[Tanya] Amplifiers 1,2,4 channel

Suka desain interior atau aksesori kendaraan? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

[Tanya] Amplifiers 1,2,4 channel

Post by ahbeng »

(cuman perasaan wa aja ato wa pernah buat thread ini tapi ga ketemu ya? kalo ntar wa ketemu ntar wa delete thread yg ini~)

alo rekan2 SM, wa mo tanya ttg Amplifiers krn wa masih cupu abis ttg audio mobil
sejauh yg wa tau ttg ampli itu cuman ada 1,2 dan 4 channel (klo ga salah ada 5 channel jg ya?) :roll:

para SM mania lebih pilih ampli jenis apa diantara semua itu? terus kegunaan masing2 ampli itu apa? terutama yg 2 dan 4 channels (krn yg 1 channel biasa buat subs ya klo ga salah)

thanks ya :e-dance: :balik kerja:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Coba bantu dikit, kalo ampli 1 ch itu biasa disebut monoblock. Ampli jenis ini digunakan untuk ngangkat Sub. Kelas SPL biasanya menggunakan ampli ini untuk Sub-nya.

Untuk ampli 2, 4 dan 5 ch bisa untuk speaker dan sub. Tapi hasil yang dikeluarkan oleh sub dan speaker menjadi tidak maksimal karena terbagi2 powernya.
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

biasa klo yg 4 channel itu buat org irit ya modalnya ?
apakah klo mo bagus pake 2 channel gitu kalo buat speaker? btw 1 set speaker itu makan 2 channel ya?

oh iya, klo settingan mobil itu pake 1/2/4 ohm? wattnya kan bisa di manipulasi tapi cepet panas ya?

makasi mbah Digitall
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

bos ahbeng, 5channel memang ada, kadang orang pake supaya rangkaian sound systemnya sederhana dan tdk makan tempat. cuma suara yg dihasilkan tdk akan optimal, karena source powernya cuma satu. kalo dimobil istilah di mesin mobil , koilnya cuma 1, tapi utk memberi 'makan' 4bh silinder, hasilnya akan beda dibandingkan dgn 2bh koil utk 4bh silinder.

utk keterbatasan dana atau sudah terlanjur punya, power 4 channel juga bisa dipake utk mendrive 2bh sub, ya masing2 2ch dibridge jadi 1ch utk 1bh sub.
Jadi misalkan yg tadinya 4x25watt , bisa jadi 2x50watt.

Kalo utk power masih terbagi atas berbagai kelas, sy gakinget semuanya, kalo yg umum kelas a, ab, d sampe t juga ada. kalo mau yg biasa2 saja cukup dgn ab.....cmiiw

selamat berpusing2 ria.....hikhsikshiskss..s...
Image
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

Mbah Handling : wah thanks atas penjelasannya :D
mo nanya ni berhubung mbah ngomong ttg Bridge, itu klo di bridge pasti double ga wattsnya ato tergantung pada kualitas amplinya?

misalnya 50 X 4 bridge uda pasti jadi 100X2 ato mungkin aja jadi 75X2 max ato malah bisa 125X2 max (klo Ohmnya ga di ubah)

btw ohm klo makin rendah itu akibatnya apa selain makin panas? apakah bakal cepet rusak?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

itu udah di jawab sendiri....sama bos...

saran saya kalo utk pemakaian sehari2 jgn kecilin ohm nya. kecuali buat kompetisi. ntar takut diluar perkiraan semuanya....kalo kebakaran jenggot sih masih mending jenggotnya masih bisa numbuh lagi....nah kalo kebakaran mobilnya....bisa jadi bokek deh....ikshisks..s.s.s
Yang normal2 aja...jadi powernya juga gak extra kerja keras.
Last edited by handling on Sun Dec 18, 2005 11:44, edited 1 time in total.
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

diluar dr pengertian max power kan masih ada rms...
biasanya kalo max 4x50, rms nya paling 4x25......tergantung masing2 power......cmiiw
jadi kalo di bridge max jadi 2x100, rms nya 2x50.....
Image
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

wakaka masa sih da kejawab sendiri :P wa kan bingung jadinya bener2 di kali 2 ato tergantung pada kualitas ampli itu sendiri :P

nah RMS itu apaan ya mbah Handling :D? wa ampe skrg masi bingung yg harus di liat itu wattnya ato rmsnya hehehe krn kok kadang2 wa liat rmsnya bisa segede bagong, jadi bingung yg mana mau di jadiin patokan dalam melihat kekuatan amplinya :D
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

rms bisa diibaratkan output rata2 yang dikeluarkan.
biasanya power tdk selalu mengeluarkan maximum powernya. Ya ibaratnya kalo gak di geber outputnya akan konstan...cmiiw

Jadi kalo power max 200w, kadang rms nya cuma di 100w atau 150w. Nah sama seperti pabrikan mobil, bicara soal kualitas itu sangat tergantung merk.
Kalo merk taiwan tulisnya gede2 watt nya misalkan 200watt buat ngangkat sub (cuma buat nyenengin doang)ta pi merk yang bonafid rata2 watt nya gak bikin kaget, tapi kemampuannya bisa diandalkan.
Image
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

rata2 yg di perlukan sebuah subwoofer 12" itu brp watt ya dek Handling ( kan katanya 12 taon :P ) ?

ambil contoh deh Rockford P1 12" itu 150 watt
ini rms ato wattnya?

terus cara buat membedakannya gimana? (takutnya klo merek ga jelas ato emang wa yg ga ngerti ga "ketipu" ntar tenaga ampli kurang)
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

wah saya udah lama gak ngikutin gituan bos ahbeng.....jadi udah agak ketinggalan nih infonya.....cuma sebatas yang gua tahu aja ya.....hiskhsikss..s.s.

bos ahbeng mesti liat di katalognya biasa ada tulis peak nya berapa, rms nya berapa....baik di power maupun speaker.
Sekarang udah banyak beredar power class d yang watt nya gede2 utk drive sub, lain dgn class a yang watt nya lebih kecil.
Kalo bicara besarnya watt, kualitas sangat penting...dulu sekitar tahun 1996-1999 saya gak terlalu inget lagi....terkenal sekali dengan power Orion HCCA225...cmiiw maaf ya kalo serinya salah...power ini watt nya kecil ...tapi sering dipake orang utk kompetisi SQ dan SPL. kalo gak salah watt nya cuma 25/50watt per ch.....cmiiw.... banyak dipake karena kualitasnya memang tidak diragukan. dan harganya waktu itu juga mahal...
Jadi yang pentingkualitas, bukan cuma watt besar saja.
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

IMHO :

Amplifier solid state (transistor) idealnya memiliki kapasitas arus yang besar, karena impedansi sebuah speaker itu tidaklah flat dari fs hingga freq. zona cone break up-nya, pasti ada turun naik.

Nah ketika memasuki frequency tertentu dimana impedansi speaker turun, sang amplifier harus mensuplai arus yg cukup agar reproduksi suara tetap optimal.

Amplifier dengan kapasitas arus besar ditandai dengan kemampuannya mensuplai tenaga 2X lebih besar ketika impedansi turun setengahnya :
2 X 100 W @ 4ohm
2 X 200 W @ 2 ohm
2 X 400 W @ 1 ohm


Amplifier juga jangan hanya dilihat dari tenaga yg ia hasilkan, bagaimana pula dengan faktor transient, noise & 3rd harmonic distortion yg ia hasilkan.

Transient bisa diukur dengan test square wave pada 1 & 10 Khz, bila ia dapat merepro dengan sempurna maka ia lulus test. Transient ini juga erat hubungannya dengan Damping Factor (CMIIW)

3rd harmonic distortion = rangkaian makin simple 3rd harm. dist. umumnya makin kecil / suara makin natural, rangkaian audio makin ribet umumnya 3rd harmonic distortion makin besar.

(Majalah yg sering membuat test vital scr lengkap adalah Stereophile).

Maka itu kalau anda melihat power2 home audio high end biasanya yg membuat ukurannya menjadi jumbo adalah sektor Power Supply nya yg sgt massive tetapi rangkaian audionya sgt simple.


Sekedar sharing / koreksi kalau salah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

Mbah Handling : oo.... jd yg penting kualitas dari ampli itu tah lebih penting drpd gede wattnya...


Mbah Turbo: Stereophile itu majalah mobil ato rumah?

wa liat ada ampli yg bisa di tarik ampe 1 ohm tapi ada jg yg cuman 2 ohm.. sebenarnya enaknya di 2 ato 4 ohm klo buat daily use gitu bos? terus apakah turunin ohmnya akan mempengaruhi umur?

thanks loh buat keterangan lengkap (dan wa masi rada bingung, harus baca berkali2) :P
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Bila anda ingin mendengar hasil suara yg enak & optimal sebaiknya anda harus membuat amplifier tsb. bekerja dengan leluasa / tanpa terbeban.

Ibarat mesin mobil, performa / konsumsi BBM yg ideal akan tercapai bilamana mesin bekerja dengan leluasa, dimana mesin akan bekerja dengan halus / getaran yg minim.

Amplifier, semakin leluasa dia bekerja, maka distorsi yang dihasilkan akan lebih kecil, suara yg dihasilkan akan semakin optimal.

Jika anda berikan beban berlebih pada sebuah amplifier, katakan utk drive sub anda gandeng 2 sub dng cara di parallel sehingga impendansi turun separuhnya, amplfier high current tetap akan dapat mendeliver tenaga krn ia mampu mensuplai arus yg besar, tetapi jika anda ukur grafik THD + Noise pada amplifier yg bekerja secara terbeban maka THD + Noise akan lebih tinggi dibanding jika si amplifier bekerja dengan santai dan leluasa.

Sedang utk kontes SPL itu lain cerita, karena yg diputar bukanlah music, melainkan tone burst pada sekian Hz / lagu khusus yg penuh dengan suara frequency rendah, aspek keindahan suara diabaikan, yang dihitung hanyalah Sound Pressure Level, enggak perduli kinerja THD + Noise nya sudah amburadul / acak2 an.

Sedang utk musical listening, tentu kita juga mengharapkan suara yg enak didengar bukan ? Maka itu di dunia home audio high end tidak jarang kita temukan sistem dengan dua amplifier monoblock utk mendrive speaker kiri & kanan masing2 scr terpisah.

Hal ini dapat di-ibaratkan anda mengemudikan Lexus LS 430 atau S 500 pada kecepatan hanya 120 - 140 km / jam di jalan tol, maka tingkat kenyamanannya adalah maksimal.


Sekedar opini / koreksi kalau salah.
* Bukan ajakan Beli *