Long term review Avanza 2010 110k

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by ChZ »

vincewonk wrote: 27 Jun 2023, 23:11
Pernah di cucian mobil ktemu bapak2 pake mobil yg sama nanya saya. Koq dicabut2in chromenya jd jelek bgt ktnya.

Saya jawab aj, chromenya butek pak, jd saya stickerin item. Wkwkwk.

Saya cukup kaget ternyata banyak bgt member sini yg punya kenangan sama mobil ini ya.
"jadi jelek banget" :mky_07:

iya om dulu kan entry level car pilihannya cuma apansa sinia melenggang tanpa kompetitor wkwkwkwkkw. zaman-zaman kegelapan. walau sebelumnya lbh gelap lagi sih entry level car katana yg bikin punggung dan pinggang nyerah ampe konon kabarnya orang hamil langsung brojol naik katana :mky_07:

ertiga baru muncul 2012 yang membuat akhirnya orang endonesah punya pilihan entry level car yang aman di punggung dan pinggang, lebih murah harga rack steer ertiga yg terkenal rusakan drpd masas tiap minggu om :upss: :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9621
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Jun 2023, 10:47
vincewonk wrote: 25 Jun 2023, 21:31
ini aslinya klewat bling bling om, banyak chromenya dan emblemnya, menurut saya norak bgt. :ungg:
ini kek aksesoris wajib avanza dan innova gen 1 pada zamannya :mky_07: garnish2 lampu dan handle pintu krom. blm bumper guard dan roof rail kalo mau maximal.

avanza gen sekarang udah ga ada. pindah ke sigra/calya. wakakakkaka.
Sering dapat grab car bbrp kali avanza rwd, dan sigra/calya.
enakan duo monokok fwd emang, guncangannya lbh manusiawi.

avanza rwd tuh cocoknya mbl perang :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 28 Jun 2023, 10:18 Sering dapat grab car bbrp kali avanza rwd, dan sigra/calya.
enakan duo monokok fwd emang, guncangannya lbh manusiawi.

avanza rwd tuh cocoknya mbl perang :big_exellent:
sebagai kaum orang sabar pantat lebar...

ane koq ga merasa duo calsig nyaman yahh. pegel mulu bawaan kl duduk depan. wkwkwkwk. duduk belakang rasanya digabruk gabruk.

mending nae apansa deh joknya lbh lebar. tp apansa center of gravitynya ga ramah buat yang biasa mobil pendek. blakangan naik taksi biru dapet transmover agak pusing pdhl jarak deket doang.

enak naik brio gen 2 :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9621
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 28 Jun 2023, 10:22
Suryaputra wrote: 28 Jun 2023, 10:18 Sering dapat grab car bbrp kali avanza rwd, dan sigra/calya.
enakan duo monokok fwd emang, guncangannya lbh manusiawi.

avanza rwd tuh cocoknya mbl perang :big_exellent:
sebagai kaum orang sabar pantat lebar...

ane koq ga merasa duo calsig nyaman yahh. pegel mulu bawaan kl duduk depan. wkwkwkwk. duduk belakang rasanya digabruk gabruk.

mending nae apansa deh joknya lbh lebar. tp apansa center of gravitynya ga ramah buat yang biasa mobil pendek. blakangan naik taksi biru dapet transmover agak pusing pdhl jarak deket doang.

enak naik brio gen 2 :ngacir:
urusan pantat lebar itu masalah masing2 lah ya
cocoknya pakai Civic or CRV minimal :big_biglaugh:

cuma overall, sigra vs avanza rwd, guncangannya mending sigra,
lbh manusiawi.
walaupun blm masuk taraf enak.

klo avanza transmover bawaannya always mual :upss:

Nyetir Brio?... gak usah tanya,
sama Raize aja masih enakan Brio

gak percaya?
cobain aja :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 28 Jun 2023, 10:25 urusan pantat lebar itu masalah masing2 lah ya
cocoknya pakai Civic or CRV minimal :big_biglaugh:

cuma overall, sigra vs avanza rwd, guncangannya mending sigra,
lbh manusiawi.
walaupun blm masuk taraf enak.

klo avanza transmover bawaannya always mual :upss:

Nyetir Brio?... gak usah tanya,
sama Raize aja masih enakan Brio

gak percaya?
cobain aja :ngacir:
klo apansa rwd nya yang blm dual vvti apalagi first gen jauh enak sigra. wkwkkww. klo apansa 2NR kok nurut ane msh lebih enak dr sigra yah. mana joknya apansa last model itu kan udah mayan enak banding gen awal yg tipis nan rata itu. mgkn transmover ngikut avanza gen 2 yang awal jd kurang enak.

wakakak tp bener kok brio kaki kakinya feel lebih solid drpd dnga dnga :upss: ngga heran laku. emang disetir sendiri paling enak. udah gitu skrg gak ada karimun wagon ya makin-makin pilihannya brio apa duo DowNGrade-An :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by MSU »

Suryaputra wrote: 28 Jun 2023, 10:25
ChZ wrote: 28 Jun 2023, 10:22
Suryaputra wrote: 28 Jun 2023, 10:18 Sering dapat grab car bbrp kali avanza rwd, dan sigra/calya.
enakan duo monokok fwd emang, guncangannya lbh manusiawi.

avanza rwd tuh cocoknya mbl perang :big_exellent:
sebagai kaum orang sabar pantat lebar...

ane koq ga merasa duo calsig nyaman yahh. pegel mulu bawaan kl duduk depan. wkwkwkwk. duduk belakang rasanya digabruk gabruk.

mending nae apansa deh joknya lbh lebar. tp apansa center of gravitynya ga ramah buat yang biasa mobil pendek. blakangan naik taksi biru dapet transmover agak pusing pdhl jarak deket doang.

enak naik brio gen 2 :ngacir:
urusan pantat lebar itu masalah masing2 lah ya
cocoknya pakai Civic or CRV minimal :big_biglaugh:

cuma overall, sigra vs avanza rwd, guncangannya mending sigra,
lbh manusiawi.
walaupun blm masuk taraf enak.

klo avanza transmover bawaannya always mual :upss:

Nyetir Brio?... gak usah tanya,
sama Raize aja masih enakan Brio

gak percaya?
cobain aja :ngacir:
+1 enak brio
setting suspensi raize tu cuma enak utk 2 penumpang....kalo 4 apalagi 5 wah kacau belakangnya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9621
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by Suryaputra »

MSU wrote: 28 Jun 2023, 10:38
Suryaputra wrote: 28 Jun 2023, 10:25
ChZ wrote: 28 Jun 2023, 10:22

sebagai kaum orang sabar pantat lebar...

ane koq ga merasa duo calsig nyaman yahh. pegel mulu bawaan kl duduk depan. wkwkwkwk. duduk belakang rasanya digabruk gabruk.

mending nae apansa deh joknya lbh lebar. tp apansa center of gravitynya ga ramah buat yang biasa mobil pendek. blakangan naik taksi biru dapet transmover agak pusing pdhl jarak deket doang.

enak naik brio gen 2 :ngacir:
urusan pantat lebar itu masalah masing2 lah ya
cocoknya pakai Civic or CRV minimal :big_biglaugh:

cuma overall, sigra vs avanza rwd, guncangannya mending sigra,
lbh manusiawi.
walaupun blm masuk taraf enak.

klo avanza transmover bawaannya always mual :upss:

Nyetir Brio?... gak usah tanya,
sama Raize aja masih enakan Brio

gak percaya?
cobain aja :ngacir:
+1 enak brio
setting suspensi raize tu cuma enak utk 2 penumpang....kalo 4 apalagi 5 wah kacau belakangnya
Brio klo dinaikin 5 orang malah terasa cukup nyaman dan empuk.

Klo berdua terasa rigid dan firm, mantap buat selap selip, setirnya terasa plg akurat di kelas nya.

bahh jadi bahas brio :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by FR6 »

rakyatwkwkland wrote: 28 Jun 2023, 01:23
Ehh tapi kalo ngomongin peredaman jangan terlalu berkecil hati oom. Asalkan yg udah gen 1 facelift vvti ke atas, atau apalagi yg udah pake mesin dual vvti NR series, itu peredaman dan keheningan kabinnya udah lumayan. At least masih ada kompetitornya yg jauh lebih parah, yaitu tidak lain tidak bukan liomobi :upss: Itu liomobi beneran berasa mobil tanpa peredam samsek. NVH nya bersaing dengan avxen gen 1 awal2 yg msh model PFL kaya punya ane :upss:
Saya ngerasain busuk nya sehabis test drive Agya GR Om, beda banget peredamannya sama Apansa G RWD 2020, agak kaget sebenernya sama improvement Agya, kaget juga dulu Toyota bener2 gak peduliin kenyamanan :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ini aja karet2 di Avanza menurut saya gak rapet, buktinya? ada cicak gede bisa keluar-masuk, padahal sengaja ane jepit biar mati :big_biglaugh:
lemonadelovers wrote: 28 Jun 2023, 05:14 klo menurut saya scr teknis. mobil gini berasa lincah krna rasio gear kasar jd main rpm 2500-3000rpm dan krna main d rpm segitu udah 70%-80% dr torsi mesin plus bikin AC terasa dingin krna putaran kompresor ikut kencang. yg khas dr mobil ini suara dengungan kopel n untuk yg cc 1.0 atau 1.3 klo ac nyala berasa banget lonjakan RPM krna idle-up

mobil skg rata2 cvt mesin running d 1500rpm bikin rasanya boyo/lemot klo dibejek krna masih jauh dr RPM di torsi maksimalnya

klo mobil yg sentimental d saya masih kijang LGX 1.8 MT km 120rb. setelah lewat 20 tahun baru nemu sweet spotnya: ganti rotor clurit setting + pengapian maju dan ganti Final Gear kijang diesel. bener2 berasa beda torsi di RPM rendah khas mesin OHV dikombinasi napas panjang final gearnya :big_smoking:
Wah ide cemerlang itu Um, Kapsul bengsin kan giginya pendek2, yg diesel rasio nya masih masuk akal, tapi berisiknya itu yg gak masuk akal..
ChZ wrote: 28 Jun 2023, 10:14
"jadi jelek banget" :mky_07:

iya om dulu kan entry level car pilihannya cuma apansa sinia melenggang tanpa kompetitor wkwkwkwkkw. zaman-zaman kegelapan. walau sebelumnya lbh gelap lagi sih entry level car katana yg bikin punggung dan pinggang nyerah ampe konon kabarnya orang hamil langsung brojol naik katana :mky_07:

ertiga baru muncul 2012 yang membuat akhirnya orang endonesah punya pilihan entry level car yang aman di punggung dan pinggang, lebih murah harga rack steer ertiga yg terkenal rusakan drpd masas tiap minggu om :upss: :mky_07:
Ngeri ya, 10 tahun lalu entry level & daya beli tertinggi di kelas Ertiga-Avanza, harga kisaran 150an.
srkg entry level Cal-Sig & LCGC, walaupun si LCGC hampir seukuran Hatchback B segment di 10 tahun lalu..
Seakan2 LCGC naik kelas, tapi naik kelas yang "semu"
10 tahun lalu juga seekor Yaris bisa diskon 40jt, padahal OTR nya gak sampe 250an..
ane angkut Fiesta jg diskon 30jt, good old days :big_love:
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by triport13 »

Wah ada sesama pengguna Avanza 1.5S nih. Setuju bgt sama yg dibilang ini mobil rasanya ga karuan tp malah bikin sayang, kayak badak bgt ini mobil.

Kalo saya udh nyentuh 140 rb sejauh ini yg udh diganti
- motor fan 1x
- kopling set 1x
- lower arm set 1x
- tie rod end 1x brand 555
- Link stabil depan 2x brand 555
- disc brake udh ganti 2x, yg kedua coba bendix dan udh 40 rb km masih aman ga ada geter2
- kampas rem depan belakang ganti bendix juga jd awet bgt tp ga tambah pakem
- sisanya sekedar ganti oli mesin tiap 8rb/10bln, minyak rem,perseneling dan gardan tiap 2 taun

Yang di modif
- per depan pake custom konon per peugeot 505, shock jamex
- per belakang custom konon per mistu galant, shock jamex monotube. Kombinasi depan belakang ini jauh2x lebih manusiawi bantingannya mendekati calsig kalo menurut saya. Kalo ada yg review bisa mendekati innova agak mustahil menurut saya
- peredam aspal pintu dan lantai + peredam firewall pake yg tahan panas. untuk lantai dan firewall sedikit pengaruh ngurangin suara, kalo pintu ga ada perbedaan samsek cuma nambah berat pintu aja
- pake modul pengapian merk curut. di saya ini pengaruh ke konsumsi bbm, dari 2009 rute dalkot cuma dpt 1:8, setelah pasang bisa 1:9-10. Kalo dr horsepower ga ngaruh cuma di gas sedikit dia lebih sensitif aja.
- headlamp pake ultinon rally, ini juga membantu sekali utk penerangan

Rencana kedepan mau preventif ganti thermostat karena pengalaman dulu melihara corolla twincam sampe altis selalu KO di 150rb km

https://postimg.cc/Yj9YGrrp
https://postimg.cc/BjWKV2x6
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Long term review Avanza 2010 110k

Post by quyquy »

Avanza tipe ini utk nambah kestabilan ditambahin:
1. Strutbar
2. Lowerbar
3. Front lower bar

Hasilnya setir jd lebih berat, manuver lebih presisi, nikung tikungan half parabolik speed 90an gak limbung. Itu kondisi shok dan per masih std.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post