhh enakan avxen kemana2. Ane udah beberapa kali nyobain rocky raize itu menurut ane bantingan suspensinya beneran berasa kaya ayla+++ doang. Empuknya itu empuk yg dipantulin, ga berasa mobil mahal sama sekali. Seperti kita masih diingatkan kalo yang kita naikin itu mobil murah...

Beda sama avxen yg pake DNGA-B itu menurut ane udah lebih bisa keep up dgn 7 seater 200-300 mio kaya ertiga xpander dkk yaa...
Setuju deh, DNGA nya rocky sama xenia itu feel nya beda cukup jauh rasa suspensi nya. Rocky mentul2 khas lcgcnya lumayan terasa walau empuk sih mentulnya. Klo xenia jauh lbh stabil ga mentul2. Curiga nya saya sih di ukuran wheelbase yg lbh panjang yg ngaruh tuh.. Nah saya pikir DNGA-A dan DNGA-B itu beda wheelbase aja, eh tnyata DNGA-B pun wheelbase nya beda2 ya...yarcross vios di 2.6 meter, avxen di 2.75 meter
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4410
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by b0ku »

the-mantal wrote: 11 Aug 2023, 20:40
Setuju deh, DNGA nya rocky sama xenia itu feel nya beda cukup jauh rasa suspensi nya. Rocky mentul2 khas lcgcnya lumayan terasa walau empuk sih mentulnya. Klo xenia jauh lbh stabil ga mentul2. Curiga nya saya sih di ukuran wheelbase yg lbh panjang yg ngaruh tuh.. Nah saya pikir DNGA-A dan DNGA-B itu beda wheelbase aja, eh tnyata DNGA-B pun wheelbase nya beda2 ya...yarcross vios di 2.6 meter, avxen di 2.75 meter
dari namanya aja ud ketauan A dan B artinya A segment sama B segment B segment LVnya jazz yaris hrv dkk A segment levelnya BRV BRIO DKK lucunya A segementnay honda lebih enak dari B segementnya toyota :mky_07:

inilahkalo uda beda pabrikan mau segmentnya di bawah belom tentu lebih jelek kayak outlander VS HRV aja padahal outlander C segment tetep aja enakan HRV :big_biglaugh:
supersae
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: 16 Oct 2016, 19:53

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by supersae »

untuk keperluan pemakaian antar jemput sekolah aja dalam kota dng rata2 kec 20km/jam dng jarak tempuh pp 15km an , kira2 bisa dapat brp ya konsumsi bbm nya ?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4666
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Pboyz97 »

Tats wrote: 10 Aug 2023, 17:31 Kalau lka nya gimana ya si yarcross ini?
Pengalaman pakai adas2an cuma yang pake radar di palisade enak banget acc dan lka nya smooth dan reliable
Kalau yarcross ini sy liat di review sepertinya kurang bagus ya? Confirmed kah?
Acc bisa diandalkan dan smooth kah?
Soalnya sy rencana mau pakai yarcross lintas cipali dan lumayan byk pakai lka dan acc
Untuk kenyamanan dan kekedapan kabin masih lebih enak dibanding cx3 kah si yarcross ini?

Oiya untuk komparasi sy pake trax n cx3 sepertinya mau tuker trax sm yarcross hybrid
kebetulan sudah coba tiga2nya. tergantung benchmarknya apa. kl dari trax & cx3, kurang. tp kalo dibanding creta or vitara masih cukup worth lah menurut saya. kalo acc cukup bisa diandalkan & smooth. tp kalo dari trax & cx3. driving feel, tarikan dan handlingnya bakal downgrade. apalagi bakal dipake lintas cipali.

kl dari trax & cx3 ke yarcross hybrid tergantung. kalo cari kenyamanan , hybrid & sering duduk di row 2 worth. tp kalo masih pengen driving feel, tarikan dan handling yg mendekati 2 mobil itu gak worth, hrv se is still better . kalo kenyamanan dan kekedapan, ada poin plusnya. kalo kenyamanan, yarcross lebih nyaman & empuk dibanding cx3. tapi kalo kekedapan kabin, cx3 lebih kedap dibanding yarcross
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Ibet »

sherryandkez wrote: 11 Aug 2023, 14:02

hybridnya beda om sama yaris cross global

emang yang gasoline kayaknya buat "pilihan" aja hahaha
Duly noted om,
Cetakan di samping PCU nya sih "7NM" memang

Sementara info yg beredar "1NM" wkwk
joutei
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 14 Aug 2023, 21:20
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by joutei »

Duh bikin bingung terus terang. Minta bantuan opininya suhu-suhu.

Jadi saya posisi sekarang punya Honda Jazz RS CVT 2017. Ini mobil sebenarnya saya suka banget karena enak. Ya mungkin saya belum pernah coba bawa mobil lebih mahal sih haha.

Terus saya berencana ganti model SUV saja. Sebenarnya saya tertarik Honda all new H-Rv nya.

Tapi saat ini lean ke yaris cross karena alasan logic-nya. Saya pikir kalau harus nambah double dari harga beli mobil sebelumnya pembenaran saya adalah beli Hybrid biar hemat bensin. Tapi padahal mobil sekarang saja Low KM haha jarang pakai.

Kemarin sempat pertimbangkan cherry omoda dan creta juga. Tapi kalau 2 ini begitu dibeli harga langsung drop kan pasti. Saya paling suka sih pakai Honda terus terang. Cuma ya itu tergoda sama yaris cross dr segi hybrid dan fiturnya sudah lengkap. Memang exterior dan color biasa banget. Interior pun saya ga suka dibagian yang ada penghalang ke kursi kiri.

Jadi bingung nih. Hrv RS atau hajar yaris cross hybrid for long term? atau cherry & creta malah?

Disisi lain mikir pakai logic, sisi lain ga mau nyesel juga karena makainya ga enak.


Pertanyaannya kalau honda jazz RS 2017 dibandingkan ke yaris cross Hybrid ini dlm segi kenyamanannya dll hitungannya upgrade atau ga sih? :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by ChZ »

joutei wrote: 14 Aug 2023, 21:36
Jadi bingung nih. Hrv RS atau hajar yaris cross hybrid for long term? atau cherry & creta malah?

HRV nya RS kan? Ya HRV om jelas kemana mana :big_biglaugh:

Calon gorengan lagi 2024 udah mau distop. Harganya calon2 kuat.

Soalnya parts masi mirip civic turbo / CRV turbo dan body part dll mirip tipe bawahnya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by timbermaniac123 »

joutei wrote: 14 Aug 2023, 21:36
Disisi lain mikir pakai logic, sisi lain ga mau nyesel juga karena makainya ga enak.
HRV RS price nya paling mendekati yaris hybrid ya. Kayanya kalau jalan sebulan biasa isi bensin diatas 2 juta misal 4 juta, masih worth si ambil yaris hybrid. Katanya dalam kota macet bisa 1:19. Kalau hrv denger2 yang baru boros, paling di kondisi sama cuma bisa dapet 1:8-9. Tapi di antara 3 itu, creta harusnya paling murah ya (beda 50an sama yaris hybrid, dan beda 130 sama hrv ?) Misal si kalau beda sampe 130 jt sama hrv rs, dan dipake sebulan misal cuma under 500km, better si creta. Sisa duitnya ya bisa buat peremajaan 5 taun ke depan. Tapi ya namanya hyundai, pasti rv nya bakal lebih ga nahan dibanding 2 lainnya. Tapi kalau creta tipee teertinggi dibanding hrv SE, nambah dikit dari creta saya lebih prefer hrv se

Soal kenyamanan saya kurang tau :ngacir:
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Chr1stm1 »

timbermaniac123 wrote: 15 Aug 2023, 08:28
joutei wrote: 14 Aug 2023, 21:36
Disisi lain mikir pakai logic, sisi lain ga mau nyesel juga karena makainya ga enak.
HRV RS price nya paling mendekati yaris hybrid ya. Kayanya kalau jalan sebulan biasa isi bensin diatas 2 juta misal 4 juta, masih worth si ambil yaris hybrid. Katanya dalam kota macet bisa 1:19. Kalau hrv denger2 yang baru boros, paling di kondisi sama cuma bisa dapet 1:8-9. Tapi di antara 3 itu, creta harusnya paling murah ya (beda 50an sama yaris hybrid, dan beda 130 sama hrv ?) Misal si kalau beda sampe 130 jt sama hrv rs, dan dipake sebulan misal cuma under 500km, better si creta. Sisa duitnya ya bisa buat peremajaan 5 taun ke depan. Tapi ya namanya hyundai, pasti rv nya bakal lebih ga nahan dibanding 2 lainnya. Tapi kalau creta tipee teertinggi dibanding hrv SE, nambah dikit dari creta saya lebih prefer hrv se

Soal kenyamanan saya kurang tau :ngacir:
Setuju utk new Hrv agak boros, teman saya pakai sejak April ini, impresinya rute pemakaian AM sangaji Jaktim - Lavon Cikupa sehari hari hanya dapat max 1:10km..berat di body dan velg sepertinya.
Kalau HRV RS anehnya dgn mesin bertenaga konsumsi bbm mirip2 dgn SE kebawah
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by esaka »

Trus kenapa bikin yang spec negara berkembang pake DNGA? TNGA donggg...
Udah setengah miliar kok DNGA...
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 671
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by peterming77 »

joutei wrote: 14 Aug 2023, 21:36 Duh bikin bingung terus terang. Minta bantuan opininya suhu-suhu.

Jadi saya posisi sekarang punya Honda Jazz RS CVT 2017. Ini mobil sebenarnya saya suka banget karena enak. Ya mungkin saya belum pernah coba bawa mobil lebih mahal sih haha.

Terus saya berencana ganti model SUV saja. Sebenarnya saya tertarik Honda all new H-Rv nya.

Tapi saat ini lean ke yaris cross karena alasan logic-nya. Saya pikir kalau harus nambah double dari harga beli mobil sebelumnya pembenaran saya adalah beli Hybrid biar hemat bensin. Tapi padahal mobil sekarang saja Low KM haha jarang pakai.

Kemarin sempat pertimbangkan cherry omoda dan creta juga. Tapi kalau 2 ini begitu dibeli harga langsung drop kan pasti. Saya paling suka sih pakai Honda terus terang. Cuma ya itu tergoda sama yaris cross dr segi hybrid dan fiturnya sudah lengkap. Memang exterior dan color biasa banget. Interior pun saya ga suka dibagian yang ada penghalang ke kursi kiri.

Jadi bingung nih. Hrv RS atau hajar yaris cross hybrid for long term? atau cherry & creta malah?

Disisi lain mikir pakai logic, sisi lain ga mau nyesel juga karena makainya ga enak.


Pertanyaannya kalau honda jazz RS 2017 dibandingkan ke yaris cross Hybrid ini dlm segi kenyamanannya dll hitungannya upgrade atau ga sih? :big_think:
Kalo mobil skrg aja low km jarang pake (dan asumsi budget masuk) mending HRV RS aja, apalagi drive feeling lulusan Honda Jazz. Mobil HEV menurut saya worth kalo jadi budak jalanan, krn penghematan paling besar dari daily usage. Kalo rada2 garage queen sayang sih, memang tampak makin irit krn namanya udah irit + jarang turun jalan, tapi yaaaaaa beli hybrid kok malah disimpan :ngacir:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 671
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by peterming77 »

Chr1stm1 wrote: 15 Aug 2023, 08:41
timbermaniac123 wrote: 15 Aug 2023, 08:28
joutei wrote: 14 Aug 2023, 21:36
Disisi lain mikir pakai logic, sisi lain ga mau nyesel juga karena makainya ga enak.
HRV RS price nya paling mendekati yaris hybrid ya. Kayanya kalau jalan sebulan biasa isi bensin diatas 2 juta misal 4 juta, masih worth si ambil yaris hybrid. Katanya dalam kota macet bisa 1:19. Kalau hrv denger2 yang baru boros, paling di kondisi sama cuma bisa dapet 1:8-9. Tapi di antara 3 itu, creta harusnya paling murah ya (beda 50an sama yaris hybrid, dan beda 130 sama hrv ?) Misal si kalau beda sampe 130 jt sama hrv rs, dan dipake sebulan misal cuma under 500km, better si creta. Sisa duitnya ya bisa buat peremajaan 5 taun ke depan. Tapi ya namanya hyundai, pasti rv nya bakal lebih ga nahan dibanding 2 lainnya. Tapi kalau creta tipee teertinggi dibanding hrv SE, nambah dikit dari creta saya lebih prefer hrv se

Soal kenyamanan saya kurang tau :ngacir:
Setuju utk new Hrv agak boros, teman saya pakai sejak April ini, impresinya rute pemakaian AM sangaji Jaktim - Lavon Cikupa sehari hari hanya dapat max 1:10km..berat di body dan velg sepertinya.
Kalau HRV RS anehnya dgn mesin bertenaga konsumsi bbm mirip2 dgn SE kebawah
1) Velg bawaan memang berat, solusinya ganti velg flowforming yg lebih enteng
2) Mobil lebih berat + setting ECU prioritas irit, tapi akhirnya ga irit soalnya yg setir merasa ini mobil kok di bejek jalan kayak siput, trus tambah di bejek lagi itu throttle. Solusi: remap (meski ga semua orang juga mau remap). HRV SE saya habis remap selain lebih responsif ngacir, lumayan bisa dapat 1:11,xx rute kombinasi, sebelum remap 1:9x.
3) Sepertinya memang mesin turbo Honda lumayan irit + cuma nopang mobil seukuran HRV, jadi ya pasti irit, power to weight rationya enteng lah.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Chr1stm1 »

peterming77 wrote: 15 Aug 2023, 12:09
Chr1stm1 wrote: 15 Aug 2023, 08:41
timbermaniac123 wrote: 15 Aug 2023, 08:28

HRV RS price nya paling mendekati yaris hybrid ya. Kayanya kalau jalan sebulan biasa isi bensin diatas 2 juta misal 4 juta, masih worth si ambil yaris hybrid. Katanya dalam kota macet bisa 1:19. Kalau hrv denger2 yang baru boros, paling di kondisi sama cuma bisa dapet 1:8-9. Tapi di antara 3 itu, creta harusnya paling murah ya (beda 50an sama yaris hybrid, dan beda 130 sama hrv ?) Misal si kalau beda sampe 130 jt sama hrv rs, dan dipake sebulan misal cuma under 500km, better si creta. Sisa duitnya ya bisa buat peremajaan 5 taun ke depan. Tapi ya namanya hyundai, pasti rv nya bakal lebih ga nahan dibanding 2 lainnya. Tapi kalau creta tipee teertinggi dibanding hrv SE, nambah dikit dari creta saya lebih prefer hrv se

Soal kenyamanan saya kurang tau :ngacir:
Setuju utk new Hrv agak boros, teman saya pakai sejak April ini, impresinya rute pemakaian AM sangaji Jaktim - Lavon Cikupa sehari hari hanya dapat max 1:10km..berat di body dan velg sepertinya.
Kalau HRV RS anehnya dgn mesin bertenaga konsumsi bbm mirip2 dgn SE kebawah
1) Velg bawaan memang berat, solusinya ganti velg flowforming yg lebih enteng
2) Mobil lebih berat + setting ECU prioritas irit, tapi akhirnya ga irit soalnya yg setir merasa ini mobil kok di bejek jalan kayak siput, trus tambah di bejek lagi itu throttle. Solusi: remap (meski ga semua orang juga mau remap). HRV SE saya habis remap selain lebih responsif ngacir, lumayan bisa dapat 1:11,xx rute kombinasi, sebelum remap 1:9x.
3) Sepertinya memang mesin turbo Honda lumayan irit + cuma nopang mobil seukuran HRV, jadi ya pasti irit, power to weight rationya enteng lah.

Boleh spill om remap dimana?
Sejauh ini saya cuma tahu protuning BSD dan naga ( Green lake ) doank :ungg:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 671
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by peterming77 »

Chr1stm1 wrote: 15 Aug 2023, 14:48
peterming77 wrote: 15 Aug 2023, 12:09
Chr1stm1 wrote: 15 Aug 2023, 08:41

Setuju utk new Hrv agak boros, teman saya pakai sejak April ini, impresinya rute pemakaian AM sangaji Jaktim - Lavon Cikupa sehari hari hanya dapat max 1:10km..berat di body dan velg sepertinya.
Kalau HRV RS anehnya dgn mesin bertenaga konsumsi bbm mirip2 dgn SE kebawah
1) Velg bawaan memang berat, solusinya ganti velg flowforming yg lebih enteng
2) Mobil lebih berat + setting ECU prioritas irit, tapi akhirnya ga irit soalnya yg setir merasa ini mobil kok di bejek jalan kayak siput, trus tambah di bejek lagi itu throttle. Solusi: remap (meski ga semua orang juga mau remap). HRV SE saya habis remap selain lebih responsif ngacir, lumayan bisa dapat 1:11,xx rute kombinasi, sebelum remap 1:9x.
3) Sepertinya memang mesin turbo Honda lumayan irit + cuma nopang mobil seukuran HRV, jadi ya pasti irit, power to weight rationya enteng lah.

Boleh spill om remap dimana?
Sejauh ini saya cuma tahu protuning BSD dan naga ( Green lake ) doank :ungg:
Saya di Surabaya Om :big_blushing:
heiituaku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 28 Mar 2013, 11:53

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by heiituaku »

peterming77 wrote: 15 Aug 2023, 15:59
Chr1stm1 wrote: 15 Aug 2023, 14:48
peterming77 wrote: 15 Aug 2023, 12:09

1) Velg bawaan memang berat, solusinya ganti velg flowforming yg lebih enteng
2) Mobil lebih berat + setting ECU prioritas irit, tapi akhirnya ga irit soalnya yg setir merasa ini mobil kok di bejek jalan kayak siput, trus tambah di bejek lagi itu throttle. Solusi: remap (meski ga semua orang juga mau remap). HRV SE saya habis remap selain lebih responsif ngacir, lumayan bisa dapat 1:11,xx rute kombinasi, sebelum remap 1:9x.
3) Sepertinya memang mesin turbo Honda lumayan irit + cuma nopang mobil seukuran HRV, jadi ya pasti irit, power to weight rationya enteng lah.

Boleh spill om remap dimana?
Sejauh ini saya cuma tahu protuning BSD dan naga ( Green lake ) doank :ungg:
Saya di Surabaya Om :big_blushing:
momodd satria auto cartrix kayanya sering ke sby, asal sajennya cucok datang dia
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2713
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by farizfsa »

Setelah cb ane lebih suka yaris cross versi lokal drpd global punya cb di singapore

Yg global sempit keras modelnya jg kerenan yg lokal

Cm material interior aja agak kurang
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by mr_mytplx »

farizfsa wrote: 16 Aug 2023, 08:13 Setelah cb ane lebih suka yaris cross versi lokal drpd global punya cb di singapore

Yg global sempit keras modelnya jg kerenan yg lokal

Cm material interior aja agak kurang
Yg lokal interiornya rattle ga om?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post